(REVIEW) Rekomendasi 10 Pesantren di Purwakarta (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Ketika mendengar nama Purwakarta, biasanya yang langsung terbenak adalah banyaknya kerajinan keramik dan bambu yang berkualitas. Namun tahukah Anda jika dibalik itu semua Purwakarta ternyata menyimpan banyak pesantren yang hebat.

Nah di artikel ini kami akan mengulas pesantren di Purwakarta paling recommended. Berikut ulasannya!

Pondok Pesantren Al Muhajirin

Kredit Foto: Ponpes Al Muhajirin

Pesantren di Purwakarta pertama yang akan kami ulas adalah Ponpes Al Muhajirin. Bisa dikatakan pesantren yang didirikan oleh Drs. KH. Abun Bunyamin MA pada tahun 1991 ini adalah pesantren terbesar dan termegah di Purwakarta. Dikatakan besar karena pesantren ini kini telah menampung lebih dari 5000 santri yang mengikuti berbagai unit pendidikan yang tersedia di Al Muhajirin.

Mengenai pembelajarannya, Al Muhajirin mengintegrasikan kurikulum pesantren berbasis salaf (kitab kuning) dan bahasa dengan kurikulum sekolah berbasis standar nasional.

Nantinya setiap santri diwajibkan tinggal di asrama dengan program pembinaan berupa pembiasaan shalat berjamaah, shalat dhuha, puasa sunah, kajian kitab kuning, dzikir pagi dan sore, percakapan bahasa Arab dan Inggris, tahsin dan tahfidz Al-Qur’an.

Selain sistem pendidikan berbasis salaf, Al-Muhajirin juga berusaha mengembangkan pendidikan yang berbasis pengembangan kreativitas, intelektualitas, spiritualitas, dan bakat minat santri. Pendidikan tersebut bertujuan untuk mengembangkan dan memperluas khazanah santri dalam menggali ilmu pengetahuan.

Kemudian Al Muhajirin juga rutin memberikan beasiswa bagi santri penghafal Al Qur’an dan kepada alumninya yang kuliah di luar negeri seperti di Mesir dan Yaman. Begitu pula Al Muhajirin juga aktif mengirimkan tenaga pengajar Al Qur’an ke masjid, majelis taklim atau pengajian anak-anak di tengah-tengah masyarakat.

Sebagai pesantren terbesar di Purwakarta, Al Muhajirin memiliki jenjang dan unit pendidikan yang sangat lengkap dan variatif. Antara lain:

Playgroup

  • TKA/RA
  • TPA/ MDA
  • SD Plus 1 & 2
  • SMP
  • SMK
  • MI
  • MTs
  • MA
  • STAI

Mengenai biaya pendidikannya bisa klik link ini  

Saat ini Ponpes Al Muhajirin memiliki 3 lokasi kampus yang berbeda, antara lain:

  • Kampus Pusat: Jl. Veteran No.155, RT.41/RW.05, Nagri Kaler, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41115
  • Kampus 2: Ciseureuh, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41118
  • Kampus 3: Jl. Raya Sukatani, Citapen, Sukajaya, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41167

Website resmi: https://psb.almuhajirin.ac.id/

Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah Cipulus

Kredit Foto: Siti Nurazizah

Selanjutnya adalah Ponpes Al Hikamussalafiyah. Pesantren ini bisa dikatakan merupakan pesantren tertua yang ada di Purwakarta, tepatnya pesantren ini didirikan pada tahun 1840. Pendirinya adalah KH Muhammad yang akrab disapa dengan panggilan Ajengan Emed. Ajengan Emed sendiri merupakan salah satu santri kesayangan ulama besar sekaligus pahlawan nasional dari Purwakarta yaitu Syeikh Maulana Yusuf.

Mengenai metode pendidikannya, Hikamussalafiyah masih mempertahankan metode salaf. Pelajaran yang diajarkan pun didominasi dengan pengetahuan agama Islam. Materi pokok yang diajarkan di antaranya Al Quran, kitab-kitab kuning yang meliputi tauhid, fiqih, tata bahasa Arab, tasawuf, serta metode praktis dalam mendalami Al Quran dan kitab kuning (amtsilati).

Tak ketinggalan, Ponpes Cipulus juga mengajarkan materi keislaman lain dari kitab Tijan, Kifayatul Awam, Safinah, Taqrib, Riyadhul Badi’ah, Sulam Taufiq, Jurumiyah, Mutammimah, ‘Imrithi, Kailani, dan Nadzmul Maqshud. Santri pun akan mengikuti serangkaian ekstrakurikuler seperti muhadhoroh, pengajian tilawatil Al Quran, seni marawis dan hadrah, Bahasa Arab, dan lain-lain.

Meskipun bercorak salafiyah, Ponpes Cipulus juga sudah membawahi unit pendidikan formal. Antara lain:

  • Madrasah Tsanawiyah
  • Madrasah Aliyah
  • SMK Al Badar

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. Pesantren, Cipulus, RT. 7 /RW. 3, Ds. Nagrog, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta, Jawa Barat 41174

Website resmi: https://cipulus.net/

Pondok Pesantren Tahfidz Raudlatul Qur’an

Kredit Foto: Ane Mxcholih

Berikutnya adalah Ponpes Tahfidz Raudlatul Qur’an. Pesantren yang mengkhususkan kepada pendidikan tahfidz ini didirikan oleh Ustadz H. Ahmad Shobirun, S.Ag pada tahun 2015. Dalam menjalankan aktivitasnya Raudlatul Qur’an berpegang teguh pada visinya yaitu: “Menjadi lembaga pendidikan yang mampu mencetak generasi penghafal al-quran, beraqidah salimah, berakhlak karimah dan berpengetahuan luas.”

Dari visi tersebut, Raudlatul Qur’an merumuskan beberapa misi. Antara lain:

  • Membiasakan kedisiplinan ibadah dan akhlak mulia
  • Menanamkan nilai – nilai al Quran dalam kehidupan sehari hari
  • Meningkatkan kreatifitas santri dalam berpikir cerdas dan keras
  • Memberikan pengajaran al Quran secara tahsin, tahfidz, dan tafhim

Kemudian sebagai pesantren modern yang memiliki jenjang pendidikan formal SMP-SMA, Ponpes Raudlatul Qur’an mengkolaborasikan beberapa kurikulum. Antara lain:

  • Kurikulum Diknas
  • Kurikulum Pesantren KMI (Kulliyyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah)
  • Kurikulum Tahfidz 30 Juz

Tak ketinggalan, santri juga dapat mengikuti berbagai kegiatan ekstrakulikuler untuk meningkatkan skill dan keterampilannya. Kegiatan tersebut antara lain: Jurnalistik, Basket, Futsal, Volly, Bola, Jamiatul qura, Public speaking, Pramuka, Silat, dll.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 7.750.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 750.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: Desa Pondok Bungur, Pondok Salam, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41115

Website resmi: http://www.raudhatulquranpurwakarta.com/

Pondok Pesantren Minhajul Haq

Kredit Foto: Agus Wahyudin

Berikutnya adalah Ponpes Minhajul Haq. Pesantren yang bercorak modern ini berdiri dibawah naungan Yayasan Minhajul Haq. Bisa dikatakan pesantren ini merupakan pesantren termegah dan termewah yang ada di Purwakarta, hal ini dikarenakan biaya pembangunannya mencapai 80 M.

Mengenai pendidikannya, pesantren ini menerapkan Kurikulum Kemenag yang dipadukan dengan kurikulum unggulan pesantren yang menitikberatkan pada penguasaan ilmu-ilmu syar’I dan bahasa arab.

Nantinya setelah lulus dari Minhajul Haq, para lulusan insya Allah akan memiliki ciri sebagai berikut:

  • Memiliki jiwa muallim
  • Mampu membaca kitab berbahasa arab
  • Beraqidah dan bermanhaj ahlussunnah wal jamaah
  • Hafal Al Qur’an minimal 10 juz dengan mutqin dan tahsin yang baik.
  • Memiliki kompetensi public speaking yang baik
  • Mampu menulis karya ilmiah dengan baik.
  • Terbiasa mendirikan ibadah wajib maupun Sunnah sesuai syariat

Kemudian, keunggulan lain dari Minhajul Haq adalah lingkungan dan suasananya. Dengan latar belakang sawah dan perkebunan teh di kaki Gunung Burangrang, ditambah latar Gunung Tangkuban Perahu yang tinggi, tentu menjadikan suasana pesantren sangat asri dan kondusif untuk belajar.

Tak ketinggalan, santri juga akan dimanjakan dengan fasilitas olahraga, baik indoor maupun outdoor, seperti lapangan voli, bulu tangkis, tenis meja, futsal, sepakbola, dan berbagai fasilitas lainnya.

Saat ini Ponpes Minhajul Haq mengintegrasikan pendidikan kepesantrenan dengan pendidikan formal jenjang SMP dan SMA.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 18.000.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 1.700.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: Jl. Raya Wanayasa, Kp. Pasir Muncang, Ds. Pusakamulya, Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41175

Website resmi: https://www.instagram.com/minhajulhaqpurwakarta/?hl=id

Pondok Pesantren Baitul Qur’an Cirata

Kredit Foto: Aslam TV

Selanjutnya adalah Ponpes Baitul Qur’an. Pesantren yang bercorak modern ini merupakan cabang dari Ponpes Baitul Qur’an pusat yang berlokasi di Depok. Pengasuhnya adalah DR. KH. Muslih Abdul Karim, MA atau yang sering di sapa dengan Abi dan sebagai pimpinan pesantren H. Hasbi Nashir, Lc. atau Buya.

Mengenai kurikulumnya, Baitul Qur’an Cirata mengacu pada standar kurikulum TMI (Tarbiyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah) yang terdiri dari materi diniyyah dan penguatan bilingual, sehingga mendapatkan legal formal/ijazah pesantren muadalah tanpa menginduk kepada Kemendikbud atau Kemenag.

Adapun program pendidikannya adalah:

  • Ethics and spirituality (akidah, ibadah, ahlak, dana dab).
  • Program akselerasi tahfidz Qur’an (murokkaz)
  • Bilingual profiency melalui program bahasa Arab dan Bahasa Inggris.
  • Leadership skill (manajemen organisasi siswa & pramuka)
  • Life skill: pembekalan keterampilan, minat dan bakat, kesenian dan olahrag, pencak silat, jurnalistik, hadroh, dll.

Kemudian sebagai pesantren modern, Baitul Qur’an memanjakan santrinya dengan berbagai fasilitas yang menunjang kegiatan. Antara lain: ruang makan, masjid, berbagai lapangan olahraga, auditorium, laundry, koperasi pelajar, pujasera, perpustakaan, dan lingkungan yang sari.

Saat ini Ponpes Baitul Qur’an menyelenggarakan pendidikan selama 6 tahun bagi lulusan SD/sederajat dan 4 tahun bagi lulusan SMP/sederajat.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 17.150.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 1.450.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: Kp. Rawatutut, Rt. 13/07, Ds. Karoya, Kec. Tegalwaru, Kab. Purwakarta, Jawa barat

Website resmi: http://www.baitulquran-cirata.com/

Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Purwakarta

Kredit Foto: Laila Nidhah

Berikutnya adalah Ponpes Uswatun Hasanah. Pesantren yang bercorak modern ini didirikan oleh KH. Mohammad Fadli Soelaiman Syuja’i beserta saudara dan sahabatnya pada tahun 1987. Dalam menjalankan setiap aktivitas pendidikannya, pesantren ini berpegang pada visinya yaitu: “Mencetak Generasi Islam yang beraqidah Salimah, Ibadah Shahihah dan berakhlak Karimah.”

Sebagai pesantren modern, Uswatun Hasanah meniru Ponpes Gontor dalam menggunakan program pendidikan berbasis Kuliyyatul Mu’allimin wal Mu’allimat (KMI/A) al- Islamiyyah. KMI/A merupakan program pendidikan intensif untuk lulusan SD/MI, dengan masa pendidikan selama tujuh tahun. Terdiri dari masa pendidikan selama 6 tahun dan masa pengabdian/ khidmat selama 1 tahun.

Nantinya seluruh santri yang telah lulus akan mendapatkan ijazah pondok pesantren dan ijazah negara (MTs dan MA). Adapun disiplin ilmu yang ditanamkan kepada para santri di Uswatun Hasanan terfokus pada: 

Al – Ulum Al-Kauniyah (Ilmu-Ilmu Alam)

Al – Ulum At-Tarbiyyah (Ilmu-Ilmu Keguruan)

Al – Ulum Al-Lughowiyah (Ilmu-Ilmu Bahasa)

Al – Ulum Ad-Diniyah (Ilmu-Ilmu Agama)

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jalan Jend. A. Yani Gg. Sukarata, RT.14/RW.06, Cipaisan, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41113

Website resmi: https://ponpes-uswatunhasanah.blogspot.com/

Pondok Pesantren Miftahul Hidayah

Kredit Foto: Info Trend

Selanjutnya adalah Ponpes Miftahul Hidayah. Pesantren yang bercorak salafiyah ini adalah Lembaga Pendidikan Islam yang berdiri sejak tahun 1999 M yang selalu berupaya agar para santrinya mampu berakhlaqul karimah dan beramal dengan ilmunya.

Dalam menjalankan setiap aktivitas pendidikannya, Miftahul Hidayah berpegang pada visinya yaitu: “Terwujudnya pribadi yang berakhlaqul karimah, beramal ilmiah dan berilmu amaliah untuk menjadi Muslim Profesional berlandaskan iman dan takwa.”

Kemudian dari visi tersebut lahirlah misi pendidikan, yaitu: “Membangun dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta mengupayakan agar para santri mampu berakhlaqul karimah dan mendapatkan ilmu yang bermanfa’at dengan 3 (tiga) target:

  • Ulama Al-Amilin (Ulama yang mengamalkan ilmunya)
  • Imam Al-Muttaqin (Pemimpin yang bertakwa)
  • Muttaqin (Orang yang bertakwa)

Adapun pelajaran-pelajaran yang diajarkan antara lain: Al Quran, Tajwid, Tafsir, Tauhid, Fiqih, Ushul Fiqih, Nahwu, Sharaf, Tashawwuf, dll. Kemudian terdapat juga beberapa ekstrakulikuler seperti: Muhadharah (Latihan Pidato 4 Bahasa), Marawis, Karate & Pencak Silat, Seni Qiraat, dll.

Meskipun bercorak salafiyah, Ponpes Miftahul Hidayah juga menyelenggarakan pendidikan formal jenjang MTs dan MA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Warungkadu, Kec. Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41172

Website resmi: https://ponpesmiftahulhidayah1999.blogspot.com/

Pondok Pesantren Modern IKADI (Ikatan Dai Indonesia)

Kredit Foto: Gusmul Family’s

Berikutnya adalah Ponpes Modern IKADI. Pesantren yang berada di bawah ormas IKADI ini merupakan pesantren bercorak modern yang menjalankan pendidikannya dengan berpegang pada visinya yaitu: “Menjadi lembaga pendidikan islam untuk mempersiapkan kader-kader pemimpin bangsa yang berahlakul karimah.”

Dalam praktik pendidikannya, pesantren ini memiliki kurikulum khas yaitu:

  • Berasaskan pengembangan kurikulum pendidikan islam modern.
  • Materi pembelajaran terintegrasi dengan nilai-nilai secara aplikasi dan kontekstual.
  • Pembentukan karakter santri melalui budaya belajar, ibadah, akhlaqul karimah dan berkarya.
  • Remedial yang terinegrasi dalam system pembelajaran sekolah.
  • Penilaian hasil belajar siswa yang komprehensif.

Nantinya santri yang telah lulus insya Allah akan memiliki output berikut ini:

  • Berahlak mulia, mandiri, disiplin dan memiliki kemampuan dasar kepempinana dan kewirausahaan
  • Disiplin beribadah sesuai tuntunan ahlussunnah wal Jama’ah
  • Hafal Al Qur’an minimal 5 juz
  • Hafal 40 hadits pilihan
  • Akttif bahasa arab dan Inggris
  • Mumpuni dalam muatan kepesantrenan dan mata pelajaran umum.

Saat ini Ponpes Modern IKADI hanya membuka pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP.  

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Blok Pasir Rompang, Ds. Tegalsari, Kec. Tegalrawu, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41165

Website resmi: https://ponpes-ikadi.org/

Pondok Pesantren Miftahul Ulum

Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum adalah salah satu pondok pesantren yang berada di Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta. Lembaga Pendidikan Islam yang telah berdiri Sejak Tahun 1965. Yang didirikan oleh sesepuh di wilayah tersebut yaitu KH. A Tadjudin. Yang sekarang dilanjutkan oleh Putranya yaitu KH. Asep Abdussalam, S. Pd. I atau lebih sering dikenal dengan panggilan “Abah Anom”.

Pembelajaran di Pondok Pesantren menggunakan kurikulum Pesantren berbasis Kitab Kuning, dengan metode “balaghan dan sorogan”. Selain kegiatan pengajian, para santri juga belajar di bidang Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kerajianan dan Wirausaha.

Untuk meningkatkan lulusan Pesantren yang lebih berkualitas dan permintaan dari para Orang Tua Santri, maka pada Tahun 2007 dibuka Pendidikan Formal yaitu Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah pada Tahun 2015.

Sebagai pesantren terbesar di Darangdan, Miftahul’ Ulum memiliki jenjang pendidikan yang variatif. Antara lain:

• Taman Kanak – kanak Al-Qur’an
• Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliah
• Madrasah Tsanawiyah
• Madrasah Aliyah

Selain bidang pendidikan Miftahul ‘Ulum juga mengembangkan dalam Wirausaha. Sudah ada beberapa Unit Usaha yang berkembang di Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum. Diantaranya

• eMyou Mart
• MUDA Printing
• MUJA (Miftahul ‘Ulum JAmur)
• MU Stempel
• Gallery Kayu (Kerajinan Tangan)
• QUAMU (Air Berkah Cijambe)
• JMU (Jurnalist Miftahul ‘Ulum/ Fhotografer)
• MU Service (Jam Tangan dan lain – lain)

Bierikut ini gambaran biaya Pesantren Miftahul Ulum Purwakarta yang dapat Anda pertimbangkan:

Biaya Masuksekitar Rp4.000.000
Biaya Bulanansekitar Rp630.000

Pendaftaran peserta didik baru tahun ajaran 2022/2023 sudah dibuka dan dapat dilihat di alamat web Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum
https://www.miftahululumcijambe.ponpes.id

Alamat Pondok Pesantren Miftahul’ Ulum berada di kampong Babakan Cijambe RT/RW 31/09 Desa Darangdan Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta

Pondok Pesantren Al Azhar

Kredit Foto: Ponpes Al Azhar

Terakhir adalah Ponpes Al Azhar. Pesantren yang bercorak modern ini berdiri pada tahun 2016. Dalam menjalankan setiap aktivitasnya, Al Azhar berpegang pada visinya yaitu: ” Terbentuknya Generasi Qur’ani dan SDM yang Syar’i.” Dari visi tersebut lahirlah dua program utama Al Azhar yaitu: Tahfidz dan Bahasa Arab.

Mengenai kurikulumnya, Al Azhar menerapkan Kurikulum Nasional, di mana sistem pengajaran yang digunakan adalah sistem klasikal dengan mengaplikasikan metode yang mendorong keaktifan santri dalam belajar.

Kemudian, bidang-bidang ilmu seperti Bahasa Arab dan Bahasa Inggris diajarkan langsung dengan bahasa aslinya. Nah guna mendukung penguasaan di bidang bahasa, terutama Bahasa Arab maka diselenggarakan juga kegiatan rutin seperti berikut ini:

  • Pidato dengan memakai 3 bahasa: Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia
  • Muhadatsah atau percakapan dengan menggunakan Bahasa Arab bada shalat Dzuhur.
  • Menerapkan aturan wajib memakai Bahasa Arab di hampir semua area pondok.

Saat ini Ponpes Al Azhar menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan dan pendidikan formal berupa:

  • SD Plus Al Azhar
  • SMP Plus Al Azhar
  • MA Unggulan Al Azhar

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Kp. Warungkandang, Gg.Coklat, Ds. Sindangsari, Kec. Plered, Kab. Purwakarta, Jawa Barat

Website resmi: http://al-azharpurwakarta.com/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Purwakarta yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

7 Pesantren Terbaik di Karawang

Rekomendasi 9 Pesantren di Subang

3 pemikiran pada “(REVIEW) Rekomendasi 10 Pesantren di Purwakarta (2022)”

  1. assalamualaikum ka mau ngeralat ajah bawasannya kami dari oprator pendataan Miftahul Hidayah dan kami dari Bidang IT Pondok pesantren mifahul hidayah bawasannya mau meralat dta pondok pesantren kami yaitu “Miftahul Hidayah” bawasanya pondok pesantren kami berdiri pada tahun 1999 M dan kami itu mempunyai progran pendididkan yai evaluasi dakwah dengan bahasa umum ( bahasa indonsia & bahasa sunda ) dan kami itu tidak mengadakan extrakulikurel Nasyid dan kursus komputer dan wesite kamu bukan : https://miftahul-hidayah.com/ tapi yang benar adalah : https://ponpesmiftahulhidayah1999.blogspot.com/

    Balas
  2. dan jikalau kaka mau nanya nanya tentang sejarah berdirinya pondok pesantren kami boleh kan datang ajah ke pondok pesantren kami insyaallah kami akan sambut.
    ini nomor operator data pondok pesantren Miftahul Hidayah : 081216288912
    an ini gmail ya ka: [email protected]

    Balas
    • Baik terimakasih pak Handi pembaruan dan informasi tambahannya, insya Allah akan kami perbaharui. Senang bersilaturahmi dengan Bapak. Maju terus untuk pesantrennya pak.. 🙂

      Balas

Tinggalkan komentar