(REVIEW) 9 Pesantren Terbaik di Kuningan (2022)

Apakah Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Kuningan? Tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Harus Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Kuningan terdapat sekitar 19 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 1.869. Jumlah tersebut terbagi menjadi 1.339 santri mukim, dan 530 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Husnul Khotimah

Ponpes Husnul Khotimah Kuningan
Kredit Foto: Jojo Hamzah

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Husnul Khatimah. Pesantren ini berdiri pada tanggal 2 Mei 1994. Pendirinya adalah KH. Sahal Suhana dan keluarga besar H. Ibrahim Sukanta. Lahirnya pesantren ini didasari dari idealisme dan gagasan untuk menjadi lembaga pendidikan Islam yang berkualitas sebagai kontributor terdepan dalam mencetak kader D’ai.

Untuk jenjang pendidikan di pesantren ini adalah Madrasah Tsanawiyah atau MTs dan Madrasah Aliyah yang setara dengan SMA. Dua jenjang ini tidak sekadar pendikan formal. Tapi pesantren membidani dengan lebih intensif.

Ada program keagamaan, program IPA dan IPS, modelnya seperti sekolah Islam terpadu. Pendidikan sains menjadi penekanan. Oleh sebab itu banyak prestasi yang diraih. Baik di bidang akademik atau non akademik.  Di antaranya pernah menjuarai lomba olimpiade sejarah tingkat nasional yang dilaksanakan oleh himpunan mahasiswa sejarah, dll.

Jika ada siswa yang dari non pesantren akan masuk ke jenjang Aliyah, maka ada masa persiapan selama satu tahun. Tujuannya untuk pemahaman dasar Islam dan penguasaan bahasa arab dasar.

Di pesantren ini juga ada pembiasaan bahasa Arab dan Inggris. Khas pesantren modern yang menekankan dwi bahasa. Apalagi berada di asrama. Pembiasaan berjalan tidak sulit. Selanjutnya untuk tahfidz minimal setiap santri lulus MTs bisa menghafal 5 juz. Memang tidak sedikit pula yang lebih bahkan mampu 30 juz. Apalagi jika berada di pesantren selama 6 tahun, pastinya lebih.

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk semua jenjang: sekitar Rp. 21.015.000 – 21.140.000
  • Biaya bulanan semua jenjang: sekitar Rp. 1.500.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Manis Kidul-Sayana No.84, Maniskidul, Kec. Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45554

Website resmi: https://husnulkhotimah.sch.id/

Pondok Pesantren Al Multazam

Ponpes Al Multazam Kuningan
Kredit Foto: Al Multazam Kuningan

Selanjutnya adalah Ponpes Al Multazam. Pesantren ini berdiri pada tahun 2002, telah berjalan hampir 20 tahun. Al Multazam memiliki identitas sebagai Pesantren Modern dengan model Islamic Boarding School, sehingga mengikuti model sekolah berasrama di era sekarang.

Pesantren Multazam Kuningan memiliki model pendidikan yang terintegrasi antara pendidikan formal dan kurikulum khas ponpes Multazam yang dilaksanakan di waktu pagi hari.

Sedangkan untuk proses pendidikan formal lebih ditekankan kepada penguasaan iptek. Sehingga sering disebutkan seperti prestasi akademis dan lain sebagainya. Terutama materi sains. Inilah yang menjadi daya tarik.

Ada beberapa keunggulan dari Pesantren Multazam Kuningan. Di antaranya adalah aktifnya pesantren ini dalam ikut lomba. Prestasinya juga lumayan. Di tahun 2019, SMA meraih juara I OSK Kimia tingkat kabupaten. Dan kedua, fasilitasnya sangat lengkap. Untuk kamar santri rata-rata diisi 6-8. Cukup eksklusif. Bahkan kamar mandinya di dalam kamar. Sehingga terasa seperti rumah sendiri.

Saat ini Ponpes Al Multazam menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal tingkat SMP dan SMA. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk jenjang SMP: sekitar Rp. 31.875.000
  • Biaya masuk jenjang SMA: sekitar Rp. 2.400.000
  • Biaya bulanan jenjang SMP: sekitar Rp. 1.750.000
  • Biaya bulanan jenjang SMA: sekitar Rp. 2.000.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Maniskidul, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45554

Website resmi:  http://prs.almultazam.sch.id/

Pondok Pesantren Modern Al Ikhlas

Ponpes Modern Al Ikhlash Kuningan
Kredit Foto: Al Ikhlash TV

Berikutnya adalah Ponpes Al Ikhlas. Pesantren ini didirikan pada tanggal 16 Juli 1990. Perkembangan pesantren tersebut dari tahun ketahun mengalami peningkatan, termasuk sarana dan fasilitas penunjangnya baik dari fisik bangunan maupun sarana penunjang lainnya.

Sistem pendidikan yang dijalankan di pesantren ini merujuk pada sistem pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren Gontor, maka tentunya pola pendidikan yang diterapkannya pun tidak jauh berbeda, seperti keharusan para santri untuk senantiasa menggunakan dua bahasa asing (bahasa Inggris dan Arab) dalam aktivitas kesehariannya.

Adapun fasilitas yang tersedia di pesantren ini untuk menunjang kegiatannya adalah asrama, masjid, ruang belajar, gedung pertemuan, sarana olah raga, perpustakaan, poskestren, lab. bahasa, lab. komputer, lab. IPA, koperasi pelajar, dll.

Saat ini Ponpes Al Ikhlas menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal tingkat SMP dan SMA. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk semua jenjang: sekitar Rp. 9.300.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan semua jenjang: sekitar Rp. 800.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Pesantren, Ciawilor RT. 14 RW. 7, Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45591

Website resmi: https://al-ikhlash.ponpes.id/

Pondok Pesantren Binaul Ummah

Ponpes Binaul Ummah Kuningan
Kredit Foto: Binaul Ummah Kuningan

Selanjutnya adalah Ponpes Binaul Ummah. Pesantren ini bergaya tradisional modern, yaitu menyelenggarakan pendidikan formal dengan sistem pesantren tradisional.

Pendidikan jenjang SMP dan SMA tersedia di pesantren ini. Jenjang pendidikan non formal pun tersedia seperti pendidikan diniyyah dan tahfidz Quran. Sehingga santri bisa mendapatkan pilihan. Bahkan ekstra kurikulernya cukup banyak, seperti khusus membaca kitab salafy, kitab kuning, hadroh, pramuka, beladiri, dll.

Para pengurus senantiasa mendidik santri agar memiliki aqidah lurus, mampu beribadah dengan benar dan baik, memiliki akhlaq mulia, mandiri, memiliki ilmu dan wawasan yang luas, berbadan sehat dan kuat, sanggup mengendalikan hawa nafsu, mampu mengatur waktu dengan efektif dan efisien, disiplin, teratur dan rapi dalam segala urusan, dan bermanfaat bagi masyarakat.

Saat ini Ponpes Binaul Ummah menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal tingkat SMP SMA, dan SMK. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk jenjang SMP: sekitar Rp. 11.955.000
  • Biaya masuk jenjang SMA: sekitar Rp. 12.330.000
  • Biaya masuk jenjang SMK: sekitar Rp. 11.230.000
  • Biaya bulanan seluruh jenjang: sekitar Rp. 1.200.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Jl. Raya Cipari, Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur
Kabupaten Kuningan, 45552

Website resmi: https://binaulummah-kng.ponpes.id/

Pondok Pesantren Ainurrafiq Kuningan

Ponpes Ainurrafiq Kuningan
Kredit Foto: K-Woon

Berikutnya adalah Ponpes Ainurrafiq. Pesantren ini mulai dibangun tahun 1999, dan mulai beropeasi pada tahun 2002, dibawah naungan Yayasan ‘Ainurrafiq. Nama ‘Ainurrafiq sendiri merupakan perpaduan antara kata Ainur yang diambil dari nama Istri (Hj. Nunung Nuraeni) dan Rafik adalah nama H. Achmad Rafik Rosyad selaku pendiri.

Sebagai sebuah pondok pesantren terpadu, Ainurrafiq memiliki keunikan-keunikan. Antara lain adalah ada pada desain kurikulum yang mengintegrasikan kurikulum Diknas, Pesantren Modern, dan Pesantren Salafi dengan perimbangan yang proporsional, serta pendidikan berasrama dengan didukung fasilitas yang memadai dan lingkungan yang asri.

Tujuan utama sekaligus motto dari Pesantren ini adalah menjadikan lulusannya sebagai seorang yang ahli dzikir, ahli pikir, dan ahli ikhtiar, serta mentransformasikan budaya keislaman pesantren ke dalam ummat dan masyarakat. Transformasi ini dijalankan dengan tetap berkeyakinan bahwa agama merupakan satu-satunya wasilah untuk mendapatkan ridha Allah bagi kebahagian dunia dan akhirat.

Saat ini Ponpes Ainurrafiq menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal tingkat SMP dan SMA. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk seluruh jenjang: sekitar Rp. 8.625.000 – 8.700.000
  • Biaya bulanan seluruh jenjang: sekitar Rp. 750.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Cigandamekar, Panawuan, Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45556

Website resmi: https://ainurrafiq.sch.id/

Pondok Pesantren Al Madani Kuningan

Kredit Foto: Ponpes Al Madani

Selanjutnya adalah Ponpes Al Madani. Pesantren ini adalah lembaga pendidikan Islam yang berupaya menjadi sebuah lembaga yang mempersiapkan generasi Islam Rabbani yang berpola pikir dan berpola sikap Islam yang cinta Sunnah dan pengamalannya dalam kehidupan sebagai satu-satunya kunci keselamatan dunia dan akhirat dan sebagai upaya menjawab tantangan zaman yang mana Umat Manusia telah jauh dari Sunnah-sunnah Nabinya.

Sistem pendidikan yang di terapkan adalah sistim pendidikan berjenjang berkesinambungan dan terpadu. Yaitu perpaduan antara Pondok Pesantren Salafiyyah modern, Timur Tengah dan Pakistan.

Pendidikan keislaman di pesantren ini begitu mendalam. Diawali dengan pendalaman bahasa arab, nantinya ada kajian fiqh, hingga ushul fiqh. Sedangkan di aspek hadist ada pendalaman hadist Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Abu Daud.

Pesantren yang didirikan pada tahun 1999 ini juga memiliki program tahfidz Quran. Ilmu lain yang dipelajari adalah akidah. Maka di pesantren ini kajian kitab, atau bahsul masail cukup sering terjadi. Sedangkan pendidikan formal ada SMP, dan SMA menggunakan sistem kejar paket.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Garawangi, Purwasari, Garawangi, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45571

Website resmi: –

Pondok Pesantren As Shidqu Kuningan

Ponpes As Shidqu Kuningan
Kredit Foto: Bayoe Aji

Berikutnya adalah Ponpes As Shidqu. Pesantren ini didirikan pada tahun 2010 dibawah asuhan Habib Quraisy bin Gasim Baharun, alumni pertama Darul Musthofa Tarim, Hadromaut yang diasuh oleh Al-Allamah Al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz.

Kelebihan dari pesantren ini salah satunya adalah tempat yang sangat representatif. Bersih, kemudian memiliki ranjang dan suasana yang nyaman. Modelnya seperti boarding school dengan fasilitas yang cukup memadai. Gedungnya juga cukup bagus.

Program di pesantren ini bermacam-macam. Di antaranya adalah tahfidz Quran selama tiga tahun. Kemudian juga pembelajaran agama Islam melalui halaqoh-halaqoh yang tersusun enam tingkat. Dari kelas satu hingga kelas enam. Pendidikan formalnya adalah SMP dan SMA. 

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jalan Raya Cirebon Kuningan No.KM 10, Sampora, Kec. Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45556

Website resmi: –

Pondok Pesantren El Azzam Kuningan

Selanjutnya adalah Ponpes El Azzam. Pesantren yang berdiri pada tahun 2009 ini adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang mengintegrasikan model Pendidikan Pondok Pesantren Modern dengan Pendidikan Umum SMP dan SMA serta menekankan pada rekayasa ekonomi dan sosial.

Pola pendidikan yang menjadi rujukan adalah Pondok Modern Gontor Ponorogo dan pola pendidikan umum yang dimaksud adalah SMP dan SMA. Kedua Tingkatan Pendidikan tersebut digabungkan menjadi paket 6 (enam) tahun bagi lulusan SD, dan paket 4 (empat) tahun bagi lulusan SMP.

Para santi dilatih berbicara Bahasa Arab dan Inggris dalam percakapan harian mereka dan diajarkan berbagai bidang kewirausahaan. Sehingga pembinaan IQ (Intellectual Quotient), EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient) bisa tercapai.

Keunikan pesantren ini adalah menggunakan konsep Green Pesantren. Green Pesantren merupakan konsep pesantren agar lingkungan pesantren terlihat lebih asri sehingga membuat nyaman santri yang belajar. Selain itu, melatih santri agar bisa berbudidaya tanaman-tanaman hortikultura.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Ciwiru, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45559

Website resmi: –

Pondok Pesantren Al Kautsar

Kredit Foto: Al Kautsar TV

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Kautsar. Berdiri sejak tahun 1996, pesantren ini memiliki corak salafiyah yang sangat kental.

Ponpes mempunyai metode mengaji tersendiri sekaligus menjadi ciri khas pondok. Yakni dengan metode melafalkan kitab berulang-ulang. Usai shalat Shubuh, seluruh santri mendengarkan bacaan dan penjelasan tiap bab pada kitab-kitab yang dibahas. 

Setelahnya, seluruh santri dibimbing bersama-sama untuk melafalkan setiap kalimat dari kitab yang dibahas secara berulang-ulang. Menariknya lagi, dalam mengulang pelajaran para santri Ponpes Al Kautsar menggunakan pemaknaan kitab kuning dengan dua bahasa sekaligus yakni bahasa Jawa dan Sunda. 

Melafalkan kitab yang dibahas secara berulang-ulang itu tak hanya dilakukan pada pagi hari. Pelajaran yang sama akan kembali diulang dengan metode yang sama pada siang dan malam hari.

Metode mengulang itu tak hanya berlaku pada kitab-kitab gramatikal Arab seperti Jurumiyah, Imrithi, atau Alfiyah. Melainkan juga pada seluruh kitab baik fikih, hadis, tauhid dan lainnya. Dengan metode melafalkan kitab berulang kali, santri perlahan-lahan akan hafal dengan sendirinya.   

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Kebonbalong Jl. Lingkar Baru, Sampora, Kec. Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45556

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Kuningan yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar