(REVIEW) 7 Pesantren Terbaik di Kota Bengkulu (2022)

Bengkulu memang tak memiliki begitu banyak pesantren. Namun jika Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Kota Bengkulu, kami akan menjawabnya.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Kota Bengkulu terdapat sekitar 10 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 2.069. Jumlah tersebut terbagi menjadi 1.689 santri mukim, dan 380 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Rabbani Bengkulu

Kredit Foto: Syamlan Muhammad

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Rabbani. Pesantren ini memiliki visi Menjadi Pesantren modern yang maju sehingga melahirkan insan muslim berilmu, berakhlak mulia, berkepribadian utuh, faqih, unggul, berwawasan global dan hafal Al-Qur’an.

Kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Rabbani ini menggunakan kurikulum Islami Komprehensif (Manhaj Rabbani), yang memadukan antara IMTAQ dan IPTEK. Tentu saja dengan tidak meninggalkan standar akademik yang telah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama RI.

Jenjang pendidikannya SMP dan SMA, pesantren ini terlihat memiliki keunggulan di pendidikan umumnya sehingga menyebut dengan SMP Islam Terpadu. Terutama dalam sains. Sedangkan kehidupan pesantren lebih diwarnai dalam tiga aspek utama.

Pertama adalah pembiasaan ibadah wajib dan sunnah. Kedua, tahfidz Quran, sayangnya kami belum mendapatkan informasi target berapa juz. Ketiga adalah pembekalan bahasa inggris dan arab yang menjadi komunikasi internasional.

Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk seluruh program: sekitar Rp. 13.000.000
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 1.200.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Bentiring, Kec. Muara Bangka Hulu, Kota Bengkulu, Bengkulu 38119

Website resmi: https://pesantrenrabbani.ponpes.id/

Pondok Pesantren Putri Hidayatul Qomariyah

Pesantren Putri di Bengkulu
Kredit Foto: Nur Kholilah

Berikutnya adalah Ponpes Putri Hidayatul Qomariyah. Pesantren yang bercorak salafiyah ini didirikan pada tanggal 05 April 2002 oleh KH. Aly Shodiq Ahmad.

Pesantren ini memiliki perpaduan kurikulum nasional dan kurikulum pondok pesantren salafiyah yang menggunakan kitab kuning. Kurikulum Nasional dan Pesantren Salaf. Pelajaran-pelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris diajarkan langsung dengan bahasa aslinya. Kemudian pelajaran-pelajaran agama diajarkan dengan Bahasa Arab agar santri mendapatkan pemahaman yang seutuhnya. Adapun [elajaran umum dan eksak diajarkan dalam bahasa Indonesia.

Para pengurus mendidik santri-santrinya untuk bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia berbadan sehat, berwawasan luas, kreatif dan terampil. Santri dididik untuk selalu semangat beribadah, berdakwah, berjuang, mengabdi dan mengamalkan ilmunya di masyarakat.

Kemudian santri Hidayatul Qomariyah akan mendapatkan pendidikan 24 jam untuk menjadi pribadi yang sukses dunia-akhirat. Selain belajar di kelas, santri juga mempelajari banyak keahlian dari berbagai jenis kegiatan yang ada di pesantren. Keahlian bahasa, organisasi, olahraga, kesenian, keterampilan, teknologi, akademik dan berbagai life skill lainnya juga dipelajari dengan penuh kesungguhan di pesantren ini.

Pendidikan di Hidayatul Qomariyah terdapat dua jenis, yaitu pendidikan formal dan non formal. Untuk tingkat SMA ada Madrasah Aliyah. Adapun untuk tingkat SMP menggunakan Madrasah Wustho.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Jl. Sukamaju, RT.04/RW.01, Padang Serai, Kp. Melayu, Kota Bengkulu, Bengkulu 38222

Website resmi: https://hidayatulqomariyah.com/

Pondok Pesantren Pancasila

Kredit Foto: Garing Keok

Berikutnya adalah Ponpes Pancasila. Pesantren ini merupakan pesantren pertama yang ada di Provinsi Bengkulu. Nama pancasila merupakan pemberian dari Presiden Soeharto. Pengambilan nama pancasila untuk menunjukan bahwa pesantren pancasila tidak terikat dengan apapun baik ormas islam, suku, apa lagi partai politik.

Lokasi pesantren berada di Jalan Danau Kota Bengkulu. Cukup mudah menjangkau lokasi pesantren karena berada di tengah kota. Untuk menjangkau lokasi, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum angkot hijau jurusan tanah patah menuju terminal panorama. 

Saat ini pengelola pesantren menyediakan 4 program sekolah, Madrasah Tsanawiyah (MTs), SMP Terpadu, Madrasah Aliyah (MA), dan SMA Terpadu. Program pembelajaran di pesantren ini memadukan antara program Diniyah (ilmu pesantren) dan program Negeri (Ilmu umum).

Alumnus dari pondok pesantren Pancasila banyak yang sudah memegang peranan penting di pemerintahan maupun sebagai dosen dan guru. Para santri akan mendapatkan didikan dan binaan dari tenaga pendidik yang berasal dari berbagai bidang ilmu baik ilmu agama maupun pelajaran umum. 

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: JL. Rinjani, RT 010, Jembatan Kecil, Kec. Singaran Pati, Kota Bengkulu, Bengkulu 38224

Website resmi: –

Pondok Pesantren Darussalam Bengkulu

Selanjutnya adalah Ponpes Darussalam. Pesantren ini merupakan pondok pesantren yang berbasis masyarakat yang berdiri pada tanggal 1 Januari 1975. Pondok pesantren ini siap menjadi wadah pendidikan bagi santri dengan fasilitas dan tenaga pengajar yang ada dan insya Allah bisa menciptakan generasi yang berakhlak mulia serta berwawasan tinggi.

Para pengurus memiliki 2 pendidikan baik formal maupun informal. Pendidikan formal seperti PAUD IT Darussalam, madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, dan madrasah aliyah.

Sedangkan untuk pendidikan informalnya seperti pembelajaran bahasa arab dan bahasa inggris, kajian kitab, kajian keislaman, nahuu shorof, dan ibadah, kesenian islam, muhadharoh/praktek khitobah, praktek ibadah (shalat, wirid, dan doa), TPQ, dan tahsin Qur’an, pramuka, paskibra, dan olahraga (volly ball, futsal, basket, dan lain-lain), dll.

Sistem pembelajaran di pesantren ini adalah berbasis klasik dimana pada pukul 07:30 WIB sampai 13:00 WIB merupakan pembelajaran pendidikan formal. Setelah itu, berlanjut pendidikan informal mulai pukul 16:00 WIB sampai 22:00 WIB.

Adapun fasilitas penunjang pendidikan di Ponpes Darussalam seperti 2 unit asrama permanen putra dan putri, gedung sekolah permanen PAUD IT, madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, madrasah aliyah, masjid, perpustakaan, puskesmas, dan sarana olahraga (bola voli, futsal, basket, dan lainnya).

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Jl. Pangeran Natadirja No.103, Jl. Gedang, Kec. Gading Cempaka, Kota Bengkulu, Bengkulu 38225

Website resmi: –

Pondok Pesantren Putra Hidayatul Mubtadiin Bengkulu

Ponpes Hidayatul Mubtadiin Bengkulu
Kredit Foto: Al Choir

Berikutnya adalah Ponpes Putra Hidayatul Mubtadiin. Pesantren ini berdiri sejak tahun 1991 yang didirikan oleh KH. Abdul Muntaqim Ahmed. Ponpes ini menggunakan kurikulum pondok khusus (yang dibuat sendiri), yang disebut dengan madrasah diniyah atau madin.

Ponpes dengan konsep salafiyah ini dalam pembelajarannya menekankan pada penguasaan kitab klasik atau kitab kuning, dengan masih adanya sistem pengajian sorogan, wetonan, dan bandongan dalam proses kegiatan belajar mengajar para santri.

Selain itu pesantren ini memiliki kontribusi bagi masyarakat sekitarnya seperti mengadakan pengajian kitab kuning yang dipimpin oleh KH. Abdul Muntaqim Ahmed. Para santri putra pondok pesantren tersebut juga ikut memberikan kontribusi untuk masyarakat sekitar, seperti ikut pengurusan dan pemandian jenazah, dan mengajak anak remaja di lingkungan sekitar pondok pesantren untuk mengikuti pengajian remaja yang diadakan dua minggu sekali.

Hebatnya lagi pada tahun 2015 Ponpes Hidayatul Mubtadiin mendirikan lembaga rehabilitasi untuk pecandu narkoba, yang diresmikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Lembaga rehabilitasi ini merupakan satu-satunya lembaga rehabilitasi narkoba yang ada di Propinsi Bengkulu.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jemb. Kecil, Kec. Singaran Pati, Kota Bengkulu, Bengkulu 38224

Website resmi: –

Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al Fida

Pesantren Tahfidz di Bengkulu
Kredit Foto: Pesantren Al Fida

Selanjutnya adalah Ponpes Tahfidz Qur’an Al Fida. Pesantren yang berdiri pada tahun 2013 Ini merupakan pesantren khusus dewasa, terutama jenjang SMA dan setelahnya. Baik putra maupun putri tersedia pendidikan di pesantren ini.

Namun demikian pesantren ini memiliki fokus dalam pendidikan tahfidz Quran. Untuk pendidikan selepas SMA memiliki waktu dua tahun, 30 juz. Sedangkan untuk SMA memiliki durasi waktu selama 3 tahun. Selain program reguler tahfidz Quran, pesantren ini juga memiliki program pendidikan bahasa arab, dan ektra seperti Taekwondo dan lain sebagainya.

Hingga tahun ketujuh berdirinya pesantren ini, sudah lebih dari 30 orang alumni yang menyelesaikan hafalan 30 juz dan sebagian sedang melanjutkan pendidikan ke berbagai kampus di Timur Tengah dan Jakarta serta kampus lainnya di dalam negeri.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jalan S. Parman 6 No.27, RT.7/RW.2, Padang Jati, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu 38227

Website resmi: https://pqabengkulu.com/

Pondok Pesantren Al-Quran Harsalakum

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Al-Qur’an Harsalakum. Pesantren ini berada di bawah Yayasan Riyadhus Shalihin. Yayasan yang para pengurusnya terdiri dari keluarga H. Harius Rusli, Lc dan Salimah Hayati BA. ini mulai meletakan batu pondasi pertama Pondok pada tanggal 17 Agustus 2000. 

Pesantren ini telah ikut mengambil peran untuk memberikan pendidikan dan pengajaran bagi siswa usia Wajar Dikdas dengan satuan pendidikan setingkat SMP dan SMA.

Kurikulum pendidikan yang dilaksanakan adalah kurikulum Diknas dan kurikulum Depag, ditambah lagi dengan kurikulum Pondok yang memberikan pengajaran keagamaan Islam dan pembiasaan akhlak yang baik, serta pembinaan keterampilan dan keahlian praktis.

Menariknya prestasi yang telah diperoleh para santri Pondok Pesantren Al-Quran Harsalakum sudah banyak dan diakui di level provinsi bahkan nasional. Bebrapa kali santri menjuarai berbagai lomba ceramah agama, MTQ hingga cerdas tangkas wawasan keislaman di kompetesi yang cukup bergengsi. 

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Sido Mulyo, Kec. Gading Cempaka, Kota Bengkulu, Bengkulu 38211

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Kota Bengkulu yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

2 pemikiran pada “(REVIEW) 7 Pesantren Terbaik di Kota Bengkulu (2022)”

    • Wlykmsalam..sesuai informasi yang kami dapatkan, pesantren darussalam membuka untuk jenjang PAUD, MI, MTs, hingga MA. Adapun untuk lulusan SMA, sejauh ini kami belum dapatkan informasinya. Mohon maaf ya ukhti..

      Balas

Tinggalkan komentar