(REVIEW) 7 Pesantren Terbaik di Balikpapan

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Balikpapan? Tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Balikpapan terdapat sekitar 19 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 6.749. Jumlah tersebut terbagi menjadi 4.854 santri mukim, dan 1.895 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Al Mujahidin Balikpapan

Ponpes Al Mujahidin Balikpapan
Kredit Foto: Akhmad Luqman

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Mujahidin. Pesantren ini memiiliki corak khas Muhammadiyah. Modal awal untuk membangun pesantren ini adalah tanah seluas 0,6 Ha dan sebuah rumah kayu berukuran 6 x 6 m wakaf dari Bapak H.A Syukur Daha yang merupakan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Balikpapan dan Pasir.

Pesantren ini memiliki tenaga pendidik yang sholeh dan sesuai dengan kompetensinya. Tenaga pendidik tersebut melakukan pembinaan bagi para santri selama 24 jam. Interaksi sosial antara santri dan tenaga pendidik terlaksana berdasarkan nilai-nilai islam dan akhlakul karimah.

Dengan pola pembinaan seperti ini dan suasana kehidupan yang islami, maka terbentuknya generasi yang sholeh dan cerdas lebih cepat tercapai.

Kemudian pesantren ini juga memiliki berbagai fasilitas penunjang. Antara lain masjid, asrama santri, kantor, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan. Terdapat juga berbagai ekstrakulikuler seperti hizbul wathan, tahfidz Qur’an, seni bela diri tapak suci, dll.

Saat ini Pesantren Al Mujahidin menyelenggarakan pendidikan pesantren tingkat SMP dan SMA. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Soekarno Hatta No.10, Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76136

Website resmi: https://mujahidinbalikpapan.com/index.php

Pondok Pesantren Modern Al Muttaqin Balikpapan

Pondok Pesantren Al Muttaqien Balikpapan
Kredit Foto: Depag BPP

Berikutnya adalah Ponpes Al Muttaqin. Pesantren ini dipelopori oleh Muhammad Anas Mochtar, Maschun Sholeh, Bustani Daeng dan Idrus Sompa. Ponpes ini merupakan salah satu pesantren modern (khalaf) atau biasa masyhur dengan pesantren al-haditsiyyah atau al-mu’ashirah dalam klasifikasi pondok pesantren.

Pesantren ini sendiri merupakan lembaga yang berbentuk dan berjiwa pondok pesantren yang bergerak dalam lapangan pendidikan, dakwah, kaderisasi dan ekonomi sekaligus pula menjadi pusat studi islam, dengan mengembangkan sistem-sistem yang inovatif, tapi tetap berakar pada budaya as-Salaf as-Sholeh.

Selain itu pesantren ini merupakan lembaga yang independen dan netral, serta tidak berafiliasi kepada salah satu golongan atau partai politik apapun.

Sebagai pesantren modern, Al-Muttaqien memiliki jenjang pendidikan formal mulai dari tingkat taman kanak-kanak (Raudlatul Athfal) sampai tingkat menengah atas (SMK), tanpa meninggalkan ciri khas pendidikan pesantren yaitu pengajaran kitab-kitab salaf. Sehingga meskipun modern, Al-Muttaqien berupaya memadukan sistem pendidikan pesantren dengan sistem pendidikan pemerintah (formal).

Saat ini Pesantren Al Muttaqin menyelenggarakan pendidikan pesantren tingkat MTS dan SMK. Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk seluruh program: sekitar Rp. 7.150.000
  • Biaya bulanan jenjang MTS: sekitar Rp. 650.000
  • Biaya bulanan jenjang SMK: sekitar Rp. 700.000 – 750.000  

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Letjen S. Parman No.47, Sumber Rejo, Kec. Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76125.

Website resmi: http://www.almuttaqienbalikpapan.com/

Pondok Pesantren Syaichona Khalil Balikpapan

Ponpes Syaichona Cholil Balikpapan
Kredit Foto: Ickur Channel

Kemudian adalah Ponpes Syaichona Khalil. Pesantren ini merupakan cabang dari Ponpes Syaichona Khalill Madura. Ponpes ini di asuh oleh KH. Muhammad ‘Ali Kholil. Di lingkungan masyarakat Madura, KH. Muhammad ‘Ali Kholil memiliki panggilan khas tersendiri yaitu Ra ‘Ali. 

Pesantren ini memiliki beberapa jenjang pendidikan, antara lain pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK), Madrasah Ibtidayah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Meskipun tergolong modern karena menyelenggarakan banyak pendidikan formal, pesantren ini tetap melestarikan nilai-nilai klasik dalam pembelajarannya.

Selaian itu pesantren ini juga memiliki berbagai fasilitas penunjang. Antara lain masjid, asrama santri, kantor, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc.

Terdapat juga beberapa ekstrakulikuler seperti kajian kitab kuning, pembinaan tahfidz, latihan berpidato, pramuka, pengembangan olahraga, pengembangan jurnalistik, dsb.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Gg. Arjuna No.59, RT.21, Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76116

Website resmi: –

Pondok Pesantren Salafiyah Subulussalam

Berikutnya adalah Ponpes Salafiyah Subulussalam. Pesantren ini merupakan pondok pesantren salaf yang mulai dirintis sejak tahun 1990. Resmi berdiri pada 17 Juni 1993 M. Pada mulanya, Pengasuh Pondok Pesantren Subulus Salam KH. Muhammad Fadhli bersama empat rekannya mendirikan Pondok Pesantren Asy-Syifa Tahun 1979.

Namun karena adanya perbedaan prinsip, Kiai Fadli mengambil jalan sendiri untuk mendirikan Subulus Salam. Akhirnya pesantren ini menjadi pesantren salaf yang mengajarkan kurikulum salafiyah, belajar ilmu keislaman secara penuh, yang mengacu pada kitab‑kitab yang dipakai oleh kebanyakan pondok pesantren berbasis Nahdlatul Ulama (NU).

Sebagaimana kebanyakan pesantren salaf, Pondok Pesantren Sulussalam Balikpapan dalam bidang aqidah (tauhid) mengajarkan teologi Ahlussunnah wal Jama’ah Asy’ariyah, dalam bidang fiqih mengajarkan fiqih Madzhab Syafi’i, dan dalam bidang tasawuf mengikuti Imam Al-Ghazali.

Kitab-kitab aqidah yang akan santri pelajari adalah seperti Durusul Aqaid Ad-Diniyyah, ‘Aqidatul Awwam”, “Fathul Majid Syarh Ad Durr Al-Farid”, “Kifayatul Awam”, dan lain sebagainya

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Gg. Merpati II No.71, RT.56, Batu Ampar, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76136

Website resmi: –

Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Balikpapan

Selanjutnya adalah Ponpes Ibnul Qoyyim. Pesantren ini adalah salah satu Pondok Pesantren Salafiyyin Ahlussunnah wal jama’ah, yang mengasuh santri dan santriwati, berlandaskan Manhaj Ahlussunnah Waljama’ah sejak tahun 1424 Hijriah atau bertepatan tahun 2003 Masehi.

Pesantren ini membuka kesempatan bagi salafiyyin seluruh golongan usia, ikhwan dan akhwat untuk menuntut ilmu din (agama) yang shohihah sesuai dengan pemahaman As-Salaf Ash-Sholeh. Para pengurus menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajar Diniyyah Al Islamiyyah berlandaskan Al Qur’an dan As-sunnah ash shahihah dengan pemahaman salafush sholih.

Penyelenggaraan pendidikan bertujuan mencetak tenaga-tenaga da’i Ahlussunnah wal Jama’ah yang bertaqwa, bermanfaat bagi agama dan masyarakat serta mandiri dalam menghadapi tantangan segala zaman.

Kemudian pesantren ini juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang. Antara lain masjid, asrama santri, kantor, ruang tamu, gedung kelas, lapangan, depot air minum, perpustakaan, pertokoan, kamarmandi/wc, ruang studio radio.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Gg. Merpati II No.71, RT.56, Batu Ampar, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76136

Website resmi: –

Pondok Pesantren Syaikh Muhammad Arsyad Al Banjari

Ponpes Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari
Kredit Foto: Fakhrurrozi

Berikutnya adalah Ponpes Syaikh Muhammad Arsyad Al Banjari. Pesantren ini dibangun karena keprihatinan sang pendiri KH Syarwani Zuhri atas fenomena sosial yang semakin banyak meninggalkan syariat Islam. Yang dimana jika dibiarkan tanpa ada payung keagamaan Islam, masyarakat akan lepas control.

Kemudian alasan menggunakan nama ponpes dengan sebutan Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Anumerta Datu Kelampaian karena sosok ini dianggap oleh sang pendiri sebagai ulama panutan yang dikenal sebagai ahli fiqih mazhab Syafi’i yang berasal dari Martapura, Kalimantan Selatan.

Kurikulum yang diajarkan memakai konsep Manhaj Ahli Sunnah Waljama’ah yang merujuk pada Al Quran dan Hadist serta kitab-kitab mutabarah dengan sistem pengajaran ruang kelas dan halaqah atau pengajian bersama-sama dengan membentuk lingkaran.

Uniknya keuangan pesantren ini mandiri. Pengelola memiliki usaha ternak, kebun, juga warung. Pengurus juga mengajarkan santri bisa mandiri, mampu berinovasi menghadapi tantangan zaman. Santri yang lulus dari pesantren ini harus bisa apa saja. Setelah lulus santi harus bisa mandiri.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Jl. Soekarno Hatta No.KM. 19, RW.5, Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76136

Website resmi: –

Pondok Pesantren Modern As Syifa Balikapapan

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Modern As Syifa. Pesantren ini berawal dari kegiatan majelis taklim dari rumah ke rumah, yang dirintis oleh KH. Abdurrahman Hasan. Kemudian seiring berjalannya waktu, beliau mengembangkan Yayasan Asy-syifa yang bergerak dibidang sosial yatim piatu yang menjadi cikal bakal Pondok Modern Asy-syifa Balikpapan.

Metode pengajaran, situasi dan kehidupan para santrinya diupayakan sama dengan Pondok Modern Gontor, seperti hidup sederhana, disiplin, berwawasan luas, mempunyai kemampuan berbahasa arab dan inggris, kepramukaan, latihan kepemimpinan dalam organisasi, bela diri, membaca kitab kuning / kitab berbahasa arab dan lain-lain.

Sehingga kemampuan pengetahuan dan sikap yang dimiliki para lulusannya berguna bagi perkembangan selanjutnya baik di lembaga pendidikan yang lebih tinggi (bagi yang melanjutkan pendidikannya) maupun dimasyarakat kerja.

Program pendidikannya mengkombinasikan beberapa kurikulum. Yaitu, kurikulum Pondok Modern Darussalam Gontor, Kementerian Agama (KEMENAG) serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD).

Pondok Modern Asy-syifa sendiri menyelenggarakan 3 jenjang pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Pertama MI Asy-syifa yang telah memiliki Akreditasi “A” dengan program pendidkan 6 tahun dengan sistem pulang pergi atau tidak berasrama,

Kedua MTs dan MA Asy-syifa telah memiliki Akreditasi “A” merupakan kesatuan dalam program Kuliyatul Mualimin Islamiyah (KMI) dengan program pendidikan 6 tahun wajib asrama.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: JL. Soekarno-Hatta, Km 4 No. 5 RT 029, Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76127

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Balikpapan yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar