(REVIEW) Rekomendasi 7 Pondok Pesantren di Wonosobo (2022)

Wonosobo, sebuah Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Daerah yang satu ini terkenal dengan dengan hasil pertanian dan perkebunannya. Mulai dari perkebunan teh yang berkembang menjadi Agrowisata Tambi, kopi Arabica, serta berbagai hasil sayuran, buah-buahan, dll. Selain itu kini Wonosobo memiliki setidaknya 171 Pesantren. Di artikel kali ini, kami akan membahas Pesantren di Wonosobo paling recommended.

Berikut ulasannya!

Pondok Pesantren Al Mubarok

Ponpes Al Mubarok Manggisan Wonosobo
Kredit Foto: Vikrie

Pesantren di Wonosobo pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Mubarok. Pesantren ini didirikan oleh KH Nur Hidayatullah. Secara umum pesantren ini masih memegang prinsip pendidikan tradisional, namun dari segi fasilitasnya sudah cukup modern.

Dalam pendidikannya, Al Mubarok menyelenggarakan dua sistem Pendidikan yaitu:

  • Pondok Induk Al Mubarok

Pondok induk Al Mubaarok adalah program khusus bagi santri yang hanya inigin belajar ilmu agama (Tafaqquh fiddiin) dan tidak mengikuti kegiatan formal dalam pembelajaran sehari-hari. Model pembelajaran dipondok induk masih mempertahankan model salaf murni.

Kegiatan hariannya yaitu mengkaji kitab-kitab kuning (kutubut turats), yang meliputi ilmu fiqh wa usulih, tasawuf, nahwu sharf, akhlaq,dan sebagainya dengan menerapkan metode-metode salaf  seperti metode bandongansorogan dan metode musyawarah bahstul msail.

  • Pendidikan Diniyyah Formal

Pendidikan Diniyyah Formal (PDF) adalah suatu satuan pendidikan baru di Indonesia. PDF Al Mubaarok memiliki jenjang pendidikan yang sama dengan pendidikan umum, PDF Wustha (SMP) selama 3 tahun, dan PDF Ulya (SMA) selama 3 tahun.

Meskipun begitu Karakteristik PDF Al Mubaarok juga sama dengan pesantren, seperti tetap memepertahankan kutuubutturots (kitab kuning) sebagai basis utama dalam pengajaran dan mempertahankan sistem-sistem pembelajaran salaf. Karena lulusan PDF juga akan mendapatkan ijazah formal, maka santri juga akan sedikit mempelajari pelajaran umum.

Selain dua pendidikan diatas tadi, Al Mubarok juga menyelenggarakan pendidikan Ma’had Aly yang setara dengan S-1.

Mengenai biaya pendidikannya bisa klik di link ini

Alamat lengkap pesantren: Jl.Syeh Qodbuddin, Manggisan Lama, Rt : 03 Rw : 08, Gubragan, Mudal, Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56351

Website resmi: https://almubaarokmanggisan.ponpes.id/index.php

Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al Asy’ariyah

Kredit Foto: Dhimas Aditya

Berikutnya adalah PPTQ Al Asy’ariyah. Pesantren yang satu ini bisa dikatakan salah satu pesantren tertua yang ada di Wonosobo. Hal ini dikarenakan Al Asy’ariyah sudah mulai beroperasi sejak tahun 1800-an.

Dalam mendidik para santrinya, pesantren ini mengkolaborasikan antara sistem Kholafiyyah (Modern) serta system Salafiyyah (Tradisional) sehingga terjadilah keseimbangan menurut roda perputaran zaman. Sistem tersebut dikenal sebagai sistem semi modern.

Adapun pada sistem pembelajarannya, PPTQ Al-Asy’ariyyah menitik beratkan pada tiga komponen sebagai ciri khasnya yaitu : Al-Qur’an Al-Karim (dengan Tahfidzul Qur’annya), kajian Kitab Kuning, serta penguasaan Bahasa Asing (Inggris dan Arab).

Beberapa kitab yang akan dikaji santri antara lain Hidayatul Mustahfidh, Mustholahul Tajwid, Jazariyah, Jurumiyah, Nadhom Impriti, Amsilatu Tasyrifiyah, Al-Maufudz Wal’lal, Maqsud, Sayfinatunnaja, Sulamut Taufiq, Tijan Dlurori, Jawahirul Kalamiyyah, Fatkhul Majid, Buluhul Marom, dan Washoyaa.

