(REVIEW) Rekomendasi 7 Pondok Pesantren di Bandung Barat (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Pondok pesantren terbaik di Bandung Barat mungkin menjadi informasi yang Anda cari. Benar kan?

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Bandung Barat terdapat sekitar 471 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 13.109. Jumlah tersebut terbagi menjadi 4.332 santri mukim, dan 8.777 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Darul Falah

Ponpes Darul Falah Bandung Barat
Kredit Foto: Faisal Sidiq

Pesantren terbaik di Bandung Barat pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Darul Falah. Pesantren ini lahir dengan latar belakang sejarah dan gagasan brilian Sesepuhnya yaitu Almukarom K.H. Asep Burhanuddin, yang menyadari bahwa upaya mendidik dan menceredaskan umat tidak cukup hanya mengandalkan pendidikan di pondok pesantren semata. Karenanya beliau mendirikan pesantren yang terintegrasi dengan kurikulum formal.

Setiap santri yang mondok diwajibkan belajar pendidikan formal yang tersedia (SMP dan SMA). Untuk pendidikannya Darul Falah menggunakan mengkolaborasikan Kurikulum Diknas 2013 dan Kurikulum pesantren. Karenanya kegiatan di pesantren ini sangatlah padat. Santri dilatih untuk memanfaatkan waktu sebaik dan semaksimal mungkin.

Kemudian selain SMP dan SMA terdapat juga pendidikan bagi jenjang perkuliahan, yaitu tepatnya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Falah.

Tak hanya itu, selain menyelenggarakan pendidikan formal Darul Falah juga rutin menyelenggarakan kegiatan yang bersifat umum. Antara lain:

  • Majlis Ta’lim
  • Kajian Pasaran Ramadhan
  • Program Ekonomi Pemberdayaan Skill Umat

Untuk biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 6.000.000Biaya masuk pesantren + sekolah
Sekitar Rp. 2.500.000Biaya masuk sekolah saja
Sekitar Rp. 650.000Biaya bulanan pesantren + mondok

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Cihampelas No.29, Cihampelas, Kec. Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40562

Website resmi: https://darulfalahkbb.ponpes.id/profil/

Pondok Pesantren Nurul Fikri

Ponpes Nurul Fikri Lembang
Kredit Foto: Budiono

Selanjutnya adalah Ponpes Nurul Fikri. Pesantren ini memiliki sebuah visi besar yaitu “Menjadi lembaga pendidikan berbasis kepesantrenan yang memiliki keunggulan dalam menghasilkan generasi yang sholeh, memiliki pemahaman syar’i dan kompetensi di bidang sains dan teknologi, serta jiwa kepemimpinan”.

Dalam pelajarannya, Nurul Fikri menerapkan sistem pendidikan yang integral (terpadu) melalui pendekatan “mulazamah” atau “cooperative ways” yaitu adanya interaksi yang intens antara guru dan murid dalam berbagai aktifitas pembelajaran.

Proses pembelajaran tidak hanya dilaksanakan dengan mengoptimalkan daya dukung fasilitas yang ada di pesantren, tetapi juga sarana diluar pesantren sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

Adapun kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Nasional dan Kurikulum Pesantren. Pelajaran umum yang dipelajari di Kurikulum Nasional adalah Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Teknologi Informasi, dan Pendidikan Olahraga.

Adapun pelajaran pesantren yang akan santri kaji adalah Tahfidhul Qur’an, Akidah Islam, Tafsir dan Ulumul Qur’an, Hadits dan Ulumul Hadits, Bahasa Arab, Sirah Nabawiyah, Fiqih, Life Skill dan Leadership Course.

Kemudian setiap santri akan diberi target untuk menghafal Qur’an minimal 2 juz pertahun. Sehingga nantinya pasca lulus dari Nurul Fikri, para santri minimal hafal 6 Juz Al Qur’an.

Saat ini pendidikan yang tersedia adalah jenjang SMP dan SMA. Adapun biayanya sebagai berikut:

Sekitar Rp. 60.000.000Biaya masuk SMP
Sekitar Rp. 47.500.000Biaya masuk SMA
Sekitar Rp. 5.000.000Biaya bulanan

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Maribaya, Timur Raya, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Website resmi: http://www.nfbslembang.sch.id/

Pondok Pesantren Sabilunnaja

Ponpes Sabilunnaja Cipendeuy
Kredit Foto: Arief Huda

Berikutnya adalah Ponpes Sabilunnaja. Pesantren yang berdiri pada 2005 dan didirikan oleh KH Agus Yudi Mubarok ini merupakan lembaga pendidikan yang turut berperan serta untuk mencerdaskan umat manusia dalam melaksanakan tugasnya sebagai khalifah di muka bumi.

Unit Pendidikan yang diselenggarakan di Ponpes Sabiilunnaja antara lain adalah SMA An Naja Boarding School SMP An Naja Boarding School, kedua sekolah ini mewajibkan semua siswanya untuk tinggal di Pondok Pesantren Sabiilunnaja dengan adanya pembelajaran berbasis Kurikulum nasional dan kepesantrenan.

Materi pembelajaran yang diberikan di SMP dan SMA Sabilunnaja adalah materi umum kurikulum nasional sesuai permendikbud yang ditambah dengan materi kepesantrenan yang menjadi khas di Pondok Pesantren Sabiilunnaja.

Selain itu, dilaksanakan pula pembiasaan-pembiasaan seperti Sholat tahajud dan sholat dhuha bersama, khatam alquran mingguan, infaq jumat ditambah bimbingan bahasa arab & bahasa inggris dan Kegiatan ekstrakurikuler bidang olahraga dan seni.

Kemudian Sabilunnaja juga menyelenggarakan Majlis Ta’lim mingguan setiap hari rabu untuk ibu-ibu, malam rabu untuk para laki-laki dan pengajian rutin alumni 2 minggu sekali setiap hari ahad.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Cipeundeuy, Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40558

Website resmi: http://annajaboardingschool.id/

Pondok Pesantren Riyadlul Huda

Pesantren di Ngamprah Bandung Barat
Kredit Foto: Syahla

Selanjutnya adalah Ponpes Riyadlul Huda. Pesantren yang berdiri pada tahun 1997 ini memiliki visi ” Mengembangkan potensi segenap civitas kepensantrenan yang memiliki kemampuan intelektual, kepribadian, profesional dan berkhlakul karimah dalam mengembangkan ilmu pengetahuan islam dan humaniora serta upaya-upaya penyelenggaraan pemberdayaan masyarakat.”

Dalam pendidikannya Riyadlul Huda mengadopsi Kurikulum Kepesantrenan yang diintegrasikan  dengan Kurikulum Nasional agar mampu mempersiapkan generasi islam yang kompeten dibidangnya, berbekal akidah yang kuat, dan siap tampil di mana saja dan kapan saja untuk menjadi pemimpin ummat.

Saat ini Riyadlul Huda memiliki 2 program pendidikan, yaitu formal dan non formal. Untuk pendidikan formalnya:

  • MTS Riyadlul Huda
  • SMA Terpadu Riyadlul Huda

Adapun pendidikan nonformalnya:

  • Tahfidzul Qur’an
  • Takhassus Pendalaman Kitab Kuning
  • Madrasah Diniyah

Kemudian untuk meningkatkan skill para santri, maka terdapat juga berbagai macam esktrakulikuler. Antara lain seni baca al-Qur’an. Khitobah 3 bahasa, pramuka, beladiri, paskibra, PMR, marching band, dll.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Ngamprah No. 2 RT 01 RW 02 Kec. Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40552

Website resmi: –

Pondok Pesantren Al Bidayah

Ponpes Al Bidayah Bandung Barat
Kredit Foto: Giri Sanjaya

Berikutnya adalah Ponpes Al Bidayah. Pesantren yang satu ini bisa dikatakan salah satu pesantren tertua yang ada di tanah Bandung Barat, hal ini karena pesantren ini telah berdiri sejak seabad lalu, tepatnya pada tahun 1907. Adapun pendirinya adalah KH Muhammad Asy’arie.

Dalam menyelenggarakan pendidikannya, Al Bidayah menerapkan kurikulum terpadu antara Kurikulum Diknas, Kurikulum Kemenag, dan Kajian Kepesantrenan (Kurikulum Pesantren) dalam satu sistem yang terpadu secara integral.

Kemudian Kurikulum tersebut terbagi atas intra kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra kurikuler. Intra kurikuler merupakan kegiatan yang melibatkan tenaga pengajar secara langsung dengan sistem klasikal (marhalah).

Ko-kurikuler merupakan kegiatan tambahan santri (muatan lokal) yang wajib diikuti seperti pelatihan dakwah, pelatihan tilawatil Qur’an, pelatihan kaligrafi, pelatihan komputer, pramuka, keputrian, dan lain-lain. Sedangkan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang boleh dipilih oleh santri dengan tidak mengesampingkan intra maupun ko-kurikuler.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Cimareme, Giriasih, Kec. Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40561

Website resmi: –

Pondok Pesantren Tasdiqul Qur’an

Ponpes Tasdiqul Quran Bandung Barat
Kredit Foto: TasQ

Selanjutnya adalah Ponpes Tasdiqul Qur’an. Pesantren ini adalah lembaga islam dibidang pendidikan, sosial dan dakwah yang didirikan pada tahun 2014. Sesuai dengan namanya, Tasdiqul Quran berkomitmen untuk menjadi wasilah tersebarnya nilai-nilai kebenaran, keberkahan, dan kemashlahatan yang terkandung dalam Al-Qur’an.

Kurikulum yang diberlakukan di Pesantren Tasdiqul Quran adalah perpaduan Kurikulum Pesantren dan Diknas. Dengan target lulusan:

  • Hafal 5 Juz (SMP) dan 10 Juz (SMA)
  • Mampu Berbahasa Inggris dan Arab
  • Mampu Membaca Kitab Kuning
  • Hafal Hadist Arbain
  • Berahlak Mulia

Adapun untuk aktivitas harian dan belajar santri dilakukan di asrama, kelas-kelas, dan masjid. Pesantren Tasdiqul Quran saat ini menempati gedung-gedung milik Yayasan, gedung sewa, dan masjid milik penduduk setempat.

Kemudian pesantren ini juga memiliki sebuah motto yaitu RAPPIH dan BERSIH. Kedua kata tersebut merupakan sebuah akronim. RAPPIH adalah: Ramah, Amanah, Prima, Profesional, Ibadah, dan Hati Bersih. Adapun BERSIH adalah: Bersih, Efisien, Rapi, Selaras, Indah, dan Harum.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. H.Mukti No.19A, Cihanjuang, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559

Website resmi: http://tasdiqulquran.sch.id/

Pondok Pesantren Modern Darul Mukhlisin

Ponpes Darul Mukhlisin Bandung Barat
Kredit Foto: DMU TV

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Darul Mukhlisin. Ponpes ini merupakan salah satu Pesantren Alumni Gontor yang ada di Jawa Barat. Dari awal pendirian Pondok pesantren, sistem pendidikan pesantren yang diterapkan adalah berkiblat pada program Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Gontor, dengan sistem asrama pola pengasuhan 24 jam.

Secara umum program pesantren ini adalah belajar mengkaji dan menghafal Al-Qur’an, pendidikan bahasa Arab dan Inggris, serta kitab-kitab. Selain belajar, santri juga dibekali life skill keterampilan ilmu pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, teknologi ramah lingkungan dan ilmu kewirausahaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan orientasi pemberdayaan mereka kelak di kemudian hari.

Salah satu keunggulan pesantren ini adalah terletak pada pelajaran Bahasa. Sebab pelajaran-pelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris diajarkan langsung dengan bahasa aslinya. Adapun Pelajaran-pelajaran agama diajarkan dengan Bahasa Arab agar santri mendapatkan pemahaman yang seutuhnya. Sedangkan pelajaran umum dan eksak diajarkan dalam bahasa Indonesia.

Setiap program pendidikan di pesantren ini merupakan upaya untuk memberikan kontribusi kepada agama, bangsa dan negara serta masyarakat, dengan karakter kemandirian, independensi yang berkembang dan perangkat pendidikan yang baik serta sumber daya manusia yang dapat dihandalkan.

Untuk biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 5.000.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 500.000Biaya bulanan

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Kadudamping. Kp. Kubangsari RT. 02 RW. 05 Ds. Tenjolaut Kec. Cikalong Wetan Kab. Bandung Barat. Jawa Barat Indonesia 40556

Website resmi: http://darulmukhlisin5715.blogspot.com/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Bandung Barat yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

(REVIEW) 9 Pondok Pesantren Terbaik di Bandung (2021)

(REVIEW) 5 Pesantren di Cimahi Paling Recommended (2021)

3 pemikiran pada “(REVIEW) Rekomendasi 7 Pondok Pesantren di Bandung Barat (2022)”

  1. PP Albidayah Cangkorah memiliki akun YouTube, Instagram, Facebook, Twitter Dan Blogspot yang bisa dengan mudah dicari di Google. Kenapa tidak ditampilkan? Gambaran biaya masuknya pun Ada di blogspot nya, hanya mungkin kura ng update, tapi kenaikan harganya tidak signifikan. Semoga bisa memberikan info yg lebih lengkap & baik

    Balas

Tinggalkan komentar