(REVIEW) 7 Pesantren Terbaik di Karawang (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Tampaknya, Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Karawang ya? Jika iya, tepat sekali jika datang ke artikel ini.

Harus Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Karawang terdapat sekitar 462 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 38.252. Jumlah tersebut terbagi menjadi 13.559 santri mukim, dan 24.692 santri non mukim.

Pondok Pesantren Modern Nurussalam Karawang

Pesantren Nurussalam Karawang
Kredit Foto: Mio

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Modern Nurussalam. Pesantren ini berdiri pada tahun 1981. Pendirinya adalah KH.Nurdin (alm). Saat itu beliau menggunakan pembelajaran system salafi yang berfokus pada pendidikan agama Islam dengan kitab-kitab klasik  karya para ulama zaman terdahulu.

Namun setelah beberapa tahun kemudian para keluarga yayasan pada tahun 1995 bermusyawarah dan memutuskan untuk mengkolaborasi system pondok modern tanpa meninggalkan system salafinya.

Pesantren ini memiliki panca jiwa yang terkandung di dalam setiap aktifitas para santri. Panca jiwa tersebut diadopsi dari pemikiran KH. Imam Zarkasyi, salah satu pendiri (Trimurti) dari Pondok Modern Darussalam Gontor. Panca jiwa itu adalah jiwa keikhlasan, jiwa kemandirian, jiwa berdikari (mandiri), jiwa ukhuwah islamiyyah dan jiwa kebebasan.

Keunikan dari pesantren ini adalah dalam pengajaran Bahasa arab. Para pengurus menerapkan Direct Method untuk mempercepat penguasaan bahasa arab para santri. Dalam metode ini sebuah, bahasa langsung dan terus menerus santri gunakan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Metode ini mengajarkan bahasa dasar sangat cepat sekali dan para santri dalam hitungan minggu/bulan mampu mempraktekan bahasa arab dengan teman-teman sejawatnya.

Saat ini Ponpes Modern Nurussalam menyelenggarakan pendidikan tingkat SMP dan SMA menggunakan kurikulum KMI Gontor. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Medangasem KM.4, Medangasem, Jayakerta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41352

Website resmi: –

Pondok Pesantren Al Muslih

Ponpes Al Muslih Karawang
Kredit Foto: Riva Aida

Selanjutnya adalah Pondok Pesantren Al Muslih. Pesantren ini berdiri pada tahun 1999. Nama Al Muslih diambil dari nama Hadrotus Syekh KH. Mushlih (yang masyhur dengan sebutan AJENGAN JENGGOT), seorang tokoh pejuang perintis kemerdekaan sekaligus tokoh ulama dan pendiri pondok pesantren pertama di Telukjambe pada tahun 1936 (sekarang WISMA KERJA PERURI).

Pesantren ini memiliki visi “Dengan metode Klasik dan Modern Pondok Pesantren Al-Mushlih menyiapkan muslim yang kafah”. Untuk mewujudkan cita-cita dan harapan sesuai dengan visi tersebut, para pengurus merealisasikannya dengan program-program unggulan pesantren, antara lain tafsir Al-Qur’an, hl-hadits dan ilmu hadits, gramatikal tata bahasa arab (nahwu, shorof dengan methode amsilatie), dan kajian kitab kuning meliputi (tauhid, fiqih, dan akhlaq/tasawuf.

Dalam perkembangannya pesantren ini tidak saja menyelenggarakan pendidikan non formal seperti Pondok Pesantren, Majelis Taklim, TPA, Pengajian Anak-anak dan lain-lain, tetapi juga menyelenggarakan pendidikan formal seperti yang saat ini sudah berjalan yaitu SMP Al-Mushlih.

Pada saat ini Pesantren Al-Mushlih memiliki sebuah bangunan permanen berukuran 9×32 meter persegi berlantai dua dengan jumlah ruangan 8 ruang kelas. Pada pagi hari, ruang kelas di lantai bawah menjadi tempat belajar siswa SMP Al-Mushlih, sedangkan pada sore dan malam hari untuk kelas belajar santri. Adapun lantai atasnya untuk asrama santri putra.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Jl. Sukagalih, RT.10/RW.04, Telukjambe, Kec. Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361

Website resmi: https://ppalmushlih.wordpress.com/

Pondok Pesantren Qur’an Nurhasanat

Ponpes Nurhasanat Karawang
Kredit Foto: Ahmad Syafei

Berikutnya adalah Ponpes Qur’an Nurhasanat. Sesuai namanya, pesantren yang berdiri pada tahun 2007 ini berfokus kepada Al Qur’an.

Program unggulan di pesantren ini adalah program takhasus. Target dari program ini adalah mampu menyelesaikan hafalan Al Qur’an 30 juz tidak hanya sekedar selesai / khatam, tapi mampu mentasmi’kan hafalannya. Oleh karena itu setiap kegiatan yang Pondok adakan sebisa mungkin disesuaikan dan juga mendukung serta menunjang program takhosus. 

Selain itu terdapat juga program reguler. Program ini adalah program menghafal sekaligus mengikuti pendidikan formal. Target hafalannya pun hanya sekitar 7 juz. Terdapat pendidikan formal jenjang SMP dan SMA. Adapun kurikulumnya adalah memadukan Kurikulum Nasional 2013 dengan Kurikulum Diniyah Pesantren.

Kemudian untuk mengembangkan kepribadian, bakat, minat, dan kemampuan santri, pengurus pun mengadakan berbagai ekstrakulikuler. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut mencakup: Marawis, matc club, science club, arabic club, panahan, futsal, basket, tenis meja, volley ball, dll.

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk SMP: sekitar Rp. 19.140.000
  • Biaya masuk SMA: sekitar Rp. 20.240.000
  • Biaya bulanan SMP: sekitar Rp. 1.650.000
  • Biaya bulanan SMA: sekitar Rp. 1.750.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Cikalongsari, Kec. Jatisari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41374

Website resmi: https://nurhasanat.or.id/

Pondok Pesantren Al Husna Cikampek

Ponpes Al Husna Cikampek
Kredit Foto: Agung Fatahillah

Selanjutnya adalah Ponpes Al Husna. Pesantren ini didirikan oleh Kyai Ahmad Zainuddin, alumni pesantren al-Anwar Rembang Jawa Tengah, sejak tahun 1997 diatas tanah wakaf seluas ± 2.260 m2, yang berlokasi di Cikampek kabupaten Karawang Jawa Barat.

Pesantren ini di bawah naungan Yayasan Daar El-Husna, aktif bergerak di bidang pendidikan, sosial dan dakwah Islam. Dalam bidang pendidikan, al-Husna fokus menjadi pondok pesantren dengan program pendidikan selama 6 (enam) tahun, dengan target lulusan penguasaan kitab-kitab ulama Ahlussunnah wal Jama’ah dan Tahfizh 30 juz.

Di pesantren ini para santri dapat mengembangkan bakatnya dalam ilmu umum dan life skill sesuai minat dan sarana-prasarana. Hal itu baru dapat santri lakukan setelah mereka selesai kegiatan belajar pesantren: ilmu alat dan ilmu keIslaman, atau ketika telah mencapai target hapalan al-Qur’an, sesuai tingkat masing-masing.

Untuk ijazah lulusan, ada dua macam, pertama ijazah pondok, dan kedua ijazah PKBM/ Kejar Paket sebagai penyetaraan. Selain itu sebelum para santri lulusan al-Husna terjun di masyarakat, khusus santri atau santriwati pilihan, mereka akan khidmat di ponpes selama setahun mengamalkan dan melatih ilmu yang mereka dapat, dengan tetap mendapat ujrah yang layak.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Melati, Jl. Dusun Sukamaju Desa, RT.2/RW.10, Cikampek Tim., Kec. Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41373

Website resmi: https://daarelhusna.com/

Pondok Pesantren As Shidiqiyah 3 Karawang

Kredit Foto: Muallif Wijdan

Berikutnya adalah Ponpes As Shidiqiyah. Pesantren ini berdiri pada Tahun 1991. Pendirian Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Karawang berawal dengan pemberian wakaf tanah dari bapak H.Sidiq kepada DR.KH.Nur Muhammad Iskandar SQ setelah penyerahan wakaf tersebut berdirilah Pondok Pesantren Asshiddiqiyah ke 3 di bawah asuhan DR.KH. Nur Muhammad Iskandar SQ. 

Model pendidikannya adalah pendidikan formal di waktu pagi, kemudian madrasah diniyyah di waktu sore hingga malam. Kajian kitab kuning menjadi menu utama. Modelnya sorogan. Sehingga setiap santri bisa mendapatkan pengetahuan Islam disamping pendidikan formal.

Pesantren yang merupakan cabang dari Pesantren As Shidiqiyah Jakarta ini menerapkan disiplin yang cukup tinggi, agar kelak para santi dan alumninya bisa menjadi suri tauladan dan berguna di tengah masyarakat.

Saat ini Pesantren As Shidiqiyah Karawang memiliki beberapa unit pendidikan formal. Antara lain .MI Asshiddiqiyah, MTs Asshiddiqiyah, MA Asshiddiqiyah, SMP Asshiddiqiyah, SMK Asshiddiqiyah, dan STAI Asshiddiqiyah.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini: Dusun Kosbar RT. 002/005, Desa, Sukatani, Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41384

Website resmi: https://www.asshiddiqiyah.com/

Pondok Pesantren Baitul Burhan Karawang

Kredit Foto: Mahmur Hidayat

Selanjutnya adalah Ponpes Baitul Burhan. Pesantren ini berdiri pada akhir tahun 1999 oleh Ajengan Shafwan Abdul Ghoni. Nama Baitul Burhan sendiri diambil dari dua nama pesantren. Baitul diambil dari nama depan ponpes Baitul Hikmah Haur Kuning. Yaitu pesantren pertama beliau menimba ilmu. Kemudian Burhan berasal dari nama ponpes Miftahul Huda Al-Burhani, yaitu ponpes milik ayahnya. Maka jadilah nama Baitul Burhan.

Ponpes Baitul Burhan merupakan jenis pesantren salafi yang fokus keilmuannya lebih pada ilmu-ilmu alat. Pola belajarnya pun masih menggunakan pola tradisional khas pesantren salafi seperti bandungan dan sorogan.

Kitab-kitab islam klasik kitab kuning dijadikan sebagai sumber utamanya. Secara umum semua jenis keilmuan islam seperti fiqih, ushul fiqih, tauhid, tasawuf, tajwid, dan hadits santri pelajari. Tetapi ilmu-ilmu yang berkaitan dengan gramatika bahasa Arab seperti nahwu dan sorof itu mendapatkan porsi yang lebih dibandingkan dengan yang lain. 

Saat ini Pesantren Baitul Burhan selain menyelenggarakan pendidikan informal, juga menyelenggarakan pendidikan formal tingkat SMP dan MA. Adapun bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk program SMP dan MA: sekitar Rp. 5.600.000
  • Biaya masuk program pesantren reguler: sekitar Rp. 3.000.000
  • Biaya bulanan program SMP dan MA: sekitar Rp. 500.000
  • Biaya bulanan program pesantren reguler: sekitar Rp. 400.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Lemahduhur, Tempuran, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41385

Website resmi: https://psb.ppbaitulburhan.com/Home

Pondok Pesantren Nurul Falah Al Huda Karawang

Kredit Foto: Haidar Mubarok

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Nurul Falah Al Huda. Pesantren ini berdiri pada tanggal 30 Desember 2017 dalam naungan Yayasan Nurul Falah Al Mubarokah. Latar belakang berdirinya pesantren ini dimulai dari rasa prihatin yang mendalam dari keadaan atau kondisi sosial dan moralitas masyarakat sekitar yang pengetahuannya terhadap pendidikan sangat tipis,terutama pendidikan agama Islam.

Para pengurus senantiasa berupaya menjadikan santri pesantren ini mempunyai budi pekerti yang baik sesuai dengan ajaran Islam, tekun melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah, santun dalam bertutur dan berperilaku, dan unggul dalam prestasi akademik dan non akademik sebagai bekal melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan atau hidup mandiri.

Saat ini pengelola pesantren menyediakan 3 program sekolah, Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan SMA IT. Program pembelajaran di pesantren ini memadukan antara program Diniyah (ilmu pesantren) dan program Negeri (Ilmu umum).

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini: Jl. Pancawati Darawolong No.9, Cengkong, Kec. Purwasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41373

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Karawang yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

(REVIEW) 9 Pondok Pesantren di Purwakarta Terbaik (2021)

Rekomendasi 7 Pondok Pesantren Terbaik di Cianjur (2021)

Tinggalkan komentar