(REVIEW) 7 Pesantren Terbaik di Bandar Lampung (2022)

Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Bandar Lampung? Tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini, di Kota Bandar Lampung ini terdapat sekitar 63 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 4.774. Jumlah tersebut terbagi menjadi 3.310 santri mukim, dan 1.464 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Pondok Pesantren Al Hikmah. Ponpes ini tergolong salah satu pondok ternyaman dan termewah di Bandar Lampung. Tersedia beberapa fasiilitas penunjang yang sangat lengkap. Pesantren ini memiliki lab Bahasa, lab computer, klinik kesehatan, lapangan olahraga, perpustakaan dan berbagai fasilitas lainnya.

Dalam pendidikannya, pesantren ini memiliki corak khas NU. Maka tak aneh santri-santri di pesantren ini memiliki pemahaman aswaja yang sangat kuat. Pengajaran kitab-kitabnya sangatlah mendalam. Selain itu dengan adanya pendidikan formal jenjang tsanawiyah dan Aliyah menjadikan pesantren ini menjadi lebih lengkap.

Kredit Foto: Arif Fandi (google.com)

Selain itu, pesantren yang berdiri sejak tahun 1989 ini juga memiliki beberapa kegiatan ekstrakulikuler. Antara lain bela diri, kepramukaan, drumband, qashidah, pengembangan jurnalistik, dll. Terdapat juga program khusus tahfidz dan pendalaman kitab kuning yang dapat dipilih santri ketika menjadi santri di pesantren ini.

Saat ini Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung menyelenggarakan pendidikan tingkat MTS-MA dan program khusus tahfidz. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk program MTS: sekitar Rp. 6.900.000
  • Biaya masuk program MA: sekitar Rp. 7.100.000
  • Biaya bulanan program MTS: sekitar Rp. 775.000
  • Biaya bulanan program MA: sekitar Rp. 825.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Jl. Sultan Agung Gg Raden Saleh Raya No.23, Kedaton, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141

Website resmi/Instagram: IG Al Hikmah

Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Bersanad Miftahul Jannah

Berikutnya adalah Ponpes Qur’an Miftahul Jannah. Usia pesantren terbilang sangat muda, yaitu baru berdiri pada tahun 2010. Namun meskipun begitu, pesantren ini kini sudah menjadi salah satu pesantren terbaik yang ada di Bandar Lampung.

Sesuai namanya, pesantren ini lebih terspesialisasi dalam bidang Al-Qur’an. Pesantren ini memiliki visi ‘’Mencetak Generasi Qur’ani yang Berwawasan Global melalui Pendidikan Robbani’’. Karenanya tak heran pelajaran mengenai Al-Qur’an, khususnya menghafal menjadi unggulan dari pesantren ini.

Kredit Foto: PPTQ Miftahul Jannah (google.com)

Kini, pesantren Miftahul Jannah menyelenggarakan berbagai program pendidikan. Secara umum ada dua pilihan pendidikan yang tersedia, yaitu pendidikan formal dengan pesantren, atau pendidikan formal sekaligus pesantren. Jenjang yang bisa diikuti pun sangat lengkap, terdapat pendidikan dari mulai jenjang SD-SMA.

Khsusus untuk SMP, santri akan memiliki target untuk menghafal Al-Qur’an 30 juz dalam waktu 3 tahun. Selain itu terdapat juga program khusus menghafal Al-Qur’an 30 juz tanpa sekolah, pada program ini santri memiliki target agar bisa hafal Qur’an secara keseluruhan hanya dalam jangka waktu 1 tahun. Luar biasa kan…

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Bersanad Miftahul Jannah, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk seluruh program: sekitar Rp. 7.600.000
  • Biaya bulanan SMP-SMA: sekitar Rp. 750.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. H Komarudin-Bhayangkara Gg. Kutilang, Rajabasa Raya, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35142

Website resmi: Miftahul Jannah

Pondok Pesantren Madarijul Ulum Bandar Lampung

Berikutnya, adalah Ponpes Madarijul Ulum. Ponpes ini merupakan pesantren yang penuh dengan segudang prestasi. Banyak santrinya yang sudah menjuarai perlombaan, khususnya di bidang hafalan dan tilawah Al-Qur’an. Hebatnya perlombaan yang dimenangi tersebut tidak hanya di tingkat daerah, tapi sudah mencapai tingkat nasional.

Ponpes Madarijul Ulum Lampung
Kredit Foto: Cak Majdi (google.com)

Dalam pendidikannya, pesantren ini menerapkan sistem pendidikan kolaborasi ilmu agama dan umum yang dikelola secara modern. Pengelola memberikan pembinaan intensif di luar kelas (asrama) yang dibimbing oleh tenaga pendidik yang profesional, berpengalaman dan memiliki latar belakang pendidikan pesantren dan perguruan tinggi.

Pesantren ini memiliki program khusus yaitu dalam bidang seni baca al Qur’an, yang terbagi dalam beberapa tingkatan. Yaitu hafalan satu, lima, sepuluh, dua puluh, dan tiga puluh juz. Ponpes ini juga menerapkan sistem amtsilaty (metode cara cepat membaca kitab kuning), program tsanawiyah (formal), madrasah aliyah (formal), serta kelas ibtida`, tsanawy, dan jenjang perkuliahan.

Waktu pembelajarannya pun sangatlah padat. Setiap santri akan masuk kelas selama 4 kali dalam sehari. Yaitu pagi 6.30-8.30, lalu 9.30-11.30, jam 13-15.30, dan 20.30-23.00 WIB.

Menariknya, suasana pesantren ini terbilang cukup asri. Alam pegunungan yang sejuk membuat proses belajar ini terasa amat nyaman. Lingkungan yang bersih dan udara yang selalu segar, membuat para santri akan betah dalam menimba ilmu agama.

Sayangnya, kami belum mendapatkan informasi resmi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Jalan Wan Abdul Rahman, Gang Simpang Makmur Nomor 1, Kampung Cibiah, Batu Putu, Kecamatan Telukbetung Barat, Kota Bandar Lampung. 35234

Website resmi: –

Pondok Pesantren Mahasiswa Darussa’adah

Berikutnya adalah Ponpes Darussa’adah. Sesuai namanya, pesantren ini hanya khusus bagi para mahasiswa. Karena khusus mahasiswa, letak dari pesantren ini sangatlah dekat dengan berbagai kampus yang ada di Bandar Lampung. Letaknya dekat dengan UNILA, UIN Raden Intan, UMITRA, dan berbagai kampus lainnya.

Kredit Foto: MHB Bisrye (google.com)

Mengenai pendidikan yang diajarkan, para mahasiswa yang tentu berkutat dengan materi perkuliahannya akan mendapatkan materi pendalaman kitab kuning. Kajian fiqih, sharf, nahwu, tafsir, tauhid, dsb akan menjadi santapan para mahasantri.

Menariknya pihak pesantren tidak menarik biaya bagi mahasiswa yang ingin mondok di Pesantren Darussa’adah. Mahasantri hanya perlu menyediakan lemari, kitab dan pakaiannya sendiri. Mengenai konsumsi, ditanggung bersama-sama iuran santri dan Pondok Pesanren Salafiyah menyediakan ala kadarnya sesuai kemampuan dari hasil usaha pondok.

Meskipun gratis, kualitas lulusan dari pesantren ini bukan kaleng-kaleng. Hal ini terutama terbukti dari banyak alumninya yang bisa menata kehidupan setelah keluar dari Ponpes Darussa’adah.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jln. Punawirawan 7 Gg. H. Abdul Latif, Kelurahan Gunung Terang, Kecamatan Langkapura, Kota Bandar Lampung.

Website resmi: Darus Saadah

Pondok Pesantren Qur’an Masyariqul Anwar

Selanjutnya adalah Ponpes Masyariqul Anwar. Pesantren yang satu ini memiliki beberapa program unggulan. diantaranya, Tahfidz Al-Qur’an, Dakwah dengan kemampuan berbahasa Inggris dan Arab, Marawis juga pengetahuan tentang dunia enterpreuner.

Ponpes Masyariqul Anwar Lampung

Kegiatan Tahfidz Qur’an di pesantren berlangsung setiap Senin hingga Sabtu, dari pukul 02.30 WIB, kemudian santri langsung ke masjid untuk melakukan salat malam. Setelah itu baru Tahfidz Qur’an, dilanjutkan salat subuh, yang dilanjutkan dengan kajian Quran.

Selain itu, santri pun mendapatkan berbagai pelajaran keagamaan lainnya pada setiap malam. Pelajaran seperti fiqih, tauhid, tafsir, dsb menjadi santapan santri setiap harinya.

Kemudian, setiap santri harus berbicara dengan Bahasa arab atau inggris. Setiap hari santri mesti menghafal 5 kosakata baru. Sementara untuk Marawis, dilakukan setiap hari Sabtu, 19.30 – 21.00 WIB dan Minggu 09.00-12.00 WIB. Marawis pesantren ini pun sudah pernah tampil di hadapan ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Adapun di bidang entrepreneur santri dilatih keberanian agar dapat membuat hasil karya untuk dijual, seperti membuat kotak tisu dari rajutan, gantungan kunci, permen dari buah kates.

Untuk jenjang pendidikan formalnya, pesantren ini menyelenggarakannya dari jenjang MI-MA.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat pondok ini adalah: Jl. Chairil Anwar No.5/09, Durian Payung, Kec. Tj. Karang Pusat, Kota Bandar Lampung, Lampung 35214

Website resmi: –

Pondok Pesantren Darul Fattah

Berikutnya adalah Ponpes Darul Fattah. Pesantren ini adalah sebuah lembaga pendidikan formal yang berdiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Dakwah Islamiyah Darul Fattah (DF) Lampung yang merupakan salah satu lembaga yang berpengalaman dalam menyelenggarakan proses pendidikan dan dakwah kepada masyarakat luas baik formal maupun non-formal.

Proses pendidikan dilakukan dengan memadukan kurikulum Sekolah Menengah Unggulan (kurikulum Diknas) dengan kurikulum Pondok Pesantren yang memiliki kekhasan pada penguatan pemahaman Dienul Islam dan tahfidz Al-Qur’an.

Setiap siswa akan mendapatkan pantauan terkait dengan capaian untuk tiap blok pembelajaran dan selanjutnya menjadi acuan bagi para pendidik untuk menerapkan sistem belajar tuntas. Pada semua kajian kelompok pembelajaran, siswa akan dipandu untuk mempunyai kemampuan penalaran/logika yang tinggi secara tulis dan menyampaikan ide, yaitu menjelaskan suatu topik/obyek secara lisan dan tulis dengan mengacu kepada kaidah ilmiah.

Saat ini Pesantren Darul Fattah menyelenggarakan pendidikan tingkat SMP dan SMA. Terdapat program boarding maupun fullday. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat pondok ini adalah: Jl. Kopi No.23 A, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141

Website resmi: https://sekolahqurandarulfattah.sch.id/

Pondok Pesantren Tahfidz Darul Falah

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Tahfidz Darul Falah. Pesantren ini berdiri pada 1 Juli 2012. Pada awalnya pesantren ini adalah vila milik salah seorang bapak yang bernama Ir. H.Taufik Hidayat, MM,MED yang dijadikannya sebagai tempat mengisi hari libur bersama keluaraga sejak tahun 2007.

Dalam pembelajarannya, Pesantren ini menggunakan Al-Qur’an sebagai media utama dalam proses pembelajaran, setiap santri memiliki target untuk menuntaskan hafalan Al-Qur’annya. Akhir sistem pembelajaran yang diberikan oleh pondok Pesantren ini bersandarkan pada batas maksimal kemampuan santri dalam menghafal Al-Qur’an secara mumtaz (baik, benar dan hafal).

Nantinya setiap asatidz membina 10 santri dengan sistem Halaqoh, yang ditentukan berdasarkan jumlah hafalan yang dimiliki oleh santri. Dalam hal ini asatidz mengawasi peningkatan hafalan santri dan memberikan pembelajaran, motivasi dan arahan yang baik serta fokus terhadap masing-masing binaan, sehingga asatidz dapat memahami karakter setiap santri.

Saat ini Pesantren Darul Falah menyelenggarakan pendidikan tingkat SMP. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat pondok ini adalah: Jl. Walet No. 12, Pinang Jaya, Kec. Kemiling, Kota Bandar Lampung, Lampung 35158

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Bandar Lampung yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar +500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Pesantren di Palembang

Rekomendasi Pesantren di Padang

Rekomendasi Pesantren di Pekanbaru

Rekomendasi Pesantren di Metro

Rekomendasi Pesantren di Pringsewu

Rekomendasi Pesantren di Bengkulu

Rekomendasi Pesantren di Jambi

Rekomendasi Pesantren di Batam

Rekomendasi Pesantren di Solok

Rekomendasi Pesantren di Payakumbuh

Rekomendasi Pesantren di Kepulauan Riau

Rekomendasi Pesantren di Bukittinggi

Tinggalkan komentar