(REVIEW) Rekomendasi 7 Pondok Pesantren di Tulungagung (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Daerah yang kaya dengan aneka kekhasan dalam budaya dan makanan ini ternyata memiliki beberapa pesantren bagus. Jika Anda mencari pesantren di Tulungagung, Anda bisa mempertimbangkan daftar kami berikut ini.

Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah

Ponpes Darul Hikmah Tulungangung
Kredit Foto: Kunniin

Pesantren di Tulungagung pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Darul Hikmah. Pesantren modern yang satu ini sejatinya sudah mulai dirintis sejak tahun 1930, namun baru secara fokus dikembangkan sejak tahun 1991. Perintisnya adalah H Ridwan Musban. Adapun yang mengembangkannya adalah putra beliau yaitu KH Nurul Hadi Ridwan.

Darul Hikmah memiliki tujuan mendidik para santrinya supaya tidak menjadi pegawai, tetapi mendidik agar supaya giat dalam tholabul ilmi, dengan niat suci ibadah perintah agama. Bahkan para santri akan dididik agar menjadi orang yang dapat memimpin suatu usaha/organisasi.

Sebagai lembaga pendidikan islam, Darul Hikmah melaksanakan pendidikannya dengan menggunakan Sistem Kulliyyatu-l-mu’allimin Al-islamiyyah (KMI) ala Pesantren Gontor.  Sehingga para santri nantinya akan mendapatkan porsi pendidikan islam dan IPTEK secara seimbang. Selain itu, kemampuan berbahasa pun menjadi salah satu keunggulan di pesantren ini.

Secara umum kegiatan di Darul Hikmah meliputi

  • Bahasa Inggris dan Bahasa Arab intensif pada pagi hari,
  • Usbughul Lughoh yang diperkuat dengan Mahkamah Lughoh,
  • Pidato Bahasa Arab dan Bahasa Inggris,
  • Menjalankan Sunnah
  • Kajian Kitab Kuning dengan Madin,
  • Program Menghafal Al-Qur’an dengan kegiatan Khotmil Qur’an Rutinan,
  • Apresiasi Seni dengan AG (Arena Gembira)

Saat ini, selain menyelenggarakan Program KMI, Darul Hikmah juga membuka Pendidikan Madrasah Diniyah Ula, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Tahfidz Al Qur’an. 

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl.KH Abu Mansyur I, Tawangsari, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229

Website resmi: http://www.pondokmoderndarulhikmah.id/

Pondok Pesantren Imam Syafii Tulungangung

Ponpes Imam Syafii Tulungangung
Kredit Foto: Imam Syafii

Berikutnya adalah Ponpes Imam Syafii. Pesantren yang menisbatkan namanya kepada salah satu ulama besar umat islam ini didirikan oleh Ustadz Anwar Zain dan rekan-rekannya. Awal mulanya pesantren ini hanya sebuah TK yang terbentuk pada tahun 2004, namun sering berjalan waktu TK tersebut berkembang dan menjelma menjadi sebuah pesantren yang cukup besar.

Hingga saat ini, Ponpes Imam Syafii telah membuka berbagai program pendidikan. Antara lain:

  • TK
  • RA
  • SDIST – Sekolah Dasar Islam Sains dan Tahfidz
  • Ma’had Tahfizh setingkat SD
  • MSW – Madrasah Salafiyah Wustho (Setingkat SMP)
  • I’dad Lughowi – Jenjang Persiapan Bahasa (Pra SMA)
  • MSU – Madrasah Salafiyah Ulya (Setingkat SMA)

Adapun secara umum kurikulum yang digunakan untuk program SDIST, MSW, dan MSU adalah perpaduan antara umum dan diniyah. Kurikulum umum mengikuti dinas pendidikan, sedangkan diniyah menggunakan muqorror dari Wizarotul Ma’arif Saudi Arabia.

Untuk keunggulan pada pembelajaran di Ponpes Imam Syafi’i adalah Tahfizh Al-Qur’an dan Bahasa Arab. Karenanya alokasi waktu pembelajaran materi diniyah mendominasi 20% dibanding 80% dari total materi. Target hafalan Al-Qur’an untuk tingkat MSW adalah 20 Juz selama 3 tahun, namun telah banyak santri yang menyelasaikan hafalan 30 juz pada jenjang ini.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 7.550.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 800.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jln. Jayeng Kusuma I Dsn. Donorejo, Ds. Tapan, Kec. Kedungwaru, Tulungagung Regency, East Java 66229

Website resmi: http://ponpesimamsyafii.or.id/

Pondok Pesantren Al Falah

Ponpes Al Falah Tulungangung
Kredit Foto: Daim Safii

Selanjutnya adalah Ponpes Al Falah. Pesantren yang masih mempertahankan corak pendidikan salaf ini berdiri pada tahun 1987. Pendirinya adalah KH Arsyad Bushairi. Kala itu pesantren ini mulanya hanya sebuah pengajian kecil, hanya saja pengajian tersebut terus bertambah dan jadilah sebuah pesantren.

Sebagai pesantren yang masih memegang corak pesantren salaf, para pengurus fokus memperkenalkan kepada santrinya tentang berbagai kitab-kitab klasik atau salafiyah. Kajian kitab kepesantrenan seperti Jurumiah, Kailani, Alfiyah, Mukhtarul Hadits, Waraqot, I’lal, Jauharul Maknun, dll akan menjadi santapan harian para santri.

Selain mengaji dan mencari ilmu agama islam, para santri juga belajar berternak dan berdagang. Sedikitnya sekitar 1 hektare lahan pesantren dibagi dengan gedung-gedung dan sisanya untuk kolam-kolam ikan. Setiap santri dibolehkan untuk belajar budidaya ikan di kolam-kolam yang disediakan. Dan tentunya dengan bimbingan santri senior dan ustad yang sudah berpengalaman di bidang berternak ikan ini.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Trenceng, Bendilwungu, Kec. Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66291

Website resmi: –

Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Tulungagung

Berikutnya adalah Ponpes Hidayatul Mubtadiin. Pesantren yang satu ini didirikan sekitan tahun 1953 oleh Mbah Surip, yang tak lain atas permintaan dari anak angkatnya sendiri (KH. Ali Shodiq Umman) yang ketika itu masih menyelesaikan study pondok pesantrennya di Jampes Kediri.

Dalam perjalanannya, Hidayatul Mubtadiin telah menerapkan dua jalur pendidikan, yaitu pendidikan khusus keagamaan (pengkajian kitab-kitab klasik) melalui jalur pengajaran madrasah diniyah dan pendidikan formal (pengetahuan umum) melalui sekolah formal.

Hidayatul Mubtadiin berfungsi sebagai “House of Learning” pendidikan yang mengacu pada aspek kerohanian, sedangkan pendidikan formal yang diterapkan adalah berfungsi sebagai pendukung dalam rangka pembentukan generasi muda muslim yang berintelektual tinggi yang siap menghadapi segala bentuk tantangan zaman.

Program pendidikan yang dibuka oleh Hidayatul Mubtadiin antara lain:

  • Madrasah Diniyah
  • Program Tahfidz Qur’an
  • TK PLUS dan SDI PLUS Sunan Giri
  • SD Islam Sunan Giri (Tahfidh)
  • SMP Islam Sunan Gunung Jati
  • SMA Islam Sunan Gunung Jati
  • SMK Islam Sunan Kalijaga

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Raya I No.34, Lingkungan 9, Ngunut, Kec. Ngunut, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66292

Website resmi: –

Pondok Pesantren Panggung

Selanjutnya adalah Ponpes Panggung. Pesantren ini bermula dari langgar kecil yang sering dilanda banjir. Langgar tersebut didirikan pada tahun 1953 yang didirikan oleh H. Ali. Meskipun kecil, langgar tersebut selalu ramai dengan berbagai aktifitas mulai dari salat berjama`ah hingga mengaji. Karenanya seiring berjalan waktu, langgar tersebut berubah menjadi sebuah pesantren.

Pesantren ini merupakan pesantren yang tetap melestarikan ajaran salafusholih atau salaf, dimana sistem pengajarannya menggunakan sitem bandongan, sorogan, pengajian kitab-kitab klasik dan tradisi-tradisi luhur pesantren lainnya.

Selain pendidikan non formal santri juga dianjurkan untuk mengikuti pendidikan formal sehingga sistem pengajaran secara salaf tidak sekolot pesantren yang tidak memperbolehkan santrinya untuk sekolah formal. Karena tidak wajib sekolah, maka santri yang mukim terdiri dari santri yang hanya mondok saja dan santri yang mondok dengan sekolah formal.

Pengajaran kitab dalam seminggu dilakukan 6 kali kecuali hari kamis yang di mulai setiap ba’da Magrib hingga pukul 19:00. Kemudian untuk ba‘da isya’ juga ada pengajian kitab namun hanya empat hari saja yakni hari senin, rabu, jum‘at dan minggu.

Saat ini Ponpes Panggung membuka beberapa program pendidikan baik formal maupun non formal. Antara lain:

  • Pondok Pesantren Panggung Putra
  • Pondok Pesantren Panggung Putri
  • Madrasah Tarbiyatul Ulum
  • Madrasah Raudhotul Sholihah
  • Play Group, TK dan SDI AL-Munawwar
  • Madrasah Tsanawiyah Al-Ma‘arif
  • Madrasah Aliyah Al-Ma‘arif

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Pangeran Diponegoro No.151, Karangwaru, Tamanan, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66217

Website resmi: –

Pondok Pesantren Madinul Ulum

Kredit Foto: Segara Gumelar

Berikutnya adalah Ponpes Madinul Ulum. Pesantren yang masih mempertahankan corak salafiyah ini didirikan oleh KH Ahmad Badjuri pada tahun 1965. Awal mulanya pesantren ini hanyalah sebuah pengajian biasa, namun seiring berjalannya waktu pesantren ini semakin besar dan berkembang.

Mengenai pembelajarannya, pesantren ini memberikan pembelajaran yang tidak berbeda jauh dengan pondok pesantren salafiyah pada umumnya. Antara lain menyodorkan metode sorogan, metode bandongan, hingga metode klasikal.

Namun pondok pesantren ini terlihat lain, karena membekali santrinya dengan berbagai keahlian yyang meliputi pertanian, peternakan, hingga perbengkelan. Karenanya pengurus menyediakan lahan pertanian dan peternakan ikan, bebek, dan kambing. Dengan fasilitas ini, maka para santri bisa memelajari ilmu pertanian dan peternakan secara praktikal.

Kemudian pesantren ini juga menerapkan metode back to nature atau kembali ke alam, sebagai bekal para santri ketika kembali ke masyarakat. Untuk jenjang pendidikan formal, Ma’dinul’ulum mengebalikan kepada negara. Artinya selain belajar ilmu agama di pesantren, para santri juga diwajibkan mengenyam bersekolah umum yang ada di dekat lingkungan pondok.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Sukomakmur, Blumbang, Campurdarat, Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66272

Website resmi: –

Pondok Pesantren Jawahirul Hikmah

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Jawahirul Hikmah. Pesantren ini didirikan oleh Kyai Jati dari Banjar yaitu KH. Moch. Zaki. Kala itu beliau sudah mendirikan pesantren di Sidoarjo pada tahun 1987. Adapun yang di Tulungagung ini didirikan pada tahun 1998.

Awalnya pendidikannya masih berupa pendidikan non formal dengan berupa kajian Al Qur’an, materi kitab, fiqih dan materi bahasa arab dan inggris. Barulah Sekitar tahun 2006 mulailah berdiri SMP JH dan pada tahun 2007 pun juga disusul berdirinya SMA JH.

Adapun pendidikannya saat ini mulai menggunakan sistem modern. Pembelajarannya menggabungkan Kurikulum Diknas dan Kurikulum Kepesantrenan. Selain itu keunggulan pesantren ini juga terletak pada aspek kebahasaan. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan dua Bahasa (Arab&Inggris) dalam aktivitas keseharian.

Kemudian untuk menunjang aktivitas para santrinya, pesantren ini menyediakan berbagai fasilitas seperti Masjid, Asrama, Gedung Sekolah, Perpustakaan, Gedung Balai Pengobatan, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Ruang tamu, Kopontren, Klinik Kesehatan, dll.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Sukomakmur, Blumbang, Campurdarat, Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66272

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Tulungagung yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar