(REVIEW) Rekomendasi 9 Pesantren di Surabaya (2022)

Sebagai ibukota dari Provinsi Jawa Timur, Surabaya tentu menjadi daerah yang maju dalam beberapa sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan. Nah berbicara pendidikan, tentu tidak bisa dilepaskan dari lembaga pendidikan. Salah satu lembaga pendidikan ialah pesantren. Di artikel ini kami telah mengumpulkan beberapa referensi pesantren di Surabaya yang paling bagus.

Semoga bermanfaat ya!

Pondok Pesantren As Salafi Al Fithrah

Kredit Foto: Muhammad Nashrulloh

Pesantren di Surabaya pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes As Salafi Al Fithrah. Al Fithrah yang didirikan oleh KH. Achmad Asrori Al- Ishaqi pada tahun 1985 ini bisa dikatakan merupakan pesantren terbesar yang terletak di kota pahlawan. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab santrinya saja kini sudah mencapai angka lebih dari 4000 ribu orang.

Dalam pendidikannya, pesantren ini berpedoman kepada visinya yaitu: “Mensuritauladani Akhlaqul Karimah baginda Rasulullah Muhammad SAW, meneruskan perjuangan Salafush Sholih, terdepan dalam berilmu dan beragama serta mampu menghadapi tantangan zaman.

Mengenai kurikulumnya, Al Fithrah menggunakan kurikulum PDF (Pendidikan Diniyah Formal). PDF merupakan integrasi antara pendidikan formal dan diniyah. Tujuan dari model pendidikan seperti ini adalah pembinaan akhlaq, kemampuan membaca kitab, dan memiliki pengetahuan formal.

Adapun yang menjadi aspek penekanan di Al Fithrah adalah aspek ubudiyahnya. Setiap harinya para santri senantiasa dibimbing untuk selalu mengikuti tuntunan dan bimbingan dari ulama’ salafush sholeh.

Selain kegiatan ubudiyah, para santri juga dibina agar bisa membaca, memahami dan mengamalkan sejarah dari ulama’ Salafush Sholeh berupa manaqib atau sejarah Syeikh Abdul Qodir Al Jilany ra dan sejarah Rosulillah Sayyidina wa Maulana Muhammad SAW. yang dikemas dalam acara Majlis Dzikir wa Maulidurrasul SAW.

Saat ini Ponpes As Salafi Al Fithrah menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal. Pendidikan formalnya mulai dari tingkatan TK, MI, Wustha (setara SMP), Ulya (setara SMA), Ma’had Jamiah dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Fithrah.

Mengenai biaya pendidikannya bisa di lihat di link ini

Alamat lengkap pesantren: Jl. Kedinding Lor No.99, Tanah Kali Kedinding, Kec. Kenjeran, Kota SBY, Jawa Timur 60129

Website resmi: https://www.psb.ictalfithrah.net/index.php

Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya

Kredit Foto: Edy Triambodo

Berikutnya adalah Ponpes Hidayatullah. Pesantren ini sesuai namanya merupakan milik Ormas Hidayatullah. Pesantren Hidayatullah sendiri telah tersebar di penjuru Indonesia. Yang mana ciri utama pendidikan Hidayatullah adalah menyelenggarakan pendidikan formal, baik system fullday maupun boarding school.

Saat ini Hidayatullah Surabaya menyelenggarakan pendidikan jenjang SD, SMP, SMA, dan STAI. Yang mana hampir seluruh jenjang tersebut menerapkan Kurikulum Nasional dan Lokal (Kurikulum Pesantren Hidayatullah) yang secara integral di modifikasi sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah. Kurikulum tersebut dikemas dalam bentuk:

  • Sturuktur Program pendidikan yang menitik beratkan pada akhlak, penguasaan dasar ulumuddin, dan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengusaan bahasa.
  • Kurikulum yang diperkaya dengan pendidikan yang mengarah pada keterampilan hidup.
  • Menggunakan pendekatan taushiyah (penyadaran), uswah (tauladan) dan qudwah (pengarahan dan bimbingan)

Selain itu untuk menambah skill santri dalam berbagai bidang, tersedia ragam kegiatan ekstrakulikuler. Antara lain Desain Grafis, Pemrograman, Handy Craft, Seni Hadrah, Seni Kaligrafi, Videografi, Jurnalistik, dll

Mengenai biaya pendidikannya bisa cek di link ini

Alamat lengkap: Jl. Kejawan Putih Tambak VI No.1, Kejawaan Putih Tamba, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur 60112

Website resmi: http://hidayatullahsurabaya.com/

Pondok Pesantren Miftachussunnah

Kredit Foto: Google Maps

Selanjutnya adalah Ponpes Miftachussunnah. Pesantren yang terletak di pinggiran kota Surabaya ini didirikan pada 10 November 1982. Pendiri pesantren ini pun bukan orang sembarangan, yaitu KH Miftachul Akhyar. Beliau kini adalah sosok yang menjadi Rais Aam ormas terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama. Bahkan selain itu beliau pun kini didapuk menjadi ketua MUI.

Sebagai pesantren yang berbasic NU, tentu Miftachussunnah sebagaimana layaknya pesantren NU pada umumnya. Para santri akan terbiasa untuk mengikuti kegiatan seperti tahlilan, wiridan, barzanjian, manaqib, isthigotsah, yasinan dan yang semisalnya.

Kemudian para santri pun dididik untuk menguasai khazanah keilmuan islam klasik. Mereka akan mempelejari beberapa disiplin ilmu keislaman seperti Fiqih, Tajwid, Aqidah Akhlak, Ilmu Alat (Nahwu-Sharaf), Balaghah Ushul Fiqih, Tafsir, Hadits, Tasawuf, dll yang diambil langsung dari kitab-kitab karangan ulama terdahulu.

Selain sebagai pondok pesantren, kini Ponpes Miftachussunnah juga mengembangkan pendidikan formal diantaranya Madrasah Diniyah, Ibtidaiyah, dan Tsanawiyah.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Kedung Tarukan No.100, Pacar Kembang, Kec. Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur 60132

Website resmi: –

Pondok Pesantren Amanatul Ummah

Kredit Foto: Emharis Pratama

Berikutnya adalah Ponpes Amanatul Ummah. Pesantren yang didirikan oleh KH Dr Asep Saifuddin Chalim, M.A ini bisa dikatakan merupakan pesantren yang santrinya banyak sekali memenangi kejuaraan di berbagai bidang, baik tingkat lokal maupun internasional. Pada tahun 2020 saja santri dari Amanatul Ummah memenangkan prestasi berupa:

  • Gold Medalist pada GLOBAL YOUTH SCIENTIFIC CHALLENGE
  • Gold Medalist pada International Science and Invention Fair
  • BRONZE MEDALIST pada THAILAND INTERNASIONAL MATH OLYMPIAD (TIMO)

Dan masih banyak lagi

Prestasi-prestasi ini tidak terlepas dari visi Amanatul Ummah yaitu: “Terwujudnya manusia yang unggul, utuh, dan berakhlaqul karimah untuk kemuliaan dan kejayaan Islam dan kaum muslimin, kemuliaan dan kejayaan Islam seluruh bangsa Indonesia dan untuk keberhasilan cita-cita kemerdekaan yaitu terwujudnya kesejahteraan dan tegaknya keadilan bagi seluruh Bangsa Indonesia tanpa terkecuali.”

Kemudian bahkan secara umum tujuan pembelajara di pesantren ini adalah:

  • Menjadi ulama-ulama besar yang bisa menerangi dunia dan Indonesia.
  • Menjadi para pemimpin dunia dan pemimpin bangsanya yang akan mengupayakan terwujudnya kesejahteraan dan tegaknya keadilan.
  • Menjadi konglomerat-konglomerat besar yang akan memberikan kontribusi maksimal terhadap terwujudnya kesejahteraan bangsa Indonesia.
  • Menjadi profesionalis yang berkualitas dan bertanggung jawab

Saat ini Ponpes Amanatul Ummah menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal berupa:

  • MTs dan MA Unggulan
  • MTS dan MA Program SKS (Sistem Kredit Semester)
  • SMP dan SMA BP (Berbasi Pesantren)
  • SMA Unggulan
  • MA Istimewa
  • MA Prog MBI (Madrasah Bertaraf Internasional( Pacet

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Siwalankerto Utara No.56, Siwalankerto, Kec. Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur 60236

Website resmi: https://pesantrenau.com/

Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Sunan Giri

Kredit Foto: M Syukron Mahmudi Official

Selanjutnya adalah PPTQ Sunan Giri. Pesantren ini dirintis dan didirikan pada tahun 1981 oleh seorang tokoh kharismatik, beliau adalah KH. Adnan Chamim. Dalam menjalankan pendidikannya, PPTQ ini berpegang pada visinya yaitu: “Insan yang Hamilil Qur’an Lafdhan, Ma’nan, Wa’amalan.” Dari visi ini lahirlah dua misi utama yaitu:

  • Menghantarkan santri  menghafal Al-Qur’an 30 Juz
  • Menghantarkan santri memahami isi dari kandungan Al Qur’an

Dalam pendidikannya pesantren ini tidak hanya berfokus kepada Qur’an saja, melainkan pembelajaran lain pun tetap diperhatikan. Pembelajaran tersebut memadukan model pendidikan tradisional pesantren dan pendidikan umum  berstandar nasional (Kurikulum KEMENAG).

Berkaitan dengan pemaduan dua model pendidikan tersebut, PPTQ Sunan Giri terus berusaha melakukan inovasi pengembangan, baik itu dari aspek sarana prasarana pendidikan maupun dari aspek kegiatan belajar dan mengajar.

Pengembangan ini tidak lepas dari tekad dan cita-cita pimpinan pondok untuk mencetak santri yang hafal Al-Qur’an dan sebagai kader bangsa yang tidak hanya mumpuni dalam bidang ilmu agama saja, tapi cakap dan pandai dalam keahlian dibidang ilmu pengetahuan umum (IPTEK).

Kemudian di pesantren ini juga ada Program Takhassus yaitu, menghafal Al-qur’an (Tahfidhul Qur’an), Qira’atus Saba’ah, dan kajian-kajian tentang ulumul Qur’an untuk menunjang sebagai santri  yang ber-IMTAQ  dan berpedoman kepada Al-Qur’an dan Al-Hadist.

Kini untuk program pendidikan formal yang tersedia di PPTQ Sunan Giri adalah:

  • Roudhotul Athfal (RA) Sunan Giri,
  • Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sunan Giri,
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sunan Giri,
  • Madrasah Aliyah (MA) Sunan Giri,
  • Kejar Paket A, B, C.
  • Wajar Dikdas (Ula, Wustho, Ulya)

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Wonosari Tegal IV No.39, RT.010/RW.02, Wonokusumo, Kec. Semampir, Kota SBY, Jawa Timur 60154

Website resmi: –

Pondok Pesantren Mahasiswa An Nur

Kredit Foto: Maulidiyah Nor Kasanah

Berikutnya adalah Pesma An Nur. Pesantren ini merupakan pesantren modern yang mendukung santri mahasiswanya di dunia kampus. Kegiatan-kegiatan di dalam pesantren an-nur pada umumnya sangat membantu terhadap kegiatan kampus pada dasarnya, yang mana dalam hal ini seperti kajian kitab, kajian ilmiah dan organisasi santri pesantren

Adapun proses pendidikan yang akan dijalani para mahasantri adalah:

  • Fokus pendalaman Bahasa Asing (Arab-Inggris).
  • Kajian Studi Islam secara general, dengan memilih kitab wajib tertentu (berbahasa arab).
  • Murajaah hafalan al-Qur’an dan studi hadis
  • Mengadakan kegiatan seminar, simposium, lokakarya dan halaqah bekerjasama dengan lembaga lain
  • Melakukan penerbitan dan penerjemahan buku-buku ilmiah

Selain itu para mahasantri pun akan mengikuti berbagai kegiatan olahraga dan budaya seperti:

  • Latihan dan pertandingan rutin persahabatan antar pondok pesantren di sekitar lingkungan pondok, minimal satu kali dalam seminggu, meliputi: sepak bola, volly ball, tenis meja dan senam.
  • Pentandingan antar ponpes se-Surabaya (minimal satu tahun sekali)
  • Lomba karya tulis ilmiah dan cipta puisi dan cerpen dengan topik yang aktual, se-Jatim (satu tahun sekali)
  • Festival Shalawat Burdah (dua tahun sekali)

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Wonosari Tegal IV No.39, RT.010/RW.02, Wonokusumo, Kec. Semampir, Kota SBY, Jawa Timur 60154

Website resmi: http://pesma-annur.net/

Pondok Pesantren Thaybah Surabaya

Kredit Foto: Bruce Wayne

Pesantren di Surabaya terakhir yang akan kami bahas adalah Pesma Thaybah. Pesantren yang satu ini mulai aktif menerima para mahasiswa sejak tahun 2004. Secara lokasi, pesantren ini terletak di lokasi yang sangat strategis dan dekat dengan beberapa Universitas di Surabaya. Antara lain seperti Institut Teknologi Surabaya, Politeknik Elektronika Surabaya, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Universitas Hang Tuah, dan Univeristas Airlangga.

Kegiatan di pesantren ini dilaksanakan setelah subuh atau malam hari. Hal ini tentu dimaksudkan agar tidak mengganggu kegiatan kuliah mahasantri di kampusnya masing-masing. Di antara kegiatan rutinnya adalah kajian habis subuh sampai sekitar jam 6 pagi. Materi kajian subuh bervariasi tiap hari mulai dari kajian Aqidah, Fikih, Tafsir dan lainnya.

Selain kajian rutin adalah juga program tahsin, hafalan al Qur’an dan bahasa Arab. Dan nantinya para mahasantri ditarget untuk bisa mengusai ilmu organisasi, ilmu Bahasa arab, dan hafal Qur’an minimal 5 juz.

Kemudian fasilitas penunjangnya pun terbilang cukup lengkap. Pengelola menyediakan perpustakaan islami, Wifi, lapang tenis meja, masjid, dll.

Saat ini Pesma Thayibah menyelenggarakan pendidikan pesantren bagi mahasiswa mukim dan non mukim. Adapun biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 1.500.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 350.000Biaya bulanan mukim
Sekitar Rp. 200.000Biaya bulanan non mukim

Alamat lengkap pesantren: Keputih Tegal Timur No. 1-3 Perumahahan Sukolilo Park Regency, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60111

Website resmi: http://thaybah.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Surabaya yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Baca Juga:

(REVIEW) 9 Pesantren di Gresik Paling Bagus (2021)

Rekomendasi 9 Pesantren di Madura Terbaik (2021)

Tinggalkan komentar