(REVIEW) Rekomendasi 9 Pesantren di Aceh (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa Aceh merupakan daerah yang sangat kental dengan islam. Karena itu tak heran bila di Aceh banyak sekali lembaga pendidikan islam, terutama pesantren. Nah di artikel ini kami telah mengumpulkan beberapa referensi pesantren terbaik di Aceh. Semoga informasi ini bermanfaat ya bagi Anda yang sedang mencari pesantren terbaik di Aceh untuk tempat pendidikan buah hati Anda.

Just info, dalam bahasa Aceh pesantren memiliiki makna “Dayah”. Karenanya tak usah heran bila banyak mendengar kata tersebut di artikel ini.

Pesantren Modern Misbahul Ulum Lhokseumawe

Kredit Foto: DKP Budidaya

Pesantren terbaik di Aceh pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Misbahul Ulum. Misbahul Ulum yang memiliki arti lentera ilmu ini didirikan pada tahun 1989 oleh Tgk. H.M Thaib Mahmud bersama rekan-rekannya. Kala itu Misbahul Ulum didirikan dalam bentuk MTs.

Dalam menjalankan pendidikannya, Misbahul Ulum berpedoman pada visinya yaitu: “Misbahul Ulum menjadi pusat pendidikan Islam yang melahirkan generasi muslim, mukmin yang shalih, konsisten dan berjiwa pejuang dalam usaha membumikan ajaran Islam, mampu menegakkan amar makruf nahi mungkar, menuju hidup bahagia dunia dan akhirat.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Mendidik santri dengan bekal ajaran Islam yang meliputi aqidah, syariat dan akhlaq mulia sebagai syarat mutlak menuju umat terbaik (khair al-ummah).
  • Mendidik santri dengan ilmu yang komprehensif yang mencakup: ilmu-ilmu keislaman, ilmu bahasa, ilmu pengetahuan alam dan matematika, serta ilmu pengetahuan sosial dan keterampilan yang bermanfaat untuk meraih sukses masa depan, sehingga mereka kelak menjadi ahli zikr dan ahli fikr dalam masalah agama, mampu menegakkan dakwah Islam melalui amar makruf dan nahi mungkar.
  • Menyiapkan santri dan lulusan yang mampu masuk ke pendidikan tinggi dalam berbagai disiplin ilmu, sehingga mereka memiliki kemampuan yang optimal untuk menjadi pemimpin masa depan.

Saat ini Ponpes Modern Misbahul Ulum menyelenggarakan 2 program pendidikan, yaitu: Program pendidikan 6 tahun (lulusan SD/sederajat) dan 4 tahun (untuk lulusan SMP/sederajat).

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 2.745.000Biaya masuk semua program
Sekitar Rp. 625.000Biaya bulanan semua program

Alamat lengkap pesantren: Jl. Tgk Chik Di Paloh, Mns Dayah, Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Aceh 24355

Website resmi: http://misbahululum.ac.id/

Dayah Ummul Ayman Bireun

Kredit Foto: Mahlil Flanstsr

Berikutnya adalah Dayah Ummul Ayman. Dayah Ummul Ayman merupakan lembaga pendidikan islam dengan system pendidikan terpadu yang didirikan pada tahun 1990 oleh Tgk. H. Nuruzzahri yang akrab disapa Waled Samangga. Secara umum lembaga ini bertujuan untuk mendidik para santri sebagai pribadi yang tafaqquh fiddin dan mendalami ilmu-ilmu umum yang sesuai dengan perkemabangan era globalisasi.

Mengenai kurikulumnya, Dayah Ayman memadukan dua kurikulum, yaitu kurikulum formal dan kurikulum non formal. Untuk kurikulum formal, dayah ini bekerjasama dengan dinas pendidikan dan dinas agama untuk menunjang pendidikan sekolah SMP, MA, dan Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS).

Sedangkan untuk kurikulum non formal, Ummul Ayman menggunakan kurikulum dayah salafiyah, dengan pendalaman kitab-kitab salafiyah karangan para ulama salaf untuk menunjang pendidikan, sehingga para santri nantinya mendapatkan ilmu pengetahuan yang luas dan juga komprehensif.

Secara umum Pendidikan Formal di dayah ini adalah:

  • SMP
  • MA (IPA dan IPS)
  • STIS (setara s-1 Jurusan Hukum Keluarga dan Muamalah)

Adapun pendidikan non formalnya adalah:

  • Tarbiyah Islamiyah
  • Program Khusus Pembelajaran Bahasa Arab dan Inggris
  • Program Tahfidzul Qur’an
  • Pidato dalam 4 Bahasa
  • Bahtsul Masail

Selain itu terdapat beberapa kegiatan ekstrakulikuler seperti: debat bahasa arab dan inggris, computer, tilawah, menjahit, kaligrafi, nasyid, dsb.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Mesjid Raya KM 1,5 Gp. Putoh, Kec. Samalanga, Kab. Bireun, Aceh

Website resmi: https://www.facebook.com/ypi.ummulayman/?ref=page_internal

Dayah Darul Muta’allimin Meulaboh

Kredit Foto: Jon Santri

Selanjutnya adalah Dayah Darul Muta’allimin. Dayah yang terletak di Aceh Barat ini didirikan oleh Dr. Tgk. Hj. Zikriati MA pada pada tahun 2008. Secara kelembagaan, dayah ini bernaung di bawah Yayasan Al-ashqalani.

Dalam menjalankan pendidikannya, dayah ini berpegang pada visinya yaitu: ” Terbinanya Insan Qur’ani yang berakhlak mulia, mandiri dan berprestasi.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Membangun suasana pendidikan yang syar’I dan berkualitas
  • Membiasakan pendidik, peserta didik dan tenaga pendidikan untuk hafal Al-Qur’an
  • Mendorong dan menfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik
  • Memfasilitasi kegiatan-kegiatan pendidikan yang dapat merangsang dan meningkatkan prestasi peserta didik
  • Meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta wawasan yang luas.

Adapun yang menjadi keunggulan dayah ini adalah:

  • Kurikulum yang digunakan adalah integrasi kurikulum pendidikan modern dengan pendidikan dayah (salafiyah).
  • Disamping pendidikan sekolah dan dayah, para pelajar akan mendapatkan bimbingan khusus dalam bidang hafidh AL-Qur’an, bahasa Arab dan Inggris, dan pembinaan khusus mata pelajaran yang diperlombakan dalam olimpiade Nasional.
  • Dalam keseharian di asrama, para santri/pelajaran akan didampingi dan dibimbing oleh para mentor yang memiliki skill khusus hafidh Al-Qur’an dan mahir berbahasa Arab dan Inggris.

Saat ini Dayah Darul Muta’allimin menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang SMP dan SMA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Kiblat Gampong Seuneubok, Kec. Johan Pahlawan, eulaboh – Aceh Barat

Website resmi: https://dayahmeulaboh.ponpes.id/

Dayah Ma‘hadal Ulum Diniyah Islamiyah Mesjid Raya (MUDI Mesra) Bireun

Kredit Foto: Al Biduki

Berikutnya adalah Dayah MUDI. Menurut sejarah, Dayah MUDI telah didirikan seiring pembangunan Mesjid Raya yang peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Sultan Iskandar Muda (1607-1636 M). Adapun pimpinan pertama dayah ini bernama Faqeh Abdul Ghani. 

Dalam menjalankan pendidikannya, Dayah ini berpegang pada visinya yaitu: ” Melahirkan ulama dan intelektual yang dilandasi oleh panca jiwa yang menjadi ruhul ma‘had, yaitu keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, ukhwah islamiyah dan kebebasan.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Menyelenggarakan pendidikan yang berlandaskan akidah ahlussunnah wal jamaah dan ibadah berdasarkan fikih Syafi‘iyah.
  • Mendidik dan membina keshalihan santri dan ummat melalui iman, ilmu, amal dan dakwah bil hikmah wa al-maw ‘idhat al-hasanah.
  • Menguatkan, memelihara, dan menjaga nilai-nilai Islam sesuai dengan pemahaman para ulama salaf al-shalih.
  • Mencetak generasi umat yang mandiri dan mampu berkarya dalam bingkai Islam, iman dan ihsan.

Hingga kini, MUDI Mesjid Raya mengelola beberapa unit kegiatan. Mulai TK al-Aziziyah, TPQ Muhazzabul Akhlaq al-Aziziyah, hingga Insitut Agama Islam (KAI) al-Aziziyah Samalanga. Bahkan Dayah MUDI Samalanga pendidikannya sudah muadalah tingkat tsanawiyah (SMP) dan aliyah (setara SMA) bahkan pendidikan tingkat tinggi ma’had aly.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Mideun Jok, Samalanga, Kabupaten Bireuen, Aceh

Website resmi: https://www.mudimesra.com/

Dayah Darul Ihsan Darussalam Aceh Besar

Kredit Foto: Indra Abu Asyraf

Selanjutnya adalah Dayah Darul Ihsan. Dayah ini didirikan oleh salah satu ulama kharismatik dan merupakan salah satu tokoh pergerakan Indonesia yaitu Tgk. H. Hasan Muhammad Hasan Krueng Kake pada tahun 1910.

Dalam menjalankan pendidikannya, Darul Ihsan berpedoman pada visinya yaitu: “Mewujudkan Darul Ihsan sebagai dayah professional, mewarisi khazanah keislaman untuk melahirkan generasi islami yang terampil.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Mengelola dayah secara efisien, transparan dan akuntabel.
  • Menyiapkan santri yang memiliki aqidah kokoh, ibadah yang benar dan berahlak muia serta menguasai dasar-dasar ilmu keislaman yang kuat.
  • Mengajar dan mengasuh serta mengasah intelektualitas dan keterampilan dengan nurani dan metode terkini.

Mengenai kurikulumnya, Darul Ihsan menerapkan beberapa kurikulum yaitu:

  • Kurikulum Terpadu
  • Kurikulum Kementerian Agama
  • Kurikulum Diniyah Salafiyah
  • Kurikulum Diniyah Modern.

Nantinya semua aktivitas pendidikan diformat dalam bentuk tarbiyah, baik di dalam maupun luar kelas. Dengan system pendidikan yang telah dibuat, terbukti dayah ini berhasil meniingkatkan kualitas santri dalam hidup, disiplin, rajin beribadah, menguasai bahasa arab dan inggris, dan berahlakul karimah.

Saat ini Dayah Darul Ihsan menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang MTs, MA, dan SMK.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 8.275.000Biaya masuk semua program
Sekitar Rp. 675.000Biaya bulanan semua program

Alamat lengkap pesantren: Jl. Tgk Glee Inem, Gampong Siem, Kec. Darussalam, Aceh Besar 23373

Website resmi: http://www.darulihsanabuhasan.com/#

Pondok Pesantren Modern Al Manar Aceh Besar

Kredit Foto: Hikayat Santri

Berikutnya adalah Ponpes Modern Al Manar. Pesantren Al Manar adalah lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Islam dan Penyantunan Anak Yatim “Bungong Jeumpa” dengan motto berdiri di atas dan untuk semua golongan, tidak berpihak pada golongan, aliran dan partai manapun.

Pesantren modern ini bertujuan memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan sumber daya manusia dan menciptakan insan kamil yang memiliki kecerdasan intelektual dan spiritual demi pembangunan agama, bangsa dan negara.

Mengenai kurikulumnya, Al Manar memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Dayah Tradisional Aceh (Salafi). Adapun output dari para santri di Al Manar adalah:

  • Setiap santri dapat menguasai dasar-dasar komputer
  • Setiap santri diharapkan dapat menguasai Bahasa Arab dan Inggris
  • Berkecimpung langsung dalam organisasi
  • Sejak kelas X (IV Aliyah), santri sudah dijuruskan sesuai dengan kemampuan dan kecenderungan bakatnya

Kemudian terdapat juga beberapa kegiatan ekstrakulikuler untuk mengasah skill dan bakat para santri seperti:

  • Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an
  • Pelatihan Organisasi dan Leadership
  • Pramuka
  • Memanah
  • Ekskul Seni Budaya
  • Pidato 3 Bahasa
  • Silat
  • Marching Band
  • Ekskul Olahraga

Saat ini Ponpes Al Manar menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP dan SMA.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 7.100.000Biaya masuk semua program
Sekitar Rp. 700.000Biaya bulanan semua program

Alamat lengkap pesantren: Desa Lam Permei, Krueng Barona Jaya, Lampermai, Krueng Barona Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 23116

Website resmi: https://almanar.ponpes.id/

Pondok Pesantren Teungku Chiek Oemar Diyan Aceh Besar

Kredit Foto: Muhammad Sami

Selanjutnya adalah Ponpes Teungku Chiek Oemar Diyan. Pesantren ini merupakan salah satu pesantren terpadu yang bernaung dibawah yayasan pendidikan islam Tgk Chiek Oemar Diyan. Yang mana pesantren ini berdiri dan diresmikan pada 27 Oktober 1990 atas prakarsa H. Sa’aduddin Jamal.

Dalam menjalankan pendidikannya, pesantren ini berpegang pada visinya yaitu: “Membentuk manusia Indonesia yang berilmu, beriman, dan bertaqwa kepada Allah SWT serta menghayati dan mengamalkan ajaran Islam.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Membentuk para santri menjadi kader penerus perjuangan untuk ikut bertanggung jawab terhadap pembangunan masyarakat, agama, bangsa, dan negara.
  • Membentuk manusia yang memiliki kecerdasan dan ketrampilan, keseimbangan antara fikir dan zikir dalam rangka menghadapi kemajuan teknologi dan globalisasi.
  • Menguasai ilmu pengetahuan, baik agama maupun umum.
  • Memiliki kepribadian yang luhur dan akhlak mulia.
  • Mampu menguasai bahasa Arab, Inggris, dan Indonesia dengan baik dan benar secara aktif, baik lisan maupun tulisan.

Mengenai kurikulumnya, pesantren ini menerapkan kurikulum pesantren Gontor dan pesantren sallafiyah serta kurikulum Kementerian Agama. Disamping itu para santri akan mengikuti berbagai kegiatan ekstrakulikuler seperti latihan pidato tiga bahasa, pelatihan wira usaha, seni kaligrafi, tahfidz Qur’an, beladiri, dsb.

Saat ini Ponpes Teungku Chiek Oemar Diyan menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang MTs dan MA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Desa. Krueng Lam Kareung, Kec. Indrapuri, Kab. Aceh Besar, Aceh 23363

Website resmi: http://www.oemardiyan.com/

Pondok Pesantren Modern Babun Najah Banda Aceh

Kredit Foto: Muhammad Sami

Berikutnya adalah Ponpes Babun Najah. Babun Najah merupakan lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Perguruan Islam (YPI) Babun Najah. Dalam mejalankan pendidikannya, Babun Najah memiliki visi: “Terwujudnya lembaga yang unggul dama mutu dan berwawasan Qurani. Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Mencetak generasi muslim yang dapat menguasai IMTAQ dan IPTEK.
  • Membentuk insan yang berkepribadian cerdas dalam berfikir.

Kurikulum yang disajikan di pesantren ini merupakan kurikulum khas Ponpes Babun Najah yang ditamabah dengan kurikulum Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) yang diselenggarakan dengan system boarding school dengan masa pendidikan 6 tahun.

Kemudian terdapat beberapa ekstrakulikuler yang diselenggarakan untuk mengasah bakat dan kemampuan para santri seperti pidato, kaligrafi, klub bahasa arab dan inggris, computer, pencak silat, tilawatil Qur’an, olahraga, dsb.

Saat ini Ponpes Teungku Chiek Oemar Diyan menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang MTs dan MA.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 7.180.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 750.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Kebon Raja, Ds. Doy, Kec. Ulee Karang, Banda Aceh, Aceh

Website resmi: https://www.facebook.com/Babun-Najah-Islamic-Boarding-School-128145400592737/

Pondok Pesantren Darul Amin Gontor 10 Aceh Besar

Kredit Foto: Sumber Energi Alam Lestari

Pesantren terbaik di Aceh terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Darul Amin. Sesuai namanya pesantren ini merupakan cabang dari salah satu pesantren paling terkenal di Indonesia yaitu Pesantren Darussalam Gontor.

Sebagai cabang Darussalam Gontor, tentu Ponpes Gontor 10 ini berusaha melaksanakan semua sistem pendidikan dan disiplin yang ada di Gontor pusat, sehingga seluruh aktivitas pendidikan dan pengajarannya dimaksimalkan agar sesuai dengan standar pendidikan dan pengajaran yang ada di Gontor pusat.

Mengenai jenjang pendidikannya, Gontor 10 menyelenggarakan pendidikan menengah, dengan durasi belajar 6 tahun bagi yang berijazah SD/MI dan 4 tahun bagi yang berijazah SMP dan atau SMA. Demikian halnya dengan kurikulum, juga menggunakan Kurikulum Mu’allimin Islamiyah (KMI) yang distandarkan dengan apa yang ada di Gontor pusat.

Selain itu santri juga akan dibimbing secara intensif dalam beberapa ekstrakulikuler yang ada seperti kegiatan berorganisasi, kepramukaan, olahraga, ketrampilan, kesenian, latihan dan lomba pidato, pembinaan bahasa Arab dan Inggris, dll.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: JI. Raya B. Aceh-Medan KM. 47,5, Ds. Meunasah Baro Kec. Seulimeum, Kab. Aceh Besar, Prov. Aceh, 23951

Website resmi: https://www.gontor.ac.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Aceh yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren di Medan Paling Bagus (2021)

(REVIEW) 9 Pondok Pesantren Terbaik di Batam (2021)

Tinggalkan komentar