Terdapat beberapa program pendidikan yang tersedia di pesantren ini. Yaitu:

  • Madrasah Diniyah (Salafiyah, Wustho-Ulya, Mahasiswa)
  • Ke Al-Qur’anan (Tafsir, Tahfidz, dan Ulumul Qur’an)
  • Pendidikan Formal (Paud, SD, SMP, MTS, SMA, SMK, dan MA Takhasus Qur’an)

Mengenai biaya pendidikannya bisa klik di link ini

Alamat lengkap pesantren: Jl. KH. Asy’ari No.9, Kalibeber, Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56351

Website resmi: http://www.al-asyariyyah.com/

Pondok Pesantren Mamba’ul Qur’an

Kredit Foto: MMQ

Selanjutnya adalah Ponpes Mamba’ul Qur’an. Pesantren yang lebih memfokuskan kepada pendidikan Qur’an ini berdiri pada 18 Februari 2001 yang didirikan oleh KH Ahmad Zuhdi. Visi dari pesantren ini cukup simple tapi mendalam, yaitu: “Khoiru an nas Anfauhum li an nas (Sebaik-baik manusia adalah yang mampu memberikan manfaat bagi orang lain).”

Mamba’ul Qur’an bisa dikatakan adalah pesantren dengan view dan cuaca yang paling nyaman di Wonosobo. Hal ini karena letaknya berada di ketinggian 860 meter dari permukaan air laut. Dimana suhu udaranya berkisar antara rentang 20 – 25 derajat celcius. Kemudian view alam pegunungan benar-benar terasa, karenan posisinya tepat berada dibawah kaki gunung sindoro dan gunung bismo.

Secara internal Ma’had Mambaul Qur’an berusaha mengembangkan berbagai kegitan pendidikan agama yang mengarah pada peningkatan yang mengupayakan santri untuk memiliki kemampuan intelektual dan spritual, dan membekali santri dengan berbagai keterampilan dengan program yang dapat menjadikan modal dasar dalam perjuangan masyarakat madani.

Dalam pendidikannya pesantren ini masih bercorak salafi, sehingga hanya menyelanggarakan pendidikan kepesantrenan tanpa pendidikan formal. Program pendidikan yang tersedia antara lain:

  • Tahfidz Al-Qur’an
  • Kutub At-Thurats
  • Madrasah Diniyah

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 800.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 250.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Pramuka, Munggang, Kalibeber, Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56351

Website resmi: http://mmq.web.id/profil/

Pondok Pesantren API Raudhatul Thalibin

Kredit Foto: Hamam Rozin

Berikutnya adalah Ponpes Raudhatut Thalibin. Pesantren ini merupakan salah satu pondok pesantren salaf tertua di wilayah Wonosobo, tepatnya pesantren ini berdiri pada tahun 1957. Adapun pendirinya adalah KH Ibrohim. Adapun API adalah singkatan dari Asrama Perguruan Islam. Nama ini disematkan sebagai doa agar para santri menjadi santri yang semangat dan berjuang untuk agama.

Pesantren ini kini diasuh oleh Kiai Muhammad Nur Yasin yang merupakan putra keenam KH Ibrohim. Secara umum pendidikannya berupaya mencetak santri-santri yang terampil serta peduli terhadap permasalahan umat. 

Untuk mencapai tujuan tersebut, pesantren salaf ini menggunakan kurikulum pesantren yang dibagi menjadi empat jenjang pendidikan yakni Ibtidaiyyah (persiapan) selama dua tahun, Tsanawiyyah tiga tahun, ‘aliyyah tiga tahun serta Ihya’ Ulumuddin selama satu tahun.

Kemudian pesantren ini juga telah meraih berbagai prestasi. Salah satunya adalah meraih juara pertama dalam lomba Musabaqoh Qiro’atil Kitab (MQK) tingkat Kabupaten Wonosobo. Adapula penghargaan Best Vokal Festival Tingkat Jateng-DI Yogyakarta. Selain itu Grup rebana ponpes ini cukup membanggakan, karena beberapa kali berhasil menjurai lomba-lomba di tingkat kecamatan maupun kabupaten Wonosobo.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Jawar No.RT.1, RW.1, Seandong, Blederan, Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56311

Website resmi: –

Pondok Pesantren Fathul Muin Ali Masykur

Kredit Foto: Ponpes Fathkul Muin

Selanjutnya adalah Ponpes Fathul Muin. Pesantren yang satu ini merupakan salah satu pesantren tertua di Wonosobo, tepatnya pesantren ini mulai dirintis sejak tahun 1951. Perintisnya adalah KH Masykur bin Abdul Hamid. Kala itu beliau memulai perintisannya dengan membuka kajian umum. Seiring berkembangnya waktu, pesantren ini terus berkembang dan telah menghasilkan banyak santri hebat.

Dalam menjalankan setiap aktivitasnya, pesantren ini memiliki sebuah visi mulia yaitu: “Membentuk generasi yang berahlakul karimah, berilmu amaliyah, dan beramal ilmiyah ahlus Sunnah wal jamaah.

Secara umum, pesantren ini masih berpegang teguh dengan pendidikan salaf yang menggunakan metode bandongan dan sorogan. Karena itu kurikulumnya hanya menggunakan kurikulum kepesantrenan. Para santri akan mengkaji kitab-kitab kuning sesuai dengan kemampuan masing-masing. Kitab seperti Jurumiyah, Alfiyah, Arbain Nawawi, Sulam Munawwaroq, Jauharul Maknun, dll akan menjadi santapan santri selama pendidikan.

Kemudian sebagai pesantren yang juga bercorak NU, maka Fathul Muin juga rutin melakukan aktivitas ala nahdliyin. Antara lain tahlillan, manaqiban, barzanji, bahtsul masail, dll.

Selain pendidikan kepesantrenan, Ponpes Fathul Muin juga membuka pendidikan formal yaitu SMP Ali Masykur.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 1.900.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 350.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Dieng No.19, Kebumen Lor, Bumirejo, Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56351

Website resmi: https://fatkhulmuinbumen.ponpes.id/

Pondok Pesantren Al Hikam Darussalikin

Selanjutnya adalah Ponpes Al Hikam Darussalikin. Pesantren ini bisa dikatakan juga merupakan salah satu pesantren tertua yang ada di Wonosobo. Pendirinya adalah Kiai Maksum, beliau mendirikannya pada sekitar tahun 1939. Selama rentang waktu pendiriannya hingga saat ini, Al Hikam telah menelurkan ribuan santri terbaiknya, dan terus berkembang untuk mengikuti kebutuhan zaman.

Dalam setiap aktivitas pendidikannya, Al Hikam memiliki sebuah visi besar yaitu: “Mendidik ummat manusia yang sholeh (kholifatullah fil ardl) dan akrom (manusia termulia di sisi-Nya) serta menjadi uswah dan rujukan bagi masyarakat dengan berjiwa semangat mengabdiakan dirinya untuk kepentingan masyarakat dan agama.”

Mengenai kurikulumnya, pesantren ini mengkolaborasikan antara sistem Kholafiyyah (Modern) serta system Salafiyyah (Tradisional) sehingga terjadilah akan terbentuklah santri yang paham agama dan IPTEK secara sekaligus. Keterpaduan tersebut dikemas dalam sistem boarding school dan pendidikan kepesantrenan.

Saat ini, Darussalikin membuka dan memfasilitasi berbagai program pendidikan. Antara lain:

  • MTS Al Hikam Cendekia
  • MA Al Hikam Cendekia
  • Madrasah Diniyah (Wustha & Ulya)
  • Taman Pendidikan Qur’an
  • Majelis Sema’an Qur’an
  • Ma’had Ilmu Qur’an

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jln. KH Ibnu Hajar Km 0,5, Tempelsari, Maduretno, Kec. Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56372

Website resmi: https://pondokpesantren-alhikamwonosobo.business.site/?hl=id

Al Madina Boarding School

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Al Madina Boarding School. Dari namanya, Al Madina bukanlah pesantren, melainkan sebuah Boarding School. Namun karena Boarding School adalah sekolah berasrama dan terdapat juga program khusus keislaman, maka kami masukkan ke ulasan mengenai pesantren di Wonosobo.

Dalam menyelenggarakan pendidikannya, Al Madina menerapkan Kurikulum Integratif. Kurikulum integrative tersebut berupa:

  • Antara kurikulum diknas dan pesantren
  • Antara penguasaan sains dan agama
  • Antara kualitas jasmani dan rohani
  • Antara pribadi dan sosial
  • Antara teori dan praktek
  • Antara ketrampilan dan IT

Keunggulan pesantren ini terletak dari strategi pembelajarannya. Beberapa strategi pendidikan yang diterapkan antara lain:

  • Menerapkan sistem belajar 24 jam (full day school)
  • Menciptakan suasana pesantren yang aman dan kondusif. Didukung dengan asrama yang terbina dan termonitoring oleh Ustadz / Ustadzah hafidz Qur’an, berakhlakul karimah, berwawasan luas, serta cakap dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Internasional.
  • Memanajemen kontak sosial siswa dengan masyarakat sekitar sebagai upaya pemfokusan siswa dalam melaksanakan program pesantren.
  • Menggunakan metode penguasaan ilmu nahwu shorof kilat dengan tentor yang mahir dalam ilmu alat.

Adapun metode pendidikan yang diterapkan adalah:

  • Pendidikan keteladanan dan pembiasaan
  • Bimbingan dan nasihat
  • Tafakur dan ibroh atas peristiwa atau kejadian
  • Pendidikan dengan pemberian perhatian
  • Pendidikan dengan pemberian reward and punishment
  • Pendidikan melalui pemberian kisah dan cerita
  • Motivasi dan berfikir positif
  • Pemanfaatan waktu kosong untuk pengembangan keterampilan

Saat ini Al Madina Boarding School hanya menyelenggarakan pendidikan jenjang SMP. Namun terdapat juga TK dan SD yang sifatnya Full Day School.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Kyai Hasyim Asya ri No.45, Argopeni Indah, Kejiwan, Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56319

Website resmi: http://www.smpalmadinawonosobo.sch.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Wonosobo yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar