(REVIEW) 9 Pesantren di Yogyakarta Paling Bagus (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Yogyakarta adalah sebuah daerah di Pulau Jawa yang masih memegang teguh tradisi kesultanan. Kesultanan Yogyakarta sendiri adalah Kesultanan yang bercorak islam dan turut andil dalam penyebaran islam di Tanah Jawa. Karenanya tak heran jika di Yogyakarta terdapat banyak pesantren. Nah di tulisan kali ini, kami akan membahas Pesantren di Yogyakarta yang recommended.

Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak

Pesantren di Yogyakarta pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Munawwir. Pesantren ini didirikan oleh KH Muhammad Munawwir pada 15 November 1911, tepatnya sesaat setelah beliau kembali ke Tanah Air setelah menimba ilmu di Makkah dan Madinah selama 21 tahun lamanya. 

Al Munawwir dalam pendidikannya menerapkan sistem salaf dan hingga saat ini mampu bertahan dan terus berkembang dalam kiprahnya. Secara umum pesantren ini terfokus pada pengajaran Al Qur’an.

Namun tak hanya mengkhususkan pendidikannya dalam bidang Al-Qur’an saja, pesantren ini juga mempelajari bidang lain seperti kitab-kitab kuning (kutubussalaf assholih). Perkembangan tersebut kemudian disusul dengan penerapan sistem madrasah (klasikal).

Keistimewaan Pesantren Krapyak adalah bagaimana Al-Qur’an selalu dirayakan dengan semarak, seperti melalui pengajian talaqqi secara tahqiq setiap pagi bersama Mbah Najib, sorogan bacaan Al-Qur’an (binnazhar) di komplek masing-masing, dan juga setoran hafalan (bilhifzhi) di komplek-komplek tahfizh

Saat ini Pesantren Al Munawwir sudah sangat berkembang dan difasilitasi dengan berbagai jenjang lembaga pendidikan formal dan informal mulai dari TK, Madrasah Diniyah Tsanawiyah, Madrasah Madrasah Diniyah Aliyah, Madrasatul Banat, SMK Al Munawwir, Madrasatul Huffadz, hingga Ma’had Aly yang merupakan perguruan tinggi ilmu salaf.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. KH. Ali Maksum, Krapyak Kulon, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55002

Website resmi: https://www.almunawwir.com/

Pondok Pesantren Ali Maksum

Berikutnya adalah Ponpes Ali Maksum. Pesantren yang didirikan untuk mengenang KH Ali Maksum ini sebenarnya masih satu kerabat dengan pesantren Al Munawwir, bahkan masih satu lingkungan juga. Hanya saja beda yayasan.

Perbedaan pesantren KH. Ali Ma’sum dan pesantren Al Munawwir adalah terletak pada pendidikan umum. Pesantren ini memiliki sekolah formal tingkat MTS dan MA. Sedangkan Al Munawwir hanya SMK.

Secara umum, pesantren ini menganut pola pendidikan campuran yang terintegrasi baik ke dalam sistem formal maupun nonformal. Pengajian kepesantrenan sebagai bentuk pendidikan nonformal di samping dalam rangka mempertahankan pola konvensional, juga sebagai wahana pengintensifan pendidikan dan bimbingan kepribadian antar personal dalam bentuk metode sorogan dan bandongan.

Sedangkan pendidikan pola madrasah-formal diselenggarakan untuk memenuhi tuntutan masyarakat dan juga untuk mengembangkan metode-metode belajar mengajar moderen secara klasikal dan terukur dengan tetap memasukkan muatan-muatan kepesantrenan di samping materi non-ilmu keagamaan

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 7.800.000Biaya masuk tingkat MTS
Sekitar Rp. 8.300.000Biaya masuk tingkat MA
Sekitar Rp. 900.000Biaya bulanan semua tingkat

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. KH. Ali Maksum, Krapyak Kulon, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55002

Website resmi: https://krapyak.org/

Pondok Pesantren Wahid Hasyim

Kredit Foto: Ponpes Wahid Hasyim

Selanjutnya adalah Ponpes Wahid Hasyim. Pesantren yang satu ini berdiri pada 11 Maret 1977. Nama Wahid Hasyim sendiri diberikan oleh sang pendiri yaitu Al-Marhum Al-Maghfurlah KH. Abdul Hadi As-Syafii, nama tersebut disematkan sebagai wujud penghormatan beliau kepada Ulama Besar Indonesia yang juga ayah dari Gus Dur, yaitu KH Wahid Hasyim.

Dalam menjalankan segala aktivitas pendidikannya, pesantren ini memiliki sebuah visi yaitu: “Menjadi wahana bagi terbentuknya pribadi muslim yang berilmu, berhaluan Ahlus Sunah Wal Jamaah, berakhlak mulia, berjiwa khidmah, mandiri, dan berwawasan kebangsaan.

Nantinya segala pendidikan yang terlaksana secara umum berbasis:

  • Penanaman Akhlaqul Karimah
  • Program Tahfidz Al-Quran
  • Pengembangan Kemampuan Berbahasa Asing (Arab-Inggris)
  • Pengembangan Ketrampilan Penguasaan Kitab At-Turats (Kitab Kuning)

Hingga saat ini Ponpes Wahid Hasyim menyelenggarakan banyak program pendidikan, baik secara formal maupun informal. Antara lain

  • Madrasah Ibtidaiyah
  • Madrasah Tsanawiyah
  • SMP Sains Al Qur’an
  • Madrasah Aliyah
  • SMA Sains Al Qur’an
  • Madrasah Diniyah
  • Ma’had Aly
  • Madrasah Tahfidz Al-Qur’an wa Tafsir

Mengenai santri yang ingin lebih fokus kepada ilmu keduniaan disarankan untuk mengikuti SMP dan SMA Sains. Adapun bagi santri yang ingin fokus kepada tsaqofah keislaman, maka disarankan untuk mengikuti program MI, MTS, maupun MA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jalan Wahid Hasyim No. 3, Gaten, Condongcatur, Depok, Dabag, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283

Website resmi: https://www.ppwahidhasyim.com/

Pondok Pesantren Taruna Qur’an

Kredit Foto: Adam Haqiqi

Berikutnya adalah Ponpes Taruna Qur’an. Pesantren yang satu ini berdiri pada tahun 1997. Pendirinya adalah Ust Umar Budihargo, kala itu beliau mendirikan pesantren sepulang dari studi beliau di Universitas Islam Madinah.

Pesantren ini memiliki sebuah visi yaitu: “Membentuk generasi yang beraqidah lurus, beribadah yang benar, berakhlak mulia, hafal Al Quran, dan mampu beramal usaha.” Dalam praktek pendidikannya, pesantren ini menyelenggarkan pendidikan berkesinambungan selama 6 tahun (jenjang MTS dan MA).

Para santri nantinya akan terkontrol dan terbimbing selama 24 jam setiap hari. Mereka dididik dan ditanamkan untuk mencintai, memahami, dan mengamalkan Al Qur’an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus shalih. Selain itu, para santri dibina untuk me menghafalkan Al Qur’an (target hafalan Al Qur’an adalah 30 Juz yang harus diselesaikan dalam waktu 3 tahun.

Tak ketinggalan, para santri akan ditanamkan akhlakul karimah, juga secara intensif dibina agar aktif berbahasa Arab, terampil berorganisasi, menguasai komputer, berpidato, menerjemahkan naskah berbahasa Arab, memasak, dan keterampilan hidup lainnya.

Selain pendidikan MTS dan MA, Taruna Qur’an juga menyelenggarakan pendidikan KOBER, TK, Sekolah Autis, dan SDIT.

 Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 7.500.000Biaya masuk tingkat MTS dan MA Putra Kampus 1
Sekitar Rp. 12.100.000Biaya masuk tingkat MTS dan MA Putra Kampus 2
Sekitar Rp. 13.800.000Biaya masuk tingkat MTS dan MA Putri
Sekitar Rp. 600.000Biaya bulanan

Nb: Terdapat program beasiswa bagi santri yang berprestasi tapi tidak mampu

Adapun alamatnya

  • Kampus 1: Jl. Lempongsari 4A, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta
  • Kampus 2: Dadapan Rt 05 Rw 27, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta

Website resmi: http://taruna-alquran.com/

Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah

Ponpes Modern Muhammadiyyah Yogyarkarta
Kredit Foto: VN

Selanjutnya adalah Ponpes Modern Muhammadiyah. Sesuai namanya tentu sudah jelas bahwasanya pesantren ini milik salah satu ormas terbesar di Indonesia, yaitu Muhammadiyah. Yogyakarta sendiri memang terkenal sebagai sentra Muhammadiyah di Indonesia, karenanya salah satu alasan pendirian pesantren ini adalah untuk mengkader generasi muda Muhammadiyah.

Saat ini Ponpes Muhammadiyah menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal berkesinambungan selama 6 tahun (SMP & SMA). Adapun kurikulumnya merupakan kurikulum perpaduan antara Diknas yang mengacu KTSP/K – 13 dan kurikulum pesantren yang mengacu pada pendidikan pesantren modern dengan menekankan keseimbangan antara Diknas dan Pesantren.

Secara umum para santri akan mendapatkan program pengajaran berupa:

  • Program Kema’hadan

Qiroatul Kutub; Tahfidz Al – Qur’an dan Al – Hadits Al – Lughoh Al – Yaumiyyah (Bahasa Arab dan Inggris), Olahraga dan Bela diri (tapak suci), Jurnalistik, Kemasyarakatan, Keorganisasian

  • Program Penunjang

Pengayaan, ilmu umum dan ‘ulum syar’iyyah Remedial teaching bagi peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menguasai ilmu dasar. Matrikulasi bahasa Arab dan Inggris mulai kelas II, bahasa pengatar KBM di kelas menggunakan bahasa Arab dan Inggris.

  • Program Unggulan
  • Tahfidz Al – Qur’an yakni Hafal Al – Qur’an minimal 5 juz beserta terjemahannya.
  • Program Umum
  • Pelajaran umum seperti Matematika, Sains, IPS, dll

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl.Prambanan – Piyungan km 2, Marangan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Website resmi: https://mbs.sch.id/

Pondok Pesantren Islamic Centre bin Baz

Berikutnya adalah Ponpes Islamic Center bin Baz. Pesantren yang dirintis sejak tahun 1993 ini adalah salah satu pesantren “Sunnah” di Yogyakarta. Awalnya hanya berupa lembaga pendidikan tahfizul Al-Qur’an setingkat ibtidaiyyah (SD) dengan nama Ma’had Tahfizhul Qur’an di Sleman, Yogyakarta. Namun enam tahun kemudian, lokasinya pindah ke Bantul.

Nama Bin Baz diambil dari nama salah seorang mufti di Saudi Arabia, Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, dengan harapan dan cita-cita agar para santri bisa meneladani keilmuan, kefaqihan, kedermawanan, dan kharisma beliau di hadapan umat.

Pesantren ini menyelenggarakan program pendidikan terpadu antara diniyah dan ilmu umum. Kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum pondok pesantren yang dipadukan dengan kurikulum pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama.

Lulusan jenjang Madrasah Aliyah Bin Baz akan mendapatkan 2 ijazah yaitu Ijazah Pondok Pesantren (yang telah mendapatkan mu’adalah/akreditasi dari Universitas Islam Madinah) dan Ijazah Negara (yang bisa digunakan untuk melanjutkan kuliah baik di universitas negeri maupun swasta).

Saat ini Islamic Center Bin Baz menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal tingkat PAUD, Madrasah Salafiyah Ula (MSU) setingkat SD non-asrama, Madrasah Salafiyah Wustha (MSW) setingkat SMP, Madrasah Aliyah (MA), I’dad Duat wal Aimmah dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah.

Bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

Sekitar Rp. 15.000.000Biaya masuk Salafiyah Wustha
Sekitar Rp. 16.000.000Biaya masuk Madrasah Aliyah & Ulya
Sekitar Rp. 8.300.000Biaya masuk STIT
Sekitar Rp. 4.000.000Biaya masuk I’dad Duat wal Aimmah
Sekitar Rp. 1.300.000Biaya bulanan

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Samas, Gn. Kelir, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791

Website resmi: https://binbaz.or.id/

Pondok Pesantren Bina Umat

Selanjutnya adalah Ponpes Bina Umat. Pesantren ini berdiri pada tahun 2001. Awalnya Bina Umat hanya menyelenggarakan pendidikan non formal, namun sejak tahun 2003 Bina Umat menyelenggarakan pendidikan formal berupa SMP dan SMA.

Secara umum, corak pendidikan Bina Umat adalah corak modern. Yang mana kurikulum yang diberlakukan adalah perpaduan antara kurikulum diknas dan kurikulum pondok pesantren modern yang mengutamakan aqidah, ibadah, akhlaq, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Secara umum para santri akan mendapatkan program pengajaran berupa:

Program pengembangan kepribadian

  • Membentuk ahlakul karimah dan aqidah yang kuat
  • Program Bahasa
  • Menguasai Bahasa Arab dan Inggris aktif

Program akademik

  • Menguasai ilmu umum dan diniyah

Program Tahfidz

  • Reguler 6 Juz, Akselerasi 30 Juz

Selain itu para santri pun dapat mengikuti berbagai ekstrakulikuler seperti kepramukaan, Seni Baca Al-Qur’an, Beladiri Tapak Suci, Karya Ilmiah Remaja, Sepakbola, Jurnalistik, Tata Boga, Arabic Club, English Club, dll.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 13.000.000Biaya masuk semua tingkat
Sekitar Rp. 800.000Biaya bulanan semua tingkat

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Setran, Sumberarum, Kec. Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55563

Website resmi: http://www.binaumat.com/

Pondok Pesantren Nurul Ummah

Kredit Foto: Fitroh Ulya

Berikutnya adalah Ponpes Nurul Ummah. Pesantren yang satu ini didirikan oleh KH Asyhari Marzuqi pada tahun 1986. Dinamai Nurul Ummah  yang berarti “Cahaya Umat”, diharapkan Nurul Ummah mampu memberikan sinar pencerahan yang menerangi dan mengarahkan Umat dalam menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat (al-sa’âdah fi al-dârayn).

Secara umum, Nurul Ummah membuka berbagai macam pendidikan. Antara lain

  • Madrasah Tsanawiyah

Yakni program pendidikan formal sekaligus kepesantrenan bagi santri usia SMP. Dimana nantinya para santri akan mendapatkan pelajaran umum sekaligus pendalaman kitab kuning dan bimbingan menghafal Al Qur’an

  • Madrasah Aliyah

Yakni program pendidikan formal Full Day School untuk usia SMA. Meskipun full day school, para siswa akan tetap mengkaji ilmu keislaman

  • Madrasah Diniyah

Yakni program reguler pesantren tanpa pendidikan formal bagi semua kalangan. Terdiri dari tiga tingkat, yakni awaliyah (4 tahun), wustha (2 tahun), dan ‘ulya (2 tahun). Tingkat awaliyah memprioritaskan pemahaman ilmu nahwu dan sharaf. Tingkat wustha memperdalam kitab-kitab salaf dan khalaf yang mu’tabarah. Tingkat ‘ulya mempraktekkan ajaran aswaja di masyarakat dan membuat karya tulis ilmiah.

Selain program-program diatas, terdapat juga asrama mahasiswa, SD, dan TK.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raden Ronggo KG II No.982, Prenggan, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55172

Website resmi: https://nurulummah.com/

Pondok Pesantren An Nur Bantul

Terakhir adalah Ponpes An Nur. Pesantren ini adalah adalah lembaga di bawah naungan Yayasan Al Ma’had An Nur. Pendirinya adalah KH Nawawi Abdul Aziz. Beliau mendirikan An Nur pada tahun 1978 M. 

Program unggulan Pondok Pesantren An Nur adalah Tahfizul Qur’an. Dilengkapi dengan Qira’ah Sab’ah, mengaji Al-Qur’an secara Binazar dan kajian Kitab Kuning. Di samping itu, ada berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler. Ektrakurikuler Hadroh adalah ekstrakurikuler favorit santri. Ada Olah Vokal, Tilawah, Kaligrafi, Public Speaking, Puisi, Jurnalistik, Sepak Bola, Voli, Desain Grafis, dan Fotografi.

Saat ini An Nur memiliki beberapa unit pendidikan, baik formal maupun informal. Antara lain, Madrasah Diniyah Al Furqon, Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS), Madrasah ‘Aliyah Umum (MAU)/IPS dan IPA, Madrasah ‘Aliyah Keagamaan (MAK), dan Institut Ilmu al-Qur’an (IIQ) An Nur

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Ngrukem, Krandohan, Pendowoharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55186

Website resmi: http://annurngrukem.com/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Yogyakarta yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar