(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren di Solo (2022)

Anda sedang berfikir menyekolahkan buah hati Anda ke pesantren yang ada di daerah Solo dan sekitarnya? Jika iya maka Anda sangat beruntung. Di artikel ini kami telah mengumpulkan berbagai pesantren terbaik di Solo yang mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan Anda. Oh ya btw Solo itu bukan nama kota ya, nama kotanya sendiri adalah Surakarta.

Semoga bermanfaat ya!

Pondok Pesantren Al-Muayyad Mangkuyudan

Kredit Foto: Haris Fauzi

Pesantren di Solo pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Muayyad. Al-Muayyad merupakan pondok pesantren Al-Quran tertua di Solo yang dirintis tahun 1930 olen K.H. Abdul Mannan bersama K.H. Ahmad Shofawi dan Prof. K.H. Moh Adnan dan ditata sistemnya ke arah sistem madrasah tahun 1937 oleh KH. Ahmad Umar Abdul Mannan.

Dalam menjalankan pendidikannya, Al Muayyad berpegang pada visinya yaitu: “Cerdas dan Mulia bersama AI-Quran.” Dari visi yang singkat ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Pendidikan agama Islam Ahlussunnah wal-jama’ah dengan penguatan kompetensi di bidang AI-Quran.
  • Pendidikan menengah berkualitas sebagai bekal untuk melanjutkan ke pendidikan selanjutnya.
  • Pengembangan minat dan bakat santri untuk menopang hidup kreatif dan bertanggung jawab.

Nantinya kegiatan para santri dimulai sejak pukul 3 subuh. Sholat malam, sholat subuh, dan ngaji Al-Qur’an. Kemudian para santri masuk kelas formal biasa dari pukul 7 pagi hingga pukul 12 siang. Sedangkan kegiatan madrasah diniyyah (kurikulum pondok) dilaksanakan setelah sholat dzuhur dan makan siang.

Adapun kegiatan malam santri diisi dengan ngaji Al-Qur’an, ngaji kitab kuning, belajar malam hingga para santri kembali istirahat malam pukul 10. Di sini terlihat betapa kitab kuning menjadi perhatian besar.

Saat ini Ponpes Al Muayyad selain menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan (diniyah) juga mengelola pendidikan formal berupa SMP, SMA, dan MA.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 10.500.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 900.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. K.H Samanhudi No.64, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57142

Website resmi: http://almuayyad.org/

Pondok Pesantren Jamsaren

Kredit Foto: Pondok Pesantren Jamsaren

Berikutnya adalah Ponpes Jamsaren. Pesantren ini adalah salah satu pesantren tertua di Pulau Jawa. Pasalnya menurut catatan sejarah Pesantren ini berdiri sejak tahun 1750 Masehi pada masa kerajaan Paku Buwono IV.

Sejarah mencatat bahwa pendirian pondok ini tidak bisa lepas dari peran Sinuhun Paku Buana IV yang ingin memasukkan nilai-nilai islam dalam kebudayaan masyarakat Solo yang pada waktu itu masih kental akan nilai Hindu-Budha serta animisme dan dinamisme.

Sebagai salah satu pesantren yang menjadi saksi sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, Jamsaren selalu menyesuaikan sistem pendidikan agar bisa memberikan yang terbaik kepada para santri.

Jamsaren tetap menawarkan alternatif sistem pendidikan untuk santri yang ingin fokus memperdalam ilmu-ilmu agama Islam. Namun, santri tetap dibekali pendidikan formal agar kelak menjadi profesional muda yang berjiwa ulama dan pemimpin yang berguna bagi bangsa, agama dan negara.

Ponpes Jamsaren saat ini tidak semata-mata hanya pondok pesantren saja. Namun sudah menjadi sebuah yayasan. Ada. TK, SD, MI, MTs, MA dan ponpes itu sendiri. Santri yang bermukim di pondok adalah anak-anak yang juga mengambil sekolah formal dan sisa waktunya mendapatkan materi diniyah, mulai dari tahfidz, fiqih, bahasa Arab dan lainnya.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Veteran No.263, Serengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57155

Website resmi: https://pondokjamsaren.wixsite.com/home

Pondok Pesantren Ta’mirul Islam

Kredit Foto: Sablonbiz SPS

Selanjutnya adalah Ponpes Ta’mirul Islam. Pesantren yang bercorak modern ini didirikan pada 14 Juni 1986 oleh KH. Naharussurur. Dalam menjalankan pendidikannya, pesantren ini berpedoman pada visinya yaitu: “Mencetak kader ulama ‘amilin penerus Rasulullah berbasis sanad dan menjadi perekat umat.” Dari visi tersebut lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Tahqiqul ‘ulum bissanad yang artinya semua ilmu yang diajarkan berdasarkan pada sanad.
  • Tazkiyatun nafs. Yaitu upaya manusia untuk mensucikan jiwa dan dirinya.
  • Da’wah Ilallah

Saat ini Ponpes Ta’mirul Islam menyelenggarakan pendidikan berupa:

  • KMI (Kuliyyatul Mu’allimin al-Islamiyyah)

Jenjang pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam adalah KMI (Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah) 6 (enam) tahun, setingkat dengan SLTP dan SLTA. KMI ini merupakan inti dari lembaga pendidikan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam.

  • Takhossus

Takhossus adalah kelas akselerasi (percepatan). Program ini diperuntukkan bagi santri/santriwati alumni SMP maupun MTs yang masih lemah dalam kemampuan berbahasa Asing (Arab dan Inggris).

  • Tahfidzul Qur’an

Tahfidzul qur’an diperuntukkan untuk santri/wati yang memiliki minat dan kemauan dalam menghafalkan al-qur’an. Nantinya mereka diwajibkan untuk bisa menyetor hafalan sebanyak satu halaman lembar mushaf dalam tiap harinya.

  • Ma’had Aly

Pendidikan setara S-1 dengan fokus pada pendalaman ilmu islam.

  • KB & TK

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 8.500.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 835.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. K.H Samanhudi No.3, Bumi, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57142

Website resmi: http://pptakmirulislam.com/

Pondok Pesantren Nahdlotul Muslimat (NDM)

Kredit Foto: Afifah

Berikutnya adalah Ponpes NDM. Pesantren yang satu ini bisa dikatakan juga merupakan salah satu pesantren tua yang ada di Solo, hal ini karena NDM didirikan pada tahun 1931 oleh para ibu Muslimat NU. Namun meskipun didirikan oleh para wanita, pesantren ini kini terbuka bagi pria dan wanita. Adapun pimpinannya saat ini adalah KH Ahmad Fadholi.

Dalam menjalankan pendidikannya, Ponpes NDM berpegang teguh pada visinya yaitu: “Terwujudnya insan yang berpengetahuan luas, mandiri dan islami.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Membekali peserta didik dengan nilai – nilai Islami dengan menyelenggarakan kegiatan belajar secara terpadu.
  • Menumbuh kembangkan minat baca peserta didik dari berbagai sumber pengetahuan.
  • Memberikan kesempatan luas kepada peserta didik untuk mengaktualisasikan diri dengan pengetahuan dan keterampilan.

Saat ini Ponpes NDM menyelenggarakan pendidikan berupa:

  1. Kuliyyatul Mu’allimin al-Islamiyyah (setara SMP-SMA)
  2. MTs

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 4.025.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 700.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Trisula No. 46, Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah, 15772

Website resmi: https://ndmsurakarta.sch.id/

Pondok Pesantren Isy Karima

Kredit Foto: Keep Moving Forward

Selanjutnya adalah Ponpes Isy Karima. Secara umum sejatinya pesantren ini terletak di Kab. Karanganyar, namun karena lokasinya yang terletak di jalan raya Solo maka kami kami masukkan ke ulasan pesantren di Solo.

Pesantren yang cukup concern kepada tahfidz Qur’an ini sudah mulai dirintis sejak tahun 1994 oleh Ustadz Ya’qub Basya  dan Ustadz Suwardi Efendi, Lc. Dalam menjalankan pendidikannya, Isy Karima berpegang pada visinya yaitu: “Terwujudnya generasi hafizh yang berjiwa Da’i dan Mujahid, berprestasi dan berakhlak mulia, menguasai dasar-dasar pengetahuan dan teknologi.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Mendirikan dan mengembangkan pola pendidikan tahfizhul qur’an terpadu yang berbasis pesantren.
  • Mensyi’arkan dan menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat.
  • Mengembangkan pusat kajian dan keilmuan Al-Qur’an.

Adapun yang menjadi program unggulan Ponpes Isy Karima adalah:

  • Tahfidzul Qur’an 10 – 30 Juz
  • Kurikulum Terpadu (tahfidz Qur’an, kepondokan, dan kemenag)
  • Kelas ideal
  • Lab. IPA dan Komputer
  • Ragam Ekstrakulikuler

Saat ini Ponpes Isy Karima menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan beserta beberapa program formal dan informal yang sangat lengkap berupa:

  • Raudlatul Athfal (RA)
  • Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  • IMTAQ SHIGHOR (setara SMP)
  • MATIQ Program 3 dan 4 Tahun (setara SMA)
  • I’dadul Mu’allimin
  • I’dadud Du’at
  • Markaz Qur’an
  • Sekolah Tinggi Ilmu Qur’an Isy Karima (setara S-1)

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 24.100.000Biaya masuk  IMTAQ SHIGHOR
Sekitar Rp. 1.750.000Biaya bulanan  
Sekitar Rp. 48.350.000Biaya masuk  MATIQ 3 tahun
Sekitar Rp. 2.500.000Biaya bulanan
Sekitar Rp. 29.300.000Biaya masuk  MATIQ 4 tahun
Sekitar Rp. 2.000.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Solo-Tawangmangu Km 34 Pakel, Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah 57791

Website resmi: https://isykarima.com/

Pondok Pesantren Modern Islam Assalam

Kredit Foto: Pondok Pesantren Modern Islam Assalam

Berikutnya adalah PPMI Assalam. Secara daerah administrative sejatinya pesantren ini termasuk kedalam Kab. Sukoharjo, namun pesantren ini lebih dikenal di tengah masyarakat terletak di wilayah Solo.

Pesantren yang bercorak modern ini didirikan oleh Abdullah Marzuki dan Siti Aminah Abdullah pada tanggal 7 Agustus 1982 M. Dalam menjalankan pendidikannya, PPMI ini berpedoman pada visinya yaitu: “Terwujudnya insan yang memiliki keseimbangan Spiritual, Intelektual, dan Moral menuju generasi ulul albab yang berkomitmen tinggi terhadap kemaslahatan Umat dengan berlandaskan Al-Quran dan As-Sunnah.”

Mengenai kurikulumnya, pesantren ini menerapkan kurikulum nasional k-13 (umum) dan dan kurikulum kepondokan (ulum syar’iyyah seperti ulumul qur’an, hadist dan ulumul hadist, fiqh dan ushul fiqh, dan lain-lain) dan semua jenjang pendidikan yang ada di PPMI Assalam (MTs, MA, SMA, dan SMK) dilatih untuk bisa berbahasa asing bilingual arab dan inggris.

Salah satu keunikan dari pesantren ini adalah adanya satu ekstrakulikuler yang bisa dibilang cukup langka, yaitu observatori astronomi. Yang mana kegiatan ekstrakulikuler ini secara khusus dibentuk untuk mewadahi para santri yang senang mempelajari dunia perbintangan dan juga ilmu falak.

Selain itu tentu masih banyak sekali ekstrakulikulernya seperti muhadharah, pramuka, catur, karate, taekwondo, basket, tapak suci, futsal, menjahit, nasyid, kaligrafi, memasak, jurnalistik, dll.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 21.200.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 2.500.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jalan Garuda Mas, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57102

Website resmi: https://assalaam.or.id/

Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki

Kredit Foto: Nayla Jasmine

Pesantren di Solo terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Mukmin. Sama seperti dengan Ponpes Assalam, pesantren ini juga sejatinya terletak di daerah administratif Sukoharjo. Namun secara umum Al Mukmin lebih masyhur terletak di Solo.

Al Mukmin Ngruki berdiri pada 10 Maret 1972. Adapun para perintis dan pendirinya pada waktu itu adalah Ustadz Abdullah Sungkar , Ustadz Abu Bakar Ba’asyir , Ustadz Abdullah Baraja’ , Ustadz Yoyok Rosywadi , Ustadz H. Abdul Qohar Daeng Matase dan Ustadz Hasan Basri, BA serta para pendukung yang lain.

Dalam menjalankan pendidikannya, Al Mukmin berpegang pada visinya yaitu: ” Terbentuknya generasi muslim yang siap menerima dan mengamalkan Islam secara kâffah (universal).” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Mencetak kader Ulama dan cendekia muslim yang ˋAmilin Fi Sabîlillâh.
  • Melaksanakan kegiatan pendidikan dan da’wah secara independen dan bertanggungjawab kepada umat.
  • Melaksanakan proses pembelajaran secara integral dalam satu kepemimpinan Mudirul Ma’had.

Saat ini Ponpes Al Mukmin Ngruki mengelola beberapa program pendidikan berupa:

  • Program Pendidikan 6 Tahun (setara MTs-MA)

Kurikulum integrasi Kemenag dan Kurikulum Pesantren serta target hafalan 30 Juz

  • Program Takhasus

Merupakan kelas persiapan selama satu tahun sebelum mengikuti pendidikan tingkat Madrasah Aliyah (MA).

  • Program Pendidikan 2 Tahun (Ma’had Aly)

Pendalaman materi keislaman dengan system mulazamah dan target hafalan Qur’an 30 juz.

Mengenai biaya pendidikannya bisa cek di link ini

Alamat lengkap pesantren: Jalan Ngruki, Cemani, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57552

Website resmi: https://www.almukminngruki.or.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Solo yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

(REVIEW) 9 Pesantren di Yogyakarta Paling Bagus (2021)

Rekomendasi 7 Pondok Pesantren di Semarang Paling Bagus (2021)

Tinggalkan komentar