100+ Pesantren Terbaik di Jawa Barat

Anda sedang mencari pesantren terbaik di Jawa Barat sebagai referensi untuk pendidikan agama Anda atau untuk buah hati Anda? Jika iya maka Anda sangat beruntung. Di artikel ini kami telah mengumpulkan lebih dari 100 pesantren terbaik yang ada di Jawa Barat. Baik itu pesantren yang bercorak modern, tradisional, atau semi modern. Ada juga pesantren yang menfokuskan kepada tahfidz, kitab kuning, thariqoh atau bahkan pendidikan umum.

Yuk simak ulasan kami berikut ini!

Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya

Kredit Foto: Rio Barbara

Pesantren terbaik di Jawa Barat pertama adalah Ponpes Suryalaya. Pesantren ini dirintis oleh Syaikh Abdullah bin Nur Muhammad atau yang lebih dikenal dengan panggilan Abah Sepuh, pada masa perintisannya banyak mengalami hambatan dan rintangan, baik dari pemerintah kolonial Belanda maupun dari masyarakat sekitar.

Hal unik yang terdapat di pesantren ini adalah adanya program inabah. Inabah adalah sebuah program rehabilitasi bagi pecandu narkotika, remaja-remaja nakal, dan orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan. Konsep perawatan korban penyalahgunaan obat serta kenakalan remaja adalah mengembalikan orang dari perilaku yang selalu menentang kehendak Allah atau maksiat, kepada perilaku yang sesuai dengan kehendak Allah atau taat.

Selain itu, hebatnya lagi Ponpes Suryalaya menyelenggarakan banyak sekali program pendidikan formal. Secara umum, di pesantren ini terdapat lembaga formal umun dan lembaga formal keagamaan. Lembaga formal umum seperti, TK, SMP, SMA, SMK, dan STIE. Adapun lembaga formal keagamaan seperti MTS, MA, dan IAI. Nah lembaga pendidikan yang ada di Suryalaya secara langsung atau tidak langsung, berperan serta dalam mengembangkan Thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah. 

Website resmi: https://www.suryalaya.org/

Pondok Pesantren Modern Darussalam Ciamis

Kredit Foto: Muhammad Khoirusshalihin

Berikutnya adalah Ponpes Modern Darussalam. Pesantren ini berdiri tahun 1929. Pendirinya adalah KH Ahmad Fadlil. Pada awal berdirinya Darussalam hanya memiliki sebuah rumah tempat tinggal Kiai, sebuah masjid dan sebuah asrama (pondok) yang sederhana. Namun kini, telah memiliki fasilitas bangunan yang relatif lengkap dan bahkan cukup megah.

Para pengurus akan senantiasa mendidik para santri agar menguasai dasar-dasar agama Islam beserta metodologi bidang keahliannya sehingga mampu memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di kawasan keahliannya, serta mampu berfikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuan Islam sekaligus sebagai ulama waratsatul anbiya.

Untuk sistem pendidikannya menggunakan model formal di pagi hari dan diniyyah di sore hari. Terdapat jenjang tamhidy, ula, dan seterusnya. Namun yang kami perhatikan, pendidikan formal di pesantren ini menjadi daya tarik. Kini pesantren ini menyelenggarakan pendidikan formal antara lain Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, MTs Darussalam, MAN 1 Darussalam, SMA Plus Darussalam dan Institut Agama Islam Darussalam (IAID).

Website resmi: https://www.darussalamciamis.or.id/

Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung

Kredit Foto: SMP Daarut Tauhid Bandung Boarding School Kampus Putra

Selanjutnya adalah Ponpes Daarut Tauhid Bandung. Daarut Tauhid merupakan salah satu Ponpes yang sangat masyhur di Indonesia. Hal ini amatlah wajar karena pendiri dan pengasuhnya adalah salah satu ulama kenamaan Indonesia yaitu KH Abdullah Gymnastiar atau yang lebih dikenal AA Gym. Tepatnya pesantren ini berdiri pada 4 September 1990.

Sebagaimana pesantren pada umumnya, DT juga memfokuskan terhadap aktivitas di bidang pendidikan. Kurikulumnya menggunakan kurikulum kombinasi antara kurikulum negara dengan kurikulum kepesantrenan. Hanya saja pesantren ini memiliki ciri khas yang membedakannya dengan pesantren yang lain, salah satunya adalah tingginya intensitas usaha atau aktivitas ekonomi di dalam lingkungan pesantren. Ada dua factor utama yang dapat dikatakan sebagai penyebab kondisi tersebut, yaitu semangat wirausaha dan prinsip kemandirian.

Saat ini Ponpes Daarut Tauhid menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal yang sangat lengkap. DT membuka jenjang pendidikan mulai dari Playgroup, TK, SD, SMP, SMA, SMK, hingga STAI.

Website resmi: https://www.daaruttauhiid.org/

Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon

Kredit Foto: San Andrea

Berikutnya adalah Ponpes Babakan Ciwaringin. Sejatinya Babakan Ciwaringin bukanlah nama pesantren, melainkan sebuah kampung yang terletak di Kecamatan Ciwaringin, yang mana memiliki banyak pesantren di dalamnya. Tercatat ada lebih dari 40 pesantren yang tersebar di kawasan ini.

Secara umum, tujuan pendidikan di seluruh Pondok Pesantren yang ada di Babakan diarahkan pada upaya membentuk para santri dan pelajar yang memiliki kecerdasan dan menguasai ilmu agama dan umum serta ketrampilan tertentu. Nantinya setiap pesantren tersebut memiliki beberapa bidang spesialiasi. Misalnya ada pondok yang fokus pada Al-Qur’an, Hadits, Fiqih, dll.

Kemudian mengenai pendidikan yang terlaksana, kebanyakan masih menggunakan metode tradisional. Yang mana system pengajarannya menggunakan dua metode, bandongan dan sorogan. Selain itu terdapat juga jenjang pendidikan formal seperti MI, MTS, MA, dan Ma’had Aly yang terletak di kawasan Babakan Ciwaringin.

Adapun pesantren yang paling besar di kawasan ini adalah Pondok Pesantren As-Salafie, Pondok Pesantren Kebon Jambu, dan Pondok Pesantren As-Sanusi.

Pondok Pesantren Al Hamidiyah Depok

Kredit Foto: Akmal Eky

Selanjutnya adalah Ponpes Al Hamidiyah Depok. Pesantren ini didirikan pada 17 juli 1988 oleh KH. Achmad Sjaichu. Ciri khas Al-Hamidiyah adalah pesantren nahdhatul ulama atau biasa disebut nahdiyin. Karena sang pendiri, sudah terkenal dengan sepak terjangnya di ormas Islam terbesar indonesia tersebut.

Tetapi, ada yang istimewa dari Al-Hamidiyah ini, selain kental dengan budaya nahdiyin, para santri Al Hamidiyah juga dibekali dengan penguatan pendidikan karakter yang menjadi fokus utama, khas pesantren modern.

Identitas Al Hamidiyah adalah kolaborasi dari 3 poin utama pondok pesantren. Yakni bahasa arab, Al-Qur’an, dan kitab kuning klasik. Pembelajaran bahasa arab yang ada di Al-Hamidiyah ini meliputi durusul lughoh, mothola’ah, hadist, imla, nahwu shorof dan imriti. 

Bahkan, meskipun para santri sudah mahir berbahasa arab dan inggris, para pengurus masih terus melakukan pengembangan dan perbaikan kualitas pondok pesantren, yaitu melakukan kerjasama dengan Cambridge University Press. 

Saat ini Pesantren Al Hamidiyah menyelenggarakan pendidikan dari tingkat TK-Perguruan tinggi.

Website resmi: https://www.al-hamidiyah.sch.id/

Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta

Kredit Foto: Pondok Pesantren Al Muhajirin

Berikutnya adalah Ponpes Al Muhajirin Purwakarta. Bisa dikatakan pesantren yang didirikan oleh Drs. KH. Abun Bunyamin MA pada tahun 1991 ini adalah pesantren terbesar dan termegah di Purwakarta. Dikatakan besar karena pesantren ini kini telah menampung lebih dari 5000 santri yang mengikuti berbagai unit pendidikan yang tersedia di Al Muhajirin.

Mengenai pembelajarannya, Al Muhajirin mengintegrasikan kurikulum pesantren berbasis salaf (kitab kuning) dan bahasa dengan kurikulum sekolah berbasis standar nasional. Selain sistem pendidikan berbasis salaf, Al-Muhajirin juga berusaha mengembangkan pendidikan yang berbasis pengembangan kreativitas, intelektualitas, spiritualitas, dan bakat minat santri. Pendidikan tersebut bertujuan untuk mengembangkan dan memperluas khazanah santri dalam menggali ilmu pengetahuan.

Kemudian Al Muhajirin juga rutin memberikan beasiswa bagi santri penghafal Al Qur’an dan kepada alumninya yang kuliah di luar negeri seperti di Mesir dan Yaman. Begitu pula Al Muhajirin juga aktif mengirimkan tenaga pengajar Al Qur’an ke masjid, majelis taklim atau pengajian anak-anak di tengah-tengah masyarakat.

Saat ini Pesantren Al Muhajirin menyelenggarakan pendidikan dari tingkat TK-Perguruan tinggi.

Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu

Kredit Foto: Anto Anto

Selanjutnya adalah Ponpes Al Zaytun Indramayu. Al Zaytun merupakan pesantren yang dalam menjalankan setiap programnya dijiwai oleh spirit pesantren, yaitu kebersamaan, keterbukaan, kebebasan, tolong menolong, (ta’awuniyah), saling hormat menghormati, selalu haus akan ilmu pengetahuan, dan berjiwa mandiri.

Kemudian proses pendidikan yang dilaksanakan di Al-Zaytun didasarkan pada sebuah sistem yang terpadu yang mampu mengarahkan peserta didik mengikuti suatu skema pendidikan yang disebut dengan one pipe education system.

Skema tersebut maksudnya adalah mulai dari level paling asas (elementary) sampai dengan level tertinggi dalam dunia akademik (doctoral) dalam sebuah sistem yang terpadu yang mengkombinasikan kereligiusan, science technology, agriculture, sports, arts, culture dan information technology.

Salah satu keunggulan pesantren ini adalah luasnya lahan dan fasilitas lengkap yang tersedia. Area lebih dari 1200 hektar disediakan untuk melaksanakan sistem pendidikan di Al-Zaytun. Areal 200 ha disediakan bagi sarana kompleks pendidikan seperti gedung pembelajaran, gedung asrama siswa putra maupun putri, masjid, sarana olahraga yang lengkap dan sarana lainnya yang mendukung kegiatan pendidikan yang dihajatkan.

Saat ini Al Zaytun menyelenggarakan pendidikan dari tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi.

Website resmi: https://www.al-zaytun.sch.id/

Nah itulah ulasan kami mengenai beberapa pesantren terbaik di Jawa Barat. Jika Anda ingin tau lebih banyak mengenai pesantren terbaik dan terbesar yang ada di Jawa barat bisa klik tulisan kami yang ada di bawah ini:

(REVIEW) 7 Pondok Pesantren di Indramayu Paling Bagus (2021)

(REVIEW) 7 Pesantren di Cirebon Paling Bagus (2021)

(REVIEW) 9 Pesantren Terbaik di Kuningan (2021)

(REVIEW) 7 Pondok Pesantren di Majalengka Paling Bagus (2021)

Rekomendasi 7 Pondok Pesantren di Sumedang Terbaik (2021)

(REVIEW) 9 Pesantren Terbaik di Subang (2021)

(REVIEW) 7 Pesantren Terbaik di Garut (2021)

(REVIEW) 9 Rekomendasi Pesantren di Tasikmalaya 2021

Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Ciamis (2021)

(REVIEW) 9 Pondok Pesantren Terbaik di Bandung (2021)

(REVIEW) 5 Pondok Pesantren Tahfidz di Bandung (2021)

(REVIEW) 7 Pondok Pesantren Terbaik di Bandung Barat (2021)

(REVIEW) 5 Pesantren di Cimahi Paling Recommended (2021)

Rekomendasi 7 Pondok Pesantren Terbaik di Cianjur (2021)

(REVIEW) 7 Pesantren Terbaik di Karawang (2021)

(REVIEW) 9 Pondok Pesantren di Purwakarta Terbaik (2021)

(REVIEW) 7 Rekomendasi Pesantren di Sukabumi (2021)

Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Depok (2021)

9 Pesantren di Bekasi Paling Bagus (2021)

(REVIEW) 5 Pesantren Tahfidz di Bekasi (2021)

9 Pesantren di Bogor Paling Recommended (2021)

(REVIEW) 5 Pesantren Tahfidz di Bogor (Terbaik 2021)

Penutup

Bagaimana sudah jelas mengenai Pesantren Terbaik di Jawa Barat? Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mencari pendidikan yang terbaik untuk buah hati Anda ya!

Tinggalkan komentar