(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren Terbaik di Jakarta (2022)

Anda sedang mencari pesantren terbaik di Jakarta? Jika iya maka Anda sangat beruntung! Di artikel ini kami telah mengumpulkan beberapa rekomendasi pesantren terbaik di Jakarta. Oh ya hanya saja di artikel ini kami tidak mencantumkan pesantren di jakarta timur dan pesantren tahfidz di jakarta ya. Hal ini karena kami telah merangkumnya di tulisan berbeda.

(REVIEW) 7 Pesantren Terbaik di Jakarta Timur (2021)

(REVIEW) 5 Pondok Pesantren Tahfidz di Jakarta (2021)

Pondok Pesantren Darunnajah

Kredit Foto: Evelyn

Pesantren terbaik di Jakarta pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Darunnajah. Darunnajah didirikan pada tanggal 1 April 1974 oleh (Alm) KH. Abdul Manaf Mukhayyar dan dua rekannya (Alm) KH. Qomaruzzaman dan KH. Mahrus Amin, dengan sistem kurikulum yang terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran bahasa Arab dan Inggris secara intensif.

Dengan didukung oleh lingkungan yang asri, Darunnajah berupaya untuk mencetak manusia yang muttafaqoh fiddin untuk menjadi kader pemimpin umat/bangsa, selalu mengupayakan terciptanya pendidikan santri yang memiliki jiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, kebebasan berfikir dan berperilaku atas dasar Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW untuk meningkatkan taqwa kepada Allah SWT.

Sebagai jenis pesantren modern,santri Darunnajah mempunyai pikiran terbuka dan moderat, tanpa menghilangkan unsur peran Islam. Kemudian disiplin dan kesederhanaan, diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan pesantren.

Mengenai kurikulumnya, Darunnajah menerapkan kurikulum Tarbiyatul Mu’allimin wal Mu’allimat al-islamiyah (TMI) selama 6 (enam) tahun yang setara dengan Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Pada jenjang menengah atas, para santri dapat memilih jenjang pendidikan: Madrasah Aliyah (Program Studi IPS dan Keagamaan) dan Sekolah Menengah Atas (Program Studi IPA).

Seiring berjalannya waktu, Darunnajah dengan keikhlasan dan idealisme para pendirinya, lembaga ini terus berkembang, bahkan hingga saat ini memiliki Saat ini Darunnajah memiliki 17 Cabang dan 57 satuan Pendidikan yang tersebar di Sumatra, Tangerang, Bogor, Jakarta, dan Serang.

Mengenai biaya pendidikannya bisa di cek di link ini

Alamat lengkap pesantren: Jl. Ulujami Raya No.86, RW.7, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250

Website resmi: https://darunnajah.com/

Informasi lebih detail bisa klik di link ini

Pondok Pesantren Daarul Rahman Jakarta

Kredit Foto: Andri Kresna Dtt

Berikutnya adalah Ponpes Daarul Rahman. Pesantren yang terletak di Jakarta Selatan ini berdiri pada sekitar tahun 1975. Pendirinya adalah Prof. Dr. KH. Syukron Ma’mun bersama kawan-kawannya. Beliau merupakan tokoh yang sudah berkiprah secara nasional. Baik di kancah dakwah, bahkan perpolitikan.

Dalam menjalankan pendidikannya, Daarul Rahman memiliki visi berupa:  “Menjunjung tinggi syariat islam dengan berpegang teguh ajaran ahlu sunnah wal jamaah (aswaja).” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Membentuk generasi muda ber-IMTAQ
  • Mencetak generasi muda ber-IPTEK
  • Mewujudkan pribadi berdisiplin
  • Menyelenggarakan pendidikan secara profesional
  • Memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat dengan pelayanan prima

Mengenai system pendidikannya, Daarul Rahman menggunakan sistem pendidikan terpadu yaitu perpaduan antara sistem yang ada di pondok pesantren Modern Gontor Ponorogo, dengan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai ciri khasnya, dan sistem Pondok Pesantren Salafiyah yang mengajarkan kitab-kitab kuning, seperti Fathul Qorib, Fathul Mu’in, Kifayatul Akhyar, Bidayatul Mujtahid, Jurumiyah, Imrithi dan Alfiyah.

Disamping itu, Daarul Rahman juga mengajarkan pendidikan kewarganegaraan (al-tarbiyah al-wathaniyah), bahasa Indonesia (al-lughah al-indunisiyah), matematika (al-riyadhiyat) dan ilmu pengetahuan alam (al-ulum al-thabi’iyah) dengan berdasarkan kurikulum 2013 (K13) yang sudah di revisi.

Saat ini Ponpes Daarul Rahman menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal setara SMP dan SMA. Bahkan kini Kampus Daarul Rahman selain terdapat di Jakarta, ada juga di Bogor dan Depok.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 7.000.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 845.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Purwa Raya I, RT.7/RW.6, Cipedak, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630.

Website resmi: https://pp-daarulrahman.sch.id/

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah

Kredit Foto: Miftahuddin Aic

Selanjutnya adalah Ponpes Asshidiqiyah. Pesantren yang sudah memilki cabang di 11 kota ini didirikan oleh ulama kharismatik KH. Noer Muhammad Iskandar pada 1985. Mengenai penamaannya, Asshiddiqiyah terinspirasi dari sosok Nabi Muhammad SAW yang memiliki sifat Assiddiq. Harapannya santri setelah lulus bisa mengemban sifat mulia tersebut.

Mengenai pendidikannya, Asshiddiqiyah bercorak seperti pesantren NU kebanyakan dengan pendidikan formal di waktu pagi dan diniyyah di waktu sore dan malam. Karenanya pendidikan di pesantren ini lebih fokus pada aspek pendalaman agama melalui kitab kuning, yang mana tentu tanpa melupakan pendidikan formal.

Nantinya kitab-kitab yang dipelajari tersebut terbagi menjadi dua, ada kelompok ilmu syar’iyah seperti kitab-kitab fiqih, tauhid, hadist, tafsir, dan lain sebagainya. Di mana memiliki fungsi sebagai pendalaman santri terhadap agama Islam.

Kemudian kitab yang non syar’iyah, yaitu kitab-kitab ilmu alat, seperti nahwu dan shorf yang fungsinya agar santri fasih dalam membaca kitab kuning gundul. Ditambah dengan ilmu tambahan seperti balaghah, mantik, dan lain sebagainya. 

Tak ketinggalan terdapat banyak ekstrakulikuler yang tersedia untuk meningkatkan skill dan kemampuan para santri dalam bakat dan minatnya. Selain itu meskipun dari sisi coraknya merupakan pesantren salafiyah, Asshidiqiyah memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan modern. Bahkan tersedia AC hampir di setiap ruangannya.

Saat ini Ponpes Asshidiqiyah Jakarta mengelola pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang SMP, MTs, SMA, dan SMK. Yang mana nantinya keseluruhan jenjang pendidikan tersebut terbagi menjadi program tahfidz dan non tahfidz.

Mengenai biaya pendidikannya bisa di lihat di link ini

Alamat lengkap pesantren Jl. Panjang No. 6C, RT.7/RW.11, Kel. Kedoya Utara, Kec. Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520

Website resmi: https://www.asshiddiqiyah.com/

Pondok Pesantren Gratis Al Isyraq

Kredit Foto: Pondok Pesantren Terbuka Gratis Al Isyraq

Berikutnya adalah Ponpes Al Isyraq. Pesantren Al-Isyraq adalah lembaga pendidikan yang berawal dari Majelis Ta’lim yang tersebar di wilayah Jakarta barat dan sekitarnya dengan nama yang berbeda-beda. Kemudian pada tanggal 6 Desember 2009 pada waktu Isyraq, majelis ta’lim tersebut melebur dan disematkan nama al-Isyraq.

Dalam menjalankan pendidikannya, Al Isyraq berpegang pada visinya yaitu: “Mewujudkan santri yang dapat menulis dan membaca kitab kuning, cerdas, berakhlak dan bertanggung jawab, serta mewujudkan masyarakat muslim yang berakhlak mulia sejahtera lahir dan bathin dalam ikatan Ukuwah Islamiyyah, sehingga dapat menjadi Rahmatan Lil Alamin.” Dari visi tersebut lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Memasyarakatkan kitab kuning
  • Memberikan bimbingan dan pembinaan pada santri untuk meningkatkan pemahaman agama Islam
  • Memberikan pelayanan untuk keperluan-keperluan ritual

Secara umum corak pendidikan di Al Isyraq adalah salafiyah. Karena itu pendidikannya mengedepankan kajian kitab kuning dengan masa belajar enam tahun. Kemudian pesantren ini pun didesain untuk kalangan dewasa, segingga para santri juga dilatih tentang penalaran dan intelektual.

Setiap semester, para santi nantinya akan memiliki target kitab-kitab yang harus dikuasai. Misalnya di semester empat para santri harus menguasai kitab Fathul Majid, Ummul Barahin, dan lain sebagainya.

Nah meskipun gratis tapi pendidikannya ketat. Setiap semester nantinya ada yang namanya ujian lisan dan tulisan. Juga ada praktek terjun ke masyarakat melalui ceramah di hadapan banyak orang. Bahkan hebatnya lagi ada tugas karya tulis.

Alamat lengkap pesantren: Kampung Perjuangan, Jl. F No.56, RT.10/RW.10, Kec. Kebon. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530

Website resmi: https://alisyraq.com/

Pondok Pesantren Mirqot Ilmiyah Al-Itqon

Kredit Foto: Pondok Pesantren Mirqot Ilmiyah Al-Itqon

Berikutnya adalah Ponpes Al Itqon. Pesantren ini didirikan secara resmi pada tahun 1992, meskipun jauh sebelum itu cikal bakalnya sudah ada dan tumbuh berkembang. Al-Itqon berawal dari kegiatan ta’lim dalam kelompok kecil yang dilakukan oleh KH Mahfudz Asirun, pada tahun 1985 yang dalam perkembangan selanjutnya jamaah semakin bertambah dan menjangkau semua lapisan masyarakat.

Secara umum kegiatan santri di Al Itqon berupa:

  • Pengkajian Kitab Salafiyah
  • Pengkajian Ilmu Alqur’an
  • Kursus Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
  • Keterampilan Dakwah/Khitobah
  • Majlis Ta’lim Mingguan dan Bulanan
  • Rihlah Ilmiyyah

Saat ini Al Itqon menyelenggarakan dua jenis pendidikan yaitu pendidikan Madrasah dan pendidikan kepesantrenan.

Pendidikan Madrasah terdiri atas empat jenjang, yaitu :

  • Taman Kanak-Kanak Al-qur’an (TKA)
  • Madrasah Diniyyah Takmiliyah (MDT)
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs)
  • Madrasah Aliyah (MA)

Mengenai kurikulum yang digunakan pada MTs dan MA berupa kurikulum pokok, yakni kurikulum nasional, dan kurikulum pelengkap(kurikulum lokal/kepesantrenan).

Adapun untuk Madrasah Diniyah nantinya memiliki empat jenjang, yaitu ‘Idadiyah, Awwaliyah, Wustha, dan ’Ulya. Yang mana kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Kemenag dan lokal. Untuk Buku pegangan tiap mata pelajaran lokal menggunakan bahasa Arab.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 7.975.000Biaya masuk MTs
Sekitar Rp. 7.035.000Biaya masuk MA
Sekitar Rp. 880.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. H. Selong, RT.5/RW.3, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

Website resmi: –

Pondok Pesantren Terpadu Khairul Ummah

Kredit Foto: Ahmad Abdul Muis

Berikutnya adalah Ponpes Khairu Ummah. Pesantren yang terletak di wilayah Jakarta Utara ini didirikan pada tahun 2012 oleh KH Oman Syahroni. Sebelum mendirikan pesantren ini, beliau memang sudah memiliki sebuah yayasan yang menaungi Majelis Ta’lim, TPA, dan KBIH.

Dalam menjalankan pendidikannya, Khairul Ummah berpegang pada visinya yaitu: Menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan terdepan dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berahlak baik. Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki siswa
  • Menumbuhkembangkan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran islam untuk membentuk budi pekerti yang luhur
  • Mengembangkan pribadi yang cinta tanah air dalam mewujudkan siswa yang memiliki jiwa patriotism

Selama menempuh pendidikan di Khairul Ummah, para santri nantinya akan mengikuti berbagai program pendidikan. Antara lain:

  • Bilingual Teaching & Conservation

Bahasa arab dan inggris digunakan sebagai bahasa pengantar pembelajaran dan percakapan sehari-hari.

  • Leadership

Program kepemimpinan melalui HIKMAH sebagai bekal bagi santri menjadi pemimpin

  • Tahsin dan Tahfidzul Qur’an

Program memperbaiki bacaan dan menghafal Qur’an agar menjadi pedoman hidup santri

  • Kaderisasi Dawkah

Program dakwah melalui muhadharah sebagai bekal santri menjadi pendakwah

  • Islamic Dormitory

Konsep asrama yang aman dan nyaman dengan bimbingan Pembina dan pengurus asrama.

Saat ini Ponpes Terpadu Khairul Ummah menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang MTs dan MA. Selain itu terdapat juga TPA dan Madrasah Diniyah.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Kapuk Muara Raya No.12, RW.5, Kel. Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460

Website resmi: https://khairulummahsyahroni.com/

Pondok Pesantren Nurul Amanah

Kredit Foto: Athika Susanti

Pesantren terbaik di Jakarta terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Nurul Amanah. Pesantren yang terletak di daerah Jakarta Selatan ini bisa dikatakan merupakan salah satu pesantren bercorak NU terbesar yang ada di Jakarta.

Dalam mendidik para santrinya, Nurul Amanah menggabungkan antara pendidikan salafiyah yang berbasis kitab kuning, disertai dengan unsur pendidikan formal. Penekanan pada pesantren model ini tidak sebatas kecerdasan, tapi juga aspek ruhiyah, hati, yang membiasakan santri dengan akhlak karimah melalui penanaman ibadah harian.

Mengenai kurikulumnya, pesantren ini menerapkan kurikulum Kemenag dan kurikulum kepesantrenan. Kurikulum Kemenag nantinya diterapkan dalam pelaksanaan pendidikan formal jenjang MTs dan MA. Adapun kurikulum kepesantrenan diterapkan di jam pelajaran Madrasah Diniyah yang dilaksanakan siang dan malam hari.

Dengan diterapkannya kurikulum tersebut, menjadikan para santri memiliki pemahaman agama dan keduniaan secara seimbang.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Moh. Kahfi II No.1, RT.5/RW.8, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12640

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Jakarta yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar