(REVIEW) Rekomendasi 5 Pesantren Terbaik di Lombok Timur (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Lombok Timur? Tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Lombok Timur terdapat sekitar 188 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 98.807. Jumlah tersebut terbagi menjadi 39.730 santri mukim, dan 59.007 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Syaikh Zainudin Nahdlatul Wathon Lombok Timur

Ponpes Syaikh Zainudin Nahdatul Wathon
Kredit Foto: Zulfan Afandi

Pesantren terbaik di Lombok Timur pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Syaikh Zainudin. Nama pesantren ini diambil dari pendiri Organisasi Nahdlatul Wathon yaitu Syaikh TGHK Muhamad Zainuddin Abdul Majid, karena memang tujuan pendirian pesantren ini adalah untuk mengenang dan menghormati jasa beliau. Adapun pesantren ini berdiri pada 26 Desember 1998 M.

Visi dari pesantren ini adalah sebagai pusat kajian Islam dan teknologi di Kawasan Timur Indonesia dengan pendekatan tradisional dan modern untuk mencetak kader pembangunan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, berakhlak mulia, mandiri dan beramal shaleh.

Untuk mencapai visi tersebut, kini Ponpes Syaikh Zainudin telah memiliki 12 unit pendidikan baik formal maupun informal yang terdiri dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

Antara lain Taman Kanak-kanak, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin, Madrasah Mu’allimat, SMP, Madrasah Aliyah Mu’allimin, Madrasah Aliyah Mu’allimat, SMA, SMK, Ma’had Darul Qur’an wal Hadis, dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Syaikh Zainuddin.

Kurikulum yang berlaku adalah kurikulum gabungan antara kurikulum formal dan kurikulum pesantren. Para santri di samping mengikuti pendidikan formal, mereka berkewajiban untuk mengikuti kegiatan pondok pesantren, yaitu mengikuti kegiatan pengajian ilmu keislaman dengan pendekatan tradisional, yaitu dengan cara sorogan, bandongan, dan wetonan (halaqah).

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Anjani, Anjani, Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. 83661

Website resmi: –

Pondok Pesantren Anas bin Malik Lombok Timur

Ponpes Anas bin Malik Lombok Timur
Kredit Foto: Elgunaja Channel

Berikutnya adalah Ponpes Anas bin Malik. Pesantren ini dirintis sejak tahun 2000 oleh Ustazd Syafi’ul Halqi dan beberapa rekan beliau, dengan sistem penggabungan anatara kurikulum agama dan pemerintah, dengan fokus pada pendidikan agama dan bahasa Arab secara intensif.

Para pengurus pesantren senantiasa berupaya untuk mencetak generasi yang muttafaqih fiddin untuk menjadi kader pemimpin umat/bangsa, selalu mengupayakan terciptanya pendidikan santri yang memiliki jiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah atas dasar Al-Quran dan Sunnah sesuai dengan pemahaman salaful ummah.

Salah satu program unggulan pesantren ini adalah dalam bidang tahfidz. Bagi jenjang Madrasah Ibtidaiyah (tidak mondok), santri akan memiliki target untuk hafal Qur’an 3 juz. Kemudian jenjang Madrasah Tsanawiyah memiliki target untuk hafal 6 juz. Adapun Madrasah Aliyah memiliki target untuk hafal 10 juz.

Untuk menunjang tercapainya kualitas pendidikan yang optimal, Pesantren Anas Bin Malik pun menyediakan beberapa fasilitas di antaranya: asrama representatif 4 lantai, laboratorium komputer, maktabah, loundry, lapangan olahraga, pelayanan kesehatan, koperasi dan kantin, sumber air artesis, minimarket dan lain-lain.

Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk MTS dan MA: sekitar Rp. 2.350.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan MTS dan MA: sekitar Rp. 250.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Jurusan Bebidas-Lemor KM 02 Lekong Rembuk, Desa, Bebidas, Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar. 83658

Website resmi: –

Pondok Pesantren Salaf Modern Thahir Yasin

Ponpes PPSM Thohir Yasin
Kredit Foto: PPSM Thohir Yasin

Selanjutnya adalah Ponpes Thahir Yasin. Secara resmi pesantren ini berdiri pada tanggal 5 Agustus 1991 dengan Akte Notaris No. 73. Pada saat ini Pengasuh Ponpes Thohir Yasin dipimpin oleh oleh TGH.Ismail Thohir dan sebagai Ketua Yayasan adalah TGH.Munawir Ismail, Lc. Sesuai namanya, pesantren ini menggabungkan kurikulum salaf dan kurikulum modern.

Terdapat 3 program unggulan di pesantren ini. Pertama Program Takmili. Pada program ini santri fokus pada Tahfizh Al-Qur’an dan Tahfizh Kitab, yang dimana santri masih mengikuti sekolah formal biasa. Disini juga santri mendapatkan kelas khusus yaitu Tahfizh Al-Qur’an Plus dan Tahfizh Kitab Plus.

Kedua Program Takhasus Wustha. Pada program ini santri akan mempelajari ilmu Agama secara mendalam, yang diamana pelajaran-pelajaran dan kitab yang digunakan menggunakan kitab-kitab- salaf (Kitab Kuning). Takhassus Ulya ini merupakan lembaga yang setingkat dengan SMP/MTS/Sederajat, yang dimana setiap santri akan mendapatkan ijazah formal.

Ketiga Program Takhasus Ulya, kegiatan yang berlangsung di program ini sama dengan Program Takhasus Wustha, hanya saja program ini teruntuk siswa jenjang SMA/MA/Sederajat.

Saat ini Ponpes Thahir Yasin memiliki unit pendidikan formal tingkat Taman Kanak-kanak, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Ma’had Aly. Selain itu terdapat juga Madrasah Diniyah untuk unit informal.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jalan Patirata No.08, Lendang Nangka, Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. 83661

Website resmi: https://thohiryasin.id/

Pondok Pesantren Tahfidz Al Madani Lombok Timur

Ponpes Tahfidz Al Madani Lombok Timur
Kredit Foto: Ishak Baedhowi

Berikutnya adalah Ponpes Al Madani. Secara umum Pesantren ini masih sangat muda, berdiri pada tahun 2006. Selain pesantrennya yang muda, para pemangku jabatan di dalamnya juga masih terbilang muda. Namun meskipun begitu, pesantren ini terus berkembang semakin baik dan sudah menonjolkan keunggulannya, khususnya pada bidang Tahfidz Al Qur’an.

Pesantren ini memiliki banyak jenjang, namun yang istimewa adalah program tahfidz Quran yang dimilikinya. Di pesantren ini terbagi menjadi tiga program. Pertama adalah program umum, yaitu hafal dalam jangka waktu 3 tahun. Durasi waktu ini memang standard untuk menghafal di mana saja.

Kedua adalah program khusus. Durasi waktunya lebih cepat. Yaitu dalam jangka waktu satu tahun mampu menghafal 30 juz. Ini program istimewa. Sedangkan yang ketiga adalah Gema, generasi emas Al Quran, waktu menghafalnya lebih cepat lagi, 6 bulan. Tentu sudah diseleksi terlebih dahulu untuk bisa mengikuti program spesial ini. Karena jika gagal akan masuk ke program khusus atau umum.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jalan Patirata No.08, Lendang Nangka, Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. 83661

Website resmi: https://thohiryasin.id/

Pondok Pesantren Darunnahdlatain

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah adalah Ponpes Darunnahdlatain. Secara umum pesantren ini berafisiliasi dengan Nahdlatul Wathan. Darunnahdlatain berada di bawah naungan Yayasan Hamzanwadi. Antara yang satu ini dengan Pesantren Syaikh Zainuddin awalnya satu organisasi, namun terjadi pemisahan karena beberapa hal. 

Pesantren yang dipimpin oleh Dr TGB Zainul Madjdi ini sangat berpengaruh di kawasan Nusa Tenggara Barat, dalam beberapa silaturahim tokoh nasional selalu menjadi tuan rumah. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Lombok. Gedungnya pun cukup megah. 

Yang istimewa adalah sistem pendidikannya. Di waktu non formal, pesantren ini masih menggunakan pola lesehan. Pendalaman kitab-kitab kuning klasik menjadi salah satu inti dari pesantren ini. 

Kemudian keunggulan pesantren ini terletak pada prestasinya. Beberapa kali juara di tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat. Seperti lomba olimpiade Fisika tahun 2016, meraih juara pertama. Juga pesantren ini mendapatkan penghargaan nasional dari BI terkait pesantren unggulan di tahun 2019. 

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl TGKH Zainuddin Abdul Majid No.132, Pancor, Selong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. 83611

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Lombok Timur yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Rekomendasi 5 Pesantren di Lombok Tengah

Tinggalkan komentar