(REVIEW) 10 Pesantren Terbaik di Makassar (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Makassar? Tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini, di kota Makassar ini terdapat sekitar 26 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 11.433. Jumlah tersebut terbagi menjadi 8.525 santri mukim, dan 2.908 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Darul Aman

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Pondok Pesantren Darul Aman. Ponpes ini tergolong salah satu pondok ternyaman dan termewah di Makassar. Tersedia beberapa fasiilitas penunjang yang sangat lengkap. Antara lain memiliki fasilitas seperti lab Bahasa, lab computer, asrama 3 lantai, perpustakaan dan berbagai fasilitas lainnya.

Pesantren Darul Amman Gombara
Kredit Foto: Pesantren Darul Amman Gombara

Mengenai system pembelajarannya, Pondok Pesantren Darul Aman menerapkan sistem boarding school kekeluargaan, yaitu semua peserta didik tinggal di asrama dalam lingkungan pondok, mentaati tata tertib dan mengikuti ketentuan kegiatan dibawah pengawasan bimbingan dan kasih sayang para pengasuh pondok.

Tahapan pembinaannya adalah, santri dibekali akidah yang benar, selanjutnya pembiasaan bersama Al-Qur’an dan pelajaran-pelajaran kepesantrenan. Setelah santri membaca, menghafal dan memahami Al-Qur’an, santri akan memiliki ruhiyah yang kuat. Setelah itu, pesantren membekali santri dengan teknologi informasi, kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler tambahan dan kepemimpinan.

Hebatnya, banyak santri pesantren ini yang sudah menjadi juara berbagai perlombaan. Prestasi dari mulai tingkat kota bahkan hingga internasional sudah pernah dicapai oleh santri pesantren ini, khususnya dalam bidang Al-Qur’an

Saat ini Ponpes Darul Aman menyelenggarakan pendidikan tingkat SMP-SMA. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk SMP-SMA: sekitar Rp. 13.700.000 (sudah termasuk spp bulan pertama)
  • Biaya bulanan SMP-SMA: sekitar Rp. 1.000.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. KH. Abd. Djabbar Ashiry No. 1 Gombara, Kel. Pai, Kec. Biringkanaya Kota Makassar Sulawesi Selatan 90243

Website resmi: https://psb.darulaman.sch.id/

Pondok Pesantren An Nahdlah Bontoala

Pesantren berikutnya yang akan kami bahas adalah Pesantren An-Nahdlah Bontoala. Ponpes ini merupakan salah satu yang tertua di Makassar. Berdiri sejak tahun 1980, pesantren ini sudah menghasilkan ribuan alumni yang tersebar di masyarakat. Bahkan Ust Maulana yang sering tampil di salah satu televisi swasta merupakan salah satu alumninya.

Pesantren An Nahdoh Bontoala
Kredit Foto: Tribunnews.com

Dalam pendidikannya, pesantren ini memiliki corak khas NU. Maka tak aneh santri-santri disini memiliki pemahaman aswaja yang sangat kuat. Pengajaran kitab-kitab di pondok ini sangatlah mendalam. Ditambah dengan adanya pendidikan formal jenjang tsanawiyah dan Aliyah menjadikan pesantren ini menjadi lebih lengkap.

Satu hal unik dari pesantren ini adalah mengenai lokasinya. Jika sebuah pesantren pada umumnya jarang berbaur dengan masyarakat karena letaknya yang jauh dari pemukiman, maka tidak dengan pesantren yang satu ini. Pesantren ini berdiri di tengah-tengah pemukiman padat penduduk. Masyarakatnya pun bukan masyarakat biasa, melainkan masyarakat yang kerap melakukan aksi kriminal.

Meskipun begitu, santri di pesantren ini tidak terpengaruh lingkungan masyarakat, bahkan justru mereka lah yang mempengaruhi masyarakat. Para pengurus senantiasa mengarahkan santri agar bisa menjadi teladan dan panutan bagi masyarakat. Karenanya, mental dan keberanian santri dalam berdakwah sudah tidak bisa diragukan lagi.

Adapun alamat lengkap pondok ini adalah: Jl. Tinumbu Dalam No.12, Layang, Kec. Bontoala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90154

Pondok Pesantren IMMIM Putra Makassar

Selanjutnya adalah Pondok Pesantren IMMIM Putra Makassar. Sesuai namanya, pesantren ini hanya untuk kaum adam. Pesantren yang berdiri sejak tahun 1975 ini memiliki visi “Terwujudnya Pondok Pesantren yang Menghasilkan Insan Kader Intelek Ulama dan Ulama Intelek Menuju Generasi yang Berkomitmen Tinggi Terhadap Kemakmuran Masjid dan Persatuan Umat.”

Pesantren IMMIM Makassar
Kredit Foto: Muhammadiyyah Yunus

Sesuai visinya, santri di pesantren ini dituntut untuk senantiasa memakmurkan masjid. Memakmurkan masjid disini bukan hanya saja sebagai jamaah, tetapi sebagai pengelola dan pengurus masjid. Selain itu santri pun akan mendapatkan pelajaran keduniaan seperti IPTEK, biologi, fisika, matematika dsb.

Adapun pelajaran agamanya lebih terfokus pada pemahaman ilmu-ilmu Qur’an, seperti tahsin, tahfidz, tilawah, hal ini dilakukan pengurus agar membuat santri lebih dekat dengan Al-Qur’an. Tak hanya itu, kemampuan berbahasa pun akan terasah di pesantren ini. Santri memiliki target agar bisa menguasai Bahasa arab dan inggris secara baik.

Saat ini Pondok Pesantren IMMIM Putra Makassar menyelenggarakan pendidikan tingkat SMP-SMA dan program khusus tahfidz. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk seluruh program: sekitar Rp. 11.477.000 (sudah termasuk spp bulan pertama)
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 1.500.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Perintis Kemerdekaan No.KM.10, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245

Website resmi: https://immim.sch.id/

Pondok Pesantren Modern Al Huda

Berikutnya yang akan kami bahas adalah Pesantren Modern Al Huda. Sesuai namanya, pesantren ini lebih condong kepada aspek pembelajaran secara modern. Namun meskipun begitu, pesantren ini juga tidak mengesampingkan aspek tradisional sebuah pesantren.

Secara umum pembelajaran di pesantren ini menggabungkan kurikulum nasional (diknas) dan kurikulum pesantren. Sehingga dengan adanya hal tersebut, santri mampu memiliki pengetahuan agama dan umum secara proporsional.

Program unggulan dari pesantren ini adalah tahfidz Qur’annya. Untuk jenjang SMP santri memiliki target hafalan 10 juz dan begitu juga dengan SMA 10 juz. Selain itu, santri juga dituntut untuk bisa menguasai kemampuan berahasa arab, baik percakapan, menulis hingga tulisan.

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di Pondok Pesantren Modern Al Huda, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk SMP-SMA: sekitar Rp. 10.500.000
  • Biaya bulanan SMP-SMA: sekitar Rp. 650.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Perumahan BTP, Jln. Kemuliaan, Jl. Bangkala Raya No.115, Tamalanrea, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245

Website resmi: https://alhudamakassar.sch.id/

Pondok Pesantren Madinah Makassar

Berikutnya adalah Pondok Pesantren Madinah Makassar. Pesantren ini juga merupakan salah satu yang tertua di Makassar. Berdiri sejak tahun 1988, pesantren ini sudah menghasilkan ribuan alumni. Pendiri pesantren ini adalah tokoh-tokoh Makassar seperti K.H Sanusi Baco, K.H Umar Shihab, dan beberapa tokoh lainnya. Karena pengaruh tokoh-tokoh tersebut, jumlah santri di pesantren ini cukup banyak.

Dalam pendidikannya, pesantren ini memadukan kurikulum pemerintah dan kurikulum pesantren. Pelajaran seperti fisika, matematika, dsb tetap diajarkan di pesantren ini. Namun meskipun begitu pelajaran agama khususnya Bahasa arab sangat ditekankan di pesantren ini.

Kelebihan dari pesantren ini adalah fasilitasnya. Pesantren ini menawarkan kemewahan dan kenyamanan bagi santri. Tersedia beberapa fasilitas pelengkap yang menunjang pembelajaran. Bahkan, ruang kelasnya pun terpasang pendingin ruangan.

Saat ini Pondok Pesantren Madinah Makassar menyelenggarakan pendidikan tingkat SMP, SMA, dan SMK. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk seluruh program: sekitar Rp. 16.350.000 (sudah termasuk spp bulan pertama)
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 1.500.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 9 No.51, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245

Website resmi: https://pondokmadinah.ponpes.id/

Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Makassar

Selanjutnya adalah Ponpes Putri Ummul Mukminin Makassar. Sesuai namanya, tentu saja pesantren ini hanya untuk kaum hawa. Pondok ini merupakan salah satu yang tertua. Berdiri sejak 1987, pesantren ini sudah menelurkan ribuan santriwati calon ibu hebat.

Secara umum pesantren ini memiliki corak Muhammadiyah yang sangat kental dalam berbagai bidangnya. Hal ini wajar, karena pendiri pesantren ini adalah PP Aisiyah cabang Sulawesi Selatan.

Pesantren ini memiliki visi “Terwujudnya Alumni Puteri yang Unggul, Kader Ulama, dan Pemimpin Berdasarkan Al-Qur’an Dan Al-Sunnah Al-Maqbulah”. Sesuai visinya, penanaman Qur’an dan Sunnah dalam aspek keilmuan di pesantren ini sangat kuat. Para pengurus senantiasa membimbing santriwati agar berpegang teguh kepada dua hal tersebut.

Saat ini Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Makassar menyelenggarakan pendidikan tingkat SMP, MTS, SMA, dan MA. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk seluruh program: sekitar Rp. 15.380.000 (sudah termasuk spp bulan pertama)
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 1.300.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. KH. Abd. Jabbar Ashiry No.10, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90242

Pondok Pesantren As Sunnah Makassar

Berikutnya adalah Ponpes As Sunnah. Sesuai namanya, kelebihan pelajaran pondok ini terletak pada pelajaran Mustholahul Hadits. Di pesantren ini diajarkan berbagai nama perawi hadits. Sehingga banyak santri yang mengenal nama-nama perawi. Bahkan langsung dipraktekkan ketika membahas kita Shohih Al Bukhori.

Uniknya, pesantren ini tidak hanya mengajar santri saja, tapi juga kepada setiap orang yang mau. Oleh karena itu setiap pelajaran yang ada biasanya diikuti oleh beberapa orang dari luar pondok, bahkan terkadang mahasiswa. Memang pondok ini tidak mewajibkan mondok bagi yang mau belajar. Bahkan saat kajian-kajian tertentu dihadiri lebih banyak orang luarnya daripada santrinya.

Selain membuka pelajaran harian, pondok ini jug membuka pelajaran khusus setiap pekan kedua dan keempat per bulan. Pelajaran ini dihadiri banyak kalangan mulai dari anak muda, mahasiswa sampai orang tua. Semua pelajarannya di-live streaming lewat channel Dzulqarnain.net di Youtube. Selain lewat itu juga bisa didownload audionya di dzulqarnain.net.

Namun sayangnya, kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Baji Rupa No.8, Balang Baru, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90224

Website resmi: –

Pondok Pesantren Al Haris

Selanjutnya adalah Ponpes Al Haris. Pesantren yang satu ini memiliki identitas pendidikan modern. Yaitu system pesantren yang sudah menggabungkan pendidikan formal dengan pendidikan tradisional yang menggunakan kitab-kitab klasik. Selain itu system pengaturan asrama di pesantren ini terbilang sangat rapih dan tertata dengan baik.

Salah satu program unggulan yang dimiliki pesantren ini adalah adanya kelas Takhosus Al-Qur’an. Dimana pada kelas ini, santri nantinya akan digembleng semaksimal mungkin untuk bisa menghafal Al Qur’an 30 juz secara cepat dan lancar.

Kemudian, bisa dikatakan pesantren ini memiliki fasilitas yang sangat mewah. Terdapat ruang belajar ber AC, asrama putra dan Pptri ber AC, masjid, lapangan futsal, perpustakaan, laundry, puskestren, koperasi, dan hotspot area. Tak hanya itu, terdapat juga berbagai macam ekstrakulikuler, seperti pramuka, berbagai olahraga, outbound, dll.

Saat ini Pondok Pesantren As Salam menyelenggarakan pendidikan jenjang MTS-MA. Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Dangko No.8, Balang Baru, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90224

Website resmi: https://alharis.sch.id/

Pondok Pesantren Imam Al Ashim

Berikutnya adalah Ponpes Imam Al Ashim. Pesantren ini merupakan salah satu pesantren yang terfokus pada kemurnian Al qur’an dalam hal hafalan. Didirikan oleh Al-Hafidz H. Syam Amir Yunus pada tahun 1999. Beliau mendirikan pesantren ini dalam rangka menjawab kekhawatiran semakin langkanya penghafal Al qur’an khususnya di Indonesia bagian timur.

Di pesantren ini terdapat tiga macam program hafalan. Pertama, program binnadzar. Program ini dikhususkan bagi santri yang baru mulai belajar membaca Al Qur’an atau santri yang sudah bisa membaca Al Qur’an, akan tetapi bacaannya belum baik dan benar.

Kedua, program tahfidz. Program ini diikuti oleh santri yang sudah menyelesaikan program binnadzar, mereka mulai menghafal dari Juz 1 sampai dengan Juz 30. 

Ketiga, program qiraah sab’ah. Program ini diperuntukkan bagi mereka yang sudah khatam 30 Juz bil hifdzi, agar mereka bisa mendalami ketujuh bacaan imam Qiraat beserta rawinya yang mutawatir.

Saat ini Pondok Pesantren Imam Al Ashim juga menyelenggarakan pendidikan jenjang MTS-MA. Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Pesantren ini memiliki dua kampus yang berbeda, yaitu:

  • Alamat kampus I: JL Tidung Mariolo, Lorong 7 No.11B, Tidung, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222
  • Alamat kampus II: Jl. Inspeksi Kanal Tamangapa Utara, Bangkala, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90233

Website resmi: https://ppum.sch.id/

Pondok Pesantren Hidayatullah Makassar

Pesantren terbaik di Makassar terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Hidayatullah. Pesantren ini sebenarnya memiliki banyak sekali program di berbagai bidang, hanya saja kami akan membahas program reguler pendidikannya. Saat ini Hidayatullah menyelenggarakan SMP dan SMA Integral Hidayatullah yang menerapkan Kurikulum Pendidikan Nasional.

Selain menggunakan kurikulum diknas, Hidayatullah Makassar juga menyelenggarakan kurikulum Pendidikan integral berbasis tauhid, yang mengintegrasikan ilmu, system dan institusi dengan pola Pendidikan Islam dengan metode tilawah, tazkiyah dan ta’limah. Kemudian terdapat juga kelas khusus Tahfidz 30 juz bagi santri yang ingin menyelesaikan hafalan Qur’an sampai tuntas.

Fasilitas penunjang aktivitas pun cukup lengkap seperti Asrama, Masjid, Gedung Sekolah, Lapangan Olahraga, Ruang Belajar, Mini Mart & Kantin, Klinik Kesehatan, dan Aula Serbaguna

Namun sayangnya, kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Poros No.5, Tamalanrea, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245

Website resmi: https://ppdb.albayanislamicschool.id/home#

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Makassar yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga: Daftar +500 Pesantren Terbaik di Indonesia

4 pemikiran pada “(REVIEW) 10 Pesantren Terbaik di Makassar (2022)”

  1. Pesantren Sulaimaniyah Makassar Jl Al Fatihah Perum Hertasning Madani Pao-Pao Kab Gowa. Pesantren yang telah memiliki beberapa cabang di luar negeri dan berpusat di negara Turkey, selain bahasa arab tentunya juga belajar bahasa Turkey. Lingkungan belajar dan asrama full ac dll. Mungkin bisa di review untuk kedepannya karena pesantren ini termasuk cabang baru di Makassar. Syukran

    Balas
  2. Semoga Pondok Pesantren senantiasa dianugerahi Rahmat, Hidayah, dan Magfirah oleh ALLAH SWT, sehingga eksis dan sukses dalam mengembang tugas mulia yang diamanahkan kepadanya, demi terwujudnya generasi bangsa yang berkualitas, Aamiin

    Balas

Tinggalkan komentar