(REVIEW) Rekomendasi 7 Pondok Pesantren di Kota Batu (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Kota Batu? Tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Kota Batu terdapat sekitar 33 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 3.819 Jumlah tersebut terbagi menjadi 3.260 santri mukim, dan 559 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Al Hidayah

Ponpes Al Hidayah Batu
Kredit Foto: Habib Asyik

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Hidayah. Pesantren ini berdiri sejak 1977, dari pesantren salaf, umum, dan pada 1986 lebih inklusif lagi dengan menyediakan asrama dan pendidikan gratis 100% untuk 60-80 santri yatim, piatu, dan miskin/dhuafa tiap tahunnya. 

Jenjang pendidikan yang ada di lingkungan pesantren antara lain Madrasah Ibtida’iyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Diniyah. Seluruh santri PP Al Hidayah adalah santri dhuafa yang mana orang tua mereka tidak mampu memberikan pendidikan formal bagi anak-anaknya.

Ponpes Al Hidayah membentu memberikan pendidikan pesantren gratis di Malang bagi mereka yang tidak mampu tanpa memandang perbedaan. Para pengurus selain mendidik ilmu agama juga membekali keterampilan kepada para santriwan dan santriwati untuk bekal jika kelak telah kembali ke masyarakat.

Hingga kini Ponpes Al-Hidayah Batu telah berhasil mengentaskan pendidikan secara gratis bagi ribuan anak yatim, piatu, dan miskin/dhuafa. Para pengurus masih terus konsisten memberikan pelayanannya.

Santri-santri tersebut tidak hanya berasal dari Kab Malang, tapi juga dari kantong-kantong wilayah miskin yang ada di Indonesia seperti Madura, Ambon, Flores, Bali, Kalimantan Barat, dan Jawa Tengah.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Pattimura Gg. VI No.300, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315

Website resmi: https://www.ppalhidayah.com/

Pondok Pesantren Al Furqon

Ponpes Al Furqon Batu
Kredit Foto: Rahmad Azhar Lc.

Selanjutnya adalah Ponpes Al Furqon. Pesantren ini berdiri pada tahun 1984. Pendirinya adalah sesepuh Muhammadiyah Cabang Bumiaji, H Hasan Iskak. Awalnya H Hasan Iskak mendirikan Madrasah Diniyah (Madin) Al-Furqon yang berlokasi di Kompleks Masjid Mujahidin Bumiaji dan bekerja sama dengan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Amien Prenduan Madura.

Karenanya Madrasah diniyah ini menjadi salah satu tempat pengabdian para alumni Ponpes Al-Amien Prenduan Madura untuk mengajarkan dan menyebarkan ilmu-ilmu keislaman yang dilaraskan dengan kehidupan sehari-hari.

Kini pesantren ini menaungi Madrasah Diniyah, Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) dan program kesetaraan paket B. Program unggulan di Al Furqon adalah tahfidz bersanad. Para tenaga pengajar adalah kalangan alumni pondok pesantren tahfidhul quran yang memiliki sanad Al Qur’an.

Dalam menghafalkan al-Quran pesantren ini menggunakan metode talaqqi. Selain itu para santri mendapatkan pembelajaran formal tingkat SMP maupun kesetaraan paket B. selain itu terdapat juga beberapa ekstrakulikuler seperti Tapak Suci, renang dan memanah.

Bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk: sekitar Rp. 1.900.000
  • Biaya bulanan: sekitar Rp. 500.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jalan Mbah Joyo No. 51, III No.003, RT./RW, Dusun Banaran, Bumiaji, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65331

Website resmi: –

Pondok Pesantren Manba’ul Ulum Batu

Ponpes Mambaul Ulum Batu
Kredit Foto: Hazim Siraj

Berikutnya adalah Ponpes Manba’ul Ulum. Pesantren ini mulai berdiri sekitar tahun 1967 M. Sebagai pelopor penggerak utama berdirinya Pesantren Manba’ul Ulum tidak lepas dari campur tangan KH. M. Abdul Djalil. Secara umum pesantren ini masih berpegang teguh kepada pendidikan khas salafiyah.

Mengenai dasar pelaksanaan pendidikan yang berlangsung di pesantren ini, KH. Abdul Djalil pernah mengatakan bahwa yang dijadikan sebagai dasar bagi semua kegiatan yang dilakukan adalah Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Sebagai pesantren salaf murni, pendidikan yang tersedia di pesantren ini hanya pendidikan informal. Antara lain Madrasah Diniyah, Madrasah Al Qur’an, Takhasus Fiqih Kebangsaan, Program Peningkatan Entrepeneur, dan Kajian Ahad Pagi. Namun bagi santri yang ingin mendapatkan ijazah formal, dapat mengikuti pendidikan paket yang juga tersedia di Manba’ul Ulum.

Kemudian Manba’ul Ulum lebih mengutamakan proses dari pada hasil pembelajaran. Santri diberi kesempatan untuk mencari persoalan kontemporer yang berkembang di masyarakat. Kemudian santri membahasnya sesuai dengan cara pandang masing-masing individu. Adapun sebagai bahan penguat biasanya mereka menggunakan pendekatan keagamaan dengan merujuk pada kitab-kitab klasik.

Terdapat juga beberapa kegiatan ekstrakulikuler yang mengembangkan kemampuan santri untuk survive dalam kehidupan bermasyarakat. Antara lain keterampilan bertani, keterampilan berdagang, dan keterampilan perikanan.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Mawar Merah No.124, Sidomulyo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65317

Website resmi: –

Pondok Pesantren Darul Falah Batu

Selanjutnya adalah Ponpes Darul Falah. Pesantren ini berdiri pada tahun 2005. Pendirinya adalah H. Sulaiman Suhardjito dengan Muhammad Syifa’uddin,SS,M.Ag. H. Sulaiman adalah seorang pengusaha mebel, catering, dan berbagai usaha lainnya. Karenanya pesantren ini merupakan pesantren milik pribadi.

Secara umum pesantren ini adalah pesantren salafiyah. Sebagai pesantren salaf murni, pendidikan yang tersedia di pesantren ini hanya pendidikan informal. Antara lain Madrasah Diniyah, Madrasah Al Qur’an, Majelis Dzikir wa Ta’lim, Program Kesenian Islam, dan beberapa program lainnya. Namun bagi santri yang ingin mendapatkan ijazah formal, dapat mengikuti pendidikan paket yang juga tersedia di Darul Falah.

Sistem pembelajaran di Darul Falah mengembangkan sistem kombinatif antara sistem salaf dan sistem modern. Modern di pesantren ini maknanya adalah penerapan system pembelajaran yang mana semua kegiatan di lakukan dengan berbagai peraturan, dan salaf sebagai acuan dari materi pembelajarannya.

Dalam tataran pelaksanaanya, Darul Falah menekankan pada aspek akhlak (budi pekerti) dan kedisiplinan pada setiap kegiatan yang ada di pesantren. Pembelajarannya mengutamakan pada pembelajaran kitab-kitab klasik (kuning), dan khusus untuk pembelajaran membaca al-qur’an pesantren memilih menggunakan metode membaca al-qur’an “yanbua”.

Terdapat juga pembelajaran kemampuan berbahasa, yaitu dengan pemberian mufrodat setiap harinya dan pembelajaran khitobah dalam bahasa arab dan inggris.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Pronoyudo, Dadaprejo, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65233

Website resmi: –

Pondok Pesantren Al Irsyad Batu

Kredit Foto: Ghania Yulistiawan

Selanjutnya adalah Ponpes Al Irsyad. Pesantren ini adalah salah satu wadah pendidikan Islam di Kota Batu yang menggabungkan ilmu-ilmu keislaman dengan ilmu-ilmu umum dalam rangka mencetak generasi Islam dan anak-anak bangsa yang berkualitas serta tanggap terhadap rotasi kehidupan.

Lulusan dari pesantren ini insya Allah akan menjadi santri yang memiliki pemahaman aqidah yang shahihah, berakhlaq mulia, beribadah dan mengamalkan syari’at berdasarkan Al Qur’an dan Assunnah dengan pemahaman salaful ummah, mampu berdakwah dengan aqidah dan manhaj Salafusshalih, menguasai Bahasa arab dan inggris, serta peduli terhadap kebersihan.

Kemudian keunikan lain pesantren ini adalah letak geografisnya. Secara geografis Al Irsyad berada dekat dengan beberapa gunung yaitu Arjuna, Panderman, Putri Tidur, juga bukit Wukir, sehingga otomatis suasana dan lingkungannya amat sejuk, tentunya hal dapat mendukung proses kegiatan belajar mengajar yang optimal.

Saat ini Ponpes Al Irsyad menyelenggarakan pendidikan pesantren sekaligus pendidikan formal jenjang MTS dan MA. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Mojowarno No.63, Mojorejo, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65322

Website resmi: https://pesantrenalirsyad7.org/

Pondok Pesantren Dar Ummahatil Mukminin Batu

Ponpes Ummahatul Mukminin Batu
Kredit Foto: Ummu Umar

Berikutnya adalah Ponpes Dar Ummahatil Mukminin. Pesantren ini adalah pesantren khusus putri yang memiliki visi “Mencetak muslimah yang gemar menuntut ilmu serta mengamalkannya, memiliki adab dan akhlak yang mulia, senantiasa menyucikan diri dari penyakit-penyakit hati, dan semangat untuk berdakwah dengan berpegangan pada tradisi salafus sholihin.”

Pesantren ini memilki kurikulum tersendiri. Setiap tahun santri akan menjalani 2 marhalah (semester), ganjil dan genap. Tiap marhalah lamanya sekitar 4 bulan. Metode belajar santri adalah sistem halaqoh. Tiap halaqoh terdiri dari 1 guru 8-15 santri.

Materi pondok tersusun dalam 8 marhalah (semester) yang dapat ditempuh dalam 4 tahun. Secara umum materi yang akan santri pelajari adalah kitab Mukhtar Hadits, Arbain Nawawi, Nurul Iman, Qutuful Falihin, Ajrumiyah, Mutammimah Ajrumiyah, afinatun Najah, Abu Syuja’, Taqrirotus Sadidah, Yaquutun Nafiis, Amtsilah Tasrifiyah, Qowaidul I’lal, ‘Unwanud dzorf, dan masih banyak kitab lainnya.

Nah pesantren ini hanya bagi anak perempuan yang minimal berusia 13 tahun. Bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk: sekitar Rp. 4.000.000
  • Biaya bulanan: sekitar Rp. 450.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Metro No.17, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65318

Website resmi: http://www.darum.or.id/

Pondok Pesantren Raudhatul Ummah Batu

Ponpes Roudotul Ummah Batu
Kredit Foto: Bakat Izat

Pesantren terakhir di Kota Batu yang akan kami bahas adalah Ponpes Raudhatul Ummah. Pesantren ini dipimpin oleh KH. Noor Shodiq Askandar M.Si dan Ny. Hj. Muthi’ah Noor yang didirikan pada tanggal 16 September 2004.

Saat ini lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Pondok Pesantren Raudhatul Ummah terdiri dari Madrasah Diniyah (Ar-Raudhah), Sekolah Menengah Pertama Islam (SMP Islam Abu Ghonaim), Khusus lembaga pendidikan formal, Yaitu SMP Islam Abu Ghonaim sudah berjalan mulai dari tahun 2015 dan Madrasah Diniyah Ar-Raudhah  sudah berjalan sejak tahun 2018.

Selain itu juga ada pendidikan non formal yaitu pengajian yang diikuti oleh warga masyarakat sekitar. Pengajian ini bertujuan meningkatkan animo masyarakat terhadap pondok pesantren selain itu untuk menabah keilmuan islam bagi para masyarakat.

Adapun program unggulan Raudhatul Ummah adalah target hafal 30 juz, membaca kitab dengan makna pegon beserta pemahaman, bisa menjadi Imam Sholat, mampu memimpin tahlil maupun kegiatan keagamaan lainnya, dapat berpidato bahasa Inggris dan Bahasa arab, berakhlaq mulia dan belajar Bahasa jawa halus (kromo Inggil).

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. A.Ghonaim No.37, Bumiaji, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65331

Website resmi: https://abughonaim.sch.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Kota Batu yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar