(REVIEW) Rekomendasi 7 Pondok Pesantren di Grobogan (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Grobogan memiliki banyak pesantren yang bagus. Jika Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Grobogan, tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Grobogan terdapat sekitar 238 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 21.657. Jumlah tersebut terbagi menjadi 8.148 santri mukim, dan 13.509 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Tahfidz Sirojuth Tholibin

Kredit Foto: Muhammad Muhtar

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Sirojuth Tholibin. Secara umum pesantren yang didirikan oleh Al Maghfurlah Simbah KH Syamsuri Dahlan pada tahun 1941 ini memadukan sistem salaf dan kholaf dalam pendidikannya.

Dalam rangka usaha mencetak santri yang berakhlaqul karimah dan berpendidikan luas, secara garis besar, Pesantren Sirojuth Tholibin menyelenggarakan 3 program pendidikan:

  • Pendidikan Salafiyah
  • Pendidikan Al Qur’an
  • Pendidikan Formal

Program salafiyah adalah program yang disiapkan untuk para santri yang ingin memperdalam kajian kitab klasik dengan jenjang pendidikan 6 tahun pelajaran, meliputi materi nahwu, sharaf, fiqh, ilmu tafsir, ilmu hadis balaghah, dsb.

Adapun Program Pendidikan Al Qur’an adalah pendidikan yang bertujuan mendampingi dan mengantar para santri untuk dapat membaca Al Qur’an dengan baik dan benar melalui guru yang bersanad sampai Baginda Rasul Muhammad SAW

Sedangkan program pendidikan formal adalah program pendidikan yang disiapkan untuk para santri yang ingin belajar sekolah di Madrasah Tsanawiyah atau di Madrasah Aliyah formal.

Selain itu terdapat juga kegiatan ekstrakulikuler yaitu olahraga, seni kaligrafi, seni tilawah Al-Qur’an, senam dan lain sebagainya.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Desa, Brabo, Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah 58167

Website resmi: https://sirojuth-tholibin.net/

Pondok Pesantren Fadlul Wahid

Ponpes Fadlul Wahid
Kredit Foto: Fadlul Wahid

Selanjutnya pesantren terbaik di Grobogan adalah Ponpes Fadlul Wahid. Pesantren ini merupakan salah satu pesantren yang tidak terpengaruh system pendidikan modern, karena itulah Fadlul Wahid masih murni menggunakan system pendidikan salafiyah.

Program pembelajaran yang diterapkan di Fadlul Wahid menggunakan sistem pengeraman. Yakni bentuk pengajaran dengan sistem kontinyu dan diulang-ulang.

Ada tiga tingkatan kelas pada pendidikan di pesantren ini, yaitu:

  • Ibtidaiyah (1 tahun)
  • Wustha (3 tahun)
  • Ulya (3 tahun)

Pada jenjang Ibtidaiyah pengajaran dan pendidikannya ditata sedemikian rupa guna memenuhi kebutuhan seorang awam. Sekaligus menjadi pondasi atau batu loncatan untuk jenjang pendidikan berikutnya dengan sistem cepat dan tepat.

Adapun pada jenjang Wustha santri ditargetkan mengerti hukum Islam, baik ubudiyah, maupun muamalah yang kerap muncul atau terjadi di masyarakat. Termasuk harus bisa memahami dan dapat menerima keterangan berbagai hal baru serta bisa menerangkan kepada masyarakat.

Sedangkan pada jenjang Ulya santri dirancang untuk dapat menjadi rujukan kelas-kelas sebelumnya. Sehingga santri harus benar-benar memahami hukum dan bisa menjawab masalah waqiiyyah (terjadi). Bahkan masalah-masalah yang jarang terjadi.

Selain pogram reguler teresbut, terdapat juga program:

  • Ma’had Aly (4 tahun)
  • Program Manzhumah Ilmi Nahwi dan Safinaatun Najah (40 hari)
  • Program Alfiyah Ibnu Malik (1 tahun)

Untuk biaya pendidikannya adalah

Rp. 800.000Pendaftaran Putra
Rp. 950.000Pendaftaran Putri
Rp. 250.000Bulanan

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Ngangkruk, Bandungsari, Ngaringan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah 58193

Website resmi: https://fadllulwahid.com/wustha.html

Pondok Pesantren Ki Ageng Serang

Berikutnya adalah Ponpes Ki Ageng Serang. Untuk pesantren yang satu ini, bisa dikatakan adalah salah satu pesantren terunik yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan pesantren ini khusus untuk melayani orang yang punya gangguan kejiwaan.

Sejatinya pesantren ini awalnya adalah pesantren Tahfidz, namun sang pendiri yaitu Kiai Ghufron merasa iba atau merasa kasihan kepada orang-orang yang terkena gangguan kejiwaan yang terlantar dipinggir jalan, dikeroyok oleh orang tak dikenal karena sikapnya yang aneh, dan penampilan yang tidak seperti orang normal. Karenanya timbulah ide “aneh” beliau untuk menangani orang yang gangguan jiwa.

Selain menangani orang yang memiliki gangguan kejiwaan, pesantren ini juga menangani santri yang mengalami depresi karena broken home, diputus cinta, gagal mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dan lain sebagainya.

Adapun praktik pengobatan yang dilakukan di Pondok Pesantren Ki Ageng Serang Purwodadi ini adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan ayam putih mulus satu jodo
  • Pemotongan rambut
  • Dimandikan dengan menggunakan air tujuh rupa
  • Menggunakan Asma Allah (Asmaul Husna)
  • Menggunakan istighfar
  • Menggunakan madu
  • Menggunakan obat herbal
  • Menggunakan sholat
  • Menggunakan media air
  • Rehabilitasi

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Karangmanis, Cingkrong, Kec. Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah 58114

Website resmi: –

Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda

Ponpes Miftahul Huda Ngroto
Kredit Foto: Bastian Kamal

Selanjutnya adalah Ponpes Assalafi Miftahul Huda. Secara umum pendidikan di pesantren yang berdiri pada tahun 1975 ini adalah tradisional yang sudah dipadukan dengan pendidikan formal dan berkiblat kepada pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fitrah Kedinding Surabaya.

Adapun Program pendidikan yang ada di Miftahul Huda adalah sebagai berikut:

  • Pendidikan Pagi dan Siang untuk yang menetap atau yang tidak menetap di Pondok, seperti: TK/RA, Ibtida’iyah, Tsanawiyyah dan Aliyah.
  • Pendidikan Siang dan Malam untuk yang menetap atau yang tidak menetap di Pondok, seperti: I’dadiyyah, Ibtida’iyah, Tsanawiyyah dan Aliyah.
  • Program pendidikan yang khusus dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan dan pada waktu liburan sekolah.

Adapun pelajaran pesantren yang akan dikaji para santri adalah mulai dari Al-Quran, hadits,tasawuf, mustholah hadits, nahwu, shorof, fiqih kewanitaan, balaghoh, fiqih, ushul fiqih, tarikh, manaqib, maulid, dan ilmu tauhid.

Selain itu setiap malam 17 Qomariyah, di pesantren ini juga diadakan pengajian dan mujahadah yang diikuti oleh masyarakat luas. Adapun isi mujahadah tersebut adalah istighosah, manaqib, dan maulid.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Kauman No. 10A, Ngroto, Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah 58164

Website resmi: –

Pondok Pesantren Salafiyah Al Marom

Ponpes Salafiyah Al Marom
Kredit Foto: Madin Al Marom

Berikutnya adalah Ponpes Salafiyah Al Marom. Secara usia pesantren ini bisa dikatakan sebagai salah satu pesantren tertua yang ada di Grobogan, hal ini karena Al Marom berdiri pada sekitar tahun 1900-an.

Secara umum, pendidikan di pesantren ini dari dulu sampai sekarang masih teguh menggunakan pola pendidikan salafy yang memakai system sorogan dan bandongan. Program pendidikannya ada Madrasah Diniyah dan Taman Pendidikan Qur’an.

Dalam proses pembelajarannya menerapkan tiga terapan. Yaitu ngaji, jamaah dan khidmah. Santri diwajibkan mengaji dan belajar secara tekun untuk mencari ilmu. Kemudian jamaah, yaitu santri melaksanakan kegiatan bersama-sama dengan masyarakat sebagai simbol ibadah.

Terakhir, khidmah itu belajar bersama masyarakat. Seperti menggelar khaul, selapanan, membaca sejarah nabi atau simtut duror dan pengajian rutin bersama warga.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Menduran, Kec. Brati, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah 58153

Website resmi: –

Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin

Selanjutnya adalah Ponpes Hidayatul Mubtadiin. Pesantren ini memiliki tujuan yaitu ” Mencetak kader-kader pemimpin islam yang berasaskan Ahlus Sunah Wal Jamaah Nahdhotul Ulama’ dan katanya menjauhkan dari faham-faham radikalisme yang berbasis salaf dan mengadopsi model pembelajaran Ponpes Lirboyo Kediri”.

Saat ini Hidayatul Mubtadiin memiliki dua jenis pendidikan, yaitu formal dan non formal. Untuk formalnya ada SMP Islam Terpadu Al Alawi dan SMK Islam Al Alawi.

Adapun pendidikan non formalnya:

  • Madrasah Diniyah Awaliyah

Di program ini santri memiliki target untuk hafal Al-Qur’an juz 30, hafal Nadhom Imrity, hafal Nadhom Qowa’idus Shorfiyah 1 dan 2, hafal Nadhom Durotul Yatimah, hafal Hadits Arba’in Nawawi, memahami serta menguasai Ilmu Syar’iyyah dasar seperti Tauhid, Fiqih, dan Hadits, menguasai Bahasa arab dasar, dll

  • Madrasah Diniyah Wustho

Adapun pada program ini santri memiliki target untuk hafal Nadhom Alfiyah (1000 Nadhom), menguasai Bahasa arab tingkat menengah, dan memahami serta menguasai pelajaran Ilmu Syar’iyyah tingkat menengah yang meliputi Aqidah, Tafsir, Hadits, Fiqih, dll.

  • Madrasah Diniyah Ulya

Sedangkan pada program ini santri memiliki target untuk hafal Nadhom Jawahirul Maknun, hafal hadits-hadits ahkam dan umum, menguasai bahasa arab tingkat atas, dan memahami dan menguasai pelajaran Ilmu Syar’iyyah tingkat menengah atas yang meliputi: Aqidah, Tafsir, Hadits, Fiqih, dll.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Tumenggungan, Genuksuran, Kec. Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah 58114

Website resmi: http://m2phm.blogspot.com/

Pondok Pesantren Manbaul Qur’an

Pesantren terakhir yang kami bahas adalah Ponpes Manbaul Qur’an. Secara umum Pesantren Manbaul Qur’an memiliki beberapa kegiatan, seperti: Tahfidzul Qur‟an, pendalaman kitab kuning, dziba’an dan kegiatan rutin lainnya. Namun kegiatan Tahfidz menjadi program unggulan pesantren ini.

Dalam pelaksanaan program Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren ini khususnya untuk santri pemula yang baru masuk dimulai dengan menghafal atau juz 30 baru, kemudian memilih untuk melanjutkan menghafal juz 1 atau dari surat-surat pilihan.

Untuk teknis pelaksanaannya, program Tahfidz dilaksanakan setiap ba’da sholat subuh dan ba’da sholat maghrib. Kemudian santri berbaris guna persiapan untuk setoran. Adapun targetnya, setiap santri minimal menghafal 1 halaman setiap harinya.

Kemudian dalam proses berjalannya program Tahfidzul Qur’an di pesantren ini selain membimbing santri dalam menghafal Al-Qur’an juga mampu menjadikan seseorang untuk mampu melawan hawa nafsu serta melatih kesabaran sehingga mampu meningkatkan kontrol diri santri selama proses menghafal Al-Qur’an.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Tumenggungan, Genuksuran, Kec. Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah 58114

Website resmi: http://m2phm.blogspot.com/

Nah begitulah ulasan kami mengenai Pondok Pesantren Terbaik di Grobogan.

Kira-kira sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Grobogan yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar