(REVIEW) 7 Rekomendasi Pesantren di Sukabumi (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari pondok pesantren di Sukabumi? Tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Sukabumi terdapat sekitar 722 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 36.558. Jumlah tersebut terbagi menjadi 22.305 santri mukim, dan 14.253 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Al Masthuriyah Sukabumi

Ponpes Al Masthuriyyah Sukabumi
Kredit Foto: Abie Suhendi

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Masthuriyah. Pesantren ini adalah salah satu pesantren tertua yang ada di tanah Sukabumi. Berdiri sejak seabad silam, tepatnya pada tahun 1920, pesantren ini telah berhasil menghasilkan ratusan ribu santri berkualitas.

Dalam pendidikannya, pesantren ini menerapkan sistem pendidikan kolaborasi—ilmu agama dan umum—yang dikelola secara modern. Pengelola memberikan pembinaan intensif di luar kelas (asrama) yang dibimbing oleh tenaga pendidik yang profesional, berpengalaman dan memiliki latar belakang pendidikan pesantren dan perguruan tinggi.

Untuk menunjang pembelajaran, pesantren ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Antara lain lab Bahasa, lab computer, gedung serbaguna, lapangan olahraga, perpustakaan dan berbagai fasilitas lainnya. Selain itu tersedia ragam ekstrakulikuler untuk menambah skill para santrinya.

Hebatnya lagi, pesantren yang satu ini memiliki jenjang pendidikan yang sangat lengkap. Pesantren ini menyelenggarakan pendidikan dari mulai RA-Perguruan tinggi. Selain itu terdapat juga program Pendidikan Diniyah Formal (PDF) yang merupakan program pendidikan berbasis kitab kuning.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Nasional III, Cibolang Kaler, Kec. Cisaat, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43152

Website resmi: http://almasthuriyah.id/

Pondok Pesantren Darul Habib Sukabumi

Ponpes Darul Habib
Kredit Foto: Rusli Al Anggowi

Selanjutnya, pesantren yang akan kami bahas adalah Ponpes Darul Habib. Sesuai namanya, pesantren ini didirikan oleh seorang Habib. Habib tersebut ialah Habib Ahmad Naufal bin Abdullah Al Kaff. Beliau mendirikan pesantren ini sejak tahun 1998. Dan hingga sekarang, pesantren ini telah berhasil mendidik santrinya menjadi insan yang berpegang teguh pada Qur’an dan Sunnah.

Identitas pendidikan yang ditonjolkan adalah pesantren salafiyah dengan nuansa modern. Pesantren ini mempriotaskan pelajaran-pelajaran Al-Qur’an, hadits, ahlak, Bahasa arab, nahwu, sharaf, balaghah, dll.

Ada satu hal unik, di pesantren ini setiap santri putra harus memakai peci putih, gamis putih, dan imamah putih ketika shalat dan belajar. Adapun santri putri mereka diwajibkan menggunakan abaya hitam ketika sholat dan belajar.

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di Ponpes Darul Habib dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk: sekitar Rp. 11.500.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan : sekitar Rp. 900.000

Adapun alamat dari pesantren ini adalah: Jalan Raya Parungkuda Gg. Ojek Ciambar Kp. Cipamutih Desa Munjul Rt.004/012 Parungkuda, Sukabumi.

Website resmi: www.daarulhabib.net

Pondok Pesantren Modern Madinatul Ulum

Ponpes Madinatul Ulum Sukabumi
Kredit Foto: Alvi

Berikutnya, pesantren yang akan kami bahas adalah Ponpes Madinatul Ulum. Pesantren yang satu ini terbilang usianya sangat muda, tepatnya baru berusia 10 tahun. Namun meskipun begitu, pesantren ini terbukti sudah mampu menghasilkan output santri yang berkualitas.

Pesantren ini merupakan perpaduan antara pondok salafi dan modern. Program pendidikanya bersumber kepada kitab kuning. Hal tersebut bertujuan agar santrinya menjadi kader-kader ulama yang handal dan menguasai berbagai cabang disiplin ilmu keislaman seperti: Ilmu Nahwu, Ilmu Shorof, Ilmu Mantiq, Ilmu bayan, Ilmu ma’ani, Ilmu badi, Ilmu Tauhid, Ilmu Fiqih, Ilmu Usul fiqh, Ilmu tasawuf, Ilmu qur’an, Ilmu tafsir, Ilmu hadist, Ilmu musthola hadist, DLL.

Selain itu pengurus mewajibkan santri berkomunikasi setiap hari dalam bahasa arab satu minggu dan bahasa inggris satu minggu. Demikian juga para santri diwajibkan menerjemahkan Qur’an dan Hadist dengan bahasa inggris dan harus menguasai pidato 4 bahasa yaitu bahasa Arab, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa Sunda.

Saat ini Ponpes Madinatul Ulum turut menyelenggarakan pendidikan jenjang MTS-MA. Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Semplak-Cipurut, Pasirhalang, Kec. Sukaraja, Sukabumi Regency, Jawa Barat

Website resmi: –

Pondok Pesantren Modern Al Umanaa

Kredit Foto: Ponpes Al Umanaa

Selanjutnya, pesantren yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Umanaa. Dari namanya saja pesantren ini sudah jelas memiliki corak modern dalam pendidikannya. Pesantren yang satu ini baru berdiri pada tahun 2012. Namun meskipun begitu, pesantren ini telah berhasil mendapatkan ratusan prestasi dari mulai tingkat kecamatan hingga nasional.

Pesantren ini lebih mengedepanakan pendidikan kedisiplinan dalam pembinaan santri-santrinya. Dalam mengawal kedisiplinan santri, pesantren ini menerapkan model Reward and Punishment yaitu pemberian penghargaan terhadap hal positif yang dilakukan santri dan memberikan pembinaan dengan sanksi terhadap hal negatif yang dilakukan.

Selain itu pesantren ini tergolong salah satu pondok ternyaman dan termewah di Sukabumi. Tersedia beberapa fasiilitas penunjang yang sangat lengkap. Pesantren ini dilengkapi dengan lab seni budaya, lab computer, lapangan olahraga, perpustakaan dan berbagai fasilitas lainnya. Selain itu terdapat juga ragam ekstrakulikuler seperti: sepak takraw, basket, bela diri, merajut, pramuka, dll.

Saat ini Pesantren Modern Al Umanaa menyelenggarakan pendidikan pesantren tingkat SMP-SMA. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk jenjang SMP: sekitar Rp. 21.883.500
  • Biaya masuk jenjang SMA: sekitar Rp. 22.600.000
  • Biaya bulanan jenjang SMP: sekitar Rp. 1.700.000
  • Biaya bulanan jenjang SMA: sekitar Rp. 1.850.000
  • Biaya tahunan jenjang SMP: sekitar Rp. 3.400.000
  • Biaya tahunan jenjang SMA: sekitar Rp. 3.600.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Jl. Pelabuhan II Km 10, Kp. Cikaret, RT.002/RW.014, Kebonmanggu, Gunung Guruh, Sukabumi, West Java 43156

Website resmi: https://www.alumanaa.com/

Pondok Pesantren An Nizom Salanbitana

Ponpes An Nizom Salanbitana

Berikutnya, pesantren yang akan kami bahas adalah Ponpes An-Nizom. Pesantren ini memiliki corak pendidikan yang murni salafi, dengan mengajarkan kitab-kitab salaf. Pengurus juga tidak menyediakan pendidikan formal, dan bahkan santri yang mondok di pesantren ini tidak boleh nyantri sambil sekolah di pendidikan formal.

Namun bukan berarti santri tidak belajar untuk hidup, ada pembelajaran kemandirian bagi setiap santri. Sehingga banyak dari pesantren ini yang justru hidup mandiri. Inilah mengapa pesantren dengan kurikulum demikian sangat banyak peminatnya.

Selain itu, terdapat juga ragam ekstrakulikuler yang tersedia bagi para santri. Antara lain tahfidzul Qur’an, beladiri, khitobah 3 bahasa, English club, kaligrafi, jurnalistik, dll. Tak ketinggalan sarana dan prasarana pendidikannya terbilang cukup lengkap, terdapat lapangan, perpustakaan, posko kesehatan, masjid, aula, dll.

Hal yang menarik adalah, Pesantren An Nidzom memiliki biaya yang sangat murah. Hanya sekitar puluhan ribu rupiah untuk sebulan. Karena pesantren benar-benar ingin mendidik santri sehingga tidak memberatkan biaya. Selain itu pesantren juga memiliki banyak usaha untuk menopang jalannya pendidikan di pesantren. 

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Selabintana No.,17a, Warnasari, Kec. Sukabumi, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43151

Website resmi: –

Pesantren As Salam Sukabumi

Kredit Foto: Rosad Tea

Selanjutnya, pesantren yang akan kami bahas adalah Ponpes As-Salam. Pesantren yang satu ini sudah dirintis sejak tahun 1968. Kemudian baru berdiri pada tahun 1983. Oleh sebab itu pesantren ini terbilang cukup tua dan telah berhasil meluluskan ribuan santri terbaiknya.

Adapun identitas pendidikan pesantren ini adalah pendidikan modern. Yaitu system pesantren yang sudah menggabungkan pendidikan formal dengan pendidikan tradisional yang menggunakan kitab-kitab klasik. Selain itu system pengaturan asrama di pesantren ini terbilang sangat rapih dan tertata dengan baik.

Saat ini, Ponpes As Salam menyelenggarakan dua jenjang pendidikan. Yaitu jenjang selepas SD dengan masa pendidikan 6 tahun, dan ada juga jenjang selepas SMP dengan masa belajar 4 tahun. Selain itu setiap santri yang lulus dari pesantren ini disyaratkan hafal Al-Qur’an sebanyak 3 juz.

Kemudian, terdapat juga ragam ekstrakulikuler yang tersedia bagi para santri. Antara lain marawis, beladiri, sepakbola, renang, kaligrafi, dll. Tak ketinggalan sarana dan prasarana pendidikannya terbilang cukup lengkap, terdapat lapangan, perpustakaan, kolam renang, masjid, aula, dll.

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk putra lulusan SD: sekitar Rp. 12.070.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya masuk putri lulusan SD: sekitar Rp. 14.495.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya masuk putra lulusan SMP: sekitar Rp. 12.485.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya masuk putri lulusan SMP: sekitar Rp. 14.870.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan seluruh jenjang : sekitar Rp. 750.000

Adapun lokasi pesantren ini terpisah antara putra dan putri:

Alamat putra:  Jl. Parungkuda Kp. Cibodas Rt.19/04 Des. Cibodas Kec. Bojonggenteng Kab. Sukabumi

Alamat putri: Jl. Palabuhanratu KM. 29 Kp. Sukaharja Rt.03/07 Des. Sukaharja Kec. Warungkiara Kab. Sukabumi

Website resmi: https://assalamsukabumi.or.id/html/index.php

Pondok Pesantren Kaligrafi Al Qur’an Lemka

Terakhir, pesantren yang akan kami bahas adalah Ponpes Kaligrafi Al Qur’an. Sesuai namanya, pesantren ini khusus untuk mempelajari seni kaligrafi. Bahkan Ponpes ini menjadi pesantren pertama di Indonesia yang mengelola pendidikan dan latihan di bidang seni kaligrafi.

Pesantren ini mengajarkan pelbagai gaya jenis-jenis tulisan atau khat secara detail dari huruf-huruf tunggal, tata letak, komposisi, harmoni, proporsi, cara menggores, etika kaligrafi, dan teknik gubahan dengan cara demonstratif. Yakni, memberikan materi sekaligus mempraktekkannya.

Lebih lanjut, di dalamnya juga diajarkan melukis serta mendiskusikan seni kaligrafi dari beragam perspektif. Kegiatan belajar dan mengajarnya, tidak melulu di dalam ruangan (indoor). Adakanya di luar ruangan (outdoor). Semisal, di tepi bukit, dan tepi pantai atau tempat-tempat indah lainnya.

Lama belajar di pesantren ini adalah satu tahun. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

Biaya masuk: sekitar Rp. 5.700.000

Biaya bulanan: sekitar Rp. 350.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Bhineka Karya No.53, RT.03/RW.06, Karamat, Kec. Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43122

Website resmi: https://www.lemka.net/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Sukabumi yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Rekomendasi 7 Pesantren Terbaik di Karawang

Rekomendasi 9 Pesantren Terbaik di Purwakarta

Tinggalkan komentar