(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren di Sumedang (2022)

Jika berbicara tentang Sumedang, biasanya Anda akan langsung terbersit dengan tahu nya bukan? Hal ini amatlah wajar karena tahu Sumedang memang sudah sangat terkenal di Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa ternyata Sumedang juga memiliki banyak pesantren yang bagus? Bahkan ada juga lho pesantren yang bertaraf internasional di Sumedang.

Nah di artikel ini kami sudah mengumpulkan rekomendasi pesantren di Sumedang. Semoga rekomendasi ini bermanfaat ya!

Pondok Pesantren Al Hikamussalafiyah Tanjungkerta

Kredit Foto: Abdul Majid Hayyudin

Pesantren di Sumedang pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Hikamussalafiyah. Bisa dikatakan pesantren ini adalah salah satu pesantren salafiyah yang paling besar di Sumedang. Pesantren ini didirikan oleh KH Muhammad Aliyuddin pada tahun 1984.

Dalam menjalankan pendidikannya, PPHS senantiasa berpedoman pada visinya yaitu: “Terbentuknya generasi yang berilmu amaliah, beramal ilmiah, berakhlak karimah, berjiwa qur’ani, bertaqwa dan berwawasan global”. Dari visi inilah dicetuskan beberapa misi pendidikan berupa:

  • Mendidik santri untuk memiliki kecakapan dalam ilmu sosial, ilmu pasti dan ilmu agama Islam.
  • Menanamkan nilai-nilai agama Islam secara baik dan benar. Sehingga, tertanam secara mendalam dalam pribadi dan tercermin dalam sikap akhlaqul karimah.
  • Menanamkan dan melestarikan Al-Qur’an. Baik hafalan, pemahaman maupun pengamalan sehingga selalu dapat mengikuti dan menyikapi perkembangan zaman.

Berkat baiknya program pendidikan yang dilakukan, maka para santri PPHS telah berhasil mendulang beberapa prestasi yang membanggakan, khususnya dalam perlombaan MTQ. Para santri PPHS setiap tahunnya menjadi langganan peserta MTQ dari tingkat kecamatan, kabupaten, propinsi, nasional dan internasional. Bahkan pengasuh PPHS saat ini yaitu KH Sa’dullah merupakan mantan Juara MHQ tingkat internasional.

Saat ini PPHS mengelola lembaga-lembaga pendidikan berupa: Raudlatul Athfal Al-Hikam, MTs Plus Al-Hikam, MA Plus Al-Hikam, SMK Al-Hikam, Madrasah Diniyah Ula, Wustha dan Ulya, Madrasah Tahfidz Al-Qur’an, serta TKA/TPA Al-Hikam. Sedangkan kegiatan-kegiatan pesantren bersama masyarakat adalah Majelis Taklim, Majelis Dzikir & Manaqib, dan Majelis bahsul Masail.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap pesantren: Jalan Sukamantri No. 85 RT/RW 03/04 Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang 45354 Jawa Barat

Website resmi: http://alhikamussalafiyyah.ponpes.id/

Pondok Pesantren Al Mahmud Tanjungsari

Kredit Foto: Non Gus

Berikutnya adalah Ponpes Al Mahmud. Pesantren yang didirikan oleh KH Mahmud pada tahun 1973 ini awalnya bernama Ponpes Al Birkah. Namun semenjak beliau meninggal untuk mengenang jasanya dalam mendirikan dan merintis ponpes inilah, maka atas kesepakatan keluarga besar, pada tahun 1990 Ponpes Al Birkah berganti nama menjadi Ponpes Al-Mahmud.

Sebagai pesantren yang bercorak salafiyah murni, Al Mahmud tidak menyelenggarakan pendidikan formal. Karena itu banyak santri yang sambil menuntut ilmu umum di lembaga pendidikan umum seperti sekolah SMP &SMA di Tanjungsari dan universitas sekitar Tanjungsari seperti UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UNPAD Jatinangor, UNWIM Tanjungsari, dan IKOPIN Jatinangor. Selain itu banyak juga santri yang ngalong (tidak mondok)

Berkaitan dengan materi yang diberikannya, Ponpes Al-Mahmud hanya mengajarkan ilmu-ilmu alat, tauhid dan fiqih. Waktu belajarnya setiap selesai sholat fardhu. Setiap ba’da Shubuh diadakan pengajian dengan sistem bandungan. Ba’da Zhuhur belajar dengan sistem sorogan, ba’da Ashar berupa talaran.

Sementara ba’da Maghrib atau ba’da Isya’ diadakan diskusi mengenai berbagai masalah yang ditemukan terkait materi yang dipelajari. Sejumlah kitab yang dipelajari ialah Kitab Suci Al-Quran, kitab-kitab nahwu, sharaf, balaghah, tafsir dan hadits, tauhid, fiqh dan tasawuf.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Nusa Indah No.06, Tanjungsari, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45362

Website resmi: –

Pondok Pesantren Islam Internasional As Syifa Wal Mahmudiyah

Kredit Foto: Noob CS

Selanjutnya adalah Ponpes As Syifa. Pesantren yang didirikan oleh Abuya K H. M. Muhyiddin Abdul Qodir Al-Manafi, MA ini bisa dikatakan merupakan pesantren salafiyah terbesar yang ada di Sumedang.

Dalam menjalankan pendidikannya, As Syifa memegang teguh visinya yaitu: “Terciptanya lebih banyak ummat Islam yang tinggi imannya yang didukung oleh kecerdasan berfikir, bersikap dan bertindak yang pada gilirannya nanti tercipta negeri yang “Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafuur”.

Sebagai pesantren salafiyah, As Syifa masih menjaga keaslian pola pesantren yang independen, yaitu dengan tidak memasukkan sekolah-sekolah yang menggunakan kurikulum pemerintah menjadi bagian sistem pendidikan pondok pesantren. Selain itu tentu saja pembelajaran kitab kuning menjadi titik tekan di pesantren ini.

Pembelajaran kitab kuning di As Syifa mengkaji berbagai macam kitab yang termasuk ke dalam kitab klasik karangan para ulama mazhab Syafi’iyyah. Pembelajaran kitab kuning tersebut dilaksanakan di berbagai tingkatan kelas, mulai dari tahmidi B, tahmidi A, satu, dua, tiga, dan empat.

Kemudian salah satu bukti masyhur dan dikenalnya pesantren ini, As Syifa pernah menjadi tuan rumah acara Multaqa Ulama Internasional pada tahun 2018. Acara ini merupakan pertemuan ulama sedunia, yang mana dihadiri juga oleh salah satu ulama kharismatik asal Yaman yaitu Habib Umar bin Hafidz.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap pesantren: Kampung Simpang RT 01 RW 04, Kel. Haurgombong, Kec. Pamulihan, Sumedang – Jawa Barat

Website resmi: https://www.asy-syifaa.com/

Pondok Pesantren Modern Al Aqsha

Kredit Foto: Google Maps

Berikutnya adalah Ponpes Modern Al Aqsha. Pesantren modern yang menisbatkan namanya dari masjid di Palestina ini didirikan pada 2 Februari 1994 M yang operasionalnya dimulai pada tahun pelajaran 1994/1995. Yang mana secara kelembagaan, pesantren ini berada di dalam sebuah Yayasan Al-Aqsha yang didirikan pada tahun yang sama.

Dalam menjalankan setiap aktivitasnya, Al Aqsha memiliki visi yang singkat namun bermakna yaitu: “Mencetak Para Santri Menjadi Shalih dan Shalihah yang Qurrota A’yun.” Dari visi inilah lahir beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Menanamkan nilai-nilai Islam dan akhlakul karimah.
  • Membekali ilmu-ilmu agama dan ilmu umum.
  • Membentuk karakter siap memimpin dan siap dipimpin.
  • Mencetak kader da’i dan da’iyah.

Mengenai kurikulumnya, Al Aqsha mengacu pada Kurikulum Pendidikan Nasional dan Kurikulum Pondok Modern Gontor yang dipadukan dengan Kurikulum Pesantren Salafi. Kurikulum Depdiknas digunakan sebagai Kurikulum Formal SMP dan SMA Plus Al-Aqsha, sedangkan Kurikulum Pondok Modern Gontor dan Kurikulum Salafi digunakan sebagai kurikulum plus atau muatan lokalnya.

Perpaduan kurikulum di atas diharapkan menjadi ciri khas Al-Aqsha yang didedikasikan untuk mencetak para santri/santriwati agar memiliki kompetensi baik di bidang pengetahuan umum maupun di bidang pengetahuan agama.

Untuk jenjang pendidikannya, Al Aqhsa kini memiliki jenjang SMP dan SMA.   

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 8.250.000Biaya masuk SMP dan SMA
Sekitar Rp. 1.000.000Biaya bulanan SMP
Sekitar Rp. 1.200.000Biaya bulanan SMA

Alamat lengkap pesantren: Jl. Raya Cibeusi No.2, Cibeusi, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363

Website resmi: https://al-aqsha.sch.id/

Pondok Pesantren Tahfidz Darul Bayan

Kredit Foto: Boikkun Official

Berikutnya adalah Ponpes Tahfidz Darul Bayan. Sesuai namanya pesantren yang bercorak salafiyah ini merupakan pesantren yang berfokus kepada tahfidz Qur’an. Hal ini karena pendiri dan pengasuh pesantren ini adalah seorang ulama yang hafal dan menguasai ilmu-ilmu Al Qur’an secara bersanad yaitu KH Ali Bayanullah.

Sebagai pesantren salafiyah, Darul Bayan tidak menyelenggarakan sama sekali pendidikan formal. Akan tetapi pihak pengurus tidak menghalangi dan akan membantu para santrinya yang ingin mendapatkan ijazah persamaan. Karena merupakan pesantren tahfidz, maka setiap harinya para santri akan terfokus untuk menghafal Qur’an. Setiap hari mereka melakukan dua kali setoran hafalan, yaitu di waktu shubuh dan maghrib.

Selain menghafal Qur’an, para santri pun nantinya akan mempelajari ilmu-ilmu keislaman lainnya seperti bahasa arab, fiqih, aqidah, tafsir, ushul fiqih, dan berbagai ilmu keislaman lainnya. Kemudian para santri pun akan mengikuti berbagai kegiatan tambahan seperti maulidan, barzanjian, simaan, dan berbagai kegiatan lainnya.

Karena tidak menyelenggarakan pendidikan formal, pesantren ini terbuka bagi berbagai jenjang usia. Pendaftarannya pun tidak dibatasi waktu, artinya Anda dapat mendaftar masuk ke pesantren ini kapan saja.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap pesantren: Dsn. Citereup RT 01 RW 09, Ds. Cilayung, Kec. Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, 45363

Website resmi: https://www.facebook.com/LTDarbaOfficial

Pondok Pesantren Miftahul Hasanah Sukasari

Kredit Foto: Pesantren Miftahul Hasanah

Selanjutnya adalah Ponpes Miftahul Hasanah. Pesantren yang terletak di kecamatan Sukasari ini secara resmi didirikan pada 14 April 2015 dibawah Yayasan Ma’had Kholafiyah Miftahul Hasanah. Namun meskipun begitu sejatinya pesantren ini sudah mulai beroperasi sejak 26 September 2002 dibawa bimbingan KH. Shofwan Wahyudin Somad.

Secara umum kini pendidikan yang dilakukan di PPMH menerapkan pendidikan ala modern. Para santri pun mengikuti pola pendidikan yang memanfaatkan sarana dan pra sarana lengkap berbasis kekinian. Selain itu asrama bagi para santri pun cukup representatif dengan konsep bangunan minimalis.

Meskipun menerapkan pola pendidikan secara modern dalam pembentukan karakter santri, PPMH tak meninggalkan jatidirinya sebagai pondok pesantren. Karena itulah pembelajaran kitab kuning dan ulumul quran menjadi salah satu pelajaran pokok yang memiliki standar pencapaian tersendiri.

Kemudian keunikan dari pesantren ini adalah mereka akan diajari pelajaran bercocok tanam. Hal ini amatlah wajar karena letak geografis PPMH sangatlah cocok untuk menjadi lahan pertanian. Bahkan pihak pesantren mendorong para santri untuk ikut mengelola usaha pertanian atau pun usaha ternak serta usaha lainnya yang dimiliki oleh pondok pesantren.

Saat ini Ponpes Miftahul Hasanah menyelenggarakan pendidikan pesantren sekaligus pendidikan formal jenjang SMP, MA, dan SMK.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Genteng Km 1 Blok Citepus, Dsn. Sukaluyu 01/05, Ds. Sukarapih, Kec. Sukasari, Sumedang, Jawa Barat

Website resmi: https://www.asy-syifaa.com/

Pondok Pesantren Asmaul Husna

Kredit Foto: Ponpes Asmaul Husna

Berikutnya adalah Ponpes Asmaul Husna. Pesantren yang terletak di Tanjungsari ini bisa dibilang merupakan pesantren yang sangat unik. Hal ini dikarenakan pesantren ini memiliki sebuah kurikulum khas yang sangat berbeda dari kurikulum pesantren pada umumnya. Kurikulum itu adalah kurikulum HAMSTER.

Kurikulum HAMSTER ini adalah sebuah hasil penelitian dan inovasi dari seorang pakar dan konsultan pendidikan yaitu Dr. Rahman Hakim. HAMSTER adalah pembelajaran kreatif dan inovatif abad 21, dimana materi HAMSTER (Humanity, Art, Mathematics, Science, Technology, Engineering, and Religion) diajarkan secara terpadu melalui Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek).

Yang mana pada praktiknya para santri menuangkan ide kritis dan kreatif, bekerja secara kolaboratif dan komunikatif untuk menghasilkan sebuah produk melalui sebuah proyek/penelitian. Adapun keunggulan dari Kurikulum HAMSTER adalah:

  • Dominasi Pembelajaran Agama

Dengan HAMSTER, layaknya pesantren salaf, waktu belajar agama lebih mendominasi, bukan sebaliknya.

  • Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

Mempelajari robotika, internet of think, software engineering (rekayasa perangkat lunak), dll.

  • Integrated Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi)

Terintegrasi dengan peraban islam (hadharah dan madaniyah islam)

  • Ekstrakulikuler Penyiaran Dakwah Islam

Membentuk para santri menjadi pemimpin dan pengemban dakwah.

Saat ini Ponpes Asmaul Husna menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang SD, SMP, dan SMK. Yang mana setiap siswa SD yang telah memasuki kelas IV diwajibkan untuk mondok di asrama.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Dahlia No.18, Perum Tanjungsari Permai, Ds. Raharja, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45362

Website resmi: https://www.instagram.com/ponpesasmaulhusna/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Sumedang yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Rekomendasi 9 Pesantren Terbaik di Subang

7 Pondok Pesantren di Majalengka Paling Bagus

(REVIEW) 9 Pondok Pesantren Terbaik di Bandung (2021)

Tinggalkan komentar