(REVIEW) 7 Pesantren Terbaik di Kendal (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Sudah tahukah Anda pondok pesantren terbaik di Kendal? Jika belum, tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Sebelumnya, Anda perlu ketahui bahwa saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Kendal terdapat sekitar 119 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 16.418. Jumlah tersebut terbagi menjadi 14.311 santri mukim, dan 2.107 santri non mukim.

Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal

Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal
Kredit Foto: Ponpes Modern Selamat

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Modern Selamat. Pesantren ini berdiri sejak tahun 1992. Pendirinya adalah H. Slamet Soemadyo. Pondok ini berbasis lembaga pendidikan formal disertai pendidikan agama dengan salah satu tujuan yaitu membentuk anak didik yang berakhlakul karimah yang dapat hidup di tengah laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Landasan prinsip kegiatan pesantren berkiblat pada Alquran dan Hadis. Lalu dari segi pembelajaran umum, pesantren ini mengacu pada Kurikulum Kedinasan dan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam membentuk manusia seutuhnya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang tidak terdapat kepentingan suatu golongan.

Kemudian ada banyak ekstrakulikuler yang tentunya asyik dan positif untuk mengisi waktu luang para santri dan santriwati. Antara lain ada Rebana, Seni Baca Al-Quran, Muhadharah, Pramuka, PMR, Paskibra, Provos, Jurnalistik, Seni Tari, Seni Kriya, Kaligrafi, Seni Musik, Komputer, Teater, Pencak Silat, Karate, Tae Kwon Do, Karya Ilmiah Remaja, Sepakbola, Basket, Voli, dan Futsal.

Saat ini pesantren ini menyelenggarakan unit pendidikan formal berupa SMP PMS, SMP Unggulan PMS, SMA PMS, dan SMA Unggulan PMS. Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk semua jenjang: sekitar Rp. 10.550.000 – 10.750.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan semua jenjang: sekitar Rp. 1.000.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Soekarno-Hatta No.Km 3, Gondoarum, Jambearum, Kec. Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51351  

Website resmi: https://pondokmodernselamatkendal.ponpes.id/

Pondok Pesantren Darul Amanah Kendal

Ponpes Modern Darul Amanah Kendal
Kredit Foto: Dwiayanto Arjun

Selanjutnya adalah Ponpes Darul Amanah. Pesantren ini berdiri pada tahun 1990. Pendirinya adalah KH. Mas’ud Abdul Qodir seorang alumni Gontor tahun 1975. Karenanya banyak aspek dari pesantren ini memiliki nuansa khas Gontor.

Kurikulum di pesantren ini merujuk kepada Kurikulum KMI Gontor. Lama masa pendidikan enam tahun, di mana pendidikan formal dan diniyyah sudah disatukan menjadi satu kurikulum di kelas di waktu pagi. Namun demikian di pesantren modern Kendal ini untuk tahun ketiga akan mendapatkan ujian UN tingkat MTs.

Begitu juga ketika tahun keenam, santri akan mendapatkan ujian UN tingkat MA. Yang artinya pendidikan formal mengikuti kemenag. Akreditasinya juga cukup bagus. MTs dan MA mendapatkan A, SMK mendapatkan B.

Meskipun pendidikan modern cukup dominan, namun intensitas kajian kitab kuning pun tidak terlupakan. Di pesantren ini ada namanya kajian amstilati, yaitu cara belajar membaca kitab kuning. Kemudian santri juga akan mempelajari tahsin dengan metode Qiraati.

Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk semua jenjang: sekitar Rp. 4.620.000 – 4.690.000
  • Biaya bulanan semua jenjang: sekitar Rp. 570.000 – 640.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Sukorejo – Tersono No.KM. 04, Kabunan, Ngadiwarno, Kec. Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51363

Website resmi: https://darulamanah.com/

Pondok Pesantren Apik Kaliwungu

Ponpes Apik Kaliwungu
Kredit Foto: Humaidian

Berikutnya adalah Ponpes Apik Kaliwungu. Pesantren ini berdiri pada 12 Pebruari 1919. Pendirinya adalah KH. Irfan bin KH. Musa bin Abdul Baqi bin Mu’arif bin Qomaruddin bin Jiwo Suto (Panembahan Demak Bintoro). 

Uniknya pesantren ini adalah mengelola pendidikan sendiri yang dikenal dengan nama Madrasah Salafiyah Miftahul Hidayah (MSMH). Setiap santri Pondok Pesantren Apik, harus sekolah dan belajar di sekolah tersebut.

Dalam tataran pelaksanaanya, pesantren ini memiliki kelas persiapan selama dua tahun dan masa belajar delapan tahun. Dalam tingkatan kelas persiapan, materi yang menjadi penekanan adalah baca Alquran dengan baik dan benar dan fiqh sehari-hari. Sedangkan untuk kelas lanjutan, ilmu yang diajarkan sangat beragam, mulai dari pemahaman bahasa serta kaidah-kaidahnya hingga ilmu akidah dan tasawuf.

Sementara itu, untuk kelas extrakurikuler di pesantren APIK berbeda dengan pondok-pondok pada umunya. Ada kurang lebih 5 extrakulikuler yang diikuti oleh santri, yaitu pengajian bandongan yang fokus pada ilmu Nahwu dan Balaghoh. Setelah itu ada pembacaan syiir yang disebut lalaran, musyawaroh pelajaran, bahtsul masail atau pemutusan masalah kekinian dan pendidikan psikologi.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Kampung Kauman, Desa Krajankulon, Kecamatan Kaliwungu, Kendal 51372

Website resmi: –

Pondok Pesantren Putri Ar Ribatul Islami (ARIS)

Ponpes Putri Aris Kaliwungu
Kredit Foto: Ahmad Mansurudin

Selanjutnya adalah Ponpes Putri Aris. Sesuai namanya, pesantren ini khusus putri. Pesantren ini didirikan oleh KH. Ahmad Dum Irfan. Sejatinya kegiatan di pesantren ini sudah ada sejak tahun 1930-an, namun peresmiannya baru dilakukan pada 12 Agustus 1978 M bersamaan dengan pengajian kilat/pasaran bulan Ramadhan 1399 H.

Kurikulum yang dipakai adalah kurikulum pesantren. Pada perkembangannya kemudian, pesantren ini menyelenggarakan sistem klasikal, dimana santri dikelompokkan pada tiga jenjang pendidikan yaitu MDAQ (Madrasah Diniyah Awwaliyah Al Qur’an), MMS (Madrasah Mu’allimat Salafiyah), dan kelompok takhassus al Qur’an.

Kegiatan pendidikan yang diselenggarakan sebagaimana kegiatan pendidikan salafi, yaitu kajian kitab dengan metode sorogan (individual) dan bandongan (kolektif). Sorogan adalah santri satu per satu menghadap kiai, sedangkan bandongan adalah santri bersama-sama mendengarkan kajian kitab dari kiai.

Kemudaian pengurus juga mengadakan kegiatan ekstrakurikuler yang terdiri atas dua macam yaitu kegiatan keterampilan wanita (menjahit, menyulam, memasak, jurnalistik dan kebidanan), dan keterampilan dalam bidang keagamaan (perawatan jenazah).

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Pandean, Krajan Kulon, Kec. Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51372

Website resmi: –

Pondok Pesantren Sabilurrasyad Kendal

Kredit Foto: Fitaya KH

Berikutnya adalah Ponpes Sabilurrasyad. Usia pesantren ini tergolong sangat muda, sebab pesantren ini baru menjalankan pendidikan pada tahun 2015. Namun meskipun begitu, pesantren ini telah terbukti melahirkan santri yang berkualitas.

Keunikan pesantren ini terletak pada metode pengajarannya. Pesantren ini mempunyai metode pembelajaran modern yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dimana untuk mengimplementasikannya pesantren ini memberikan fasilitas modern bagi para santrinya.

Kemudian para pengurus senantiasa pemberikan pelayanan yang optimal dan profesional dibidang pendidikan dengan cara pengajaran dan penanaman akhlak Islam, pelatihan praktek kerja, bimbingan dan pengetahuan sehingga santtri memiliki kepampuan dan keahlian dengan berlandaskan Pendidikan Agama dan Pendidikan Moral.

Saat ini Ponpes Sabilurrasyad menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal tingkat SMP dan SMK. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Kyai H. Abdul Wahab, Bojong Glidig, Banyuurip, Kec. Ngampel, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51357

Website resmi: http://sabilurrasyad.com/

Pondok Pesantren Al-Fadlu wal Fadilah Kendal

Selanjutnya adalah Ponpes Al Fadlu wal Fadilah. Pesantren yang berdiri pada tahun 1985 ini menerapkan sistem pendidikan madrasah formal yang didalamnya mencakup kurikulum berbasis transmisi ilmu-ilmu keIslaman.

Kemudian demi kelancaran dan demi ketertiban pendidikan di Pondok Pesantren Al- Fadlu menerapkan sistem kegiatan belajar mengajar yang terikat dengan suatu tahapan atau jenjang pendidikan seperti MPTS (Madrasah Persiapan Tsanawiyah), MTS (Madrasah Tsanawiyah), MA (Madrasah Aliyah), dan juga diselenggarakan Madrasah Takhasus (jenjang pendidikan setingkat lebih atas dari Madrasah Aliyah) serta bagi santri yang ingin menghafalkan Alquran.

Adapun kegiatan santri tergolong menjadi dua, yaitu kegiatan yang terlaksana di jam-jam sekolah mulai pukul 7 pagi sampai pukul 11.30 dengan selingan istirahat mulai pukul 09.30 sampai pukul 10.00.

Yang kedua adalah kegiatan yang terlaksana diluar jam sekolah, seperti sorogan ba’da subuh, pengajian tartilul Qur’an ba’da dhuhur (khusus MPTS dan MTS) musyawarah ba’da Ashar. Belajar wajib ba’da isya’ disamping itu juga diadakan musyawarah mahali 80 yaitu musyawarah fathul wahab dimalam hari yaitu mulai setelah ba’da sholat isya sampai ± 21.00.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Kepatihan, Kutoharjo, Kec. Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51372

Website resmi: –

Pondok Pesantren Al Musyaffa’

Ponpes Al Musyaffa Kendal
Kredit Foto: Ponpes Al Musyaffa

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Musyaffa’. Pendiri pesantren ini adalah KH Muchlis Musyaffa’. Beliau mendirikan pesantren ini pada tahun 1986, tepatnya setelah beliau pulang mondok dari Sukabumi.

Di pesantren ini, para santri akan mendalami isi kandungan Al Qur’an dan Hadits dengan metode salaf. Yaitu berupa pendalaman kitab-kitab klasik (kitab kuning), metode ini sering disebut juga dengan metode salaf. Selain itu ada juga santri yang menghafal Al Qur’an dengan mengikuti program Tahfidz.

Untuk santri, ada yang murni berfokus pada pendalaman kitab salaf tanpa terikat pada lembaga pendidikan apapun selain kitab kuning itu sendiri. Artinya ia tidak sekolah ataupun kuliyah, santri dengan kategori ini disebut dengan santri salaf.

Selain santri salaf, ada juga santri kholaf. Bedanya dengan santri salaf, santri kholaf juga mengikuti pendidikan dari lembaga lain, yaitu Pendidikan SMP dan SMK. Keduanya adalah sekolah yang masih dalam satu yayasan milik Al Musyaffa’.

Saat ini Ponpes Al Musyaffa’ menyelenggarakan pendidikan pesantren sekaligus pendidikan formal tingkat SMP dan SMK. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Kampir, Sudi Kampir, Sudipayung, Kec. Ngampel, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51357

Website resmi: https://ponpesal-musyaffa.blogspot.com/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Kendal yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar