(REVIEW) Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Bantul (2022)

Bantul memiliki banyak pesantren yang bagus. Jika Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Bantul, tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Bantul terdapat sekitar 89 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 11.703. Jumlah tersebut terbagi menjadi 9.365 santri mukim, dan 2.338 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak

Kredit Foto: Encin Mukhlisin

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Munawwir. Pesantren ini didirikan oleh KH Muhammad Munawwir pada 15 November 1911, saat beliau kembali ke Tanah Air setelah menimba ilmu di Makkah dan Madinah selama 21 tahun lamanya. 

Al Munawwir dalam pendidikannya menerapkan sistem salaf dan hingga saat ini mampu bertahan dan terus berkembang dalam kiprahnya. Secara umum pesantren ini terfokus pada pengajaran Al Qur’an.

Namun tak hanya mengkhususkan pendidikannya dalam bidang Al-Qur’an saja, pesantren ini juga mempelajari bidang lain, seperti kitab-kitab kuning (kutubussalaf assholih). Perkembangan tersebut kemudian disusul dengan penerapan sistem madrasah (klasikal).

Keistimewaan Pesantren Krapyak Yogyakarta adalah bagaimana Al-Qur’an selalu dirayakan dengan semarak, seperti melalui pengajian talaqqi secara tahqiq setiap pagi bersama Mbah Najib, sorogan bacaan Al-Qur’an (binnazhar) di komplek masing-masing, dan juga setoran hafalan (bilhifzhi) di komplek-komplek tahfizh

Saat ini Pesantren Al Munawwir sudah sangat berkembang dan difasilitasi dengan berbagai jenjang lembaga pendidikan formal dan informal mulai dari TK, Madrasah Diniyah Tsanawiyah, Madrasah Madrasah Diniyah Aliyah, Madrasatul Banat, SMK Al Munawwir, Madrasatul Huffadz, hingga Ma’had Aly yang merupakan perguruan tinggi ilmu salaf.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. KH. Ali Maksum, Krapyak Kulon, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55002

Website resmi: –

Pondok Pesantren An Nur Bantul

Kredit Foto: Dentamyiz

Selanjutnya adalah Ponpes An Nur. Pesantren ini adalah adalah lembaga di bawah naungan Yayasan Al Ma’had An Nur. Pendirinya adalah KH Nawawi Abdul Aziz. Beliau mendirikan An Nur pada tahun 1978 M. 

Program unggulan Pesantren An Nur adalah Tahfizul Qur’an. Dilengkapi dengan Qira’ah Sab’ah, mengaji Al-Qur’an secara Binnazar dan kajian Kitab Kuning. Di samping itu, ada berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler. Ektrakurikuler Hadroh adalah ekstrakurikuler favorit santri. Kemudian ada Olah Vokal, Tilawah, Kaligrafi, Public Speaking, Puisi, Jurnalistik, Sepak Bola, Voli, Desain Grafis, dan Fotografi.

Saat ini An Nur memiliki beberapa unit pendidikan, baik formal maupun informal. Antara lain, Madrasah Diniyah Al Furqon, Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS), Madrasah ‘Aliyah Umum (MAU)/IPS dan IPA, Madrasah ‘Aliyah Keagamaan (MAK), dan Institut Ilmu al-Qur’an (IIQ) An Nur

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Ngrukem, Krandohan, Pendowoharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55186

Website resmi: http://annurngrukem.com/

Pondok Pesantren Ali Maksum

Kredi Foto: Safina Maul

Berikutnya adalah Ponpes Ali Maksum. Pesantren yang didirikan untuk mengenang KH Ali Maksum ini sebenarnya masih satu kerabat dengan pesantren Al Munawwir, bahkan masih satu lingkungan juga. Hanya saja beda yayasan.

Perbedaan pesantren KH. Ali Ma’sum dan pesantren Al Munawwir adalah terletak pada pendidikan umum. Pesantren ini memiliki sekolah formal tingkat MTS dan MA. Sedangkan Al Munawwir hanya SMK.

Secara umum, pesantren ini menganut pola pendidikan campuran yang terintegrasi baik ke dalam sistem formal maupun nonformal. Pengajian kepesantrenan sebagai bentuk pendidikan nonformal di samping dalam rangka mempertahankan pola konvensional, juga sebagai wahana pengintensifan pendidikan dan bimbingan kepribadian antar personal dalam bentuk metode sorogan dan bandongan.

Sedangkan pendidikan pola madrasah formal diselenggarakan untuk memenuhi tuntutan masyarakat dan juga untuk mengembangkan metode-metode belajar mengajar modern secara klasikal dan terukur dengan tetap memasukkan muatan-muatan kepesantrenan di samping materi non-ilmu keagamaan

Bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk tingkat MTS: sekitar Rp. 7.800.000
  • Biaya masuk tingkat MA: sekitar Rp. 8.300.000
  • Biaya bulanan semua tingkat: sekitar Rp. 900.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. KH. Ali Maksum, Krapyak Kulon, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55002

Website resmi: https://krapyak.org/

Pondok Pesantren Jamilurrahman As-Salafy

Ponpes Jamilurrahman Assalafy
Kredit Foto: Abu Layla

Selanjutnya adalah Ponpes Jamilurrahman As-Salafy. Tujuan berdirinya pesantren yang dibangun pada tahun 1995 ini adalah untuk mencetak dai dan daiyah serta mudarris dan mudarrisat bermanhaj salaf yang mampu terjun ke medan dakwah dengan mengajarkan ilmu-ilmu syariat dan bahasa Arab.

Secara umum, corak pendidikan pesantren ini adalah bermanhaj salaf. Artinya di dalam memahami Islam mereka berorientasi pada rujukan yang bersumber dari pandangan ulama’ Salaf (sahabat, tabi’in, tabi’ut tabi’in)—yang memberikan batasan bahwa setiap praktik beragama harus memiliki contoh yang jelas.

Adapun materi pelajaran yang akan santri pelajari di pesantren ini adalah Kitab at-tauhid, Kasyfu asy-syubhat, Fath al-majid, Ma arij al-qalbu. Al Wajiz, Darar al-mudhiyah, Raudhah an-nadhiyah, Al Uddah. Baiquniyyah, Nuhbah al-fikar, Ba its al-hatsits, Tadrib ar- Rawi. Umdah al-ahkam, Bulughul Maram, Ummahatus sittah. Qawa id al-mutsla, Tadmuriyyah, dan masih banyak kitab lainnya.

Namun penguasaan bahasa Arab merupakan materi yang diutamakan pondok pesantren karena menjadi modal dasar bagi dai untuk bisa menyampaikan isi ceramah dengan sebaik-baiknya. Dengan itu pula dai bisa menghindari kekeliruan tafsir yang disebabkan keterbatasan dalam menguasai tata bahasa Arab.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Glondong, Wirokerten, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Website resmi: http://pondokjamil.atturots.or.id/

Pondok Pesantren Tahfidz Riyadlul Qur’an

Ponpes Tahfidz Riyadlul Quran Bantul
Kredit Foto: Rohmanto Abu Sulthon

Berikutnya adalah Ponpes Tahfidz Riyadlul Qur’an. Sesuai namanya, pesantren ini memiliki konsentrasi ekstra untuk mendidik para santrinya dalam menghafal Qur’an. Hal ini terbukti dengan adanya target hafal Qur’an 30 Juz dalam waktu 3 tahun.

Selain hafal 30 juz, para santri akan dididik menjadi insan yang beraqidah shahihah sesuai pemahaman Salaful Ummah, berakhlak Al Quran, mengerti kewajiban sebagai muslim dan disiplin dalam mengamalkan, menjadi pribadi yang kuat jiwa dan raga bersih dan rapi, hafal matan-matan ilmiyah, mampu berpidato dan menjadi imam sholat, serta fasih berbahasa arab dan inggris.

Untuk menunjang pendidikannya, pesantren ini memiliki berbagai fasilitas. Antara lain masjid, asrama, kelas, kantin, dapur, gazebo, ladang dan persawahan, lapangan olahraga (sepak bola, bulu tangkis, tenis meja, volly), dll.

Terdapat juga ragam ekstrakulikuler agar santri tidak bosan dalam belajar. Antara lain sepak bola, volley, bulu tangkis, tenis meja, panahan, bercocok tanam, beladiri (tarung drajat), maqomat atau tilawah, seni lukis, dll.

Saat ini pesantren ini hanya menyediakan pendidikan bagi lulusan SD/MI/Paket A. Bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk: sekitar Rp. 5.250.000
  • Biaya bulanan: sekitar Rp. 500.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Ds. Kadiresa, RT.6, Kadireso, Triwidadi, Kec. Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751

Website resmi: https://riyadhulquran.com/

Pondok Pesantren Roudlatul Fatihah Bantul

Kredit Foto: Tri Sula

Selanjutnya adalah Ponpes Raudlatul Fatihah. Pesantren ini cukup unik. Bentuknya lain dengan pondok pesantren pada umumnya. Berbentuk limasan yang terbuat dari kayu jati. Karenanya penduduk sekitar juga mengenalnya dengan sebutan Ponpes Limasan Jati.

Uniknya pesantren ini berdiri untuk menjadi rumah singgah bagi siapa saja yang ingin mempelajari ilmu agama. Tidak mempedulikan status sosial dan kecenderungan politik seseorang.

Selain itu siapa saja yang belajar di pesantren ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Biasanya, pengajian di mulai setelah sholat isya’. Tak hanya santri yang bisa menuntut ilmu di sana, bahkan orang yang bukan santri diperkenankan untuk menimba ilmu.

Bahkan sesuai dengan kebiasaan, setelah pengajian terlaksana, para santri biasanya makan bersama. Makanan ini disediakan oleh pengurus pesantren. Bermacam ragam menu tersedia. Paling tidak hal ini membangkitkan semangat belajar.

Tak hanya gelaran makan bersama yang dinanti, para santri juga diajak diskusi mengenai perkembangan keadaan. Diskusi tak hanya terbatas pada ilmu agama, tapi juga kewirausahaan, politik dan juga ilmu alih teknologi.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Samas, Gn. Kelir, Pleret, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791

Website resmi: –

Pondok Pesantren Islamic Center Bin Baz

Ponpes Islamic Center bin Baz
Kredit Foto: Islamic Center bin Baz

Berikutnya adalah Ponpes Islamic Center bin Baz. Pesantren ini dirintis sejak tahun 1993. Awalnya hanya berupa lembaga pendidikan tahfizul Al-Qur’an setingkat ibtidaiyyah (SD) dengan nama Ma’had Tahfizhul Qur’an di Sleman, Yogyakarta. Enam tahun kemudian, lokasinya pindah ke Bantul.

Nama Bin Baz diambil dari nama salah seorang mufti di Saudi Arabia, Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, dengan harapan dan cita-cita agar para santri bisa meneladani keilmuan, kefaqihan, kedermawanan, dan kharisma beliau di hadapan umat.

Pesantren ini menyelenggarakan program pendidikan terpadu antara diniyah dan ilmu umum. Kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum pondok pesantren yang dipadukan dengan kurikulum pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama.

Lulusan jenjang Madrasah Aliyah Bin Baz akan mendapatkan 2 ijazah yaitu Ijazah Pondok Pesantren (yang telah mendapatkan mu’adalah/akreditasi dari Universitas Islam Madinah) dan Ijazah Negara (yang bisa digunakan untuk melanjutkan kuliah baik di universitas negeri maupun swasta).

Saat ini Islamic Center Bin Baz menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal tingkat PAUD, Madrasah Salafiyah Ula (MSU) setingkat SD non-asrama, Madrasah Salafiyah Wustha (MSW) setingkat SMP, Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah.

Bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk MSU-MA: sekitar Rp. 15.000.000 – 16.000.000
  • Biaya masuk STIT: sekitar Rp. 8.300.000

Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 1.300.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Samas, Gn. Kelir, Pleret, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791

Website resmi: https://binbaz.or.id/

Pondok Pesantren Al Imdad Bantul

Ponpes Al Imdad Bantul
Kredit Foto: Al Imdad Channel

Selanjutnya adalah Ponpes Al Imdad. Pesantren ini didirikan oleh KH Humam Bajuri pada tahun 1980. Mulanya pesantren ini  hanya suatu Majlis Ta’lim yang diasuh oleh KH Humam Bajuri sepulang dari nyantri di Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta.

Namun seiring dengan perjalanan waktu, Al-Imdad telah mampu mengembangkan pendidikan-pendidikan yang dikelolanya, sampai sekarang PP Al-Imdad telah memiliki dua komplek asrama putra dan putri, musholla putra-putri serta gedung-gedung ruang kelas dan perkantoran serta sarana lain untuk mencukupi keperluan para santri.

Secara umum pesantren ini  mengembangkan lima program unggulan bagi para santri, yaitu tahfizhul Qur’an, kemampuan baca kitab kuning, percakapan Bahasa Arab (muhadatsah), percakapan Bahasa Inggris (conversation), dan menulis. 

Selain itu para pengurus juga memberikan kesempatan besar kepada santri-santrinya untuk mengembangkan bakat dan minat dalam cara yang positif. Baik melalui kegiatan ekstra kurikuler maupun melalui kegiatan pengembangan skil yang yang dipandu oleh tenaga ahli dan profesional di bidang masing-masing.

Saat ini Ponpes Al Imdad menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan informal dan formal. Adapun pendidikan formal berupa jenjang MTS dan MA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat pesantren ini terpisah antara putra dan putri:

Alamat putri: Kauman, Wijirejo, Kec. Pandak, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55761

Alamat putra: Dusun Kedung, Desa Kedung, Guwosari, Kec. Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751

Website resmi: http://www.al-imdad.org/web/index.php

Pondok Pesantren Tahfidz Hamalatul Qur’an Bantul

Ponpes Hamalatul Quran Bantul
Kredit Foto: Abu Aliy

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Tahfidz Hamalatul Qur’an. Sesuai namanya, pesantren ini memiliki konsentrasi ekstra untuk mendidik para santrinya dalam menghafal Qur’an.

Hamalatul Qur’an menyelenggarakan pendidikan wajib asrama dan sistem belajar berlanjut untuk lulusan SD/MI/Salafiyah Ula/Paket A, dengan masa pendidikan 7 tahun. Dengan rincian tingkat salafiyah wustho (setinggkat SMP) ditempuh selama 3 tahun, tingkat aliyah (setingkat SMA) ditempuh selama 3 tahun, dan pengabdian ditempuh selama 1 tahun.

Lulus dari pesantren, santri insya Allah akan hafal Al Quran 30 juz, lancar membaca kitab kuning, hafal matan-matan (Qowa’idul arba’, Tsalaatsatul Ushuul, Baiquniyah, Arba’in Nawawiyah, Waraqat dan Rahabiyah), dapat mengoperasikan komputer, serta aktif berbahasa Arab dan Inggris baik lisan maupun tulisan.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Ds. Kembaran RT 08 Tamantirto, Kasihan,  Bantul, Yogyakarta

Website resmi: https://hamalatulquran.com/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Bantul yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar