(REVIEW) Rekomendasi 5 Pondok Pesantren di Solok (2022)

Anda sedang mencari pesantren bagi buah hati Anda di Solok? Kalau iya maka pencarian anda akan berakhir disini. Di artikel ini kami akan mengulas seputar pesantren di Solok yang paling recommended.

Mau tau kan? Berikut Ulasan pesantren terbaik di Solok!

Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor 11

Kredit Foto: Gontor TV

Pesantren di Solok pertama yang akan kami ulas adalah Ponpes Modern Darussalam Gontor 11. Sesuai namanya pesantren ini merupakan cabang dari salah satu pesantren paling terkenal di Indonesia yaitu Pesantren Darussalam Gontor.

Pesantren yang terletak di perbukitan ini secara resmi berdiri pada 8 Juli 2010. Kala itu peresmiannya dilakukan langsung oleh Bupati Solok dan Pimpinan Gontor pusat yaitu KH Hasan Abdullah Sahal.

Sebagai cabang Darussalam Gontor, tentu Ponpes Gontor 11 ini berusaha melaksanakan semua sistem pendidikan dan disiplin yang ada di Gontor pusat, sehingga seluruh aktivitas pendidikan dan pengajarannya dimaksimalkan agar sesuai dengan standar pendidikan dan pengajaran yang ada di Gontor pusat.

Mengenai jenjang pendidikannya, Gontor 11 menyelenggarakan pendidikan menengah, dengan durasi belajar 6 tahun bagi yang berijazah SD/MI dan 4 tahun bagi yang berijazah SMP dan atau SMA. Demikian halnya dengan kurikulum, juga menggunakan Kurikulum Mu’allimin Islamiyah (KMI) yang distandarkan dengan apa yang ada di Gontor pusat.

Selain itu santri juga akan dibimbing secara intensif dalam beberapa ekstrakulikuler yang ada seperti kegiatan berorganisasi, kepramukaan, olahraga, ketrampilan, kesenian, latihan dan lomba pidato, pembinaan bahasa Arab dan Inggris, dll.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Bukit Mandi Mandian, Dsn. Ompang, Ds. Sulit Air, Kec. X Koto Diatas, Kab. Solok, Prov. Sumatera Barat, 27355

Website resmi: https://www.gontor.ac.id

Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al Mumtaz Muhammadiyah

Kredit Foto: Riko Putra Al Hanafi

Berikutnya adalah Ponpes Tahfidz Al Mumtaz. Pesantren yang bercorak Muhammadiyah ini awalnya adalah merupakan MTs Muhamamadiyah (MTsM) non pesantren yang merupakan salah satu amal usaha Pimpinan Daerah Muhamadiyah Kota solok yang sudah berdiri sejak tahun 1983. Namun sejak tahun 2007 dengan diprakarsai kepala sekolah dan 9 guru, MTs ini berubah menjadi sebuah Ponpes Tahfidz.

Di pesantren ini para santri akan dididik untuk menjadi pribadi yang siap menghadapi tantangan kedepan, tidak hanya bisa mengaji tapi sanggup mengkaji, berkreasi, berinspirasi dan hidup penuh prestasi serta mampu mengendalikan dampak negative dan memanfaatkan unsur positif dari perkembangan teknologi. 

Mengenai kurikulumnya, Al Mumtaz menerapkan Kurikulum perpaduan antara Diknas yang mengacu KTSP/K – 13 dan Kurikulum Pesantren yang mengacu pada pendidikan pesantren modern dengan menekankan keseimbangan antara Diknas dan Pesantren.

Kemudian terdapat 5 program yang menjadi unggulan di Al Mumtaz, yaitu:

  • Tahfidz Al-Qur’an
  • Bahasa Arab
  • Bahasa Inggris
  • Pusat Pelatihan Pelajar Prestasi (PPLP)
  • Talenta

Saat ini Ponpes Muhammadiyah Al Amin menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan unit pendidikan formal jenjang MTs dan SMA.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 8.250.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 950.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: Pasar Pandan Air Mati, Tanjung Harapan, Solok City, West Sumatra 27317, Indonesia

Website resmi: https://al-mumtazsolok.ponpes.id

Pondok Pesantren Waratsatul Anbiya

Kredit Foto: Ardin Syahrizal

Selanjutnya adalah Ponpes Waratsatul Anbiya. Pesantren yang bercorak salafiyah ini didirikan pada 17 September 2008. Pendirian pesantren ini bertujuan untuk  menghasilkan kader- kader muallim yang betul-betul dapat menjadi panutan untuk kaum muslim yang ada di Kota Solok.

Dalam menjalankan aktivitas pendidikannya, pesantren ini berpegang kepada visinya yaitu: “Terciptanya generasi yang Qur’ani dengan mensinergikan IPTEK dan IMTAQ.” Dari visi ini, pesantren merumuskan 4 misi pendidikan. Antara lain:

  • Meningkatkan mutu pendidikan
  • Mengkader ulama
  • Menciptakan peserta didik yang berahlakul karimah sesuai dengan tuntunan Al Qur’an dan Sunnah nabi Muhammad SAW.
  • Membentuk generasi yang beriman dan bertaqwa.

Mengenai program pendidikannya, Ponpes Waratsatul Anbiya menyelenggarakan program Pendidikan Diniyah Wustha-Ulya yang setara dengan SMP-SMA. Yang mana dalam kesehariannya para santri akan mempelajari pelajaran dari Kurikulum Pesantren yang dikombinasikan dengan Kurikulum DIKNAS dan Kurikulum Kemenag.

Kemudian dalam rangka meningkatkan minat dan bakat para santri, terdapat juga berbagai ekstrakulikuler seperti: Klub Bahasa Arab, Pencak Silat, Komputer, Seni Kaligrafi, Pramuka, Menjahit, Muhadharah, Pertanian, dan Rebana.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 3.820.000Biaya masuk Wustha
Sekitar Rp. 3.830.000Biaya masuk Ulya
Maaf kami belum menemukannyaBiaya bulanan

Alamat lengkap: Jl. Padang Ribu-ribu Ampang Kualo, Kel. Kampung Jawa, Kec. Tanjung Harapan, Kota Solok, Sumatera Barat 27321

Website resmi: https://web.facebook.com/PondokPesantrenWaratsatulAnbiya/?_rdc=1&_rdr

Pondok Pesantren Dr. M. Natsir

Kredit Foto: Suhardi Munir

Berikutnya adalah Ponpes Dr. M. Natsir. Pesantren ini merupakan salah satu pesantren modern yang berada di Kota Solok. Dalam sejarahnya, Ponpes M Natsir didirikan pada tahun 1992 dan berada di bawah Yayasan Nurul Iman. Mengenai pemberian nama Dr. M. Natsir yang merupakan Tokoh dan Pahlawan Nasional sebagai nama pesantren, hal ini dilakukan untuk mengambil semangat perjuangan beliau yang tercermin dalam misi pesantren berupa:

  • Memajukan pendidikan agama Islam seperti yang dicita-citakan oleh Dr. Muhammad Natsir.
  • Memajukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Membangun masyarakat yang Islami
  • Melahirkan santri-santri mujahid dakwah yang memiliki keahlian dan keterampilan.

Saat ini Ponpes Dr. M. Natsir mengelola tiga tingkatan pendidikan yaitu:

  • PAUD dan TK
  • Madrasah Tsanawiyah
  • Sekolah Menengah Atas

Dalam pembelajarannya, pesantren ini mengkolaborasikan Kurikulum DIKNAS, Kurikulum Kemenag, dan Kurikulum Pesantren sebagai landasan bahan pelajaran bagi para santri. Sehingga nantinya santri diharapkan mampu menguasai IPTEK dan IMTAQ secara seimbang.

Kemudian salah satu keunggulan dari pesantren ini adalah letak geografisnya. Secara geografis Ponpes M Natsir ini berada pada lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat karena terletak di pingir jalan Padang, Solok dan Muara Labuh. Di samping itu, pesantren ini juga berada di lokasi yang memiliki pemandangan alam yang indah. 

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Batu Bagiriek Al Panjang, Ds. Alahan Panjang, Kec. Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Utara 27371

Website resmi: https://www.gontor.ac.id

International Islamic Boarding School Rahmatan Lil Alamin

Kredit Foto: Darah Ungu

Terakhir adalah International Islamic Boarding School Rahmatan Lil Alamin. Dari namanya, sejatinya Rahmatan Lil Alamin bukanlah pesantren, melainkan sebuah Boarding School. Namun karena Boarding School adalah sekolah berasrama dan terdapat juga program khusus keislaman, maka kami masukkan ke ulasan mengenai pesantren di Solok.

Sebagai Boarding School yang bertaraf internasional dan memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan mewah, RLA dalam pembelajarannya menggunakan integrasi 3 kurikulum. Yaitu Kurikulum 2013, Kurikulum RLA dan Kurikulum Diniyah sehingga siswa dibekali dengan perspektif global namun tetap menjunjung tinggi karakter lokal dan religius.

Beberapa keunggulan yang akan santri dapatkan di Boarding School ini adalah:

  • Mampu Berbahasa Arab dan Inggris
  • Menghafalkan Hadist Arba’in, Kitabul Jami ‘Matan Usulul Tsalatsah, dan Qowaidul Arba’
  • Berpikiran terbuka dengan pengetahuan luar biasa tentang wawasan global sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah
  • Menghafalkan 5 Juz Al-Qur’an
  • Menguasai lebih dari satu keterampilan melalui kegiatan ekstrakurikuler
  • Memiliki komitmen yang kuat untuk menerapkan nilai-nilai keislaman

Selain program unggulan diatas, Boarding School RLA juga memiliki program-program eksekutif seperti:

  • Program RLA-Internasional
  • Kursus musim panas
  • Pertukaran pelajar
  • Belajar di luar negeri
  • Konferensi internasional
  • Lokakarya internasional
  • Karyawisata
  • Dll

Kemudian hal yang tak kalah hebatnya lagi adalah penggunaan tablet terkini yang digunakan oleh para santri. Penyediaan tablet ini akan memungkinkan santri untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dan informasi terkini.

Saat ini Islamic Boarding School RLA menyelenggarakan pendidikan jenjang SMP dan SMA.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 16.500.000Biaya masuk SMP
Sekitar Rp. 17.500.000Biaya masuk SMA
Sekitar Rp. 1.750.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: Jl. Talago Pipik Data Bungo, Ds. Aripan, Kel. X Koto Singkarak, Kab. Solok, West Sumatera 27356

Website resmi: https://rla.sch.id

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Solok yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar