(REVIEW) 3 Pesantren Terbaik di Bukittinggi (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda mencari Pondok Pesantren terbaik di Bukittinggi? Saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di kota Bukittinggi terdapat sekitar 4 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 613. Jumlah tersebut terbagi menjadi 442 santri mukim, dan 171 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Madinatul Munawwaroh Bukittingi

Ponpes Madinatul Munawaroh Bukittinggi
Kredit Foto: Afrizal (google.com)

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Madinatul Munawwaroh. Ponpes ini merupakan pesantren ternyaman dan termewah di Bukittingi. Pesantren yang berdiri sejak tahun 2000 ini juga memiliki santri terbanyak di Bukittingi.

Hebatnya lagi, nama pesantren ini pun sudah masyhur di kalangan perpesantrenan Indonesia. Hal itu karena pesantren ini menjadi tuan rumah perayaan Hari Santri Nasional pada tahun 2018.

Dalam pendidikannya, pesantren ini memadukan kurikulum pemerintah dan kurikulum pesantren. Pelajaran seperti fisika, matematika, dsb tetap diajarkan di pesantren ini. Namun meskipun begitu pelajaran agama khususnya kajian kitab kuning sangat ditekankan di pesantren ini. Selain itu, pesantren ini juga menyediakan program khusus tahfidz Qur’an, Bahasa arab dan Inggris, dsb.

Setiap program yang berjalan di pesantren ini ialah untuk memperbaiki aqidah generasi muda agar menjadi lebih baik. Selain itu dengan adanya pelajaran formal, diharapkan santri mampu menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

Sayangnya, kami belum mendapatkan informasi resmi mengenai biaya pendaftaran dan bulanan dari pesantren ini.

Adapun alamat lengkapnya adalah: Jl. Abdul Manan, Campago Guguk Bulek, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26112

Website resmi: –

Pondok Pesantren Baiturridwan Bukittinggi

Ponpes Baiturridwan Bukittinggi

Pesantren berikutnya yang akan kami bahas adalah Pesantren Baiturridwan Bukittingi. Ponpes ini mungkin merupakan yang tertua di Bukittinggi. Berdiri sejak tahun 1992. Dari tahun 1992 Pesantren Bai’aturridhwan telah sukses menyelenggarakan pendidikan tingkat MTs dan MA, MTs mulai beroperasi tahun 1992 dan MA mulai beroperasi tahun 2002.

Kedua jenjang tersebut memiliki akreditasi B. Meskipun begitu, para santrinya sudah pernah menjadi juara di beberapa ajang perlombaan. Antara lain juara 1 kompetesi sains madrasah tingkat Bukittingi tahun 2014, juara harapan II Musababah Qiraatul Kutub Tafsir tingkat Sumatera Barat pada tahun yang sama, dan juara-juara lainnya.

Kemudian, segala proses pendidikan dalam ponpes ini bertujuan untuk mencetak kader ulama, muballligh, zu’ama, dan umara’ muslim yang memiliki ketakwaan kepada Allah SWT serta mempunyai wawasan luas, kreatif, inovatif, dan  mandiri.

Untuk menghasilkan output tersebut, mata pelajaran yang diajarkan ialah tauhid, nahwu, ilmu hadist, tafsir, tahfidz, bahasa arab dan lainnya. Selain itu juga diajarkan ilmu pengetahuan umum mulai dari bahasa Indonesia, matematika, ipa, dan lain-lain.

Fasilitas pesantrennya pun terbilang sangat lengkap. Terdapat lab computer, lab Bahasa, lab sains, perpustakaan, lapangan olahraga, dsb. Tak ketinggalan banyak ekstrakulikuler yang tersedia bagi para santri. Misalnya, dram band, pidato dua Bahasa, pramuka, dsb.

Sayangnya, kami belum mendapatkan informasi resmi mengenai biaya pendaftaran dan bulanan dari pesantren ini.

Adapun alamat lengkapnya adalah: Jl. Baiturridwan, Aur Tajungkang Tengah Sawah, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26138

Website resmi: https://www.baiaturridhwan-bukittinggi.com/

Pondok Pesantren Modern Al Maarif Bukittinggi

Terakhir adalah Ponpes Al Maarif. Pesantren ini sudah berusia cukup tua. Berdiri sejak tahun 1994, telah berhasil menelurkan santri-santrinya yang berkualitas. Sesuai namanya, pesantren ini lebih condong kepada aspek pembelajaran secara modern. Namun meskipun begitu, pesantren ini juga tidak mengesampingkan aspek tradisional sebuah pesantren.

Secara umum pembelajaran di pesantren ini mengkolaborasi kurikulum nasional (diknas) dan kurikulum pesantren. Sehingga dengan adanya hal ini, santri diharapkan mampu memiliki pengetahuan agama dan umum secara proporsional.

Selain diajarkan mengenai pendidikan agama dan umum, pesantren ini juga membimbing para santrinya untuk memiliki skill lain yang terasah dalam kegiatan ekstrakurikuler. Beberapa bentuk ekstrakurikuler yang ada di ponpes ini yaitu seperti menjahit, olahraga, bahasa asing, drum band, pencak silat, seni kaligrafi, nasyid dsb.

Saat ini Pondok Pesantren Modern Al Maarif Bukittinggi menyelenggarakan pendidikan tingkat MTS dan MA. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk semua program putra: sekitar Rp. 3.950.000 (sudah termasuk spp bulan pertama)
  • Biaya masuk semua program putri: sekitar Rp. 4.150.000 (sudah termasuk spp bulan pertama)
  • Biaya bulanan semua program: sekitar Rp. 750.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Koto Selayan, Kec Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittingi, Sumatera Barat

Website resmi: https://www.instagram.com/ppalmaarifbkt/?hl=id

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Kota Bukittinggi yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar