(REVIEW) Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Bandung (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Menuntut ilmu biasanya membutuhkan suasana yang nyaman dan lingkungan yang mendukung. Nah Bandung sudah masyhur dengan keindahan alam dan kesejukannya. Karenanya tak heran banyak Pesantren di Bandung. Jika Anda belum memiliki referensi Pesantren Terbaik di Bandung, silahkan baca daftar rekomendasi kami berikut ini:

Pondok Pesantren Daarut Tauhid

Kredit Foto: Bwan Dfighter

Pesantren terbaik di Bandung pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Daarut Tauhid. Daarut Tauhid merupakan salah satu Ponpes yang sangat masyhur di Indonesia. Hal ini amatlah wajar karena pendiri dan pengasuhnya adalah salah satu ulama kenamaan Indonesia yaitu KH Abdullah Gymnastiar atau yang lebih dikenal AA Gym. Tepatnya pesantren ini berdiri pada 4 September 1990.

Dalam menjalankan pendidikannya, Daarut Tauhid berpegang pada visinya yaitu: “Menjadi lembaga dakwah tauhid untuk menghasilkan generasi ahli dzikir, ahli fikir, dan ahli ikhtiar yang menjadi rahmat bagi sekalian alam.

Untuk mencapai visi tersebut, DT mengemban misi sebagai berikut:

  • Mengembangkan dakwah tauhid rahmatan lil âlamîn.
  • Membina generasi ahli dzikir, ahli fikir, dan ahli ikhtiar.

Sebagaimana pesantren pada umumnya, DT juga memfokuskan terhadap aktiviyas di bidang pendidikan. Kurikulumnya menggunakan kurikulum kombinasi antara kurikulum negara dengan kurikulum kepesantrenan.

Hanya saja pesantren ini memiliki ciri khas yang membedakannya dengan pesantren lainnya, salah satunya tingginya intensitas usaha atau aktivitas ekonomi di dalam lingkungan pesantren. Ada dua factor utama yang dapat dikatakan sebagai penyebab kondisi tersebut, yaitu semanagat wirausaha dan prinsip kemandirian.

Saat ini Ponpes Daarut Tauhid menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal yang sangat lengkap. DT membuka jenjang pendidikan mulai dari Playgroup, TK, SD, SMP, SMA, SMK, hingga STAI.

Mengenai biaya pendidikannya bisa lihat di link ini

Alamat lengkap pesantren: Jl. Gegerkalong Girang No. 38 Bandung, Kel. Gegerkalong, Kec. Sukasari Jawa Barat, 40154

Website resmi: https://www.daaruttauhiid.org/

Pondok Pesantren Gratis Nurul Huda

Kredit Foto: Washiyatul Musthofa Cidodol

Berikutnya adalah Ponpes Nurul Huda. Pesantren yang satu ini merupakan pesantren bercorak NU yang berdiri atas prakarsa KH. Memed (beserta istrinya Hj. Siti Qoeraesyin pada tanggal 03 September 1973.

Sejak awal berdirinya, Nurul Huda mempunyai 2 tujuan besar untuk mewujudkan 2 pandangan, yaitu Pandangan ke Dalam dan Pandangan ke Luar. Pandangan ke dalam dimaksudkan untuk penyebaran dan penerapan nilai-nilai keislaman dan mencetak ulama-ulama dan kader-kader Pemimpin yang Muttaqin. Dengan kata lain pandangan ke dalam ini terfokus dalam tataran penyebaran serta pengalaman ajaran islam bagi para santrinya.

Sedangkan pandangan ke luar di maksudkan untuk lebih mengharumkan daerah setempat melalui penerapan nilai-nilai agama islam yang sungguh-sungguh, kegiatan peribadahan dan pengajian . pelaksanaan ritual keagamaan dan penyebaran syiar-syiar Islam.

Mengenai pendidikannya, para santri di Nurul Huda akan mempelajari berbagai pelajaran keislaman melalui media kitab kuning. Pelajaran tersebut antara lain ilmu nahwu, sharaf, tauhid, fiqih, aqidah, balaghah, dan yang lainnya. Selain itu Nurul Huda juga menyelenggarakan pendidikan formal untuk jenjang MI dan MTs.

Nah sesuai namanya pesantren ini tidak membebani santrinya dengan biaya pendidikan, baik itu biaya masuk, biaya bulanan, maupun biaya lainnya. Luar biasa kan?

Alamat lengkap pesantren: Jl. Rancabentang No.116, RT. 03 / RW. 06, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142

Website resmi: –

Pondok Pesantren Terpadu Ar-Raaid (Pondok Pesantren Mahasiswa)

Kredit Foto: Aldi Rapjansani

Selanjutnya adalah Ponpes Terpadu Ar-Raaid. Pesantren khusus mahasiswa ini didirikan demi cita-cita agung, yaitu ikut serta dalam merealisasikan Pembangunan Nasional dan Revolusi Mental dengan membangkitkan Iman Generasi Muda melalui pendidikan dan bimbingan yang Mencetak mahasantri yang tidak hanya berwawasan luas dalam bidang agama dan Ilmu Pengetahuan, namun memiliki keteguhan iman.

Dalam merealisasikan cita-cita agung tersebut, Ar-Raaid memiliki fokus pada studi kitab turats (kitab kuning) dengan berbagai ranah keilmuan terutama dalam bidang tashawwuf, tauhid dan fiqh yang berlandaskan paham Ahlusunnah Waljama’ah, tahfizh Al-Qur’an dan keterampilan dalam berbahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Di samping itu, Ar-Raaid juga melestarikan amaliyah ahlusunnah wal jama’ah Seperti Riyadhoh, Istighosah, Ziarah Wali dll guna mewujudkan Tazkiyyatul Qulub (Pembersihan hati) dan diwadahi dalam pengembangan minat dan bakat serta kewirausahaan sehingga mahasantri mampu mengimbangi perkembangan zaman, serta dapat menebar kemanfaatan kepada Ummat.

Sebagai pesantren mahasiswa, Ponpes Ar-Raaid terletak di tengah-tengah banyak universitas. Pesantren ini dekat dengan UIN SGD Bandung, Universitas Muhammadiyyah, Uninus, dan STIKES Bhakti Kencana.

Mengenai biaya pendidikannya

Adalah biaya tahunanBiaya masuk
Sekitar Rp. 350.000Biaya bulanan
Sekitar Rp. 4.000.000Biaya tahunan di ponpes pusat
Sekitar Rp. 4.500.000Biaya tahunan di ponpes cabang

Alamat lengkap pusat: Jl. A.H. Nasution No.65, Gg. Kujang, RT.04/RW.05, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Alamat lengkap cabang: Komplek Putra Asri, Blok AA No. 38-39, Kel. Cipadung Wetang, Kec. Panyileukan, Bandung, Jawa Barat 40614

Website resmi: https://www.arraaid.com/

Pondok Pesantren Al-Basyariyah

Kredit Foto: Al Basyariyah 2 Cigondewah

Berikutnya adalah Ponpes Al-Basyariyah. Al Basyariyah adalah Pondok Alumni Gontor yang didirikan pada tahun 1982 oleh Buya Drs. KH. Saeful Azhar, terletak di perkampungan tempat Eyang Cimindi keturunan Waliyullah Eyang Mahmud yang pada zamannya merupakan ulama tersohor di daerah Bandung Selatan.

Mengenai kurikulumnya, pendidikan di Al Basyariyah adalah TMI yaitu perpaduan antara pendidikan tradisional diniyah dengan sistem pembelajaran formal di dalam kelas. Mirip dengan Gontor yang bernama KMI. Muatannya terbagi menjadi empat, yaitu Kajian Agama Islam, Ilmu Bahasa, Sains dan Teknologi, serta Ilmu Pengetahuan Sosial. Jenjangnya adalah MTs dan MA dengan muatan lokal pondok pesantren.

Masa studinya terbagi menjadi dua, bagi yang lulus SD akan menempuh pendidikan selama enam tahun. Bagi yang lulus SMP akan mendapatkan pendidikan selama empat tahun. Disebut dengan kelas intensif, biasanya satu tahun awal untuk penguatan bahasa dan dasar pendidikan diniyyah.

Nantinya di kelas empat, atau biasanya kelas 10, setiap santri akan mendapatkan penjurusan ke tiga bidang, yaitu Agama, IPA, dan IPS. Artinya pembelajaran seperti Matematika, Fisika, Kimia, juga menjadi salah satu bidang studi.

Saat ini Ponpes Al Basyariyah menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang TK, SD, MI, MTs, dan MA yang tersebar di 4 lokasi.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapakan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat kampus 1: Jl. Cibaduyut Lama No. 9, Cibaduyut, Kota Bandung

Alamat kampus 2: Jl. Mahmud Cigondewah Hilir, Kec. Margaasih, Kab. Bandung

Website resmi: https://al-basyariyah.com/

Pondok Pesantren Baitul Hidayah

Kredit Foto: Pondok Pesantren Baitul Hidayah

Selanjutnya adalah Ponpes Baitul Hidayah. Pesantren yang terletak di ketinggian 900 m di atas permukaan laut ini secara resmi beroperasi pada 10 Juli 2010. Secara coraknya Baitul Hidayah merupakan pesantren modern yang berkiblat ke Gontor, maka tak heran banyak hal di pesantren ini yang mengadopsi system pendidikan di Gontor.

Secara umum program pondok pesantren ini adalah perpaduan antara program pendidikan dan pengajaran. Program pendidikan dengan pola pengasuhan 24 jam dan program pengajaran KMI (Kulliyyatu-l-mu’allimin Al-Islamiyyah).

Selain pelajaran akademik, santri yang ikut program ini juga dibekali life skill keterampilan ilmu pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, teknologi ramah lingkungan dan ilmu kewirausahaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan orientasi pemberdayaan mereka kelak di kemudian hari.

Keunggulan dari pesantren ini selain kurikulum Gontor adalah program Ihya’ Quran. Artinya memang menghidupkan Quran, namun esensinya tiga unsur utama, yaitu tahfidz Quran, Ulumul Quran, Tafsir, dan Qiroah. Uniknya tahfidz di pesantren ini tidak memiliki target tertentu, namun dipacu sesuai kemampuan santri yang bisa jadi mencapai 30 juz hingga lulus.

Saat ini Ponpes Baitul Hidayah menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP dan SMA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapakan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Bukit Panyandaan, Mandala Mekar, Cikadut, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40191

Website resmi: https://baitulhidayah.org/

Pondok Pesantren Modern Al Ihsan

Kredit Foto: Aep Saepudin Lc, MH

Berikutnya adalah Ponpes Al Ihsan. Pesantren yang terletak di Kecamatan Baleendah ini merupakan salah satu pesantren alumni Gontor yang ada di wilayah Kabupaten Bandung. Al Ihsan didirikan oleh beberapa alumnus Gontor pada 17 Juli 1989.

Dalam menjalankan pendidikannya, Al Ihsan memiliki visi yaitu: “Mempersiapkan Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan terdepan dalam prestasi, mempunyai daya saing, daya sanding dan islami dalam budi pekerti.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Menjadikan Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan sebagai pusat pembelajaran dan pelayanan informasi yang islami.
  • Membekali warga sekolah keseimbangan wawasan IPTEK, IMTAQ dan Life Skill (Kecakapan hidup), bahasa asing untuk menghadapi persaingan global.
  • Menanamkan pada warga sekolah jiwa bekerja ikhlas, keras, cerdas, tangkas, tuntas, ramah, berkwalitas, toleransi dalam perbedaan.dan ahli pikir yang berdzikir.

Sebagai pesantren alumni Gontor, Al Ihsan menerapkan kurikulum KMI (Kulliyatul Mu’allimin Al Islamiyah). Kurikulum yang digunakan di KMI Al-Ihsan Baleendah merupakan syntese dari beberapa kurikulum; yaitu kurikulum Depag, kurikulm Depdiknas, kurikulum pondok modern Gontor, dan kurikulum pesantren tradisional.

Adapun dalam aspek pengajaran, di Al-Ihsan diterapkan sistem, metode dan pendekatan-pendekatan seperti yang diterapkan di sekolah-sekolah yang lain, namun bahasa pengantar yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar adalah Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 12.800.000Biaya masuk lulusan SD
Sekitar Rp. 13.500.000Biaya masuk lulusan SMP
Sekitar Rp. 900.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Adipati Agung No.40, Baleendah, Kec. Baleendah, Kab. Bandung, Jawa Barat 40375

Website resmi: https://pesantrenalihsanbe.or.id/

Pondok Pesantren Sabilunnajah

Kredit Foto: Taufik Muharrom

Selanjutnya adalah Ponpes Sabilunnajah. Pesantren Sabilunnajah merupakan lembaga yang berorientasi pada kegiatan dakwah, pendidikan, dan sosial yang berlandaskan Al Quran dan As Sunnah menurut pemahaman Salafush Shalih.

Dalam menjalankan pendidikannya, Sabilunnajah berpegang pada visinya yaitu: “Terwujudnya generasi bermanhaj salaf yang beraqidah shahih, berakhlaq mulia dan berwawasan sains dan teknologi.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Membentuk generasi yang memiliki manhaj yang benar sesuai dengan pemahaman Ahlus sunnah wal jama’ah.
  • Menyelenggarakan sistem pendidikan yang kondusif terhadap pembentukan pribadi yang beraqidah shahih dan berakhlaq mulia.
  • Mengembangkan sistem pendidikan yang berorientasi pada tercapaiannya generasi yang memiliki pemahaman syar’i dan kompetensi di bidang sains dan teknologi.

Dari segi kurikulumnya, Sabilunnajah menerapkan perpaduan kurikulum KEMENAG, BSNP dan kurikulum khas Pesantren. Secara umum kurikulum tersebut berlandaskan pada pembentukan kompetensi diniyah, tahfizh alquran, bahasa, dan sains teknologi.

Adapun Program pendidikan yang berada di Pesantren Sabilunnajah adalah Madrasah Tsanawiyah (boarding school) dan Madrasah Aliyah (boarding school). Akan tetapi untuk jenjang MA hanya menerima santri lulusan MTs Sabilunnajah sehingga diharapkan santri menempuh jenjang pendidikan yang berkelanjutan sesuai dengan kurikulum yang telah dicanangkan selama 6 tahun.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 16.990.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 1.200.000Biaya bulanan

Alamat lengkap putra: Jl. Citarik Baru, Desa Sukamanah, Kec. Rancaekek, Bandung, Jawa Barat 40394

Alamat lengkap putri: Jl. Citarik Baru, Desa Seke, Kec. Solokan Jeruk, Bandung, Jawa Barat 40375

Website resmi: https://sabilunnajah.com/

Pondok Pesantren Baiturrahman

Kredit Foto: Faidh Ahmad 6 & Aisyah Rahadatul 3

Berikutnya adalah Ponpes Baiturrahman. Pesantren yang satu ini didirikan pada tahun 1994 oleh pengurus Yayasan Baiturrahman Indonesia untuk meneruskan cita-cita mulia orang tua Alm. Bapak Drs. H. Said Halim (mantan ketua GPKN Jawa Barat).

Dalam mendidik santri dan santriwatinya, para pengajar Pondok Pesantren Baiturrahman fokus pada 6 prinsip pendidikan. Pertama, prinsip kesabaran yaitu pengendalian jiwa, emosi, dan perasaan agar tercapainya keselarasan. Kedua, prinsip kasih sayang. Yaitu Santri didik dalam balutan nilai positifsime, juga kenyamanan.

Ketiga, prinsip keteladanan, yaitu pembentukan karakter dengan meneladani sifat-sifat Rasulullah. Keempat, prinsip pelayanan. Yaitu kehadiran musyrif 24 jam di asrama. Kelima, prinsip ketegasan, yaitu sikap lemah lembut dan bijaksana guru dalam mendidik santri agar tercapainya visi pendidikan. Terakhir, prinsip konsistensi. Yaitu Nilai-nilai konsistensi diajarkan pada santri sebagai dasar kompetensi islam.

Kemudian secara umum kurikulum yang diterapkan di pesantren ini adalah perpaduan kurikulum negara dan kurikulum kepesantrenan. Selain itu Para santri juga akan dilatih khusus agar menguasai berbagai life skill. Mulai dari budidaya pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, tanaman hias, pengelolaan usaha, elektro ringan, menjahit, dan masih banyak lagi.

Saat ini Ponpes Baituurahman menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal berupa SMP dan SMA.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 20.735.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 1.760.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Rancakole, Kp. Bojong, Ds. Cikoneng, Kec. Ciparay, Kab. Bandung 40381 

Website resmi: https://baiturrahman.com/

Pondok Pesantren Baitul Arqom

Kredit Foto: Fahmi Ramanda

Pesantren terakhir di Bandung yang akan kami bahas adalah Ponpes Baitul Arqom. Pesantren yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu pesantren tertua yang ada di wilayah Kabupaten Bandung. Hal ini karena pesantren ini didirikan sejak tahun 1922 oleh KH Muhammad Faqih. Awalnya namanya adalah Pesantren Lembur Awi, namun barulah sejak tahun 1970 berubah menjadi Baitul Arqom.

Mengenai pendidikannya, pesantren ini memang sudah terkenal akan kekhususan dalam bidang Bahasa Arab, khususnya dalam nahwu dan shorof. Nantinya Santri dan santriah yang mondok di sini diwajibkan untuk memakai bahasa Arab sebagai bahasa sehari-hari. Cukup dengan jangka waktu enam bulan, mereka sudah bisa menguasai bahasa Arab dengan baik.

Selain itu sebagaimana lazimnya sebuah pesantren, para santri pun akan mempelajari berbagai macam ilmu keislaman seperti fiqih, akidah, tarikh, hadits, tafsir dan yang lainnya. Adapun pembelajaran materi-materi tersebut kebanyakan masih menggunakan metode sorogan.

Saat ini Ponpes Baitul Arqom selain menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan bisa dikatakan memiliki jenjang pendidikan yang sangat lengkap. Hal ini karena Baitul Arqom mengelola pendidikan jenjang TK, PAUD, MI, MTs, MA, dan Sekolah Tinggi Agama Islam.

Mengenai biaya pendidikannya bisa di lihat di link ini

Alamat lengkap pesantren: Lemburawi Jl. Raya Pacet KM.09, Ds. Maruyung, Kec. Pacet, Bandung, Jawa Barat 40385

Website resmi: https://baitularqom.or.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Bandung yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

(REVIEW) 7 Pondok Pesantren Terbaik di Bandung Barat (2021)

(REVIEW) 5 Pondok Pesantren Tahfidz di Bandung (2021)

Rekomendasi 7 Pondok Pesantren di Sumedang Terbaik (2021)

Tinggalkan komentar