(REVIEW) 7 Pondok Pesantren Terbaik di Padang (2022)

Anda sedang mencari Pondok Pesantren terbaik di Padang? Tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Kota Padang terdapat sekitar 14 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 2.921. Jumlah tersebut terbagi menjadi 1.913 santri mukim, dan 1.008 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Ar Risalah Padang

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Ar Risalah. Ponpes ini mungkin menjadi pesantren terluas yang ada di Padang. Bayangkan saja, lahan pesantren ini luasnya mencapai 9 hektar. Hal ini memang wajar, karena pesantren ini menyelenggarakan pendidikan dari mulai tingkat SD-Ma’had Aly.

Selain itu, lokasi pesantren ini terbilang cukup nyaman untuk menjalankan proses pembelajaran. Tempatnya indah, sejuk dengan air yang begitu dingin. Bahkan jika dilihat dari atas menggunakan drone, lokasi pesantren ini seolah terkepung oleh pohon-pohon yang rindang.

Ponpes Ar Risalah Padang
Kredit Foto: Muhammad Afif (google.com)

Pembelajaran Al-Qur’an, khususnya hafalan menjadi hal yang yang prioritas di pesantren ini. Untuk tingkat Tsanawiyah misalnya, agar bisa lulus harus hafal Al Quran minimal 5 juz, sedangkan untuk tingkat Madrasah Aliyah minimal 10 juz.

Selain itu, agar bisa menjadi santri di pesantren Ar-Risalah, pendaftar akan diseleksi terlebih dahulu bacaan Al-Qur’annya. Apabila bacaannya kurang baik meskipun nilai akademiknya bagus, maka tidak akan lulus. Begitupun sebaliknya, apabila bacaan Qur’annya baik namun akademiknya rendah, maka akan lulus.

Hebatnya lagi, hingga kini alumni Ponpes Ar-Risalah sudah banyak yang melanjutkan perkuliahan di berbagai perguruan tinggi bergengsi, baik di dalam maupun luar negeri. Antara lain Universitas Al Azhar, Universitas Islam Madinah, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, dsb.

Sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Adapun alamat pondok ini adalah: Jl. Raya Air Dingin, RT.01/RW.09, Balai Gadang, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586

Website resmi: https://arrisalah.sch.id/

Pondok Pesantren Thawalib Padang

Berikutnya yang akan kami bahas adalah Ponpes Thawalib. Pesantren ini merupakan sekolah islam modern tertua di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1911 atau 15 tahun lebih tua dari Pesantren Gontor, pesantren ini telah menghasilkan ribuan santri-santri terbaiknya.

Sekolah yang telah hadir sejak seabad silam ini, merupakan hasil dari buah pemikiran para ulama reformis dan moderat Minangkabau. Pesantren ini didirikan oleh para ulama reformis Minangkabau seperti Haji Abdul Karim Amrullah (Inyiak Rasul), Haji Abdullah Ahmad, dan Zainuddin Labay el Yunisy.

Ponpes Thawalib Padang
Gedung ponpes putri yang megah. Kredit Foto: Fadil Sari (google.com)

Mengenai sistem pendidikannya, untuk jenjang pendidikan setingkat Tsnawiyah/Aliyah, maka kurikulum yang telah ditetapkan yakni 70 persen pelajaran agama dan 30 persen pelajaran umum. 70 persen pelajaran agama adalah mempelajari kita kitab berbahasa Arab gundul.

Untuk jenjang pendidikan setara Tsanawiyah sedikitnya ada 10 kitab yang diajarkan mulai dari nahwu, sharaf, fikih, tafsir, hadis, tarekh, dan sebagainya. Sedangkan untuk jenjang pendidikan setara aliyah kitab yang diajarkan lebih kurang 20 kitab berbahasa Arab seperti nahwu, sharaf, risalah tauhid, akhlak, tafsir, hadis, tarekh, fikih, ushul fikih, balaghah, arud, ilmu mantiq, ilmi faraidh dan sebagainya.

Saat ini, Pesantren Thawalib menyelenggarakan pendidikan tingkat RA-MA. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di Ponpes Thuwailib dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk jenjang MTS: sekitar Rp. 10.500.000 (sudah termasuk spp bulan pertama)
  • Biaya masuk jenjang MA: sekitar Rp. 11.000.000 (sudah termasuk spp bulan pertama)

Adapun alamat pondoknya terpisah antara putra dan putri:

  • Alamat pondok putra: Jln. Abdul Hamid Hakim No. 12, Pasar Usang, Padang Panjang, Sumatera Barat
  • Alamat pondok putri: Jl. H. Agus Salim No. 19, Kampung Jambak, Kel.Guguk Malintang Kec. Padang Panjang Barat, Sumatera Barat

Website resmi:  https://www.thawalibpadangpanjang.sch.id/

Pondok Pesantren Harokatul Qur’an

Selanjutnya yang akan kami bahas adalah Ponpes Harokatul Qur’an. Dari namanya tentu sudah tertebak bahwa pesantren ini memfokuskan santri agar belajar Qur’an, khususnya menghafalkannya. Maka tak heran, setiap harinya pesantren ini terhiasi dengan lantunan ayat-ayat suci yang indah.

Ponpes Harokatul Quran Padang
Kredit Foto: Uqiya Facemaker (google.com)

Mengenai system pendidikannya, pesantren ini menggunakan kurikulum Kuliiyatul Mu’allimiin Al Islamiyah (KMI). Kurikulum ini adalah kurikulum yang didesain khusus untuk mengakomodir pendidikan agama dan pendidikan umum dalam satu system. Kurikulum ini popular di Pesantren Gontor. Sehingga tidak sama dengan kurikulum diknas maupun kemenag.

Kelebihan yang ada pada penggunaan kurikulum system KMI adalah terletak pada kedisiplinan yang diterapkan. Kedisiplinan tersebut menjadikan santri semakin mandiri, sehingga santri akan siap menghadapi tantangan zaman yang senantiasa berkembang.

Sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Adapun alamat pondok ini adalah: Batang Kabung Ganting, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25172

Website resmi: https://pphq.business.site/

Pondok Pesantren Dar El Iman Padang

Berikutnya yang akan kami bahas adalah Ponpes Dar El Iman. Pesantren ini mulanya hanya sebuah TK yang berdiri sejak tahun 2008. Namun seiring berjalannya waktu, TK tersebut menjelma menjadi lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan mulai dari jenjang TK-SMA. Tak hanya itu, terdapat juga program khusus mempelajari Bahasa arab dan menghafalkan Al-Qur’an.

Sumber: website resmi

Dalam pendidikannya, pesantren ini menerapkan sistem pendidikan kolaborasi—ilmu agama dan umum—yang dikelola secara modern. Pengelola memberikan pembinaan intensif di luar kelas (asrama) yang dibimbing oleh tenaga pendidik yang profesional, berpengalaman dan memiliki latar belakang pendidikan pesantren dan perguruan tinggi.

Untuk menunjang pembelajaran, pesantren ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Antara lain lab Bahasa, lab computer, klinik kesehatan, lapangan olahraga, perpustakaan dan berbagai fasilitas lainnya. Selain itu tersedia ragam ekstrakulikuler, seperti Sains Club, English Club, panahan, tenis meja, dsb.

Saat ini, Pesantren Thuwailib menyelenggarakan pendidikan tingkat RA-MA. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di Ponpes Thuwailib dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk program SD-MA dan Tahfidz putra: sekitar Rp. 6.900.000
  • Biaya masuk program SD-MA dan tahfidz putri: sekitar Rp. 7.030.000

Adapun alamat dari pesantren ini adalah: Komp. SDIT Dar el-Iman Padang, Jalan Gajah Mada Gang Bpkp II Nanggalo, Kp. Olo, Kec. Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat 25173

Website resmi: https://dareliman.or.id/

Pondok Pesantren Kanzul Ulum

Selanjutnya yang akan kami bahas adalah Ponpes Kanzul Ulum. Pesantren ini awal mulanya merupakan bekas kandang kambing yang kemudian direhabilitasi menjadi kamar bagi santri pada 2014. Kini bangunan berdiri di atas lahan 1.800 meter untuk putra dan 1.000 meter untuk pondok putri.

Di pesantren ini terdapat dua kategori santri yaitu kelas alim dan tahfiz. Kelas Alim diikuti santri yang tamat SD dan menempuh pendidikan selama enam tahun dengan mempelajari berbagai kitab. Sedangkan kelas tahfiz khusus menghafal Alquran dan akan diwisuda jika target hafalan sudah tercapai.

Ponpes Gratis Padang
Kredit Foto: Tholib l Ilmi

Kendati demikian santri kelas alim wajib menghafal Alquran minimal dua juz dalam setahun. Sementara kelas kelas tahfiz memiliki target hafalan minimal 5 juz per tahun. Jika target hafalan tidak tercapai, maka jatah liburan tahunan santri akan terpotong 10 hari. Selain ilmu agama, para santri juga mempelajari pelajaran matematika dan Bahasa inggris.

Namun, pesantren ini tidak menyelenggarakan pendidikan formal. Meskipun begitu, pengurus akan membantu santri untuk mengurus ijazah paket bila santri menginginkannya.

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di Ponpes Thuwailib dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk: gratis
  • Biaya bulanan: sekitar Rp. 500.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah :Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586

Website resmi: –

Pondok Pesantren Modern Terpadu Prof Hamka

Berikutnya yang akan kami bahas adalah Ponpes Prof Hamka. Sesuai namanya pesantren ini menisbatkan namanya kepada pahlawan kebanggan masyarakat minang, yaitu Buya Hamka. Pesantren ini terbilang cukup tua, berdiri sejak tahun 1991, sudah menelurkan ribuan santri terbaiknya.

Ponpes ini tergolong salah satu pondok ternyaman dan termewah di Padang. Tersedia beberapa fasiilitas penunjang yang sangat lengkap. Pesantren ini dilengkapi dengan lab seni budaya, lab computer, klinik kesehatan, lapangan olahraga, perpustakaan dan berbagai fasilitas lainnya. Selain itu setiap asrama santri pun terlengkapi dengan pendingin ruangan.

Ponpes Terpadu Buya Hamka Padang
Kredit Foto: HWF (google.com)

Metode belajar mengajar di pesantren ini menggunakan kurikulum yang berlaku di tambah dengan ilmu agama. Ada juga kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler sekolah untuk santri seperti nasyid, pramuka, tapak suci, pbb dan lainnya.

Pesantren ini memiliki staf pengajar ustadz/ustadzah serta guru yang kompeten pada bidang pelajarannya masing-masing, sehingga tak aneh jika menjadi salah satu pesantren terbaik di Kota Padang.

Saat ini, Ponpes Prof Hamka menyelenggarakan pendidikan jenjang SMP dan SMA. Namun sayangnya, kami belum mengetahui mengenai rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. By Pass No.Kel, Aie Pacah, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586

Website resmi: http://hamkapadang.ponpes.id/#/

Pondok Pesantren Terpadu Serambi Mekkah

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Serambi Mekkah. Pesantren ini merupakan salah satu pesantren terbesar yang ada di Padang. Berusia 26 tahun, pesantren ini telah mencetak ribuan santri yang berkualitas.

Pembelajaran di pesantren ini cenderung lebih terfokus kepada pelajaran-pelajaran agama. Pelajaran Bahasa arab, faroid, balaghah, hadits, fiqih dsb menjadi santapan santri sehari-hari

Saat ini Ponpes Terpadu Serambi Mekkah menyelenggarakan pendidikan SMP, SMA, MA, dan Ma’Had Aly. Namun, kami belum mendapatkan informasi mengenai rincian biaya masuk dan biaya bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl Ahmad Yani No 1Ngalau, Padang Panjang Tim., Kota Padang Panjang, Sumatera Barat 27111

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Kota Padang yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca lainnya:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Pesantren di Palembang

Rekomendasi Pesantren di Batam

Rekomendasi Pesantren di Pekanbaru

Rekomendasi Pesantren di Metro

Rekomendasi Pesantren di Pringsewu

Rekomendasi Pesantren di Bengkulu

Rekomendasi Pesantren di Jambi

Rekomendasi Pesantren di Lampung

Rekomendasi Pesantren di Solok

Rekomendasi Pesantren di Payakumbuh

Rekomendasi Pesantren di Kepulauan Riau

Rekomendasi Pesantren di Bukittinggi

Rekomendasi Pesantren di Tapanuli Selatan

Tinggalkan komentar