(REVIEW) Rekomendasi 8 Pesantren di Semarang (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Sebagai ibukota dari Provinsi Jawa Tengah tentu Semarang adalah daerah yang maju dalam berbagai bidang, tak terkecuali dalam aspek pendidikan. Karenanya tak mengherankan di Semarang terdapat banyak sekali sekolah dan pesantren kelas wahid. Nah di artikel ini kami telah mengumpulkan beberapa rekomendasi pesantren di Semarang yang paling bagus.

Semoga bermanfaat ya!

Pondok Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran

Kredit Foto: Abu Layla Supry

Pesantren di Semarang pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Irsyad. Al Irsyad adalah salah satu wadah pendidikan Islam yang menggabungkan ilmu-ilmu ke-Islaman dengan ilmu-ilmu umum dalam rangka mencetak generasi Islam yang kokoh dan tanggap terhadap perubahan zaman.

Dalam menjalankan pendidikannya, pesantren yang terletak di lereng Gunung Merbabu ini memiliki visi: “Diakui sebagai salah satu Pondok Pesantren Islam terbaik di wilayah Nusantara maupun Mancanegara yang bermanhaj Salaful Ummah (Ahlus Sunnah Wal Jama’ah).” Untuk mencapai visi tersebut dibuatlah beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Terwujudnya Pesantren dengan fasilitas yang memadai
  • Terciptanya lulusan yang menguasai bidang agama dan bahasa Arab, Inggris, Indonesia dengan aktif dan setiap unit setara dengan SBI
  • Lulusan yang mampu berdakwah dengan aqidah dan manhaj Salafusshalih
  • Lulusan yang mampu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi baik di dalam maupun luar negeri
  • Terwujudnya warga belajar yang peduli terhadap kebersihan
  • Terwujudnya warga belajar yang memiliki akhlaq

Kemudian pesantren ini juga telah mendapatkan akreditasi muadalah atau persamaan dari Universitas Islam Madinah di samping mendapat pengakuan dari pemerintah, baik Kemendikbud RI maupun Kemenag RI. Karenanya lulusan dari Al Irsyad memiliki peluang besar untuk melanjutkan studi di Madinah.

Saat ini Ponpes Al Irsyad menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang;

  • SDITQ (Sekolah Dasar Islam Tahfidzul Qur’an)
  • MTW (Mutawasithoh)/Setingkat SMP
  • IM (I’dad Muallimin)/Setingkat SMA
  • IL (I’dad Lughowi)

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 21.650.000Biaya masuk MTW dan IM
Sekitar Rp. 1.650.000Biaya bulanan MTW dan IM

Alamat lengkap pesantren: Jalan Raya Solo – Semarang Km. 45, Ds. Butuh Kec. Tengaran, Kab. Semarang, Jawa Tengah 50775.

Website resmi: https://pesantrenalirsyad.org/

Pondok Pesantren Ashabul Kahfi

Kredit Foto: Budi Setyono

Berikutnya adalah Ponpes Ashabul Kahfi. Pesantren ini merupakan Pesantren salaf-modern yang terletak di Kota Semarang. Berdiri tahun 2009, cukup muda untuk pesantren yang cukup besar. Hal ini tak lepas dari perjuangan pengasuh yang mengedepankan pendidikan akhlaq dan budi pekerti bagi santri-santrinya.

Ashabul Kahfi menerapkan asas keseimbangan, yaitu: para santri berhak mendapatkan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan keduniaan dan juga yang berkenaan dengan ke-akhiratan. Karenanya kurikulum yang diterapkan adalah kombinasi kurikulum negara dengan kurikulum khas kepesantrenan.

Kemudian pesantren ini juga tidak mewajibkan para santrinya untuk hafal sekian nadhoman, mereka lebih dituntut dalam pemahaman, mengingat kebanyakan santri ber-otakan sedang dan banyaknya materi pelajaran yang harus mereka terima. Target utama Askhabul kahfi adalah santri yang menyandang predikat B4 (Berkualitas, Ber-Akhlaq, Bermanfaat dan Barokah).

Tidak hanya itu kemandirian ekonomi menjadi salah satu aspek yang ditanamkan sejak dini kepada para santri. Badan-badan usaha milik pondok pesantren dikelola langsung oleh para santri dan para ustazd. Badan-badan tersebut didirikan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan santri dan masyarakat, melainkan juga sebagai wahana menumbuhkan jiwa berdikari dan wirausaha serta mewujudkan kemandirian ekonomi pondok pesantren.

Saat ini Ponpes Ashabul Kahfi menyelenngarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang SMP, MTs, MA, SMK, dan Ma’had Aly. Adapun penyelenggaraan aktivitas pendidikannya terbagi menjadi tiga kampus representatif. Bahkan kini sedang dalam proses membangun kampus ke 4 dan 5.

Mengenai biaya pendidikannya bisa Anda cek di link ini

Alamat Kampus 2: Jl. Raya Cangkiran-Gunungpati, Polaman, Kec. Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah 50216

Website resmi: https://ppaska.id/

Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Semarang

Kredit Foto: Karyoto Mantri

Selanjutnya adalah Ponpes Tahfidz Darul Qur’an. Dari namanya pesantren ini sudah jelas bahwa pesantren ini merupakan cabang dari salah satu Pesantren Qur’an terbesar yang ada di Indonesia yakni Darul Qur’an.

Pesantren yang dirintis oleh KH Yusuf Mansyur ini tentu sudah tidak bisa diragukan lagi keunggulannya. Hal ini karena Darul Qur’an telah terbukti menghasilkan alumni yang hebat, dan cabangnya sudah tersebar hampir ke seluruh wilayah Indonesia

Mengenai program pendidikan yang ada di Darul Qur’an Semarang, saat ini baru tersedia program pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP. Yang mana kurikulumnya merupakan kombinasi dari Kurikulum Diknas, Kurikulum Tahfidz, dan Kurikulum Pesantren.

Setiap harinya para santri akan digembleng untuk menjadi para penghafal Qur’an yang mutqin sekaligus mampu mengamalkan isi kandungan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian para santri pun akan dididik untuk menjadi insan yang paham IPTEK dan IMTAQ agar mampu bersaing dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin runyam.

Selain kegiatan harian di dalam kelas, para santri pun akan mengikuti berbagai kegiatan tambahan seperti muhadharah, olahraga, dll.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Dusun Suruhan, Desa Keji, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang, Jawa Tengah. 50511

Website resmi: https://new.daqu.sch.id/?doing_wp_cron=1634446603.6128120422363281250000

Pondok Pesantren Al Itqon

Kredit Foto: Najib Ibrahim

Berikutnya adalah Ponpes Al Itqon. Pesantren yang terletak di ujung tenggara kota Semarang ini didirikan pada tahun 1953 M, karenanya bisa dikatakan pesantren ini merupakan salah satu yang tertua di Semarang. Dalam menjalankan pendidikannya, Al Itqon berpegang pada visinya yaitu: “Berakhlak dan berprestasi berdasarkan iman dan takwa”. Dari visi tersebut tercetuslah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Membentuk santri berakhlakul karimah
  • Membentuk santri berkarekter ahlussunnah waljamaah
  • Berfikir, bersikap, dan bertindak sesuai Mabadi’ul Khoiru Ummah dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun seiring perkembangan zaman yang menuntut adanya daya selektif dalam berfikir, pondok pesantren ini masih terus berupaya untuk tetap melestarikan nilai-nilai dari hasil karya ulama salaf yang telah terdahulu berupa warisan kitab kuning yang berlandaskan dan bersumber dari Al-Qur’an dan Al-Hadits.

Karenanya pembelajaran para santri pun terbilang lebih banyak menggunakan kitab-kitab klasik. Meskipun santri juga nantinya tetap akan mempelajari pelajaran umum sesuai dengan jenjang pendidikan formalnya.

Saat ini Ponpes Al Itqon menyelenggarakan pendidikan secara formal dan informal. Untuk pendidikan formalnya berupa:

  • Raudhatul Athfal (RA)
  • Madrasah Ibtidaiyah (MA)
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs)
  • Madrasah Aliyah (MA)

Adapun pendidikan informalnya berupa:

  • Taman Pendidikan Qur’an (TPQ)
  • Madrasah Diniyah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah
  • Ma’had Aly
  • Majelis Ta’lim Ahad Pagi

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Kyai H. Abdurrosyid, Tlogosari Wetan, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50196

Website resmi: –

Pondok Pesantren Durrotu Aswaja

Kredit Foto: Alfi Khasanah

Selanjutnya adalah Ponpes Durrotu Aswaja. Pesantren yang lokasinya berdekatan dengan kampus UNNES ini berawal dari tahunn 1986 ketika Abah Kyai Masrochan, seorang ulama yang berasal dari Demak mulai mengajar ilmu agama dimushola sebelah timur Ponpes Durrotu Aswaja (saat itu belum berdiri) kepada anak-anak dukuh Banaran dan sekitarnya. Seiring berjalannya waktu pengajian Abah Kyai semakin berkembang dan akhirnya berdiliah sebuah pesantren.

Dalam menjalankan pendidikannya, Durrotu Aswaja memiliki visi yang berlaku secara mutlak, yaitu:

  • Beribadah kepada Allah
  • Mengagungkan asma washifatillah
  • Menjadi rahmatallil’alamin

Adapun misinya adalah: “Indahnya menggarap PR Surga.” Perwujudan misi tersebut diantaranya dengan:

  • Membentuk generasi kholifatul fil ardhi
  • Menciptakan insan kamil yang berpedoman pada Al-Quran, hadist, ijma’, Qiyas kapanpun dan dimanapun berada.
  • Membentuk manusia Qolbun Salim dan berakhlaqul karimah yang bercermin pada Uswah khasanah Rasulullah saw.
  • Membentuk santri yang peka, peduli, kritis, dan bertanggung jawab dalam mencapai kemuliaan dunia akhirat.
  • Mengaplikasikan ayat “Quu Anfusakum Wa Ahlikum Naaro” sehingga tercipta eksistensi ASWAJA sebagai media Izzul Islam Walmuslimin.
  • Terbentuknya cabang-cabang pondok pesantren aswaja di semua wilayah sebagai wadah atau tempat mencari pedoman dan pegangan hidup.

Saat ini Durrotu Aswaja menggunakan metode pembelajaran Ikhtisor yakni metode singkat untuk mempelajari kitab kuning dan Al-qur’an. Adapun program pendidikan yang dikelola dan tersedia adalah:

  • Pesantren Mahasiswa
  • Pesantren Salaf (Non-Mahasiswa)
  • Tahfidzul Qur’an
  • PAUD dan TK

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Kalimasada No.28, Sekaran, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50229

Website resmi: https://www.durrotuaswaja.net/

Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu

Kredit Foto: Ridwan Muhammad

Berikutnya adalah Ponpes Kyai Galang Sewu. Pesantren ini didirikan pada tanggal 16 Agustus 1999 atas rintisan KH. M. Sam’ani Khoiruddin, S.Ag. Letaknya yang berada di kawasan kampus Universitas Diponegoro menjadikan Ponpes Kyai Galang Sewu menjadi pilihan tepat bagi mahasiswa yang ingin menuntut ilmu sembari memperdalam ilmu agama.

Dalam menjalankan aktivitas pendidikannya, pesantren ini berpedoman pada visinya yaitu: “Mencetak generasi muda yang berkualitas di bidang ilmu agama, ilmu umum, dan berkepribadian akhlakul karimah serta menjalankan syari’at Islam ala Ahlussunah wal Jama’ah.” Dari visi ini kemudian lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Menanamkan nilai-nilai keislaman dalam aktivitas sehari-hari
  • Membangkitkan semangat santri untuk senantiasa aktif dalam mengikuti majelis pengajian Al-qur’an maupun kitab di pondok
  • Menciptakan santri yang siap untuk terjun di masyarakat
  • Menciptakan suasana gotong-royong dan saling membantu antar santri
  • Menjalin hubungan baik dengan masyarakat serta berbagai pihak dalam pengembangan pesantren yang unggul dan agamis

Karena hampir semua santrinya adalah mahasiswa, semua santri mengikuti kegiatan pondok jika tugas dan jam perkuliahan telah usai. Selain itu para pengurusnya pun memberi kelonggaran bagi santrinya yang masih terdapat kegiatan kampus, sehingga harus ijin meninggalkan kegiatan pondok.

Kemudian tidak hanya mengaji, santri juga diberi kesempatan untuk mempelajari pelajaran di kuliah. Sehingga dilengkapi dengan fasilitas penunjang belajar. Seperti koneksi Internet (Wi-Fi), diperkenankan membawa alat elektronik seperti laptop dan ponsel genggam (HP).

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Jurang Blimbing No.11-12, RT.03/RW.04, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275

Website resmi: https://psb.kyaigalangsewu.net/

Pondok Pesantren Al Uswah

Kredit Foto: Ata 93

Selanjutnya adalah Ponpes Al Uswah. Pesantren yang terletak di kawasan pegunungan, tepatnya di Kecamatan Gunungpati ini didirikan dan dirintis oleh KH. M. Mukhlisin (Alm). Adapun sekarang pesantren ini diasuh oleh KH. M. Thoyyib Farchany Al-Hafidz, yang merupakan putera sulung dari KH. M. Mukhlisin.

Saat ini Ponpes Al Uswah memiliki lembaga pendidikan formal berupa SMP dan SMA Islam Terpadu yang merupakan sekolah perpaduan antara ilmu agama dan ilmu umum. Keduanya merupakan benteng bagi para santri dari efek era digital yang sulit dibendung. Kemudian dalam sistem pendidikannya, Al Uswah berusaha mengedepankan ahlak dengan tanpa mengesampingkan teknologi sebagai penyeimbang. Selain itu Al Uswah juga berusaha menciptakan sekolah berkualitas dalam pembelajaran, pelayanan dan fasilitas.

Tidak hanya SMP-SMA, Ponpes Al Uswah yang berada di bawah Yayasan Al Uswah ini juga terbuka bagi semua kalangan. Seperti terdapat Majlis Ta’lim yang diperuntukkan bagi umum, Pesantren dan Madrasah Diniyah bagi mereka yang ingin mendalami agama yang mulai lenyap, TPQ Al-Uswah wadah anak-anak belajar baca tulis kitab Allah SWT, dan berbagai macam Majlis Mujahadah lainnya sebagai jalan kita lebih dekat kepada sang Khaliq SWT. 

Adapun mengenai biaya pendidikannya:

Biaya Masuk

PutraPutri
Rp 5.790.000Rp 5.915.000

Biaya Bulanan

Jenjang DasarJenjang Menengah
Rp 615.000 Rp 640.000

Alamat lengkap: Jalan Sumur Jurang, Pakintelan, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50227, Indonesia

Website resmi: https://aluswahsemarang.wordpress.com/

Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan

Kredit Foto: Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Mijen

Pesantren di Semarang terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Fadhlul Fadhlan. Pesantren ini merupakan perwujudan komitmen Yayasan Syauqi Semarang dalam upaya menciptakan pendidikan yang bermutu bagi masyarakat. Yayasan Syauqi ini didirikan oleh Dr. KH. Fadlolan Musyaffa’, Lc., MA., pada tanggal 13 April 2012.

Dalam menjalankan pendidikannya, pesantren yang bercorak salaf-modern ini berpegang pada visinya yaitu: ” Menciptakan sistem pendidikan karakter sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk menjawab problematika agama dan bangsa.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar.
  • Menciptakan pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar nasional dan global.

Fadhlul Fadhlan mengembangkan pola pendidikan Pondok Pesantren bilingual yang berbasis karakter salaf. Bilingual yaitu menerapkan penggunaan bilingual (bahasa Arab dan bahasa Inggris) dalam aktivitas keseharian santri.

Selain penggunaan bilingual, santri-santri juga mendalami kitab-kitab kuning. Pendalaman kitab kuning secara bandongan seperti kitab Al Yaqutun Nafis, Mauidzotul Mu’minin, Ta’lim Muta’alim, Tafsir Jalalain dan kitab-kitab lain dibimbing langsung oleh Pengasuh. Adapun pendalaman kitab-kitab alat untuk belajar mengaji kitab kuning seperti nahwu dan shorof, dikaji secara bandongan dan sorogan oleh ustadz dan ustadzah.

Saat ini Ponpes Fadhlul Fadhlan menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus mengelola pendidikan formal jenjang: RA, MI, MTs, dan MA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Ngrobyong, Ds. Wonorejo, Kec. Mijen, Semarang, Jawa Tengah 50212

Website resmi: https://ppff.ponpes.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Semarang yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren di Demak (2021)

(REVIEW) 7 Pesantren Terbaik di Kendal (2021)

2 pemikiran pada “(REVIEW) Rekomendasi 8 Pesantren di Semarang (2022)”

Tinggalkan komentar