(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren di Salatiga (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari pesantren bagi buah hati Anda di Salatiga? Kalau iya maka pencarian anda akan berakhir disini. Di artikel ini kami akan mengulas seputar pesantren di Salatiga yang paling recommended.

Mau tau kan? Berikut Ulasan pesantren terbaik di Salatiga!

Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an As Surkati

Kredit Foto: As Surkati Channel

Pesantren di Salatiga pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Tahfidz As Surkati. Merupakan sebuah pesantren khusus putra yang berfokus kepada Tahfidz Qur’an. Dalam menjalankan pendidikannya berpegang teguh pada visi: “Membentuk pribadi hafidz, berilmu, berakhlaqul karimah, berjiwa da’I dan mujahid dakwah serta memiliki kepekaan terhadap problematika umat Islam.”

Kemudian dari visi tersebut lahirlah dua misi utama pesantren yaitu:

  • Mendirikan lembaga pendidikan yang Islami dan professional yang berbasis pondok pesantren.
  • Menyelenggarakan pendidikan terpadu dan seimbang antara Tahfidzul Qur’an, Ilmu Syar’i. dan Sains.

Dalam praktik pendidikannya, As Surkati memadukan system pendidikan salaf dengan pendidikan modern yang berkembang saat ini. Adapun kurikulumnya merupakan perpaduan dari Kurikulum Kementrian Agama Republik Indonesia, Kurikulum Tahfidz, dan Kurikulum Timur Tengah.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, para santri insya Allah akan memiliki output berikut ini:

  • Hafidz Qur’an 30 Juz
  • Menguasai Bahasa Arab dan Ulum Syariah
  • Hafal 400 hadits pilihan
  • Lulus UN untuk jurusan MIPA

Saat ini Ponpes Tahfidz As Surkati hanya menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan tingkat SMA. Nantinya setiap santri akan menempuh pendidikan selama 4 tahun (1 tahun pengabdian).

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 18.900.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 1.600.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: Jl. Diponegoro No.115, Kel. Sidorejo Lor, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50714

Website resmi: http://mahad-assurkati.sch.id

Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah

Kredit Foto: Bolone Santri

Berikutnya adalah Ponpes Tarbiyatul Islam. Pesantren ini merupakan lembaga pendidikan non formal bercorak salafiyah yang didirikan pada tahun 1986 oleh Almukarrom KH. M Zoemri RWS bersama sang istri Hj. Latifah Zoemri.

Dalam kegiatan pendidikannya, Kegiatan belajar mengajarnya langsung diampu oleh Almukarromah ibu nyai Hj Latifah bersama dengan dewan asatidz. Sebagai pesantren salafiyah, kurikulumnya pun tentu condong kepada pengkajian dan pendalaman kitab kuning. Namun apabila ada santri yang mau menghafal Al Qur’an, maka pengurus pun akan mendorong dan memafasilitasi santri tersebut semaksimal mungkin.

Kemudian selain kegiatan belajar mengajar ilmu keislaman, para santri pun akan mengikuti kegiatan sorogan Al Quran , mujahadah, yasinan, tahlilan, ziarah dan kultum. Ada juga dzibaiyah dan khitobah untuk santri putri dan roan kubro setiap ahad pagi.

Tak hanya itu, setiap santri juga dapat mengembangkan skillnya melalui kegiatan ekstrakulikuler yang tersedia. Antara lain Tilawatil Quran, Pencak Silat, dan Rebana. Dengan grupnya bernama “Kidung Lelono” yang telah beberapa kali menjuarai lomba rebana di Tingkat Jawa Tengah dan sekitarnya.

Sebagai lembaga pendidikan non formal, maka PPTI tentu tidak membuka unit pendidikan formal. Namun PPTI mendorong para santrinya untuk melanjutkan pendidikan formal yang terdapat di sekitar lingkungan pondok.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 2.025.000 – 2.525.000Biaya masuk putra
Sekitar Rp. 1.925.000 – 2.425.000Biaya masuk putri
Sekitar Rp. 450.000Biaya bulanan putra
Sekitar Rp. 350.000Biaya bulanan putri

Alamat lengkap: Jl. Bima No. 2, Ngemplak, Kel. Dukuh, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50722

Website resmi: https://pptialfalahsalatiga.com

Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah

Kredit Foto: MasMuchlis Foto

Selanjutnya adalah Ponpes Agro Nuur El-Falah. Pesantren yang memiliki spesialisasi dalam bidang pertanian ini didirikan pada tahun 2002 oleh H. Darmo Supono di atas lahan pribadinya yang diwakafkan untuk pondok seluas 2 hektar. Adapun alasan berfokus kepada pertanian adalah karena Indonesia merupakan negara agraris, karenanya membutuhkan banyak SDM yang menguasai pertanian.

Dalam tataran praktis pendidikannya, Ponpes El Falah mengkombinasikan antara sistem pondok pesantren modern dan pondok pesantren salafiyah. Para santri nantinya akan mempelajari pembelajaran umum seperti IPA, MTK, IPS, dll dan pembelajaran agama yang dinukil langsung dari kitab kuning.

Mengenai pertanian yang menjadi bidang utama spesialiasi di El-Falah, maka pengurus membuat beberapa unit usaha produktif yang dikelola langsung oleh alumni dan santri. Unit usaha tersebut antara lain:

  • Agrobisnis berupa sayuran, buah, dan padi organik (non pestisida)
  • Ternak ayam dan bebek
  • Pembuatan pupuk organik
  • Perikanan

Kemudian terdapat juga berbagai ekstrakulikuler seperti Kaligrafi, Khitobah, Qiro’atul Qur’an, Program Tahfidz, Pengembangan Bahasa Arab dan Inggris, Tari Sufi Pencak Silat, Pramuka, dll.

Saat ini Ponpes Agro Nur El-Falah menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan non formal berupa Madrasah Diniyah setiap sore dan malam hari sekaligus unit pendidikan formal berupa:

  • SMP Dharma Lestari
  • SMK SPP (Sekolah Pertanian Pembangunan) Dharma Lestari
  • MA Agro Nuur El-Falah

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. Dipomenggolo Rt 5/Rw 4, Kel. Pulutan, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah/50716

Website resmi: https://www.dharmalestari.com

Pondok Pesantren Nazzalal Furqon

Kredit Foto: MakhBack 930

Berikutnya adalah Ponpes Nazzalal Furqon. Pesantren yang memiliki spesalisasi dalam ilmu dan tahfidz Al Qur’an ini didirikan pada tahun 1981 oleh KH.Munawir Munajad al-Hafizh bersama dengan istri tercintanya yaitu Nyai Hj. Robithoh al- Hafizhah.

Dalam menjalankan setiap aktivitas pendidikannya, Ponpes Nazzalal Furqon berpegang pada visinya yang simple tapi memiliki makna yang dalam yaitu: “Menjaga Al-Qur’an sampai mati.” Dari visi yang singkat tersebut disusunlah beberapa misi pendidikan, yaitu:

  • Mencetak hafizh dan hafizhah yang fasih dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an.
  • Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan santriwan dan santriwati.
  • Membentuk perilaku Islami dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai pesantren yang mengkhususkan Ilmu dan Tahfidz Qur’an, hampir semua kegiatan hariannya berkaitan dengan Qur’an. Rutinitas harian santri dimulai dari pukul 03.30 untuk melaksanakan shalat tahajud. Kemudian dilanjut shalat shubuh dan murajaah serta ziyadah hingga pukul 06.00

Dari pagi hingga sore para santri akan mengikuti kegiatan shalat dhuha berjamaah, deresan, pengajian Al Qur’an serta ziyadah dan murajaah mandiri. Kemudian setelah shalat maghrib santri akan yasinan bersama sambil menunggu shalat isya. Bada isya hingga pukul 22.00 santri akan kembali mengaji dan menghafal Qur’an.

Hingga kini pesantren ini hanya menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan bidang tahfidz tanpa memiliki unit pendidikan formal.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. Gang Saroja, Dsn. Ngepos, Kel. Tingkir Tengah, Kec. Salatiga, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50745

Website resmi: –

Pondok Pesantren Sunan Giri

Kredit Foto: Ahmad Muta’allimun

Selanjutnya adalah Ponpes Sunan Giri. Pesantren yang bercorak salafiyah ini didirikan pada tahun 1992 oleh Kiyai Muslimin Al-Asy’ari. Dalam menjalankan setiap aktivitas pendidikannya, pesantren ini berpegang pada visinya yaitu: “Mencetak kader-kader ulama dan menciptakan masyarakat Islami yang berhaluan ahlu as-sunnah wa al-jama’ah.”

Dari visi tersebut, Ponpes Sunan Giri memiliki dua misi utama dalam pendidikannya, yaitu:

  • Mempersiapkan pribadi umat yang berilmu pengetahuan, berakhlak mulia, dan berkhidmat kepada agama, masyarakat dan negara.
  • Mengajarkan ilmu pengetahuan agama dan umum menuju terbentuknya kader ulama yang taqwa.

Sebagai pesantren yang murni salafiyah, Ponpes Sunan Giri menerapkan kurikulum yang masih berkisar pada kajian ke-Islaman. Pengkajian kitab-kitab di pesantren ini nantinya ada dua jenis,  yaitu: 

  • Madrasah Diniyah
  • Pengajian kitab diluar madrasah (non formal).

Untuk Madrasah Diniyah sendiri nantinya terbagi menjadi 4 jenjang pendidikan, yaitu:

  • Madrasah Diniyah Ibtidaiyah
  • Madrasah Diniyah Tsanawiyah
  • Madrasah Diniyah Aliyah
  • Ma’had Aly

Kemudian pembelajaran di Madrasah Diniyah juga dibagi menjadi dua: Madrasah Diniyah sore yang dimulai pukul 15:00-16:30 WIB (untuk jenjang Ibtidaiyah kelas 1-5) dan Madrasah Diniyah malam yang dimulai pukul 18:30-21:00 WIB (untuk kelas 6 Ibtidaiyah, jenjang Tsanawiyah,dan jenjang Aliyah).

Sebagai pesantren salafiyah, Ponpes Sunan Giri tidak membuka pendidikan formal selain tingkat SMP. Namun memang kebanyakan santrinya mengikuti pendidikan formal yang terletak di sekitar lingkungan pesantren.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. Argowilis 3 No.15-16, Ledok, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50732

Website resmi: –

Pondok Pesantren Pancasila

Kredit Foto: Fadila Fawzi

Berikutnya adalah Ponpes Pancasila. Pesantren yang berada di bawah Yayasan Darul Mukhlasin ini didirikan oleh Kyai Muhlasin pada 30 September tahun 1992. Dalam menjalankan setiap aktivitasnya, Ponpes Pancasila berpegang pada visinya yaitu: “Menanamkan aqidah Ahluss Sunnah wal jama’ah dan menjadikan santri yang ahli fikir, ahli dzikir dan ahli ikhtiar.

Mengenai system pendidikan, pesantren ini menggunakan system salafiyah yang dikolaborasikan dengan system modern, yaitu disamping mengaji dengan sorogan dan bandongan, juga memakai klasikal dengan mengedepankan pembelajaran yang sistematis. Pendidikan di sini dapat diselesaikan dari tingkat dasar hingga lulus selama 6 tahun masa pendidikan.

Terdapat juga berbagai ekstrakulikuler yang tersedia untuk mengembangkan skill dan potensi para santri. Antara lain Tahlil, Dziba’/Al barjanzi, Khitobah /pidato, Qiro’ah, Bahtsu Masail, Muhafadhoh, Mujahadah, Kaligrafi, Rebana, Tari sufi, dll.

Saat ini selain menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan, terdapat juga unit pendidikan formal berupa:

  • PAUD
  • MI Pancasila (Kurikulum Diknas dan Kemenag)
  • MTs Pancasila (Kurikulum Diknas dan Kemenag)
  • SMK Pancasila (Jurusan Audio Video & Tata Busana)

Mengenai biaya pendidikannya bisa klik link ini

Alamat lengkap: Jl. Fatmawati No.11, Blotongan, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50715

Website resmi: https://ponpespancasilasalatiga.net

Pondok Pesantren Nurul Asna

Kredit Foto: Ponpes Nurul Asna

Terakhir adalah Ponpes Nurul Asna. Pesantren yang masih bercorak salafiyah dan tidak memiliki unit pendidikan formal ini didirikan oleh KH. Asnawi dan putranya yaitu KH. Drs. Nasafi, M.Pd.I. pada tanggal 22 Januari 1977.

Dalam menjalankan pendidikannya, Ponpes Nurul Asna memiliki visi: “Menjadi lembaga Islam yang menyiapkan generasi muslim yang bertaqwa, berakhlak mulia, amanah, unggul, dan menghasilkan  lulusan yang mempunyai keterampilan, produktif dan kompetitif.”

Kemudian seperti halnya pesantren yang lain, Nurul Asna juga melaksanakan kegiatan belajar mengajar dari berbagai macam ilmu, akan tetapi waktunya sangat terbatas. proses pembelajaran hanya dilaksanakan ba’da maghrib, ba’da isya. dan ba’da subuh saja. Hal ini karena disiang hari kebanyakan  dari santri melakukan kegiatan perkuliahan atau sekolah di tempat lain.

Adapun kitab-kitab yang dipelajari akan disesuaikan dengan kemampuan para santri. Kitab-kitab tersebut antara lain: Jawahirul Bukhari, Tafsir Jalalain, Durrotun Nasihin, Jurumiyah, Ta’lim Muta’allim, Arbain Nawawi, Alfiyah, Bulughal Maram, Taqrib, Nasaihul Ibad, Ayyuhal Walad, dll.

Selain itu terdapat juga berbagai ekstrakulikuler seperti olah raga, seni, da’wah, wirausaha,  pertanian, peternakan, dsb.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. KH. Asnawi, Kel, Pulutan, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah, 50723

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Salatiga yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar