(REVIEW) 7 Pondok Pesantren Terbaik di Bangka Belitung (2022)

Bangka Belitung adalah sebuah kepulauan yang masyhur dengan keindahannya. Tak hanya indah, di Bangka Belitung juga terdapat banyak pesantren yang dapat mengindahkan ahlak seorang santri. Di tulisan kali ini kami akan ulas mengenai Pesantren Terbaik di Bangka Belitung.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Provinsi Bangka Belitung terdapat sekitar 53 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 10.796. Jumlah tersebut terbagi menjadi 7.398 santri mukim, dan 3.398 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Modern Darul Abror

Ponpes Darul Abror Bangka Belitung
Kredit Foto: Caca Hidayat

Pesantren terbaik di Bangka Belitung pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Darul Abror. Darul Abror berdiri pada 26 November 2008. Sesuai namanya, pesantren ini menganut system pendidikan yang modern dan berkiblat kepada pendidikan Pesantren Gontor.

Pendidikan yang terlaksana di Darul Abror yaitu dengan kesinambungan pendidikan selama 6 tahun. 6 tahun tersebut mencakup pendidikan 3 tahun di jenjang SMP dan 3 tahun di jenjang SMA. Karenanya Darul Abror hanya menerima santri lulusan SD/MI.

Untuk kurikulumnya menggabunggkan secara terstruktur antara Kurikulum Diknas, Kemenag serta Pondok. Selain itu para pengurus juga melaksanakan pembinaan dengan cara resmi sepanjang 24 jam.

Keunggulan pesantren ini terletak pada aspek kebahasannya. Di Darul Abror Bahasa Arab dan Inggris menjadi bahasa pengantar sebagian besar mata pelajaran. Tak hanya itu, kedua Bahasa tersebut dijadikan Bahasa resmi komunikasi di lingkungan pondok.

Adapun wujud aktivitasnya terdapat yang bersifat harian, pekanan serta terdapat pula yang bulanan serta tahunan. Kegiatan-kegiatan itu antara lain: Pemberian Mufrodhat, Muhadatsah, Berolahraga, Halaqoh Quran, Pembinaan bersusun(mentoring), Kursus- kursus, Seni Membela Diri, Pramuka, Out Bound, Kuliah Jum’at, dll.

Mengenai biayanya

Biaya masukSekitar Rp. 6.500.000
Biaya bulananSekitar Rp. 800.000

Alamat lengkap pesantren: Kace, Mendo Bar, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33173

Website resmi: –

Pondok Pesantren Bahrul Ulum

Kredit Foto: Ahmad Zamzami

Selanjutnya adalah Ponpes Bahrul Ulum. Pesantren ini berdiri pada 29 Oktober 1999. Dalam pelaksanaannya, pesantren ini memiliki sebuah visi besar yaitu: “Terbentuknya generasi yang mumpuni ber IPTEK dan ber IMTAQ untuk menata masa depan yang didukung oleh SDM yang berkualitas, memiliki keunggulan, daya saing, cerdas, berkepribadian dan berakhlaq.”

Secara kurikulum pesantren ini menggabungkan Kurikulum Diknas dan Pesantren. Namun yang lebih dominan di pesantren ini adalah aspek pendidikan formalnya. Karenanya tak heran para santri Bahrul Ulum telah mendapatkan berbagai macam prestasi bidang IPTEK mulai dari tingkat kecamatan hingga nasional.

Namun meskipun begitu aspek keagamannya pun tidak dilupakan. Para santri tetap akan mendapatkan luasnya ilmu islam. Setiap malam para santri akan mengkaji berbagai kitab seperti Ta’lim Muta’alim, Fathul Qorib, dll. Kemudian setiap malam jum’at para santri pun akan melaksanakan yasinan.

Keunggulan lain di pesantren ini adalah Penggunaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama dalam komunikasi sehari hari. Nantinya setiap bakda shubuh para santri akan mendapatkan tambahan kosakata baru.

Saat in Ponpes Bahrul Ulum menyelenggarakan pendidikan sekaligus pendidikan formal jenjang MTS dan SMA

Mengenai biayanya

Biaya masuk MTSSekitar Rp. 10.175.000
Biaya masuk SMASekitar Rp. 10.475.000
Biaya bulananSekitar Rp. 1.175.000

Alamat lengkap pesantren: Jl. Matras Lama Sinar Jaya Jelutung Sungailiat – Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 33211

Website resmi: https://www.bahrululumic.org/main

Pondok Pesantren Nurul Falah

Kredit Foto: Kahpi Maulana

Berikutnya adalah Ponpes Nurul Falah. Pesantren ini di Pelopor mulai tahun 1988 oleh Ust. Sofyan Abu Yamin untuk mendirikan Nurul Falah sebagai pusat pendidikan Islam dengan berkiblat pada Pesantren Gontor. Visi dari pesantren ini adalah “Terwujudnya lembaga yang melahirkan insan pembawa rahmat bagi umat dengan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.”

Dalam pelaksanaan pendidikannya, Nurul Falah menerapkan program kurikulum terpadu antara Kurikulum Depag, Diknas dan KMI Gontor. Kurikulum terpadu tersebut diramu dan disajikan untuk melahirkan alumnus-alumnus yang memiliki ilmu yang hebat, Aqidah yang kuat, pergaulan yang agamis.

Selain itu pengurus menerapkan sistem pembinaan bahasa Arab dan Inggris secara aktif dan intensif, dengan cara mengaktifkan komunikasi bahasa Inggris pada lingkungan kemadrasahan dan mengaktifkan bahasa Arab pada lingkungan keasramaan. Kedua bahasa tersebut selain di jadikan pengantar, sebagian besar mata pelajaran juga dijadikan bahasa percakapan harian Santri.

kemudian terdapat juga kegiatan eskstrakulikuler seperti muhadoroh, khot (kaligrafi), tahsinul qiro`ah, karate & silat, Tahfidz Qur’an, hadroh, dan pramuka.

Saat in Ponpes Nurul Falah menyelenggarakan pendidikan sekaligus pendidikan formal jenjang MTS dan MA

Mengenai biayanya

Biaya masuk MTSSekitar Rp. 3.050.000
Biaya masuk SMASekitar Rp. 3.100.000
Biaya bulananSekitar Rp. 750.000

Alamat lengkap pesantren: Jl. Pangkol rt 08 Desa Airmesu Timur Kec. Pangkalan Baru Kab.Bangka Tengah Prov. Kepulauan Bangka Belitung

Website resmi: https://pontren-nurulfalah.com/

Pondok Pesantren Hidayatussalikin

Selanjutnya adalah Ponpes Hidayatussalikin. Pesantren ini bediri di atas lahan seluas 8 hektare dan telah berdiri sejak tahun 1973, karena hal tersebut menjadikannya sebagai salah satu pesantren tertua di Bangka Belitung.

Secara umum, kurikulum pesantren ini berkiblat kepada Gontor. Hal ini karena pengurus menerapkan Kurikulum Kulliyyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) yang merupakan kurikulum khas Gontor. Karenanya jenjang pendidikannya berkesinambungan selama 7 tahun, yakni MTs (3 tahun) dan MA (4 tahun).

Keunggulan pesantren in antara lain terletak pada aspek kebahasaannya. Para pengajar akan senantiasa melatih skill para santri untuk bisa berdialog harian dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris.

Selain itu pesantren ini memiliki keunggulan dalam bidang entrepenerurship. Para santri akan dilatih bagaimana cara membuat produk dan cara memasarkan produk tersebut. Saat ini buah karya para santri yang sudah tersebar di pasaran Bangka Belitung adalah Mie Nusantara, HSQua, dan tepung tapioka.

Ada satu keunikan, meskipun pesantren ini terletak di Sumatera, tapi dalam pengajaran kitab kuning pesantren ini menggunakan metode Bahasa jawa (utawi iku). Hal ini karena pengurus pesantren saat ini adalah KH Ja’far Shiddiq yang merupakan orang jawa asli.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684

Website resmi: –

Pondok Pesantren Madinatul Ilmi

Berikutnya adalah Ponpes Madinatul Ilmi. Sama dengan pesantren yang sudah disebut sebelumnya, pesantren yang berdiri pada tahun 2009 ini berkiblat kepada Pesantren Gontor. Dalam menjalankan tugas-tugasnya, pesantren ini memiliki sebuah visi yaitu ” Mencetak generasi berpengetahuan luas, berjiwa ikhlas, sederhana, berdikari, berbudi tinggi, berbadan sehat, berfikiran bebas, kreatif dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Karena berkiblat kepada Gontor, maka sudah pasti kurikulum yang diterapkan adalah Kulliyyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI). Nah di dalam prakteknya Madinatul Ilmi membagi menjadi 2 kategori. Yaitu

  • Kategori Lazim

Ialah kategori pendidikan selama 6 tahun untuk santri alumni SD/ MI.

  • Kategori Intensif

Ialah kategori pendidikan selama 4 tahun untuk santri alumni SMP/ MTS.

Dalam praktik kesehariannya, para pengajar akan menyeimbangkan antara ilmu wawasan biasa serta wawasan agama, pengajaran Bahasa Arab serta Inggris dengan cara yang aktif. Kemudian kedisiplinan pun akan senantiasa dikontrol selama 24 jam. Dan terakhir tentu saja setiap santri harus berkomunikasi dengan Bahasa Arab- Inggris dalam berkomunikasi.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Sangku, Tempilang, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung 33365

Website resmi: –

Pondok Pesantren Darul Arofah

Kredit Foto: Iqbal Yusuf

Selanjutnya adalah Ponpes Darul Arofah. Pesantren yang berdiri pada tahun 2000 ini secara umum dalam pendidikannya memadukan antara ilmu pengetahuan modern dan penerapan ilmu agama yang telah dilaksanakan oleh ulama-ulama terdahulu.

Jenjang formal yang tersedia di salah satu pesantren terbaik di Bangka Belitung ini adalah MTS dan MA. Nantinya para santri akan belajar formal sebagaimana sekolah pada umumnya. Kemudian nantinya setiap santri yang terdaftar di MTS/MA, maka akan secara otomatis terdaftar juga di Madrasah Diniyah (MDA). MDA adalah program kajian kitab yang dilaksanakan pesantren pada setiap sore.

Pelajaran yang dikaji antara lain fiqih, SKI, Bahasa arab, ahlak, dll. Selain itu Darul Arofah juga menyediakan ragam ekstrakulikuler. Antara lain Seni Bela Diri Pencak Silat Pagar Nusa, Pramuka, Muhadoroh, Futsal, Basket, Volly, Tenis Meja, Mufrodhat, Muhadasah, Seni Lukis & Kaligrafi, dsb.

Kemudian setiap malam jum’at terdapat Majelis Istighosah. Ialah suatu majlis yang menaungi kegiatan istighotsah rutin bersama Jama’ah, Keluarga Pondok, Santri dan Wali Santri Daarul-Arofah.  Kegiatannya yaitu Pembacaan Manaqib Syeikh Abdul Qadir al-Jailani, Pembacaan Maulid Shimtudduror yang di iringi Marawis & Hadrah, hingga diakhiri Tausiyah oleh Kyai.

Mengenai biayanya

Biaya masuk MTSSekitar Rp. 3.105.000
Biaya masuk SMASekitar Rp. 3.125.000
Biaya bulananSekitar Rp. 1.025.000

Alamat lengkap pesantren: JL. Tanjung Tinggi Desa Keciput Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung – 33414

Website resmi: https://ponpesdaarularofah.com/

Pondok Pesantren Tahfidz Fajrul Islam

Ponpes Tahfidz Fajrul Islam Bangka
Kredit Foto: Belpoz Channel

Terakhir adalah Ponpes Tahfidz Fajrul Islam. Sesuai namanya, pesantren tahfidz di Bangka Belitung ini berfokus kepada Tahfidz Qur’an. Dalam menjalankan pendidikannya, Fajrul Islam memiliki sebuah visi yaitu: “Menjadi lokomotif pendidikan Islam yang terdepan dalam mencetak generasi emas Islam yang berakhlak mulia, hafiz, ‘alim dam ‘amil”.

Mengenai program pendidikannya, Fajrul Islam menyelenggarakan program pendidikan berdurasi 6 tahun dengan kurikulum yang khas; menggabungkan kurikulum Diknas, Pesantren Salaf dan Moderen, serta Tahfizul Qur’an. Selain itu, di tingkat akhir terdapat program khusus persiapan kuliah dalam & luar negeri, seperti ke Al-Azhar Kairo, Al-Ahgaf Yaman, dll.

Kemudian istimewanya pesantren ini adalah biaya pendidikannya yang gratis. Baik dari biaya makan, biaya pendidikan, asrama, dan lain sebagainya. Tentu saja dengan adanya seleksi terlebih dahulu untuk masuk ke pesantren ini.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Sudirman, Buluh Tumbang, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33413

Website resmi: https://fajrulislam.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Bangka Belitung yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar