(REVIEW) Rekomendasi 5 Pondok Pesantren Putri di Indonesia (2022)

Anda sedang mencari pesantren putri yang bagus untuk kelanjutan pendidikan gadis Anda? Jika iya maka Anda sangat beruntung. Di artikel ini kami telah menyusun dan merangkum beberapa pesantren putri terbaik yang ada di Indonesia. Penasaran kan apa saja?

Simak ulasan kami berikut ini!

Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri

Kredit Foto: Muhammad Abid

Pesantren putri terbaik pertama yang akan kami bahas pertama adalah Ponpes Gontor Putri. Tentu tidak diragukan lagi bahwasanya Gontor adalah salah satu pesantren terbaik yang ada di Indonesia. Pola pengajarannya menjadi rujukan bagi ratusan pesantren modern yang ada di Indonesia. Selain itu alumninya pun telah tersebar di berbagai benua dan banyak yang menjadi tokoh penting di Indonesia.

Gontor Putri sendiri sebagai cabang dari Gontor Putra mulai diresmikan sejak 31 Mei 1990. Kala itu pembukaannya diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia, H. Munawir Syadzali, M.A. Hingga saat ini Gontor Putri telah memiliki 8 kampus yang tersebar di beberapa daerah yang ada di Indonesia.

Sama dengan Gontor Putra, Gontor Putri juga menerapkan konsep pendidikan asrama (boarding school) yang memadukan model pesantren klasik/salaf dengan kurikulum modern. Kurikulum modern ditampilkan melalui integralnya pendidikan agama dan pendidikan umum, antara tarbiyah dan ta’lim; sehingga menghasilkan ciri modern yaitu berpikir integral, berpikiran maju, tidak dikotomis, adil dan menghargai efisiensi waktu.

Di luar kelas santriwati mendapat bimbingan, pengajaran, dan pengembangan diri secara intensif oleh Pengasuhan Santriwati yang bertanggungjawab menangani berbagai aktivitas ekstrakurikuler yang meliputi keorganisasian, kepramukaan, bahasa, disiplin, olahraga, ketrampilan, kesenian, akhlak, ibadah, nisaiyat, dan berbagai aktifitas keputrian lainnya.

Mengenai jenjang pendidikannya, Gontor memakai Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) dengan masa belajar 6 atau 4 tahun, setingkat Tsanawiyah dan Aliyah.

Mengenai biaya pendidikannya,

Sekitar Rp. 6.297.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 665.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: Jl. Nasional 15, Kedungmiri, Sambirejo, Kec. Mantingan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63257

Website resmi: https://www.gontor.ac.id/

Perguruan Diniyyah Putri Padang Panjang

Kredit Foto: Supriadi Supra

Berikutnya adalah Perguruan Diniyyah Putri Padang Panjang. Perguruan putri yang satu ini bisa dikatakan merupakan perguruan putri tertua yang ada di Indonesia. Betapa tidak, perguruan ini didirikan pada 1 November 1923. Pendirinya adalah Ibunda Rahmah El Yunusiah. Kala itu beliau mendirikannya pada usia 23 tahun setelah mendapatkan inspirasi dari kakaknya Zainuddin Labbay El Yunusy yang juga telah mendirikan sekolah di tahun 1915.

Dalam menjalankan pendidikannya, pesantren ini berpegang pada visinya yaitu: “Menjadi pusat pendidikan islam modern berlandaskan Al Qur’an dan hadits yang menghasilkan karya di pentas dunia. Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Membangun dan mengembangkan berbagai pusat keunggulan pengetahuan bersumberkan kepada Qur’an dan hadits.
  • Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas global dan berakhlaq sesuai syariah.
  • Mengembangakn kegiatan usaha secara profesional untuk mencapai kemandirian berkarya.

Beberapa hal yang menjadi keunggulan di pesantren ini antara lain adalah:

  • Tahfidz Qur’an

Setiap santri nantinya wajib menghafalkan Qur’an minimal 2 juz. Bahkan bagi yang berminat dan memang memilki kemampuan, maka akan didorong untuk bisa menyelesaikan hafalannya hingga 30 juz.

  • Sistem Multiple Intelligence

Maknanya semua santri dianggap sama, tidak ada yang paling unggul dibanding yang lainnya. Karena itu disini tidak ada kelas unggulan. Semua santri akan diarahkan sesuai bakat dan minatnya masing-masing. Yang mana nantinya terdapat 20 program esktrakulikuler.

  • Program Visit Tour

Mengunjungi salah satu negara seperti Jepang, Australia, dan Malaysia selama 6 minggu, studi banding ke DPR-MPR, program umroh, dsb.

Saat ini Perguruan Diniyyah Panjang melaksanakan pendidikan kepesantrenan yang terintegerasi dengan pendidikan formal berupa SMP, MTS, dan MA. Selain itu terdapat juga program PAUD, MI, dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah.

Mengenai biaya pendidikannya,

Sekitar Rp. 25.000.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 1.500.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: Jalan Abdul Hamid Hakim No.30, Ps. Usang, Kec. Padang Panjang Bar., Kota Padang Panjang, Sumatera Barat 27116

Website resmi: https://www.diniyyahputeri.org/

Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin Makassar

Kredit Foto: Shofie Shaqy

Selanjutnya adalah Ponpes Putri Ummul Mukminin. Pesantren putri yang satu ini bisa dikatakan merupakan pesantren putri tertua yang ada di tanah Sulawesi. Kala itu pesantren ini berdiri pada tahun 1987. Nah Secara umum pesantren ini memiliki corak Muhammadiyah yang sangat kental dalam berbagai bidangnya. Hal ini wajar, karena pendiri pesantren ini adalah PP Aisiyah cabang Sulawesi Selatan.

Dalam menjalankan pendidikannya, pesantren ini memiliki visi “Terwujudnya Alumni Puteri yang Unggul, Kader Ulama, dan Pemimpin Berdasarkan Al-Qur’an Dan Al-Sunnah Al-Maqbulah”. Sesuai visinya, penanaman Qur’an dan Sunnah dalam aspek keilmuan di pesantren ini sangat kuat. Para pengurus senantiasa membimbing santriwati agar berpegang teguh kepada dua hal tersebut.

Kemudian dari visi tersebut lahirlah beberapa misi pendidikan. Diantaranya:

  • Menyeleggarakan pengembangan kurikulum yang visible berbasis pondok pesantren.
  • Menyeleggarakan dan mengembangkan pembelajaran efektif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
  • Menyeleggarakan dan mengoptimalkan program/kegiatan ekstrakulikuler.
  • Menyeleggarakan pembinaan santri dalam persiapan lomba mata pelajaran, seni, keagamaan, pidato, dan olahraga.
  • Menyeleggarakan pembinaan dan pembiasaan santri dalam menulis karya ilmiah.
  • Menyeleggarakan pembelajaran berbasis aplikasi komputer dan internet.
  • Menyeleggarakan program keterampilan hidup (Life skills).
  • Menyeleggarakan dan mengoptimalkan program hafal al-Qur’an.

Mengenai kurikulumnya, Ummul Mukminin memadukan antara Kurikulum Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah (LP2M), Kurikulum Kementerian Agama dan Kurikulum Pendidikan Nasional yang memudahkan para peserta didik melanjutkan ke Perguruan Tinggi baik di dalam dan luar negeri.

Saat ini Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Makassar menyelenggarakan pendidikan tingkat SMP, MTS, SMA, dan MA.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 15.380.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 1.300.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: Jl. KH. Abd. Jabbar Ashiry No.KM.17, Pai, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90242

Website resmi: https://ppum.sch.id/

Pondok Pesantren Darul Hikam Mojokerto

Kredit Foto: Pondok Pesantren Darul Hikam Mojokerto

Berikutnya adalah Ponpes Darul Hikam. Pesantren yang satu ini  berdiri pada tahun 2003. Saat itu warga Tambaksuruh, Tambakagung, Puri, Mojokerto bernama Haji Syamsu (Almarhum) melalui KH. Qusairi, KH Qusaiyi dan Sandi Nurhadi mewakafkan tiga petak tanah seluas kurang lebih 2.560 m2 untuk lembaga pendidikan Islam Pondok Pesantren. 

Darul Hikam Mojokerto kemudian tumbuh menjadi pondok pesantren yang berkomitmen untuk melahirkan generasi Qur’ani yakni generasi yang menghafal, memahami dan mengamalkan Al Quran. Dan bahkan kini Darul Hikam mulai berkembang sebagai pesantren bertaraf internasional.

Kelebihan pondok ini ada pada mengedepankan prestasi siswa, sehingga ekstrakulikulernya tidak hanya sebatas dalam bidang seperti hadrah saja, tapi juga mencakup persiapan olimpiade, robotic, jurnalistik, bahkan sudah menjadi hal biasa karya tulis milik santri dibukukan. Oleh sebab itu prestasi pondok ini tergolong mentereng. Mampu menjuarai lomba robotic tingkat internasional di Osaka Jepang pada tahun 2017.

Namun di sisi lain, pimpinan pondok ini juga menyampaikan bahwa unsur salafiyah juga dipegang teguh dalam pola pembinaan akhlaq siswa. Sehingga adab santri terhadap guru dan orangtua menjadi titik penting selain prestasi. Apalagi memiliki asrama dengan kamar mandi di dalam, menjadikan pembinaan menjadi jauh lebih mudah.

Ada satu hal yang mungkin tidak dimiliki pesantren lain, yaitu program pendidikan ke luar negeri. Kyai di pesantren ini memang sosok yang sudah lama tinggal di Singapura dan Malaysia, sehingga memiliki relasi yang cukup luas.

Saat ini Pesantren Darul Hikam menyelenggarakan pendidikan pesantren tingkat SMP dan SMA. Selain itu terdapat juga program khusus tahfidz.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 10.256.000Biaya masuk Program Reguler
Sekitar Rp. 32.250.000Biaya masuk Program Tahfidz
Sekitar Rp. 1.656.000Biaya bulanan Program Reguler
Sekitar Rp. 2.750.000Biaya bulanan Program Tahfidz

Alamat lengkap: Jl. Raya Puri, Tegalsari, Puri, Kec. Puri, Mojokerto, Jawa Timur 61363

Website resmi: https://darulhikamtahfidz.sch.id/

Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta

Kredit Foto: Fahrur Rozi

Pesantren putri terakhir yang akan kami bahas adalah Madrasah Muallimat Muhammadiyah. Sesuai namanya, pesantren ini merupakan milik salah satu ormas terbesar di Indonesia yaitu Muhammadiyah. Karenanya kebanyakan santri disini merupakan para kader dari ormas tersebut. Meskipun tentu boleh saja jika ada santri selain dari anggota ormas tersebut yang ingin menjadi santri di pesantren ini.

Pembelajaran di pesantren ini diseimbangkan antara dasar-dasar Ilmu Keislaman dengan Basic Knowledge of Science (Pengetahuan Dasar Sains) yang mendukung tercapainya Visi, Misi dan Tujuan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah. Integrasi kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan kurikulum khas Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dikemas dalam bentuk :

  • Struktur Pembelajaran yang seimbang antara ilmu agama (teori dan praktek) dengan ilmu umum dan sains serta penguasaan Bahasa Arab dan Inggris.
  • Penguatan implementasi dasar-dasar ilmu keislaman dengan pendidikan yang mengarah pada pembentukan pribadi kader yang unggul.
  • Long life education dengan pendekatan uswah, intelektual, kegiatan dan keterampilan kepemimpinan.

Terdapat juga kegiatan penunjang pelajaran seperti:

  • Matrikulasi baca Al Qur’an
  • Arabic and English Club
  • Lesson Club
  • Karya Tulis Ilmiah
  • Praktek Mengajar
  • Program Sukses Ujian
  • Reward
  • Field Trip (Studi Lapangan)
  • Uji Kompetensi Kemuhammadiyahan

Selain itu terdapat juga kegiatan penunjang di asrama seperti:

  • Qiro’atul Qur’an
  • Tahfidzul Qur’an
  • Tahsin Qur’an
  • Muhadatsah/Conversation
  • Khot
  • Imla
  • Qiro’atul Qutub
  • Mufrodat/Vocabulary
  • Muhadharah/pidato

Saat ini Madrasah Muallimat Muhammadiyah menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan selama 6 tahun mulai dari tingkat MTs-MA. Hanya saja seluruh santri harus masuk dari kelas 1 MTs. Sehingga pesantren ini tidak menerima santri yang lulusan MTs/SMP.

Nantinya terdapat dua pilihan kelas yang bisa dipilih oleh santri, yaitu:

  • Kelas Unggulan
  • Kelas Internasional

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 19.000.000Biaya masuk Kelas Unggulan
Sekitar Rp. 29.000.000Biaya masuk Kelas Internasional
Sekitar Rp. 1.525.000Biaya bulanan Kelas Unggulan
Sekitar Rp. 2.400.000Biaya bulanan Kelas Internasional

Alamat lengkap: Jl. Suronatan No.653, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55262

Website resmi: https://muallimaat.sch.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di pesantren putri yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pesantren putri bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

10 Pondok Tahfidz Qur’an Terbaik di Indonesia

Daftar 500+ Pesantren Terbaik di Indonesia Lengkap

Tinggalkan komentar