(REVIEW) 7 Pesantren Terbaik di Garut (2022)

Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Garut? Belum menemukannya?

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Kabupaten Garut terdapat sekitar 1030 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 66.041. Jumlah tersebut terbagi menjadi 24.929 santri mukim, dan 41.121 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah

Kredit Foto: Anisa Salsabila

Pesantren terbaik di Garut pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Darul Arqom Muhammadiyah. Sesuai namanya, tentu saja pesantren ini memiliki corak Muhammadiyah yang sangat kental. Dan tentu pendidikan di sekolah Muhammadiyah sudah masyhur akan keunggulannya.

Darul Arqam sendiri diambil dari salah satu nama sahabat Rasulullah SAW yang bernama Arqam bin Abi Arqam. Pada masa awal dakwah Islam, rumah Arqam inilah yang dipergunakan oleh Rasulullah SAW sebagai pusat kegiatan pendidikan para sahabat di bidang tauhid dan keagamaan lainnya. Dengan dinisbatkan terhadap nama tersebut, diharapkan para santri mampu menjadi para ulama dan intelektual yang bermanfaat bagi umat.

Dalam menyelenggarakan pendidikannya, pesantren ini menerapkan kurikulum yang bersifat seimbang antara mata pelajaran Agama dan Umum. Adapun persentase mata pelajaran Agama sebesar 51,3%. Persentase tersebut sesuai dengan kelaziman Pondok Pesantren, yang diisi dengan berbagai pelajaran yang bersumber dari kitab-kitab kuning.

Selain itu pesantren ini juga menyediakan ragam ekstrakulikuler. Terdapat eskul keagamaan dan non keagamaan.  Untuk eskul keagamaan tersedia tilawah, khitabah, bahtsul kutub, dsb. Adapun untuk ekskul non-keagamaan meliputi Marching Band, Basket dan Futsal. Selain itu, ada juga organisasi seperti Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Hizbul Wathan dan Tapak Suci. 

Saat ini, Ponpes Darul Arqam menyelenggarakan pendidikan tingkat MTS-MA. Hanya saja pesantren ini hanya menerima lulusan SD/MI. Setiap santri nantinya akan menjalani masa pendidikan selama 6 tahun (MTS-MA). Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

Biaya masuk: sekitar Rp. 14.475.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Ciledug Raya No.284, RT.001/RW.002, Ngamplangsari, Kec. Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44181

Website resmi: https://darularqamgarut.sch.id/

Pondok Pesantren Al Huda Garut

Ponpes Al Huda Garut
Kredit Foto: Hameed

Selanjutnya yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Huda. Pesantren Al Huda adalah salah salah satu pesantren tertua yang ada di Garut. Berdiri sejak tahun 1935, pesantren ini telah terbukti mampu menjadikan para alumnusnya menjadi penerang di tengah-tengah masyarakat.

Dalam pendidikannya, pesantren ini memiliki corak khas NU. Maka tak heran santri-santri Al Huda memiliki pemahaman aswaja yang sangat kuat. Pengajaran kitab-kitabnya pun sangatlah mendalam. Semenjak berdiri hingga tahun 2007, pesantren ini tetap menjadikan medote salaf (tradisional) sebagai metode pembelajarannya.

Namun setelah mengevaluasi serta menimbang era globalisasi dalam konteks pendidikan, maka metode pendidikan di Pesantren Al-huda sejak tahun 2008 mulai mengkombinasikan sistem tradisional (salafi) dan mua’sir (modern). Hal ini ditandai dengan adanya SMP dan SMK Plus Al-Huda.

Penggabungan metode salaf dan modern tersebut bertujuan membimbing para santri menjadi kader muslim yang berkualitas (Ar- ruh wa al jasad) yang Insya Allah dapat berilmu amaliyah dan beramal ilmiah.

Selain itu pesantren juga ini memiliki beberapa kegiatan ekstrakulier, antara lain: pembinaan tahfidz, pidato tiga Bahasa, kepramukaan, dramband, qoshidah, marawis, pengembangan jurnalistik, dsb.

Sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Otista No.24, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151.

Website resmi: –

Pondok Pesantren Darussalam Garut

Ponpes Darussalam Garut
Kredit Foto: Aero

Berikutnya, pesantren yang akan kami bahas adalah Ponpes Darussalam. Dari namanya saja pesantren ini sudah jelas berkiblat ke Pesantren Gontor. Karena memang pada faktanya pesantren ini didirikan oleh alumni gontor, selain itu corak kepemimpinan dan metode pembelajarannya mengikuti corak dan metode pendidikan khas Gontor.

Pesantren ini kini memiliki dua jenis program. Pertama, Program Reguler, dengan rentang masa belajar 6 tahun, diperuntukan bagi siswa/i lulusan SD/MI. Kedua, Program Intensif, dengan rentang masa belajar 4 tahun bagi siswa/i lulusan SMP/MTs atau SMA/MA.

Adapun sarana dan prasarana yang tersedia untuk menunjang pendidikan di pesantren ini antara lain: sarana ruang kelas multimedia, ruang kantor, berbagai laboratorium, Balai Latihan Kerja, rumah dinas guru, perpustakaan, lapangan olah raga, dan masjid. Selain itu terdapat juga ragam ekstrakulikuler seperti: pramuka, programming, perkusi, kursus elektronik, olahraga, dll.

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk seluruh program: sekitar Rp. 5.500.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 650.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Bandung – Tasikmalaya KM 60, Sindangsari, Kersamanah, Kec. Kersamanah, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44185.

Website resmi: http://darussalamgarut.or.id/pendaftaran/

Informasi lebih detail dapat Anda lihat di link ini

Pondok Pesantren Persatuan Islam (Persis) Tarogong

Ponpes Persis PPI 76 Tarogong
Kredit Foto: Fahru Rozi

Selanjutnya, pesantren yang akan kami bahas adalah Ponpes Persis Tarogong. Dari namanya sudah jelas pesantren ini memiliki afiliasi terhadap ormas Persatuan Islam (Persis). Mulai berdiri sejak 1980, pesantren ini telah berhasil mendidik ribuan santrinya menjadi insan yang berkualitas di tengah-tengah umat.

Pesantren ini memiliki kurikulum yang mengimplementasikan kaidah pendidikan modern yang berkesesuaian dengan sistem pendidikan Islam. Kegiatan pendidikan terfokus pada pembinaan akhlaq serta pemahaman dan mengamalan ajaran Islam agar sesuai dengan Alquran dan Assunnah.

Para pengurusnya senantiasa menciptakan lingkungan pesantren menjadi miniatur lingkungan masyarakat Islam yang bersuasana ukhuwah dan berdisiplin. Seluruh aktifitas kehidupan pesantren juga diupayakan sebagai kegiatan pendidikan (seperti: amal shaleh, gotong royong, shalat berjamaah, shaum dan shalat sunnat, latihan pidato, dll).

Salah satu nilai lebih dari Pesantren Persis ini adalah penguatan bahasa Internasional. Pembiasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam kegitan belajar dan aktivitas sehari-hari, seperti dalam pembelajaran bahasa Arab melalui Qiroatul Kitab, di kelas, pidato 2 bahasa dalam setiap upacara baiat, klub-klub bahasa, pembelajaran melalui ruang multimedia dan lab bahasa, dll.

Saat ini Pesantren Persis Tarogong Garut menyelenggarakan pendidikan pesantren tingkat MTS dan MA. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk program MTS: sekitar Rp. 7.050.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya masuk program MA: sekitar Rp. 7.550.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp.950.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jalan Terusan Pembangunan No.1 Kel. Pataruman, Kec. Tarogong Kidul, Pataruman, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151.

Website resmi: https://psb.persistarogong.com/website-pesantren/

Pondok Pesantren Qurrota A’yun Samarang

Ponpes Qurrota Ayun Samarang

Berikutnya, pesantren yang akan kami bahas adalah Ponpes Qurrota A’yun. Pesantren yang berdiri sejak tahun 2002 ini ini mengorientasikan program dan pengembangannya pada pengasahan nilai-nilai intelektualitas dan nilai-nilai spiritualitas.

Pesantren ini memadukan materi ajarnya dari gabungan ilmu-ilmu keagamaan dengan ilmu-ilmu pengetahuan umum dengan prosentase 40% materi-materi keagamaan (akumulasi waktu di Sekolah dan Pondok Pesantren) serta 60% materi-materi pengetahuan umum (disampaikan di Sekolah). Materi pelajaran yang khusus disampaikan di Pesantren meliputi kajian-kajian kitab Ulumul Qur’an, Kitab Fiqih, Kitab Akhlaq, Kitab Hadits, Kitab Tauhid dan beberapa kitab lainnya.

Adapun sarana dan prasarana yang tersedia untuk menunjang pendidikan di pesantren ini antara lain:  berbagai laboratorium, ruang pertemuan, perpustakaan, lapangan olah raga, dan masjid. Selain itu terdapat juga ragam ekstrakulikuler seperti: pramuka, bahtsul masail, bela diri, kaligrafi, olahraga, dll.

Saat ini Pesantren Qurrota A’yun menyelenggarakan pendidikan pesantren tingkat MTS-Sekolah Tinggi. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk seluruh program: sekitar Rp. 1.810.000
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 290.000
  • Biaya tahunan seluruh program: sekitar Rp. 195.000

Adapun alamat lengkap dari pesantren ini adalah: Jalan Raya Samarang No. 144, Desa Sirnasari, Samarang, Sirnasari, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44161

Website resmi: http://pontrenqurrotaayungarut.com/

Pondok Pesantren Al Jauhari Garut

Selanjutnya, pesantren yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Jauhari. Pesantren ini didirikan oleh Dr. K.H. Jujun Junaedi atau dikenal sebagai K.H. Jujun Junaedi, seorang da’i kondang asal Garut yang juga merupakan Dosen di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Pondok pesantren ini berbasis salafiyah atau mengkaji kitab kitab klasik. Namun para santri dan santriwati akan termanjakan dengan berbagai fasilitas yang modern seperti dalam bidang musik, olahraga dan masih banyak yang lainnya.

Menariknya, suasana pesantren ini terbilang cukup asri. Alam pegunungan yang sejuk membuat proses belajar ini terasa amat nyaman. Lingkungan yang bersih dan udara yang selalu segar, membuat para santri akan betah dalam menimba ilmu agama.

Saat ini Pesantren Al Jauhari menyelenggarakan pendidikan setingkat MTS-MA. Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Kp. Sangojar, Ds. Sindanggalih, Kec. Karangtengah, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44184

Website resmi: –

Pondok Pesantren Qirooatussab’ah Kudang

Terakhir, pesantren yang akan kami bahas adalah Ponpes Qirooatussab’ah Kudang. Sesuai namanya, sudah sangat jelas bahwa pesantren ini terfokus untuk mengkaji ilmu Al-Qur’an. Qirooatussab’ah sendiri memiliki arti bacaan yang tujuh. Maksudnya adalah tujuh bacaan Qur’an yang bacaannya mutawattir sampai Rasulullah.

Pondok pesantren ini lahir atas prakarsa dari Mama H.Syamsudin, beliau mewakafkan sebidang tanah kepada KH.Ma’mun Bakri, yang akhirnya didirikanlah Pesantren ini oleh KH.Ma’mun Bakri yang biasa di panggil dengan panggilan Mama Kudang.

Selain fokus terhadap ilmu Al-Qur’an, pesantren ini juga memiliki jenjang pendidikan formal setingkat MTS dan MA. Namun sayangnya saja kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Jl. Gudang, Limbangan Timur, Kec. Balubur Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44186

Website resmi: https://qirsakudang.blogspot.com/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Garut yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

9 Pesantren Terbaik di Tasikmalaya

Rekomendasi 9 Pesantren di Ciamis

Tinggalkan komentar