(REVIEW) Rekomendasi 9 Pesantren di Tangerang Selatan (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari referensi Pesantren di Tangerang Selatan? Kalau iya maka pencarian anda akan berhenti. Di artikel ini kami akan mengulas Pesantren di Tangerang Selatan Paling Bagus.

Berikut ulasan mengenai pesantren terbaik di Tangerang Selatan!

Pondok Pesantren Modern Madinatunnajah

Ponpes Madinatunnajah Tangerang Selatan

Pesantren di Tangerang Selatan pertama yang akan kami ulas adalah Ponpes Madinatunnajah. Sesuai namanya pesantren ini memiliki corak pendidikan modern dan berkiblat kepada pendidikan yang ada di Pesantren Gontor. Pendirinya adalah Drs. KH. Mahrus Amin, kala itu beliau mendirikannya pada tahun 1997.

Secara umum kurikulum yang digunakan adalah perpaduan antara Kurikulum Pendidikan Pesantren dengan Kurikulum Pemerintah (Kementerian Agama). Sehingga lulusannya dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik di dalam maupun luar negeri. Karena para santrinya dibekali dengan kemampuan berbahasa Arab maupun Inggris secara aktif.

Kemudian untuk melengkapi kemampuan santri ketika kembali ke tengah-tengah masyarakatnya, mereka dibekali dengan kegiatan keterampilan-keterampilan dasar yang kelak berguna dan dibutuhkan di masyarakat. Adapun kegiatan-kegiatan itu antara lain:

  • MADU (Madinatunnajah Against Drugs)
  • Organisasi Santri Madinatunnajah (OSMN)
  • Organisasi Gerakan Pramuka Madinatunnajah (GPMN)
  • Amaliyah Tadris (Praktik Mengajar)
  • Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM)

Dll

Saat ini Darunnajah menyelenggarakan program pendidikan kepesantrenan dan pendidikan formal berupa:

  • Taman Pendidikan Al-Qurán
  • Raudhatul Athfal / Taman Kanak-Kanak
  • Madrasah Ibtidaiyah / Sekolah Dasar
  • Madrasah Tahfizh Al Qu’ran
  • Tarbiyatu al-Muállimin wa al-Muállimat al-Islamiyyah (program 6 tahun) yaitu setingkat dengan MTs /SLTP dan MA/SLTA

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 7.700.000Biaya masuk TMI
Sekitar Rp. 675.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Sumatera, Jombang, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15414

Website resmi: https://madinatunnajah.com/

Pondok Pesantren Peradaban Dunia JAGAT ‘ARSY

Kredit Foto: Nathan

Berikutnya adalah Ponpes Peradaban Dunia JAGAT ‘ARSY. Pesantren yang berdiri di lahan 3,1 Ha ini menerapkan sebuah sistem pendidikan yang berwawasan global dan berorientasi lokal, yang menekankan pentingnya harmoni keimanan dan ketakwaan (imtaq) dengan keilmuan dan tehnologi (iptek) pada ruang dan waktu yang bersamaan.

Secara umum kurikulum di pesantren ini menggunakan gabungan dari 3 kurikulum, yaitu

  • Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional

Konten kurikulum yang berasal dari Depdiknas sesuai dengan jenjang pendidikan; 

  • Kurikulum Muatan lokal,

Konten kurikulum untuk mengembangkan wawasan serta mental go global, penanaman pencintaan alam dan wawasan lingkungan, life-skills, pencarian aneka minat dan bakat anak-anak (seni, olahraga, dan hobi), bahasa, dan jurnalistik berbasis IT (information technology);

  • Kurikulum Keagamaan,

Konten Konten kurikulum kepesantrenan yang banyak memandu memupuk keimanan, ketakwaan, dan akhlak santri.

Kemudian ada tiga keunggulan yang menjadi penekanan. Pertama, santri diharapkan menjadi hafidz/hafidzoh yang bisa hapal 30 juz Al-Qur’an lewat program 40 hari menghapal al-qur’an.

Kedua, academic excellent, santri berprestasi di bidang akademik dan mendapat nilai yang memuaskan sehingga dipertimbangkan untuk masuk universitas-universitas favorit baik di dalam atau di luar negeri. Ketiga, santri mampu mengaplikasikan bahasa asing khususnya Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya. Akan tetapi pada tahun 2019 biaya masuknya mencapai 30 jutaan.

Alamat lengkap pesantren: Komp. Nusaloka BSD, Sektor14-6, Jl. Yapen Jl. Pam No.21, Rw. Mekar Jaya, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Website resmi: https://jagatarsy.sch.id/

Pondok Pesantren As Shidiqiyah 6

Kredit Foto: Ash Shidiqiyah 6

Selanjutnya adalah Ponpes As Shidiqiyah 6. Pesantren ini merupakan cabang keenam dari 12 cabang Ponpes As Shidiqiyah yang tersebar di berbagai daerah. Adapun pendirinya adalah Dr. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ. Beliau mendirikannya pada Juli tahun 2011.

Dalam menjalankan setiap aktivitasnya As Shidiqiyah memiliki sebuah visi yaitu: “Membentuk dan menyiapkan Generasi Ahlussunnah Wal Jama`ah berwawasan global yang mampu mentransformasikan ilmunya kedalam bahasa masyarakat universal dengan prilaku akhlak mulia.”

Kemudian dalam pembelajarannya pesantren ini menekankan pada tiga orientasi dasar yaitu:

  • Aspek afektif

Membentuk pribadi muslim yang berakhlakul karimah yang didasarkan pada nilai dan ajaran islam.

  • Aspek Kognitif

Membangun kemampuan santri dalam ilmu penguasaan umum (sains modern) dan ilmu agama yang bernarasi dari kitab kuning.

  • Aspek Psikomotorik

Membangun kemampuan santri dalam bahasa arab dan inggris sebagai basic penguasaan literature keislaman dan Bahasa komunikasi dakwah internasional

Saat ini Ponpes As Shidiqiyah menjalankan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang MTS dan MA.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 6.150.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 1.000.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Raya Puspiptek Jl. Gg. Masjid, RT.017/RW.04, Setu, Kec. Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten 15314

Website resmi: https://www.asshiddiqiyah06.com/

Pondok Pesantren Al Qur’aniyyah

Berikutnya adalah Ponpes Al Qur’aniyyah. Pesantren ini memiliki sebuah misi mulia yaitu mencetak santri agar dapat membaca Al-Qur’an secara fasih dan benar sesuai dengan ilmu Tajwid, serta mampu melantunkannya sesuai dengan ilmu Nazham dan ilmu Qiro’at yang berlaku.

Secara umum, pesantren ini merupakan pesantren tahfidz yang memiliki pendidikan formal yaitu SMP-SMA. Yang mana santri nantinya akan menghafal Qur’an sekaligus belajar pelajaran umum layaknya sekolah pada umumnya. Meskipun memang tentu saja Tahfidz dan pendalaman ilmu yang berkaitan dengan Al Qur’an menjadi prioritas utama. Pendalaman tersebut ditempuh baik melalui materi pelajaran ilmu alat ataupun ilmu Alquran itu sendiri.

Ilmu alat yang diajarkan, misalnya nahwu dah sharaf. Sedangkan, ilmu Alquran yang diajarkan, misalnya tajwid, tahsin, dan qiraat. Dari segi penguatan ilmu Islam lainnya, pesantren ini mengajarkan hadis, tasawuf, fikih, dan disiplin ilmu lainnya.

Keseriusan pengasuh dan pembina di pondok pesantren ini mengantarkan para santrinya untuk menjuari segudang ajang kompetisi. Para santrinya pernah menjuarai berbagai lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) berbagai cabang mulai dari tingkat kota hingga internasional.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 14.000.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 1.200.000Biaya bulanan

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Panti Asuhan No.6, RT.003/RW.12, Jurang Manggu Tim., Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15222

Website resmi: https://alquraniyyah.com/

Pondok Pesantren Darussunnah

Kredit Foto: Darussunnah

Berikutnya adalah Ponpes Darussunnah. Pesantren yang berdiri pada tahun 1997 ini merupakan lembaga pendidikan yang memiliki spesialisasi dalam bidang ilmu hadits. Hal ini tak heran karena pendirinya adalah seorang Ahli Hadits kenamaan Indonesia dan mantan Imam Besar Masjid Istiqlal yaitu Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Yaqub, MA.

Saat ini Darussunnah memiliki dua program utama yaitu

  • Madaris Darus-Sunnah (Setara MTS-MA)

Menyelenggarakan pendidikan agama yang syamil (holistic) selama enam tahun berbasis kitab kuning, sains dan teknologi, serta seni dan budaya, baik secara teori maupun praktik, dengan kurikulum berbasis active learning, multiple intelligences, dan habitual curriculum;

Kemudian para santri juga akan dididik dengan pendidikan kemandirian, problem solving, dan cepat tanggap sehingga dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi dengan mudah. Bahkan nantinya para santri juga akan dilatih berwirausaha

  • Darus-Sunnah International Institute (Setara Jenjang S-1)

Menyelenggarakan pembelajaran yang menerapkan sistem kombinasi antara sistem pesantren dan sistem perkuliahan di perguruan tinggi, yaitu antara dzikir dan fikir. Adapun untuk kurikulumnya sebagian besar adalah ilmu hadis dan juga pengetahuan keagamaan lainnya.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 8.500.000Biaya masuk Madaris Darus-Sunnah
Sekitar Rp. 1.700.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. SD Inpres No. 11 Pisangan Barat Ciputat, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Website resmi: https://darussunnah.sch.id/

Pondok Pesantren Modern Al Adzkar

Selanjutnya adalah Ponpes Modern Al Adzkar. Pesantren ini adalah lembaga pendidikan yang mengajarkan ilmu keislaman, pengetahuan umum, dan teknologi secara terpadu, serta mengedepankan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan generasi mukmin yang cerdas, kuat, mandiri, modern, dan berwawasan global.

Mengenai kurikulumnya, Al Adzkar Al Adzkar menerapkan perpaduan antara Kurikulum Pendidikan Nasional dan Kurikulum Pesantren, yang dibagi menjadi tiga kategori yaitu:

  • Pendidikan umum dan keislaman

Berupa pembelajaran umum seperti Matematika, PKN, Fisika, IPS, dll serta pembelajaran agama seperti Ahlak, Fiqih, Hadits, dll melalui kitab kuning yang diajarkan dengan metode klasikal.

  • Pengembangan diri

Meliputi Tahsin dan Tahfidz Qur’an, Muhadhoroh (Latihan Berpidato), English dan Arabic conversation, Pramuka, Olahraga dan Bela diri, Karya Tulis Ilmiah, Kaligrafi, dan Kesenian Islami.

  • Kegiatan pembiasaaan

Merupakan pendidikan karakter Islami yang menjadi budaya kehidupan Pesantren, seperti ibadah wajib dan sunnah, keikhlasan, akhlaqul karimah, ukhuwah islamiah dan insaniyah, kemandirian, kedisiplinan, kesederhanaan, kepemimpinan, dan lain-lain.

Kemudian nantinya setiap santri akan ditarget untuk hafal minimal 1 juz Al Qur’an selama setahun. Bahkan pengelola juga menyediakan Program Takhasus 30 Juz bagi santri yang berminat menghafal Qur’an.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 11.500.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 1.150.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jalan Pinang Raya RT.2/RW. 14, Pamulang Timur, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15417

Website resmi: https://aladzkar.sch.id/

Pondok Pesantren Al Amanah Gontory

Kredit Foto: Juan Syahbana

Berikutnya adalah Ponpes Al Amanah Gontory. Pesantren yang bercorak modern dan berkiblat kepada Pesantren Gontor ini berdiri sejak 1992. Pendirian pesantren ini merupakan wujud keinginan dari Bapak H. Nadjih Bin H. Idup, seorang Pembina Yayasan Al-Urwatul Wutsqo Untuk mewakafkan tanahnya seluas 5,2 hektar guna mendirikan sebuah pesantren yang mirip dengan Gontor.

Dalam mendidik para santrinya, Al Amanah memiliki sebuah Panca Jiwa dan Motto yang menjadi acuan bagi para santri yaitu:

Panca Jiwa

  • Keikhlasan
  • Kesederhanaan
  • Berdikari
  • Ukhuwah Islamiyah
  • Kebebasan

Motto

  • Berbudi Tinggi
  • Berbadan Sehat
  • Berpengetahuan Luas
  • Berpikiran Bebas

Mengenai pendidikannya, pesantren ini menerapkan Kurikulum Tarbiyatu-l-Muallimin Al-Islamiyah (TMI). Dalam kurikulum ini para santri nantinya akan belajar dengan seimbang mengenai IPTEK dan IMTAQ. Yang mana dalam praktiknya memiliki dua program yaitu:

  • Program Reguler

Program ini diperuntukan bagi siswa-sisiwi lulusan Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah, dengan masa belajar 6 tahun, yakni ditempuh dari kelas 1 secara berurutan sampai kelas 6.

  • Program I’dadi

Program ini diikuti oleh siswa-siswi lulusan SMP atau MTs dan diatasnya. Dengan masa belajar urutan kelas 1 I’dadi-4-5-6. 

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 9.000.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 800.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Taman Makam Bahagia ABRI, Parigi Baru, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15228

Website resmi: http://amanahgontory.sch.id/

Pondok Pesantren Jam’iyah Islamiyah

Selanjutnya adalah Ponpes Jam’iyah Islamiyah. Pesantren yang satu ini didirikan oleh (Alm.) KH. M. Amin Syarbini sejak tahun 1970. Dalam menjalankan setiap aktivitasnya pesantren ini memiliki sebuah visi besar yaitu: “Menciptakan generasi muslim yang berkualitas Mutafaqqih fi ad-din dan bertanggung jawab terhadap masa depan Islam.

Mengenai kurikulum pendidikannya, Jam’iyah Islamiyah mengintegrasikan Kurikulum Salafiyah, Kurikulum Departemen Agama dan Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional. Sehingga dalam prakteknya para santri akan mendapatkan pelajaran yang sangat lengkap untuk menyongsong masa depan mereka.

Penerapan kurikulum ini diharapkan agar mampu melahirkan santri-santri yang mampu memanfaatkan IQ (Intelligence Quotient), EQ (Emotional Quotient), dan SQ (Spiritual Quotient) dalam rangka mengembangkan diri menjadi generasi yang beriman, berilmu dan beramal.

Mengenai jenjang pendidikannya, Ponpes Jam’iyah Islamiyah memiliki jenjang pendidikan yang sangat lengkap. Antara lain:

  • Raudlatul Athfal
  • Madrasah Ibtidaiyah
  • Madrasah Tsanawiyah
  • Madrasah Aliyah
  • Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Amin

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Pesantren, Jl. Kp. Jl. Ceger Raya, Jurangmangu Timur, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15422

Website resmi: https://ponpesjamil.net/

Pondok Pesantren Putri Al Hasanah Darunnajah 9

Terakhir adalah Ponpes Al Hasanah Darunnajah 9. Pesantren yang mulai beroperasi sejak tahun 2013 ini merupakan cabang ke 9 dari belasan cabang Pesantren Darunnajah yang berpusat di Jakarta. Sesuai namanya pesantren ini tentu hanya diperuntukkan bagi para santriwati.

Dalam pendidikannya, Al Hasanah menerapkan Kurikulum Tarbiyatul Mua’alimat Al-Islamiyah yang berkiblat ke Pesantren Darunnajah pusat. Nantinya para santriwati akan diberikan pelajaran yang seimbang mengenai IPTEK dan IMTAQ.

Untuk kegiatan hariannya para santri mulai belajar Pukul 07.15 WIB sampai 12.40 WIB, dan dilanjutkan dengan pelajaran sore Jam 14.00 – 15.00 WIB dengan pengajar Asatidz dan Santri Kelas 6 TMI.

Kemudian terdapat kegiatan lain yang dilakukan di luar jam tersebut yaitu Mengulang Pelajaran, Ta’lim, Pengajian, Olahraga, Kursus Keterampilan, Praktek Ibadah, Latihan Pidato (Muhadhoroh), Pramuka, Percakapan Bahasa Arab dan Inggris (Muhadatsah), Organisasi Santri,Kegiatan Keputrian, Silat, Tilawatil Quran, Tahfidz Al-Quran (Pilihan), Puasa Sunnah (Senin-Kamis ), , Praktek Mengajar, Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM), Jurnalistik, Study Tour, dan lain-lain.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Apel 2 Atas No.1, Pamulang Tim., Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15417

Website resmi: https://darunnajah.com/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Tangerang Selatan yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar