(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren di Cianjur (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari informasi pesantren terbaik di Cianjur? jika iya maka Anda sangat beruntung karena di artikel ini kami telah mengumpulkan beberapa rekomendasi pesantren terbaik di Cianjur. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda ya!

Pondok Pesantren Al Ittihad

Kredit Foto: Aldi Rinaldi

Pesantren di Cianjur pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Ittihad. Al Ittihad didirikan pada tahun 1997 oleh seorang saudagar kaya asal Jakarta yaitu Bapak H. Ecep Badruddin, BA. Beliau kala itu berinisiatif untuk membangun sebuah lembaga pendidikan Islam. Akhirnya terbentuklah Al Ittihad yang dibangun di atas tanah wakaf mertuanya.

Dalam menjalankan pendidikannya, pesantren yang bercorak modern ini memiliki visi besar yaitu: “Mencetak insan religius, berwawasan global yang menguasai ilmu agama, pengetahuan umum dan teknologi.” Adapun misinya adalah: “Menjadikan SMP, SMA Plus, dan SMKS Pondok Pesantren Al-Ittihad sebagai wahana pembinaan cendikiawan muslim kaffah.”

Di Al Ittihad, ada beberepa prioritas pendidikan bagi para santri. Prioritas tersebut antara lain:

  • Kitab Kuning – Pendidikan Kitab Kuning dilaksanakan 3 kali dalam sehari.
  • Bahasa Arab dan Inggris – Penggunaan Bahasa Arab dan Inggris sebagai Program Unggulan.
  • Pengetahuan Umum dan Teknologi – Santri menempuh pendidikan formal di pesantren.
  • Tahfidz Qur’an – Program untuk Santri yang berminat.

Kemudian ada sangat banyak ekstrakulikuler yang tersedia sebagai wahana pengembangan kemampuan para santri. Antara lain pramuka, PMR, paskibra, futsal, voly, basket, blea diri, marching band, nasyid, hadroh, marawis, teater, seni angklung, kaligrafi, seni baca Qur’an, dan masih banyak lainnya.

Saat ini Ponpes Al Ittihad menyelenggarakan pendidikan pesantren yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP, SMA, dan SMK. Yang mana semua jenjang pendidikan formal tersebut telah mendapatkan akreditasi A dari BAP-SM.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 4.830.000Biaya masuk SMP dan SMA
Sekitar Rp. 4.940.000Biaya masuk SMK
Sekitar Rp. 670.000Biaya bulanan SMP
Sekitar Rp. 680.000Biaya bulanan SMP

Alamat lengkap pesantren: Jl. Raya Bandung KM. 03, Ds. Bojong, Kec. Karangtengah, Kab. Cianjur (43281)

Website resmi: http://ppdb.al-ittihad.or.id/

Pondok Pesantren Al Musri

Kredit Foto: Pesantren Miftahul Huda Al Musri Pusat

Berikutnya adalah Ponpes Al Musri. Pesantren yang terletak di Ciranjang ini bisa dikatakan merupakan pesantren bercorak salafiyah terbesar yang ada di Cianjur. Pendiri dari pesantren ini adalah KH. Ahmad Faqih. Beliau mendirikannya pada tahun 1947. Sebelumnya Al Musri memiliki nama Miftahul Huda, barulah pada tahun 1974 nama tersebut berubah menjadi Al Musri.

Sebagai pesantren salafiyah, Al Musri sama sekali tidak menyelenggarakan pendidikan formal. Hanya saja pihak pengurus menyediakan ijazah kejar paket bagi setiap santri yang ingin mendapatkannya. Setiap hari para santri tentunya akan mempelajari berbagai kitab kuning. Di antara kitab yang dipelajari adalah Sulamut Taufiq, Safinatun Najah, Tijan, Jurumiyah, dan kitab lainnya yang memang sering menjadi bahan pembelajaran di pesantren salaf.

Dalam pembelajarannya, pesantren ini menerapkan metode Dengan metode “Al-Musri” atau cepat dengan hanya di tempuh 5,5 Tahun (Program pengajian) ditambah 2 tahun (program masa bakti). Kemudian selain belajar kitab kuning dan Ilmu-ilmu keislaman, di pesantren ini pun akan diajarkan Ilmu falaq dan bahasa Inggris yang dijadwalkan setiap minggunya.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 1.400.000Biaya masuk putra
Sekitar Rp. 1.490.000Biaya masuk putri
Sekitar Rp. 400.000Biaya bulanan putra & putri

Alamat lengkap pesantren: Kampung CIendog, Desa Kertajaya, Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43282

Website resmi: https://almusripusat.com/

Pondok Pesantren Persis 04

Kredit Foto: Goza Tegar Ismail

Selanjutnya adalah Ponpes Persis 04. Sesuai namanya pesantren yang dirintis pada tahun 1947 oleh KH Ali Ghazaly ini merupakan pesantren yang berafisiliasi kepada salah satu Ormas besar di Indonesia yaitu Persis. Awalnya pesantren ini hanyalah sebuah sekolah setingkat SD, namun seiring berjalannya waktu pesantren ini terus berkembang hingga sekarang.

Dalam menjalankan pendidikannya, pesantren ini berpegang pada visinya yang singkat namun berbobot yaitu: “Terwujudnya manusia sebagai Khalifah Allah di muka bumi.” Dari misi inilah lahir beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Memanusiakan insan ulul albab selaku muslim yang kaffah dan tafaqquh fiddien.
  • Mempersiapkan generasi-generasi muslim yang berkepribadian Islam, menguasai tsaqafah islamiyyah, dan menguasai ilmu kehidupan (sains dan teknologi yang memadai).
  • Membentuk dan mengembangkan kemampuan potensial santri seutuhnya melalui kegiatan tarbiyyah islamiyyah.

Karena baiknya proses pendidikan yang dilakukan, maka tak heran banyak santri-santri pesantren ini yang telah berhasil meraih prestasi. Diantara prestasi-prestasi tersebut adalah:

  • Juara 2 lomba Ekonomi dalam Olimpiade KSM & AKSIOMA se-KKM tahun 2016
  • Juara 2 lomba Atletik dalam Olimpiade KSM & AKSIOMA se-KKM tahun 2016
  • Juara 1 lomba Bulu tangkis dalam dalam Olimpiade KSM & AKSIOMA se-Kab. Cianjur tahun 2017
  • Dan masih banyak yang lainnya

Saat ini Ponpes Persis 04 menyelenggarakan pendidikan pesantren dan sekolah formal jenjang MTS dan MA, serta SD dan TPQ (non asrama)

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 3.654.000Biaya masuk MTS
Sekitar Rp. 3.881.000Biaya masuk MA
Sekitar Rp. 600.000Biaya bulanan putra & putri

Alamat lengkap pesantren: Jl. Dr. Muwardi No.171C, Bojongherang, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43216

Website resmi: https://ppi04cjr.ponpes.id/

Pondok Pesantren Al Musyarrofah

Kredit Foto: Robby Afriansyah

Berikutnya adalah Ponpes Al Musyarrofah. Pesantren yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu pesantren tertua yang ada di Cianjur. Betapa tidak, pesantren ini diperkirakan telah berdiri sejak tahun 1833. Adapun pendirinya adalah Syeikh Tb. Abdullah Umar Syarifuddin. Selama perjalanannya hingga sekarang yang hampir memasuki usia dua abad, tentu aja Al Musyarrofah telah mengalami berbagai perubahan.

Kini Al Musyarrofah merupakan sebuah pesantren yang bercorak modern. Kurikulum pembelajarannya pun mengikuti kurikulum pembelajaran khas Gontor yaitu Kulliyatul Mu’allimin wal Mu’allimat Al Islamiyah (KMI). Karena itu kitab-kitab yang digunakan sebagai pembelajaran di Al Musyarrofah merujuk kepada Gontor.

Kemudian dalam penyelenggaraan pendidikannya, Al Musyarrofah menjalankan dua jenis pendidikan. Pertama pendidikan tradisional murni yang berupa pesantren dan pendidikan modern terpadu yang ditandai dengan adanya pendidikan formal pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah, SMP dan SMK Islam Terpadu (IT).

Kedua, Pendidikan nonformal pada jenjang Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) serta dalam pendidikan informal yaitu dengan adanya Lembaga Tahfidz Qur’an (LTQ).

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 4.000.000Biaya masuk SMP
Sekitar Rp. 4.300.000Biaya masuk SMK
Sekitar Rp. 500.000Biaya bulanan SMP
Sekitar Rp. 600.000Biaya bulanan SMA

Alamat lengkap pesantren: Jl. Raya Sukabumi Kp. Pasantren No.Km.7, Ciwalen, Kec. Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43261

Website resmi: https://www.facebook.com/PonPesModernAlmusyarrofah.Cjr/?ref=page_internal

Pondok Pesantren Al Kautsar

Kredit Foto: Ibut Indra Budi

Selanjutnya adalah Ponpes Al Kautsar. Pesantren yang merupakan pesantren alumni Gontor ini didirikan di bawah naungan Yayasan Talaga Pakarti sebagai wujud kepedulian terhadap kualitas generasi islam dalam dasar-dasar kemampuan keagamaan, ibadah, dan iptek.

Dalam menjalankan pendidikannya, Al Kautsar memiliki visi yaitu: “Mewujudkan kemandirian pendidikan kader ulama yang intelek melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran yang di topang infrastuktur dab suprastruktur pesantren yang berwasan global.

Adapun misi pendidikan dari Al Kautsar adalah: Menumbuhkembangkan etos pendidikan pada masyarakat serta menjadikan Al Kautsar sebagai basis kultur dalam pemberdayaan masyarakat, serta mempersiapkan pondasi pendidikan dasar sampai perguruan tinggi.

Dari visi dan misi tersebut lahirlah beberapa program yang menjadi unggulan pesantren ini. Diantaranya:

  • Tahfidz Al Qur’an
  • Pengembangan Bahasa Arab dan Inggris dengan system praktek keseharian
  • Pembinaan ahlak dan program pengayaan melalui program social kemasyarakatan.
  • Praktikum computer

Kini Al Kautsar telah mengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SMP, SMA, dan Kautsar Institute (KI) dengan system kurikulum yang mengintegrasikan pesantren modern, pesantren tradisional, departemen agama, dan departemen pendidikan nasional.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Cipaku RT 04 RW 02, Ds. Sukawangi, Kec. Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43261

Website resmi: https://alkautsarcipaku.com/

Pondok Pesantren An Naba

Kredit Foto: Zul Isnaendy

Selanjutnya adalah Ponpes An Naba. Pesantren yang satu ini merupakan salah satu pesantren modern yang berada di daerah Cianjur. Sebagai pesantren modern, An Naba saat ini menyelenggarakan dua jenjang pendidikan formal, yaitu SMP dan SMA.

Mengenai kurikulumnya, untuk jenjang SMA An Naba menggunakan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum Nasional (Kurtilas) yang dirancang khusus untuk mempersiapkan santri menuju jenjang lanjutan di perguruan tinggi, baik didalam maupun luar negeri. Adapun untuk jenjang SMP, An Naba menerapkan kurikulum yang sama dengan apa yang diterapkan di SMA, hanya saja yang menjadi titik fokusnya adalah pendidikan karakter Islami.

Berkaitan dengan output lulusannya, insya Allah setiap santri yang lulus dari An Naba akan menjadi pribadi yang:

  • Memahami Akidah dan Ibadah yang benar sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Berakhlak karimah
  • Hafal Al-Qur’an minimal 9 Juz
  • Memahami dasar-dasar ilmu syari’i
  • Mampu berkomunikasi dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris
  • Menguasai dasar-dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Menguasai cabang-cabang ilmu pengetahuan umum sesuai kurikulum nasional.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 16.800.000Biaya masuk SMP & SMA
Sekitar Rp. 1.250.000Biaya bulanan SMP & SMA

Alamat lengkap pesantren: Jl. Raya Sukabumi Km. 5, RT. 04 / RW. 01, Bayubud, Rancagoong, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43285

Website resmi: http://annaba.sch.id/

Baitul Ilmi Boarding School

Kredit Foto: Denny Ramly Fauzy

Berikutnya adalah Baitul Ilmi Boarding School. Pesantren yang baru berdiri pada tahun 2015 ini merupakan sebuah pesantren khusus untuk santri berusia SMP. Dalam menjalankan pendidikannya pesantren ini berpedoman pada visinya yaitu: ” Terwujudnya generasi qurani yang unggul dalam prestasi dan berakhlak islami.” Dari visi tersebut lahirlah beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Menyelenggarakan proses pendidikan dengan pendekatan yang lebih mengoptimalkan keseimbangan peran spiritual, intelektual, dan emosional.
  • Mengalokasikan waktu yang lebih banyak untuk mata pelajaran Al Quran dan mengikuti struktur kurikulum Dinas pendidikan untuk mata pelajaran akademis.
  • Melakukan pola pengasuhan dan bimbingan yang efektif kepada seluruh siswa.
  • Menumbuh kembangkan potensi, bakat, dan minat siswa dalam meraih prestasi non akademis dengan bimbingan dan pelatihan yang optimal.
  • Melakukan evaluasi yang menyeluruh dan melaksanakan kegiatan tindak lanjut yang tepat pada setiap program yang telah dilaksanakan.

Mengenai kurikulumnya, Baitul Ilmi menggunakan perpaduan antara kurikulum Dinas Pendidikan dan kurikulum kepesantrenan khususnya Tahfidz Al-Qur’an, yang mana diharapkan mampu menjadikan para santri memiliki keseimbangan dalam pemeliharaan dan pengembangan potensinya serta menghasilkan lulusan yang siap melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 15.000.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 1.300.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. H. Jupri, Gasol, Kec. Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43252

Website resmi: https://baitulilmi.sch.id/

Kira-kira sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren terbaik di Cianjur yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Rekomendasi 7 Pesantren Terbaik di Bandung Barat

9 Pondok Pesantren di Purwakarta Paling Bagus

Tinggalkan komentar