(REVIEW) Rekomendasi 7 Pondok Pesantren di Cilegon (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Cilegon memiliki banyak pesantren yang bagus. Jika Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Cilegon, tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Cilegon terdapat sekitar 45 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 4.854. Jumlah tersebut terbagi menjadi 3.732 santri mukim, dan 1.122 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Al Fath

Ponpes Al Fath Cilegon
Kredit Foto: Aris Fuad

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Fath. Pesantren ini berdiri tahun 2002 semenjak KH. Khairul Anwar pulang ta’alum (menuntut ilmu) di Madinah Al Munawaroh kepada Guru Yang Mulia Al Habib Zain bin Sumaith. 

Al Fath memiliki komitmen yang kuat untuk melestarikan ajaran islam baik kitab-kitab salaf maupun ilmu pengetahuan umum untuk menjawab tantangan jaman, karenanya Al Fath menyelenggarakan jenjang pendidikan formal berupa Madrasah Diniyah Takmiliyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Selain itu terdapat juga Raudhatul Atfhal untuk pendidikan anak-anak.

Dalam pendidikannya berbasis kepada sistem salafiyah yang bercampur dengan sistem modern. Tetapi yang lebih diutamakan adalah sistem salafiyah karena di pesantren ini masih kental dengan pelajaran kitab-kitab kuning. Kitab yang dipelajari antara lain Matan Jurumiyah, Matan Imriti, Nadzom Maqsud, Mulhatul I’rab, Alfiyah Ibnu Malik, Matan Ghoyah Wa Takrib, Matan Shofwatu Zuba, dll.

Tak hanya itu Al Fath juga memiliki sebuah Majelis Ilmu yaitu Majelis Al Fath. Pada majelis ini terdapat program Pengajian Ibu-ibu, Pengajian Bapak-bapak, dan Pengajian Umum.

Dari ulasan di atas, tak heran Al Fath menjadi salah satu pesantren terbaik di Cilegon.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Sunan Ampel, RT.4/RW.1, Warnasari, Kec. Citangkil, Kota Cilegon, Banten 42444

Website resmi: https://www.alfath.or.id/

Pondok Pesantren Ibnu Syam

Pondok Pesantren Ibnu Syam
Kredit Foto: Kang Ayie

Selanjutnya adalah Ponpes Ibnu Syam. Pesantren ini berdiri sejak 5 Agustus 2018 dibawah naungan Yayasan Ibnu Syam Center, yang didirikan dan dipimpin oleh KH. Ahmad Slamet Ibnu Syam, Lc., MA. (Pemilik sanad Al Qur’an bersambung sampai Rasulullah SAW) bersama istrinya Ustadzah HJ. Nabilah Abdul Rahim, Lc., M.Ag. (Juri Hafizh Indonesia RCTI)

Ponpes Ibnu Syam memiliki tujuan untuk mencetak santri penghafal Al Quran yang fasih dan mutqin,  menghasilkan hafizh Al Quraan yang memiliki wawasan luas tentang Al Quran dan ilmu yang dikandungnya, dan membentuk karakter Qur’ani yang mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW.

Terdapat 5 program bagi yang ingin menghafal Qur’an di pesantren ini. Pertama Program Mubtadin untuk usia minimal kelas 4 SD selama 3 tahun. Kedua Program Reguler untuk usia setara SMP selama 3 tahun. Ketiga Program Tamhidi, yakni program hafalan Qur’an persiapan SMA selama 1 tahun.

Keempat Program Shorhul Qurra, yakni Program Hafalan Qur’an Pasca SMA selama 1 Tahun dengan target hafalan 30 Juz. Dan terakhir adalah Program Taajul Qurro, yakni Program Hafalan Qur’an Pasca SMA selama 1 Tahun dengan target hafalan Min. 5 Juz

Dari ulasan di atas, tak heran Ponpes Ibnu Syam menjadi salah satu pesantren terbaik di Cilegon.

Bagi yang berminat mengikuti pendidikan di Ponpes Ibnu Syam, dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

  • Biaya masuk seluruh program: sekitar Rp. 8.500.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 950.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Tegal Padang Dalam No.97, Kotabumi, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon, Banten 42434

Website resmi: https://www.ibnusyam.com/

Pondok Pesantren Modern Al Hasyimiyah

Ponpes Al Hasyimiyah Cilegon
Kredit Foto: Zidan

Berikutnya adalah Ponpes Al Hasyimiyah. Pada awal berdirinya, pesantren ini bernama Perguruan Islam Al-Athfal yang dirintis oleh KH. Hasyim bin Salim tahun 1925 yang awalnya hanya Madrasah Ibtidaiyah, namun seiring berjalannya namanya berubah menjadi Al Hasyimiyah untuk menghormati sang pendiri.

Dalam pendidikannya Al-Hasyimiyah menyelenggarakan kurikulum perpaduan antara kurikulum KMI Gontor dan kurikulum Kementerian Agama yang terbagi atas intrakulikuler, kokurikuler, dan ekstrakulikuler. Selain itu santri juga dalam kesehariannya harus berkomunikasi dengan Bahasa Arab dan Inggris sebagaimana di Gontor.

Para pengurus mendidik para santri melalui proses yang telah dirancang secara sistematik untuk dapat memperluas wawasan dan pengetahuan mereka. Santri tidak hanya diajari pengetahuan, akan tetapi lebih dari itu mereka diajari bagaimana cara belajar yang baik sehingga mereka dapat menggunakannya untuk membuka gudang pengetahuan.

Dari ulasan di atas, tak heran Ponpes Al Hasyimiyah menjadi salah satu pesantren terbaik di Cilegon.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Tegalratu, Kec. Ciwandan, Kota Cilegon, Banten 42445

Website resmi: https://www.ponpes-alhasyimiyah.sch.id/

Pondok Pesantren Al Inayah

Ponpes Al Inayah Cilegon
Kredit Foto: Cilegon

Selanjutnya adalah Ponpes Al Inayah. Pesantren ini didirikan oleh KH Junaedi Aziz. Beliau mulai merintis pondok pesantren Al Inayah pada tahun 1972 dengan muridnya yang hanya dua puluh orang.

Secara umum Al Inayah menggunakan system pendidikan dan pengajaran yang bersifat salafi/tradisional dan modern, hal ini dibuktikan dengan adanya pendidikan formal dan informal yang terkolaborasi di pesantren ini.

Para santri nantinya akan mempelajari mata pelajaran umum dan aneka macam pendidikan lainya seperti keterampilan, olahraga, kesenian, pedidikan, berorganisasi, dan sebagian telah melaksanakan program pengembangaan masyarakat.

Selain tentu saja para santri akan mengkaji berbagai macam kitab kuning dengan metode pengajian sorogan. Adapun kitab yang dikaji antara lain Bulugul Marom, Durotun Nasihin, Fathul Mu’in, Fathul Majid, Riyadus Sholihin, Fathul Qorib, Shohih Bukhori, Shohih Muslim, dll.

Saat ini Pesantren Al Inayah menyelenggarakan pendidikan murni pesantren tanpa sekolah dan pendidikan formal berupa Madrasah Tsanawiyah & Madrasah Aliyah.

Dari ulasan di atas, tak heran Ponpes Al Inayah menjadi salah satu pesantren terbaik di Cilegon.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. KH. M. Syadeli 122 Jerang Ilir Kel. Karang Asem Kec. Cibeber Kota Cilegon, Banten

Website resmi: http://www.alinayahcilegon.yolasite.com/

Pondok Pesantren Daarul Ishlah

Ponpes Daarul Ishlah Cilegon
Kredit Foto: Naufal Musthofa

Berikutnya adalah Ponpes Darul Ishlah. Bisa dikatakan pesantren ini adalah pesantren yang sangat muda, Daarul Ishlah baru dibangun pada 2009 dan diresmikan pada 2011. Namun meskipun begitu, para santrinya terbukti telah mampu mendapatkan prestasi di berbagai perlombaan.

Darul Ishlah menyelenggarakan dua jenjang program; Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), dimana santri juga dididik dalam Kultur Pesantren dan Kultur Sekolah yang dibekali dengan berbagai keterampilan (Life Skill) serta berbagai disiplin ilmu, sehingga diharapkan dapat mencetak generasi muda Islam yang cakap dalam penguasaan Ilmu Pengetahuan Modern, memiliki bekal keterampilan dan menguasai Ilmu-ilmu Agama secara mendalam.

Kemudian hal unik di pesantren ini adalah adanya penerapan  kurikulum yang berbasis pada persoalan masyarakat yang menjadi warna yang khas pada pendidikan di pesantren ini. Dengan demikian, pendidikan yang diberikan di Daarul Ishlah tidak menjauhkan santri dari realitas keseharian.

Adapun fasilitas yang tersedia untuk menunjang jalannya pendidikan santri antara lain Gedung Utama, Aula Pertemuan Santri, Asrama Putra dan Puteri, Masjid Besar, Perpustakaan, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Komputer, Laboratorium IPA, Sarana Olah Raga, Koperasi Pesantren, Poliklinik dan Ruang Audio Visual.

Dari ulasan di atas, tak heran Ponpes Daarul Ishlah menjadi salah satu pesantren terbaik di Cilegon.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Panggung Rawi, Kec. Jombang, Kota Cilegon, Banten 42412

Website resmi: –

Pondok Pesantren Al Khairiyah

Ponpes Taruna Islam Cilegon
Kredit Foto: Al Khairiyah

Selanjutnya adalah Ponpes Al Khairiyah. Pesantren ini didirikan oleh Brigjen KH Syam‟un bin H. Alwiyan pada tahun 1916. Beliau merintis Al Khairiyah sepulangnya belajar di negeri Mesir dengan menggunakan metode pesantren salaf.

Pesantren ini bisa dikatakan memiliki jenjang pendidikan yang sangat lengkap, yaitu Taman Kanak-Kanak, Diniyah, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT), Madrasah Tsanawiyah (Mts), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu (SMKIT) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyyah (STIT), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), dan Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM).

Secara umum, kurikulum pendidikan yang dipakai Al Khairiyah adalah kombinasi dari kurikulum nasional dan kurikulum pesantren. Karenanya dalam pengkajian keagamaan bukan hanya dengan metode sorogan, wetonan dan bendongan saja.  Akan tetapi para pengajar sudah mulai menggunakan metode yang lebih modern misalnya metode pembelajaran diskusi, seminar, tanya jawab, demonstrasi dan lain-lain.

Kemudian, lulusan Al Khairiyah banyak yang sudah menjadi tokoh penting di Negara Indonesia. Salah satunya adalah Wakil Presiden Indonesia yaitu KH Ma’ruf Amin.

Dari ulasan di atas, tak heran Ponpes Al Khairiyah menjadi salah satu pesantren terbaik di Cilegon.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. KH.Enggus Arja No.1, Citangkil, Kec. Citangkil, Kota Cilegon, Banten 42441

Website resmi: –

Pondok Pesantren Bany Syafi’i

Ponpes Bany Syafiiy

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Bany Syafi’i. Pesantren yang didirikan oleh KH Mundzir Nazir ini berdiri sejak tahun 1999, pada saat itu hanya berbentuk majlis ta’lim dan diisi oleh santri-santri non mukim, barulah pada 2005 dibangunlah sebuah asrama sehingga santri menetap atau mukim di pondok pesantren.

Secara umum masih murni pesantren salaf tanpa adanya jenjang formal. Sistem pendidikannya  mengutamakan kesederhanaan, idealisme, persaudaraan, persamaan, rasa percaya diri dan keberanian hidup.

Adapun Sistem pengajaran di pondok pesantren ini dibagi menjadi tiga tingkatan: Pertama Ula, ini adalah tingkatan paling dasar khusus bagi santri yang tidak memiliki pengetahuan sebelumnya. Kedua Wustha, pada tingkatan ini santri mulai mengkaji kitab kelas menengah. Ketiga Ulya, pada tingkatan ini santri akan mempelajari kitab-kitab kelas berat dan akan diminta untuk mengajar santri kelas Ula dan Wustha.

Disamping belajar kitab-kitab kuning para santri juga belajar Muhadharah atau berdakwah pada malam ahad antar sesama santri, supaya santri ketika selesai dari pesantren mereka bisa menyampaikan dengan cara yang mereka pelajari.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Dari ulasan di atas, tak heran Ponpes Bany Syafii menjadi salah satu pesantren terbaik di Cilegon.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Perum Pd. Cilegon Indah No No.Blok D2A/N, Karangasem, Kec. Cibeber, Kota Cilegon, Banten 42426

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Cilegon yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar