(REVIEW) Rekomendasi 5 Pesantren di Tapanuli Selatan (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari pesantren bagi buah hati Anda di Tapanuli Selatan? Kalau iya maka pencarian anda akan berakhir disini. Di artikel ini kami akan mengulas seputar pesantren di Tapanuli Selatan yang paling recommended.

Mau tau kan? Berikut Ulasan pesantren terbaik di Tapanuli Selatan!

Pondok Pesantren Darul Mursyid

Ponpes Darul Mursyid Tapanuli Selatan
Kredit Foto: Ayuni Aisah

Pesantren di Tapanuli Selatan pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Darul Mursyid. Didirikan oleh Alm. Drs. H. Ihutan Ritonga beserta istrinya Hj. Riana Siregar pada tahun 1992, kini Darul Mursyid telah menjelma menjadi pesantren yang paling masyhur di Tapanuli Selatan.

Dalam pelaksanaan pendidikannya, Darul Mursyid memiliki beberapa tujuan yang akan didapatkan para santri setelah lulus masa pendidikannya. Antara lain:

  • Memiliki Ilmu Pengetahuan yang tinggi dan Wawasan yang luas.
  • Memiliki Akhlak yang mulia (Akhlakul Karimah).
  • Memiliki Aqidah yang kokoh dan pelaksanaan Ibadah yang baik.
  • Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan Teknologi Informasi yang Aktif.

Adapun strategi pendidikan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah:

  • Sistem Penyaringan (Filterasi) Bertahap dimana peserta didik akan bersaing dalam prestasi agar tidak tereliminasi setiap tahunnya.
  • Kurikulum Pendidikan yang diterapkan di Darul Mursyid adalah Kurikulum yang dijalankan oleh Pemerintah, yakni Kurikulum 2013 yang dipadu dengan penyempurnaan dan penyesuaian demi mencapai tujuan pendidikan di Darul Mursyid.
  • Sistem Pendidikan Terpadu (Pendidikan Selama 6 Tahun), Darul Mursyid tidak menerima siswa pindahan dari sekolah lain, termasuk untuk Madrasah Aliyah, dengan kata lain Madrasah Aliyah Darul Mursyid berasal dari Madrasah Tsanawiyah sendiri.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 10.000.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 2.000.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: Desa Sidapdap Simanosor, Kec. Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara 22747

Website resmi: http://darulmursyid.sch.id/

Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan Sipirok

Ponpes KH Ahmad Dahlan Sipirok
Kredit Foto: Nabhan

Berikutnya adalah Ponpes KH Ahmad Dahlan. Sesuai namanya yang merupakan pendiri Muhammadiyah, maka pesantren ini sudah tentu bercorak Muhammadiyah. Pendirian pesantren ini merupakan hasil ijtihad (modernisasi) bagian Pendidikan Muhammadiyah Tapanuli dalam pembentukan pendidikan modern yang direkomendasi oleh Muktamar Muhammadiyah tahun 1961. 

Dalam melakasanakan pendidikannya, pesantren ini memiliki sebuah tujuan utama yaitu: “Terwujudnya pesantren bernuansa qaryah thayyibah yang mampu menghasilkan kader ulama intelektual yan taat beribadah, santun dalam berakhlak, cerdas dan arif dalam berilmu, tulus dalam berempati, prestisius dalam berkarya, dan supel dalam pergaulan.”

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka pesantren memiliki berbagai strategi, antara lain:

  • Penyelenggarakan proses pembelajaran dan pendidikan secara terpadu sesuai dengan ketentuan Sisdiknas dan kepesantrenan model Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah.
  • Menyelenggarakan kegiatan tahfidzu Al-Quran (minimal 3 juz) dan tahfidz ahadis (minimal 40 hadis beserta peanafsirannya)
  • Mewujudkan prestasi kelulusan siswa di atas rata-rata dalam ujian nasional.
  • Menyelenggarakan pembinaan akhlak (character building) berdasarkan nilai-nilai Islam.
  • Menyelenggarakan pelatihan manajemen di bidang organisasi kesiswaan, kepanduan, dakwah, dan bela diri.
  • Menyelenggarakan pelatihan, kursus, dan praktikum Bahasa Inggiris/Bahasa Arab secara terampil lisan maupun tulisan.

Saat ini Ponpes KH Ahmad Dahlan membuka pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang MTS dan MA

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. Lobu Tanjung Baringin Kampung Setia, Desa Sarogodung, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapnuli Selatan Sumatera Utara

Website resmi: http://www.ponpeskhahmaddahlansipirok.com/

Pondok Pesantren Modern Baharudin

Ponpes Modern Baharudin Tapanuli
Kredit Foto: Addini Aulia

Selanjutnya adalah Ponpes Modern Baharudin. Pesantren ini didirikan oleh H. Baharuddin Harahap pada tahun 2002. Beliau adalah seorang tokoh masyarakat Sumatra Utara, putra daerah kabupaten Tapanuli Selatan yang berdomisili dan memiliki usaha di Jakarta yang kembali pulang ke kampung halamannya untuk mendirikan sebuah pesantren, maka berdirilah pesantren ini.

Dalam menjalankan aktivitas pendidikannya, Ponpes Baharudin memiliki sebuah visi besar yaitu: “Terwujudnya SDM yang berkwalitas, beriman dan bertaqwa, menguasai iptek serta mampu mengaktualisasikannya dalam bertindak.”

Kemudian sejak awal berdirinya hingga kini, Ponpes Baharuddin membuka jenjang pendidikan tingkat Tsanawiyah dan tingkat Aliyah. Yang mana kedua jenjang tersebut telah terakreditasi. Akreditasi A untuk MA dan akreditasi B untuk MTS.

Adapun kurikulum yang diberikan adalah kurikulum terpadu antara kurikulum pendidikan salafiyah dengan Kurikulum Pendidikan SKB 3 Menteri (yang berlaku di Kementrian Agama) dan Kurikulum Pendidikan Berkarakter (yang berlaku di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan). Pemberian materi kurikulum tersebut nantinya diklasifikasikan sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing tingkat kelas.

Tak ketinggalan tentu sebagai pesantren modern, Ponpes Baharudin memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Antara lain: Lapangan Sepak Bola, Masjid, Istana Alang Ulu Tunggang Bosar, lab. Komputer, Lab. Bahasa, Perpustakaan, Gelanggang Olah Raga (GOR), Radio RPMB, Klinik Naduma, Asrama Santri Berlantai 4 dan 5 sebanyak 3 unit, Asrama Komplek berjumlah belasan gedung.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Muara Tais III, Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara 22733

Website resmi: –

Pondok Pesantren Modern Al Abror

Berikutnya adalah Ponpes Modern Al Abror. Pesantren yang berdiri di tahun 1991 ini meskipun memiliki corak modern tapi terletak jauh dipedalaman, tepatnya di desa Siondop julu Sihuik-kuik Kec. Angkola Selatan.

Mengenai pola pendidikannya, Al Abror memadukan pola pedndikan pesantren dengan pendidikan nasional. Dengan perpaduan kedua pola tersebut, diharapkan dapat melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang bukan hanya berilmu tetapi juga beraqidah yang kuat dan berahlakul karimah.

Adapun kurikulumnya, mengikuti mengikuti Muqorror kurikulum Ponpes Modern Gontor dan Departemen Agama. Tak ketinggalan pengurus juga membekali santrinya dengan berbagai hal lainnya. Antara lain:

  • Pembinaan ubudiyah
  • Penguasaan dasar Bahasa arab dan inggris
  • Pembinaan keagamaan melalui tahfidzul quran dan tausiah para guru
  • Pelatihan pengembangan diri yang terintegrasi dengan kegiatan ekstrakulikuler secara optimal.

Kemudian untuk ekstrakulikulernya terdapat pramuka, seni bela diri, tahfidzul qur’an, pelatihan seni kalligrafi. Pidato Bahasa arab dan inggris, drumband, bola kaki, futsal, voly, dll

Saat ini Ponpes Modern Al Abror menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang MTS dan MA. Kemudian terdapat juga MI, akan tetapi santri tidak mukim di pesantren.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 990.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 600.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: JL. Siondop Si Huikkuik, Siais, Batang Ayumi Julu, Padangsidimpuan Utara, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara 22733

Website resmi: –

Pondok Pesantren Salafy Babussalam

Terakhir adalah Ponpes Babussalam. Pesantren yang berdiri pada tahun 1998 ini memiliki sebuah visi besar yaitu: “Menjadi lembaga pendidikan islam untuk mencetak generasi yang faham tentang keislaman sesuai Al-Qur’an dan hadist, dan mencetak generasi-generasi yang hafidzul Qur’an, serta mampu berbicara dengan baasa arab dengan baik dan benar, dan mampu menjadi imam dikalangan masyarakat.”

Keunggulan dari pesantren ini terletak dalam tahfidznya. Setiap santri dan santriyah diwajibkan untuk mengikuti program tahfidz reguler. Nantinya setiap santri yang tergolong tahfidz reguler wajib hafal minimal 3 juz perorang setiap semester.

Untuk program tahfidz sendiri, di pesantren ini terbagi menjadi dua, yaitu reguler dan unggulan. Yang mana pada dasarnya setiap santri mengikuti program tahfidz reguler. Namun jika ada santri yang cepat dalam menghafal dan memiliki IQ yang tinggi, maka akan dimasukkan ke dalam program tahfidz unggulan. Bagi santri tahfidz unggulan, nantinya akan mendapatkan target hafalan khusus dari pengurus.

Namun sebelum santri menghafal Qur’an, seluruh santri diwajibkan untuk hafal Amsilatul Jadid (kitab Shorof) dan Matan jurumiyah (kitab Nahwu) & harus mengikuti ektrakurikuer tajwid dan makhorijl huruf terlebih dahulu.

Meskipun bercorak salafiyah, Ponpes Salafiyah Babussalam juga membuka pendidikan formal jenjang MTS dan MA, yang mana nantinya setiap santri wajib mengikuti pendidikan formal yang tersedia.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: JL Raya Mandailing, Km. 11, Basilam Baru, Batang Angkola, Sipangko, Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara 22773

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Tapanuli Selatan yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren di Medan Paling Bagus (2021)

Rekomendasi 3 Pondok Pesantren di Asahan (2021)

2 pemikiran pada “(REVIEW) Rekomendasi 5 Pesantren di Tapanuli Selatan (2022)”

Tinggalkan komentar