(REVIEW) 7 Pondok Pesantren Terbaik di Brebes 2022

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Brebes adalah kota yang terkenal dengan telur asin. Tak hanya itu, kota yang memiliki banyak pantai ini juga memiliki banyak pesantren bagus. Menariknya, di kota ini juga ada berbagai pesantren terbaik di Brebes yang bisa dijadikan tempat menimba ilmu agama.

Berikut akan kami sajikan Pesantren Terbaik di Brebes. Semoga bermanfaat ya!

Pondok Pesantren Darussalam Brebes

Ponpes Darussalam Brebes
Kredit Foto: Fuad Bashori

Pesantren terbaik di Brebes pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Darussalam. Pesantren ini didirikan pada 1988 oleh Syaikh Sholeh Muhammad Basalamah. Kemudian secara umum bisa dikatakan pesantren ini masih murni bercorak salaf.

Darussalam mendidik para santrinya dengan cara menerapkan tarbiyyatussalaf, yang dikolaborasiakan dengan kurikulum yang diadopsi dari pembelajaran di Timur Tengah. Dan seperti kebanyakan pesantren salaf yang lain, pesantren ini juga tidak menyertakan pendidikan formal.

Jenjang pendidikan yang ada di pesantren ini dimulai dari i’dadi, ibtida, tsanawiy, kemudian aliyah. Untuk kegiatan sehari-hari, santri wajib bangun  dimulai dari jam 03.30 untuk melaksanakan shalat Tahajjud bersama, dilanjutkan dengan shalat Shubuh berjamaah dan membaca awrad (wirid-wirid) setelah melaksanakan shalat. Kemudian dari pagi hingga malam, santri akan full belajar.

Namun untuk menyelingi kepenatan belajar, para santri diberikan waktu berolah raga setelah mereka melaksanakan sholat Ashar berjamaah dan pembacaan surat al-Waqi’ah.

Terdapat juga program mingguan, misalnya pada malam Rabu para santri dikumpulkan untuk mendengar taui’yah atau sejenis diklat dari pengasuh pondok. Kemudian pada malam Kamis para santri melakukan tamrinan khitobah (latihan khutbah/pidato).

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Pramuka No.110 Jatibarang, Brebes, Jawa Tengah, 52261

Website resmi: –

Pondok Pesantren Al Hikmah 1 & 2

Ponpes Al HIKMAH Terbaik di Brebes
Kredir Foto: Nidaul Hasanah

Selanjutnya adalah Ponpes Al Hikmah. Bisa dikatakan ini adalah salah satu pesantren tertua yang ada di Brebes. Pesantren ini berdiri seabad yang lalu, tepatnya pada tahun 1911. Pendirinya adalah KH Kholil Bin Mahali. Kala itu beliau merintis pesantren sepulang pengembaraan beliau dalam menuntut ilmu.

Secara umum kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum gabungan antara Kurikulum Diknas dan Kurikulum Pesantren. Setiap shubuh seluruh santri akan mengkaji kajian Tafsir Al-Qur’an. Kemudian dari pagi hingga siang adalah pembelajaran formal. Berikutnya saat sore santri akan mengkaji kitab. Adapun dari maghrib hingga malam sekitar jam 9, santri akan mendengar ceramah dan kajian kitab.

Mengenai system kajian kitabnya, pesantren ini masih menerapkan sytem bandongan dan sorogan. Kemudian di waktu tertentu para santri akan melakukan bahtsul masail. Terdapat juga program mingguan seperti istighotsah, belajar seni baca Qur’an, barzanjian, hadroh, yasinan, tahlilan, dll.

Mengenai jenjang pendidikannya, pesantren ini menyelenggarakan pendidikan formal dari jenjang kanak-kanak hingga dewasa. Jenjang tersebut antara lain:

  • Taman Kanak Kanak
  • MI
  • SMP
  • MTS
  • MA
  • SMK Keperawatan & Farmas
  • Madrasah Muallimin Muallimat
  • Akper
  • Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikam
  • Ma’had Aly
  • Tahfidzul Qur’an

Mengenai biaya pendidikannya bisa klik link ini

Pesantren Al Hikmah memiliki dua kampus yang berbeda, yaitu:

Alamat lengkap Kampus 1: Jl. KH. Zaruki No.13, Benda Satu, Benda, Kec. Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52272

Alamat lengkap Kampus 2: Pondok Pesantren Al Hikmah 2, Benda Dua, Benda, Kec. Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52272

Website resmi: https://alhikmahdua.net/ dan https://alhikmah1.or.id/

Pondok Pesantren Modern Al Falah

Kredit Foto: WH

Berikutnya adalah Ponpes Modern Al Falah. Pesantren ini didirikan pada tanggal 28 Rajab 1432 H / 26 Juni 2010 M, yang didirikan oleh Al Maghfurlah K.H. Moch. Nasrudin Tarsyudi. Meskipun masih sangat muda, pesantren ini sudah menjelma menjadi salah satu pesantren terbesar di Brebes.

Pesantren ini dibangun sejalan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan Ilmu pengetahuan & Teknologi. Oleh karena itu, kurikulum yang dipakai adalah keterpaduan kurikulum 2013 dan Kurikulum Pondok Pesantren.

Dalam pembelajarannya, bahasa Inggris dan bahasa Arab menjadi program inti. Kemudian santri pun akan mendalami quroatul qutub atau pendalaman kitab kuning. Dengan keterampilan tersebut, menjadi jalan para santri mudah diterima di perguruan tinggi negeri (PTN), dan hampir 80 persen santri masuk PTN. Tak ketinggalan, Al Falah juga memprioritaskan Pendidikan Moral, Akhlak, Karakter dan Disiplin.

Saat ini Ponpes Al Falah menyelenggarakan pendidikan pesantren sekaligus pendidikan formal jenjang MTs. SMP IT, MA, SMK, & SMA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jalan Taman Makam Pahlawan No.1 Desa Jatirokeh Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Jawa Tengah 52266

Website resmi: https://yppmalfalahjatirokeh.or.id/

Pondok Pesantren As Salafiyah 1 & 2

Kredit Foto: Abdul Hamid

Selanjutnya adalah Ponpes As Salafiyah. Pesantren ini berdiri pada tahun 1940. Pendirinya adalah KH Manshur. Sesuai namanya, pesantren ini masih mengusung ciri khas salaf dan tanpa pendidikan formal dalam pengajarannya. Dalam perjalanannya, pesantren ini sempat beberapa kali kosong tak berpenghuni. Hingga pada akhirnya pesantren ini baru stabil sejak tahun 1973.

Sebagai pesantren salaf, tentu metode kajian kitab yang digunakan adalah metode wetonan, klasikal dan sorogan. Setiap santri akan dididik untuk bisa menguasai ilmu gramatika bahasa Arab atau Nahwu, Sharaf, balaghah (maany, bayan, badi’), dan mantiq secara mendalam karena ilmu-ilmu tersebut dipelajari serius dan menempati porsi cukup besar dalam kurikulum pesantren salaf di samping fikih madzhab Syafi’i.

Adapun kitab-kitab yang akan dikaji santri adalah: Matan Jurumiyah, Tashrif Izzi, Bimbingan baca kitab, Jawahirul Kalamiyah, Al-Akhlaq lil Banin, Fathul Qorib, Mutammimah, Nadzam Maqsud, Ushul Fiqh, Faraidh, Bulughul Marom, dll.

Selain itu terdapat juga kegiatan mingguan khas pesantren salaf yaitu ziyarah, lalaran nadzom, belajar kaligrafi, latihan rebana, latihan seni baca Qur’an, dll.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 3.300.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 310.000Biaya bulanan

Pesantren As Salafiyah memiliki dua kampus yang berbeda, yaitu:

Alamat lengkap Kampus 1: Jl. Ambari Desa Luwungragi Kecamatan Bulakamba Kab. Brebes

Alamat lengkap Kampus 2: Jl. MT Haryono 58 Saditan Kelurahan Brebes Kec Brebes Kab Brebes 52212

Website resmi: https://assalafiyahbrebes.com/

Pondok Pesantren Modern Darunnajat

Ponpes Darunnajat Brebes
Kredit Foto: Umah Wasiat

Berikutnya adalah Ponpes Modern Darunnajat. Pesantren ini mulai dirintis sejak tahun 1950 oleh KH. Masyhudi. Beliau kala itu hanya sekedar mendirikan bangunan untuk pengajian yang diikuti beberapa santri.

Sesuai namanya pesantren ini menganut system pendidikan modern. Disebut sebagai pondok pesantren modern, karena pesantren ini menerapkan cara-cara yang ada di Ponpes Gontor, yakni mewajibkan santrinya untuk menggunakan Bahasa Arab dan Inggris dalam kesehariannya.

Namun meskipun begitu, aspek tradisionalnya pun tidak hilang. Hal ini dikarenakan para santri pun tetap akan belajar juga kajian kitab kuning dengan menggunakan metode salaf.

Saat ini Darunnajat menyelenggarakan program pendidikan Kulliyyatul Mu’allimin/Mu’allimat al-Islamiyyah (KMI) dengan jangka waktu 6 tahun yang terdiri atas Madrasah Aliyah, dan mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN).

Kemudian uniknya, bahasa pengantar untuk semua mata pelajaran agama/ pelajaran pondok adalah Arab, sedangkan untuk mata pelajaran Bahasa Inggris diberlakukan mulai kelas II Madrasah Tsanawiyah.

Selain mengajarkan ilmu-ilmu agama, para santrin juga melaksanakan kegiatan ekstra berupa Tilawatil Qur’an, keorganisasian dan kepemim-pinan, kepramukaan, latihan pidato berbahasa Arab, Inggris dan Indonesia, olahraga, kesenian dan bela diri.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 3.830.000Biaya masuk putra
Sekitar Rp. 3.980.000Biaya masuk putri
Sekitar Rp. 665.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Tegalmunding Rt 05 Rw 06, Desa Pruwatan, Kec Bumiayu, Kab Brebes, Jawa Tengah

Website resmi: https://darunnajat.id/

Pondok Pesantren Jamsu Izzul Islami

Kredit Foto: Khoridotul Bariyah

Selanjutnya adalah Ponpes Jamsu Izzul Islami. Bisa dikatakan pesantren ini tergolong sangat muda. Pesantren yang didirikan oleh Drs. Izzudin Amaith, M.Pd  ini baru berdiri pada tahun 2009. Lahirnya pesantren ini mengusung sebuah slogan yaitu menjunjung tinggi dasar aqidah Ahlus Sunnah wal jama’ah dan berpegang teguh pada Pancasila serta UUD 1945.

Ada beberapa program pendidikan yang dibentuk dan ditawarkan pondok ini kepada para santrinya. Beberapa program tersebut yakni Tahfidzul Qur’an Wa Hadits, Bahasa Inggris, Kitab kuning, Public Speaking, Sufi Healing, Junalisme Santri, Mujahadah Shalawat Ummi,Social Entreprneurship , Thariqat Qodariyah wa Naqsabandiyah dan taman pendidikan Alqur’an.

Kemudian pesantren ini juga mewadahi santrinya untuk meningkatkan keterampilan melalui ekstrakulikuler. Beberapa ekestrakulikuler tersebut antara lain; kajian kitab kuning, pembinaan tahfidz dan tilawah Alqur’an, pidato tiga bahasa (Indonesia, Arab danInggris), diskusi dan penelitian ilmiah, pramuka, olahraga, seni drumband, qashidah dan marawis, seni bela diri, jurnalistik dan publistik serta wirausaha

Saat ini Ponpes Jamsu Izzul Islami hanya menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan berupa Madrasah Diniyah tanpa menyelenggrarakan pendidikan formal.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Dukuh Bandung, Bumiayu, Kec. Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52273

Website resmi: –

Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Mustofa Asyari

Ponpes Mustofa Asyari
Kredit Foto: Ramzy Zhanka

Pesantren terakhir adalah Ponpes Tahfidz Mustofa Asyari. Sesuai namanya, tentu saja pesantren ini berfokus kepada hafalan al Qur’an. Dalam menjalankan setiap aktivitasnya, pesantren ini memiliki sebuah visi yaitu: “Membentuk dan menumbuh kembangkan generasi islam, agar berilmu yang amaliyah dan beramaliyah yang ilmiyah, serta berahlakul karimah yang dijiwai oleh Al Qur’an dan sunnah Rasulullah SAW.

Pesantren Tahfidzul Qur’an Mustofa Asy’ari menyelenggarakan program pendidikan wajib asrama yang memfokuskan dalam menghafal Al Qur’an dan belajar Dirosah Islamiyah bagi jenjang SMP selama 3 Tahun (formal). Adapun untuk SMA dan usia mahasiwa selama 2 tahun pendidikan (non formal).

Fasilitas yang akan santri dapatkan selama mondok disini antara lain Bimbingan Tahfidz, Lokasi Nyaman dan Tenang, Kamar Luas, Makan 3x Sehari, Buku Mutaba’ah, Laundry, dan Cafetaria. Kemudian terdapat juga berbagai ekstrakulikuler seperti Bela Diri, Berenang, Berkuda, Memanah, Sepakbola atau Futsal, STEM-bot, Hadroh, dan Rihlah.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 9.200.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 1.250.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jalan Raya Brebes Jatibarang Km.05, Desa Pemaron, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Indonesia, Kodepos 52219

Website resmi: http://www.pesantrentahfidzulquranmustofaasyari.com/#

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Brebes yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya! Terimakasih banyak!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar