(REVIEW) Rekomendasi 5 Pesantren di Lombok Tengah (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Lombok Tengah? Tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Lombok Tengah terdapat sekitar 230 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 81.460. Jumlah tersebut terbagi menjadi 56.566 santri mukim, dan 24.894 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Nurul Qur’an Lombok Tengah

Ponpes Nurul Quran Lombok Tengah

Pesantren terbaik di Lombok Tengah pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Nurul Qur’an. Nurul Qur’an didirikan pada tahun 2004 dibawah asuhan Ust. H. Sabarudin, S. Pd. Beliau adalah seorang Hafidz Qur’an yang pernah menjuarai Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Internasional di New Delhi India pada tahun 2001.

Sesuai namanya, keunggulan pesantren ini terletak pada Al Qur’an, khususnya mengenai seni dalam membaca Al Qur’an atau yang masyhur dengan tilawatil Qur’an.

Bahkan saking fokusnya dalam hal ini, pesantren mendatangkan Pelatih dan Pembina yang sudah mempunyai prestasi Tilawah di Tingkat Internasional. Selain itu juga pihak pesantren mengirim para santri terbaiknya melakukan pelatihan dan studi banding di berbagai daerah luar provinsi. Karenanya tak heran, para santrinya banyak yang berhasil juara MTQ di berbagai tingkatan.

Kemudian, selain itu juga pesantren ini bercorak Nahdlatul Ulama. Maka tak heran santri-santrinya memiliki pemahaman aswaja yang sangat kuat. Terdapat juga pengajaran kitab-kitab yang cukup mendalam. Tak ketinggalan, kegiatan seperti tahlilan, isthigotsah, dan barzanjian masih sering dilakukan.

Saat ini Ponpes Nurul Qur’an menyelenggarakan pendidikan pesantren yang memiliki unit pendidikan formal berupa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Aliyah).

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. TGH. L. M. Arsyad II Lendang Simbe Desa, Mertak Tombok, Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83511

Website resmi: –

Pondok Pesantren Yanmu NW Praya

Kredit Foto: Shiny Pics

Berikutnya adalah Ponpes Yanmu. Pesantren ini adalah salah satu pesantren di Lombok Tengah yang berafiliasi dengan Nahdlatul Wathan. Adapun berdirnya pesantren ini adalah 22 tahun lalu, tepatnya pada 5 Mei 1999.

Dalam menjalakan pendidikannya, Ponpes Yanmu memadukan kurikulum pendidikan nasional dengan kurikulum pondok pesantren sebagai pembeda dengan lembaga pendidikan umum. Santri akan mempelajari pendidikan umum seperti fisika, biologi, ppkn, ips, dsb. sebagaimana di sekolah umum.

Namun sebenarnya yang lebih menjadi penekanan di pesantren ini adalah penguasaan kitab kuning. Seluruh santri harus mengikuti kajian kitab kuning dan kutubussittah. Selain itu setiap harinya para santri mesti berkomunikasi dengan Bahasa Arab. Kemudian terdepat juga beberapa program pengembangan bakat seperti seni music, pidato 3 bahasa, pelatihan olimpiade, dll.

Saat ini Ponpes Yanmu memiliki unit pendidikan formal tingkat Taman Kanak-kanak, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Sengkerang, Praya Tim., Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83581

Website resmi: –

Pondok Pesantren NU Al Manshuriyah Lombok Tengah

Selanjutnya adalah Ponpes NU Al Manshuriyah. Dari namanya saja pesantren ini sudah bisa dipastikan merupakan pesantren yang bercorak NU. Karenanya tak heran penguasaan dan pemahaman kitab kuning menjadi hal yang wajib santri kuasai. Meskipun demikian, terdapat juga jenjang pendidikan formal di pesantren ini.

Nah, Al Manshuriyah ini bukan pesantren NU biasa, melainkan Pesantren NU yang sudah memiliki nama di tingkat Nasional. Alasannya adalah pesantren ini pernah menjadi tuan rumah Acara Pra Muktamar NU pada tahun 2015 yang dihadiri seluruh tokoh NU Se-Indonesia.

Kemudian selain mengaji aneka kitab kuning, para santri akan mengikuti berbagai kegiatan positif mulai dari pencak silat, marching band, seni qasidah, organisasi kesiswaan, hingga Tahfidzul Quran dan Seni Baca Tulis Al-Quran.

Selain itu keunikan dari pesantren ini adalah menjadi mercusuar dalam bidang ekonomi dan pendidikan di tengah-tengah masyarakat sekitar. Hal ini karena Al Manshuriyah memiliki lembaga-lembaga penggerak ekonomi masyarakat seperti Balai Latihan Kerja (BLK) dan Bank Wakaf Mikro (BWM) serta menaungi 20 lebih madrasah cabang yang tersebar di 3 kecamatan.

Saat ini Ponpes Al Manshuriyah menyelenggarakan pesantren dan memiliki unit pendidikan formal tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Pertama, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Institut Agama Islam Qomarul Huda.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Bondir, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 83572

Website resmi: –

Pondok Pesantren Sirojul Huda

Ponpes Sirojul Huda Lombok Tengah
Kredit Foto: FB PP Sirojul Huda

Berikutnya adalah Ponpes Sirojul Huda. Pesantren ini resmi berdiri pada hari Rabu, tanggal 22 Rabi’ul Awwal 1318 H atau bertepatan dengan tanggal 14 Juli 1971, meskipun sebenarnya kegiatan di pesantren ini telah berlangsung sejak tahun 1943.

Secara umum, pesantren ini bercorak NU. Dengan demikian kajian kitab kuning menjadi salah satu hal yang prioritas di pesantren ini. Namun tidak hanya kajian kitab kuning yang menjadi prioritas, karena pesantren ini memadukan kurikulum pendidikan nasional dengan kurikulum pondok pesantren, sehingga santri akan tetap belajar pelajaran umum sebagaimana pendidikan formal pada umumnya.

Adapun sarana dan prasarana yang tersedia untuk menunjang pendidikan di pesantren ini antara lain: sarana ruang kelas multimedia, ruang kantor, berbagai laboratorium, internet area, perpustakaan, lapangan olah raga, dan masjid. Selain itu terdapat juga ragam ekstrakulikuler seperti karate, kempo, pagar nusa, pramuka, pramuka, muhadharah, dll.

Saat ini Ponpes Sirojul Huda menyelenggarakan pesantren dan memiliki unit pendidikan formal tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Paok Dandak, Durian, Janapria, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 83554

Website resmi: https://web.facebook.com/ppsirajulhuda/photos/?ref=page_internal&_rdc=1&_rdr

Pondok Pesantren Darul Habibi Nahdlatul Wathon Lombok Tengah

Kredit Foto: Sekolah Kita

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Darul Habibi. Sesuai namanya, pesantren ini memiliki corak Nahdlatul Wathan yang sangat kuat. Adapun berdirinya pesantren ini kurang lebih pada tahun 1999.

Secara umum Kurikulum pendidikan yang diterapkan memadukan antara Ilmu Agama dan Ilmu Umum. Yang mana kurikulum agama lebih mendominasi dalam kegiatan harian para santri. Kemudian ada dua status santri di Ponpes Darul Habibi, status ini untuk membedakan seorang santri dalam mempelajari ilmu.

Status tersebut yaitu; pertama, santri yang secara khusus mempelajari pengetahuan agama atau memperdalam kitab kuning. Kedua, santri yang belajar di sekolah-sekolah formal di lingkungan pondok pesantren.

Saat ini Ponpes Sirojul Huda menyelenggarakan pesantren dan memiliki unit pendidikan formal tingkat Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. TGH. Habib Tanthawi, Paok Tawah, Bunut Baok, Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 83511

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Lombok Tengah yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar