(REVIEW) 7 Pesantren Terbaik di Jakarta Timur (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Jakarta Timur ya? Jika iya, tepat sekali jika berkunjung di blog ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Jakarta Timur terdapat sekitar 45 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 8.817. Jumlah tersebut terbagi menjadi 6.553 santri mukim, dan 2.264 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Minhajurrasyidin

Ponpes Minhajurrasyidin Jakarta Timur
Kredit Foto: Sarah Syahira

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Minhajurrasyidin. Berdirinya pesantren ini adalah pada tahun 1995. Uniknya, yang mendirikan pesantren ini bukanlah kiai ataupun habib sebagaimana pesantren pada umumnya. Melainkan didirikan oleh para pensiunan TNI dan polisi yang memikirkan akhlak dan budi pekerti anak bangsa sesuai dengan tuntutan Islam.

Sistem pendidikannya menggunakan kurikulum milik sendiri. Konsepnya adalah Pendidikan Diniyah Formal Minhajurrosyidin yang disingkat PDF Minhajurrosyidin. Unit pendidikannya ada dua. Ula’ yang setara SMP, dan wustha’ yang setara dengan SMA. Ini mirip dengan pesantren-pesantren kitab kuning di Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Uniknya lagi, Minhajurrosyidin mempunyai program khusus. Yaitu orientasi PT/karir. Jadi memberikan pengetahuan dasar bagi santri yang tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi atau santri yang memilih untuk bekerja selepas mondok. 

Keunggulan lain pesantren ini adalah metode mendidik santri ala Rasulullah. Yaitu mendidik santri menjadi mandiri dengan melatih life skill yang dimilikinya. 

Lewat perkebunan dan perdagangan, santri diwajibkan turun langsung ke lapangan. Ustadz dan ustadzah di ponpes membekali santri pengetahuan bagaimana mengolah tanah perkebunan menjadi subur dan siap tanam. 

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk semua jenjang: sekitar Rp. 6.750.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan semua jenjang: sekitar Rp. 1.000.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. SPG 7, RT.5/RW.9, Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13810

Website resmi: http://minhaajurrosyidiin.com/

Pondok Pesantren Az Ziyadah

Ponpes Az Ziyadah Klender Jakarta Timur
Kredit Foto: Shofiyulloh Bathuthah

Selanjutnya adalah Ponpes Az Ziyadah. Pesantren ini berawal dari sebuah halaqoh di Masjid Al-Husna sekitar tahun 1913-an. Yang kemudian kegiatan ini dilestarikan oleh penerusnya yakni KH. Ahmad Zayadi Muhajir dan kini dipimipin oleh KH. A. Muhajir Zayadi.

Pesantren ini mengadopsi program tarbiyatul mu’alimin – mu’alimat al-islamiyah khas Pesantren Darunnajah Ulujami. Selain itu juga menggunakan kurikulum kemenag dan kemendikbud. Jadi santri tetap mengikuti ujian nasional negara dan mendapatkan ijazah muadalah. Tersedia juga program paket A, B, dan C.

Nah, pesantren ini mempunyai 2 sistem pembinaan santri yang dibimbing oleh bagian pengasuhan, mukim dan kalong. Ada santri mukim (berasrama) 24 jam di pondok, dan ada santri kalong (pulang – pergi).

Selain sibuk belajar dan mengaji, para santri juga mendapatkan pendidikan bathiniyah. Pendidikan ini dilakukan secara rutin, kegiatannya pun macam–macam. Di antaranya mujahadah ke makam para auliya, khotmil qur’an, dan masih banyak lagi. 

Di pesantren ini juga ada kegiatan pengembangan diri. Yakni membantu santri dan santriwati menemukan potensi yang dimilikinya. Sehingga mereka bisa menyelesaikan tantangan yang kelak muncul saat bermasyarakat. 

Saat ini Ponpes Az Ziyadah menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal dari tingkat RA sampai perguruan tinggi. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jalan Madrasah No.1, RT.4/RW.9, Klender, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13470

Website resmi: https://www.instagram.com/pp.azziyadahklender/?hl=id

Pondok Pesantren Al Hamid Jakarta Timur

Ponpes Al Hamid Cilangkap Jakarta
Kredit Foto: Bro Dika

Berikutnya adalah Ponpes Al Hamid. Berdirinya pesantren ini dilatar belakangi keinginan seorang Ulama kharismatik Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri yaitu K.H. Chamim Jazuly yang lebih dikenal dengan Panggilan “Gus Miek” untuk memiliki Pesantren di Jakarta. Singkat cerita akhirnya pesantren ini berdiri pada tahun 2002.

Pesantren ini memiliki visi melahirkan generasi yang mengedepankan iptek dan imtaq, kurikulum pendidikan Pondok Pesantren Al Hamid Jakarta Timur berkiblat pada proses pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Al Falah Ploso.

Selain itu, pesantren ini menggabungkan kurikulum tersebut dengan kurikulum nasional (k-13) yang unggul dalam bidang ilmu teknologi, sehingga baik santri maupun santriwati tetap mendapatkan pendidikan yang seimbang. 

Meskipun mempunyai sisi modern, tapi kegiatan para santri di sini tetaplah salafiyah tulen. Di mana setiap paginya santri memulai hari dengan bermujahadah, dan ngaji kitab kuning. Selain itu, santri juga mempunyai jadwal kegiatan khusus dan dilakukan secara rutin. 

Saat ini Ponpes Al Hamid menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal dari tingkat TK sampai MA. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk jenjang MTS: sekitar Rp. 15.665.000
  • Biaya masuk jenjang MA: sekitar Rp. 16.180.000
  • Biaya bulanan semua jenjang: sekitar Rp. 1.500.000
  • Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah,

Alamat putra: Jl. Cilangkap Baru No.1, RT.12/RW.2, Munjul, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13850

Alamat putri: Jalan Raya Cilangkap Baru No.1 Cilangkap – Cipayung, RT.4/RW.3, Pd. Ranggon, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13850

Website resmi: https://alhamid.id/

Pondok Pesantren Ibnu Hajar Boarding School

Ponpes Ibnu Hajar Boarding School
redit Foto: David

Selanjutnya adalah Ponpes Ibnu Hajar. Pesantren ini memiliki visi menjadi sebuah lembaga pendidikan islam yang maju dan bermutu serta bermanhaj salaf ahlu sunnah wal jama’ah. 

Dalam pendidikannya, pesantren ini menggunakan Kurikulum terpadu Umum (dibawah naungan Diknas) dan Diniyyah (dibawah naungan Universitas Islam Madinah). Para santri belajar di kelas-kelas pagi hingga siang hari dan malam harinya belajar hafalan Al-Qur`an dan ilmu agama dalam halaqah-halaqah hingga subuh keesokan harinya. 

Santri akan mendapatkan pembekalan keterampilan hidup, pendidikan karakter serta adab akhlak mulia. Tak hanya itu penguasaan ilmu pengetahuan & teknologi informasi yang mumpuni sangat ditekankan di pesantren ini

Uniknya KBM santri di pesantren ini menggunakan notebook dan didukung dengan aplikasi E-Learning berbasis website yang dibisa dipantau orangtua siswa kapanpun dan dimanapun.

Saat ini Ponpes Ibnu Hajar menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal dari tingkat TK sampai Ma’had Aly. Adapun bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk jenjang SMP: sekitar Rp. 35.000.000
  • Biaya masuk jenjang SMA: sekitar Rp. 37.000.000
  • Biaya bulanan semua jenjang: sekitar Rp. 4.000.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Mushola Fathul Ulum No.11, RT.9/RW.1, Munjul, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13850

Website resmi: https://ihbs.sch.id/

Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al Utsmani Jakarta Timur

Ponpes Tahfiz Quran Al Utsmani
Kredit Foto: Fitrah Nugraha

Berikutnya adalah Ponpes Tahfidz Al Utsmani. Pesantren ini merupakan salah satu pionir pencetak hafiz di Indonesia. Pesantren yang dibangun pada 1995 ini mendedikasikan diri dalam pembelajaran tajwid dan tahfiz.

Ada dua program utama yang disiapkan oleh pesantren bagi peserta yang ingin mengikuti kegiatan. Yaitu, bimbingan di dalam lembaga dan di luar lembaga.

Bimbingan di dalam lembaga dibagi menjadi dua, ada program pesantren dan pulang-pergi. Bimbingannya juga dibagi beberapa jenjang, ada untuk TK atau PAUD, SD, SMP, dan SMA. Tapi, untuk pilihan asrama wajib lulusan SMA/ MA sederajat.

Bagi peserta yang memilih program asrama, mereka akan penuh mendapat pendidikan dan pembelajaran tentang Alquran setiap hari. Bagi yang memilih pulang-pergi, pertemuan seminggu tiga kali, dua kali, hingga seminggu sekali untuk kategori dewasa. Sementara, untuk usia SD hingga SMA minimal sepekan tiga kali. Peserta usia TK atau PAUD pertemuan dilakukan lima kali dalam sepekan.

Metode menghafal yang diterapakan di pesantren ini adalah metode utsmani. Metode Utsmani adalah suatu metode yang memiliki tujuan untuk mengajarkan murid agar dapat membaca al-Qur’an dengan benar terlebih dahulu, tanpa memberikan beban menghafal teori. Setelah menguasai bacaan, kemudian mempelajari teori dan berlanjut kepada menghafal.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Munggang No.6, RT.8/RW.1, Balekambang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13530

Website resmi: –

Pondok Pesantren Tapak Sunan Jakarta Timur

Ponpes Tapak Sunan
Kredit Foto: Tapak Sunan Official

Selanjutnya adalah Ponpes Tapak Sunan. Pesantren ini berdiri pada tahun 1990 dengan pendidikan pertama Madrasah Islamiyah Salafiyah. Namun seiring berjalannya waktu, kini Tapak Sunan memiliki banyak jenjang, seperti MTs, Madrasah Aliyah, serta ada Madrasah Ibtidaiyah (MI). Namun demikian yang MI tidak wajib asrama.

Untuk kurikulum pendidikan di pesantren ini ada tiga. Pertama adalah kurikulum pendidikan formal yang mengacu kepada MTs dan MA, sehingga tidak perlu khawatir dengan yang namanya ijazah formal.

Kedua adalah pendidikan salafiyah, yaitu pendidikan khusus untuk pendalaman Islam. Di antara yang dipelajari di Pesantren ini adalah nahwu, shorf, tauhid, fiqh, hadist, dan lain sebagainya. Di pesantren ini pendidikan salafiyah bukanlah ekstra, tapi menu wajib. Ketiga ada bimbingan Tauhid dan Akhlaq khusus yang langsung oleh pengasuh pesantren.

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk semua jenjang: sekitar Rp. 10.000.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan semua jenjang: sekitar Rp. 700.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Kayu Manis AMD 28 RT 03, Jl. Raya Condet No.39, RT.3/RW.5, Balekambang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13530

Website resmi: https://tapaksunan.sch.id/

Pondok Pesantren As Shidiq Islamic Boarding School

Ponpes As Shidiq Jakarta Timur
Kredit Foto: Muhammad Ayyub

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes As Shidiq. Pesantren ini menyelenggarakan pendidikan berdasarkan pada kurikulum yang berlaku dan berlandaskan pada Al-Qur’an & As-Sunnah. Peserta didik akan diajarkan dan dipandu untuk menghafal Al-Qur’an 30 Juz.

Uniknya di pesantren ini para santri akan belajar Al Qur’an dan kurikulum sekolah dengan cara yang menyenangkan. Siswa dilatih membaca, hafalan, dan berceramah secara bertahap dengan mendapat bimbingan dari para guru, hafidz, dan Syekh, baik dari dalam negeri maupun Timur Tengah.

Saat ini program pendidikan yang tersedia di As Shidiq adalah pendidikan formal dari level Paud sampai SMA. Tersedia program pendidikan pesantren untuk murid-murid tingkat SMP dan SMA. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk jenjang MTS dan MA: sekitar Rp. 13.000.000)
  • Biaya bulanan jenjang MTS dan MA: sekitar Rp. 1.500.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Rw. Kuning No.16, RT.1/RW.2, Pulo Gebang, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13950

Website resmi: https://ashshiddiq.sch.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Jakarta Timur yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

(REVIEW) 5 Pondok Pesantren Tahfidz di Jakarta (2021)

(REVIEW) 7 Pesantren Terbaik di Jakarta (2021)

Tinggalkan komentar