(REVIEW) 10 Pesantren Terbaik di Palembang (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Palembang? Tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini, di kota yang terkenal dengan pempek ini terdapat sekitar 32 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 8.569. Jumlah tersebut terbagi menjadi 5.111 santri mukim, dan 3.458 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Sultan Mahmud Badaruddin

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Sultan Mahmud Badaruddin. Ponpes yang menisbatkan namanya dari nama pahlawan terkenal Palembang ini sudah berdiri cukup lama. Berdiri pada tahun 1989 wajar rasanya bila pesantren ini sudah cukup matang dan berpengalaman dalam membina santri.

Pesantren Sultan Mahmud Badaruddin
Kredit Foto: M. Soni (google.com)

Suasana ke-Nu an akan sangat terasa pada system pengajaran di pesantren ini. Pengajaran kitab dengan metode sorogan, klasikal, dan wetonan khas NU telah menjadi santapan santri saat mengaji kitab. Meskipun begitu, pesantren ini juga tetap menyelenggarakan pendidikan formal.

Jenjang pendidikan formalnya pun terbilang cukup lengkap. Dari mulai TK-SMA tersedia di pesantren ini. Hebatnya lagi, sejak TA 2012/2013 pesantren ini menyelenggarakan pendidikan secara gratis. Kini santrinya pun sudah cukup banyak, sekitar 600-an.

Selain program pendidikan formal, pesantren ini juga memiliki program khusus tahfidz 30 juz. Kegiatan penunjang lainnya pun cukup banyak. Misalnya pesantren ini rutin mengadakan istighasah. Selain itu, terdapat juga pelatihan bela diri yang berafiliasi dengan Pagar Nusa.

  • Biaya masuk: –
  • Biaya bulanan: –

Adapun alamat lengkap ponpes ini adalah: Jl. Pesantren Sultan Mahmud Baddaruddin II, RT.15/RW.04, Talang Jambe, Kec. Sukarami, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30155

Situs Web Resmi: https://pesantrensmb.org/

Pondok Pesantren Darunnur Al Musthafa

Berikutnya adalah Ponpes Darunur Al Musthafa. Pesantren yang satu ini usianya tergolong masih cukup muda. Pesantren ini berdiri di bawah Yayasan Darunur Al Musthafa yang di dirikan oleh Ustad H. Abdullah Asad Basyaiban,Lc pada tahun 2012.

Pesantren Darunnur Al Musthofa
Kredit Foto: Darunnur Al Musthofa

Pesantren ini memiliki pendidikan yang bercorak salafiyah. Gaya pengajarannya pun mirip dengan salah satu ponpes terbesar di Jawa, yaitu Pondok Sidogiri. Program pendidikannya terdiri dari I’dadiyah (persiapan), Madrasah Ibtidaiyah (ula), Madrasah Stanawiyah (wustho), Madrasah Aliyah (ulya), Program Takhassus, dan Kursus-kursus.

Selain itu untuk memastikan santrinya bisa melanjutkan ke jenjang formal, pesantren ini juga menyelenggarakan program PKBM (pusat kegiatan belajar mengajar). PKBM ini pun terbilang lengkap, karena menyediakan paket A, paket B, dan paket C. Tak ketinggalan, untuk memperbanyak pilihan bagi santri, pesantren ini juga menyediakan program khusus tahfidz 30 juz. 

Satu hal yang menarik, mulainya tahun ajaran di pesantren ini tidak mengikuti aturan pemerintah. Tahun ajaran di pesantren ini dimulai setiap bulan syawal, serupa dengan yang dilakukan Pesantren Gontor.

Bagi yang berminat mengikuti pendidikan di Pondok Pesantren Darunur Al Musthafa Palembang, berdasarkan info terakhir yang kami dapatkan, maka harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk semua program: sekitar Rp. 2.500.000
  • Biaya bulanan: sekitar Rp. 600.000

Adapun alamat lengkap ponpes ini adalah: Jl. Tanjung Harapan komplek DPRD No. 03 Kel. Bukit Sagkal, Suka Maju, Kec. Kalidoni, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30961

Website resmi: https://darunuralmusthafa.com/29289-2/

Pondok Pesantren Arriyadh Ulu

Berikutnya adalah Pondok Pesantren Arriyadh Ulu. Pesantren ini adalah pesantren tertua yang ada di Kota Pempek. Berdiri sejak tahun 1973, pesantren ini sudah meluluskan ribuan alumninya yang tersebar di seantero Sumatera Selatan. Pendiri pesantrennya pun bukan sembarang orang, yaitu Habib Abdurrahman, seorang habib yang asli berasal dari Palembang.

Kredit Foto: Muhammad Aliyanto (google.com)

Metode belajar mengajar di pesantren ini menggunakan kurikulum yang berlaku di tambah dengan ilmu agama. Ada juga kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler sekolah untuk santri seperti karate, basket, futsal, grup belajar dan lainnya.

Pesantren ini memiliki staf pengajar ustadz/ustadzah serta guru yang kompeten pada bidang pelajarannya masing-masing, sehingga tak aneh jika menjadi salah satu pesantren terbaik di Kota Palembang.

Adapun alamatnya: Jl. KH. Azhari No.59, 13 Ulu, Kec. Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30263

Website resmi: –

Pondok Pesantren Zaadul Ma’ad Sukarami

Selanjutnya adalah Pondok Pesantren Zaadul Ma’ad Sukarami. Pesantren ini berdiri pada tanggal 8 Agustus 2014 oleh beberapa juru dakwah asal Kota Palembang yang pernah menimba ilmu agama di Timur Tengah dan beberapa pondok pesantren di Pulau Jawa. Meski usianya tergolong muda, pesantren ini sudah menjadi salah satu pesantren terbaik yang ada di Palembang.

Pesantren Zaadul Maad
Kredit Foto: Roni N (google.com)

Pesantren ini memiliki metode pendidikan yang bercorak sesuai Al Qur’an dan As-Sunnah. Tak heran, pengamalan Sunnah Nabi disini sangat terasa. Mulai dari cara berpakaian dan kehidupan, semuanya diarahkan secara teratur agar mengikuti Sunnah oleh para asatidznya.

Selain itu, para santri pun dituntut untuk bisa menguasai Bahasa arab secara pasif maupun aktif. Bahkan, jika santri ingin masuk ke suatu jenjang tapi kemampuan bahasanya kurang, maka santri tersebut harus masuk kelas persiapan terlebih dahulu.

Sampai saat ini program pendidikan yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Salafiyah Ma’had Zaadul Ma’ad Palembang antara lain: Raudhatul Athfal (setara TK), Salafiyah Ula (setara SD/MI), Salafiyah Wustha (setara SMP/MTs), Salafiyah Ulya (setara SMA/SMK/MA), Tadribud Duat (pasca SMA), dan Tahfiz Quran Putra.

Bagi yang berminat mengikuti pendidikan di Pondok Pesantren Zaadul Ma’ad Sukarami Palembang, berdasarkan info terakhir yang kami dapatkan, maka harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk program RA: sekitar Rp. 2.350.000
  • Biaya masuk program SD: sekitar Rp. 4.350.000
  • Biaya masuk program SMP dan SMA: Rp. 12.550.000
  • Biaya masuk program Tadribud Duat: sekitar Rp. 2.500.000
  • Biaya masuk dan bulanan program Tahfidz: gratis
  • Biaya bulanan program RA: sekitar Rp. 150.000
  • Biaya bulanan program SD: sekitar Rp. 250.000
  • Biaya bulanan program SMP dan SMA: sekitar Rp. 950.000
  • Biaya bulanan program Tadribud Duat: sekitar Rp. 500.000

Adapun alamat lengkap ponpes ini adalah: Jl Padat Karya Lorong Melati 1 RT.01 RW.001 Sugiwaras, Kel. Talang Jambe, Kec. Sukarami, Kota Palembang

Website Resmi: https://zaadulmaad.ponpes.id/

Pondok Pesantren Nurul Qomar

Berikutnya adalah Pondok Pesantren Nurul Qomar. Pesantren yang satu ini pun terbilang cukup tua. Berdiri sejak 1987, pesantren ini sudah mengabdikan lebih dari 30 tahun untuk mendidik umat. Sejak awal berdiri hingga sekarang, pesantren ini sudah beberapa kali mengalami transformasi dalam corak pendidikannya. Hingga akhirnya sekarang memiliki identitas sebagai pesantren modern terpadu.

Kredit Foto: Irma Lestari (google.com)

Kini, pesantren ini menyelenggarakan pendidikan formal pada jenjang tsanawiyah dan aliyah. Adapun model pendidikannya mengikuti kurikulum yang diberlakukan pemerintah.

Pesantren ini juga terbilang menekankan aspek pembelaran Bahasa arab. Bahkan kitab seperti tafsir jalalain menjadi salah satu kitab yang wajib dipelajari di pesantren ini. Tak hanya itu, dalam beberapa kesempatan santri pun dituntut untuk menggunakan Bahasa arab dalam percakapannya.

Mengenai system asramanya, ponpes Nurul Qomar mengadopsi cara pesantren gontor. Peraturan dan kedisiplinan sangat terlaksana dengan ketat di pesantren ini.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Adapun alamat lengkap ponpes ini adalah: Jl Lorong Langgar Damai, Lawang Kidul, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111

Website resmi: http://pondokpesantrennurulqomar.blogspot.com/p/blog-page_66.html

Pondok Pesantren Ar Rahman

Selanjutnya adalah adalah Pondok Pesantren Ar Rahman. Bisa dikatakan ini adalah pesantren terbesar di tanah Palembang.

Pesantren Ar Rahman Palembang
Kredit Foto: Adetya (google.com)

Secara jenjang pendidikan formal, pesantren ini cukup lengkap. Program MTS-MA dapat anda pilih. Tempatnya pun cukup luas, sangat representative dan bahkan ada kolam renangnya. Tak hanya itu, pesantren ini pun memilki ragam kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka, hadroh, dsb. Maka tak aneh setiap santri akan merasa nyaman dan betah saat berada di pesantren.

Satu hal yang luar biasa dari pesantren ini adalah memiliki pusat rehabilitasi bagi para narkoba. Hal ini tentu suatu hal yang jarang ditemui di pesantren manapun.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Adapun alamat lengkap ponpes ini adalah: Jl. Tegal Binangun, Plaju Darat, Kec. Plaju, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30267

Website resmi: https://ponpesarrahman.sch.id/

Pondok Pesantren Al-Qur’an Jami’atul Qurro

Berikutnya adalah Ponpes Al Qur’an Jami’atul Qurro. Pesantren ini berdiri pada tahun 2007. Pendirinya adalah Ustdz H. Hendro Karnadi, S.Ag, MM. Sesuai namanya, pesantren ini berfokus kepada pendidikan Al Qur’an. Hal ini sesuai visinya yaitu “Mencetak generasi Qur’ani yang melahirkan kader qori/qori’ah, hafizh/hafizha, da’i/da’iah yang handal dan siap tampil di masyarakat”.

Program pokok pesantren ini adalah Program Tahfidz 30 juz. Program ini diberikan setelah santri dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Agar semangat menghafal, pengurus juga menyelenggarakan acara-acara yang terkait dengan Al-Qur’an seperti tasmi’ hifdzul qur’an, musabaqoh Al-Qur’an, tilawah Al-Qur’an, dan khataman Al-Qur’an secara rutin.

Selain itu santri juga akan mendapatkan program penunjang. Program penunjang yang diberikan kepada santri yaitu berupa kajian ilmu Qur’an, Fiqih, Akidah, Akhlak, Tilawah, Hadroh, Tapak Suci, Futsal dan lalin-lain.

Saat ini Ponpes Jami’atul Qurro hanya menyelenggarakan pendidikan informal. Santri nantinya akan bersekolah di sekolah yang ada di sekitar pondok.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Karang Jaya, Kec. Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30149

Website resmi: –

Pondok Pesantren Aulia Cendekia

Selanjutnya adalah Ponpes Aulia Cendekia. Pesantren ini berdiri pada tahun 2007. Pendirinya adalah H. Hendra Zainuddin. Sebagai lembaga pendidikan Islam, misi Aulia Cendekia adalah mencetak kader ulama yang cendekia dan sekaligus hafal al-Qur’an beserta ulum al-Qur’an yang nantinya mampu berkiprah dalam masyarakat.

Kemudian selain pendidikan menghafal serta mengkaji ulum al-Qur’an dan kitab kuning, terdapat juga jenjang pendidikan formal, mulai dari Madrasah Ibtidaiyah (setingkat SD), Madrasah Tsanawiyah (SMP) dan Madrasah Aliyah (setingkat SMA).

Adapun kurikulum yang menjadi acuan pesantren ini adalah kurikulum pesantren dan kurikulum nasional yang sudah terintegrasi dengan baik.

Kurikulum Integrasi adalah kurikulum yang dalam wujud integrated curriculum (kurikulum yang mempunyai ketergantungan antara tiap mata pelajaran/ tidak terpisah- pisah). Yang mana semua program dalam pesantren Aulia terstruktur dan terprogram sepanjang 24 jam.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. AMD, Talang Jambe, Kec. Sukarami, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30961

Website resmi: –

Pondok Pesantren Thawalib Sriwijaya

Berikutnya adalah Ponpes Thawalib Sriwijaya. Pesantren ini dirintis oleh KH. Daud Kohar dan dilanjutkan oleh KH. Nofrizal Nawawi, Lc, M.Pdi. Pesantren ini telah berdiri di area seluas 10 Ha, dimana terdapat 1 gedung asrama permanen dan 10 lokal ruang belajar yang nyaman serta dikelilingi oleh 70 Ha areal kaplingan masyarakat untuk pembanunan kawasan pemukiman islami.

Keberadaan Ponpes Thawalib terlandasi oleh keinginan ummat dan masyarakat, alim ulama, cerdik pandai yang menginginkan ruh pembangunan Islam, dengan tujuan membangun generasi Islam masa depan berbekal ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesadaran iman dan taqwa.

Dalam pendidikannya, pesantren ini memadukan antara program tahfizh Al Qur’an, pendidikan umum, pendidikan pondok, keterampilan seni/olahraga serta pendalaman dalam bahasa Arab dan Inggris.

Saat ini Ponpes Thawalib Sriwijaya menyelenggarakan pendidikan formal setingkat MTS dan MA. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Talang Kemang, Kec. Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30149

Website resmi: –

Pondok Pesantren Tijarotal Lantabur

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Tijarotal Lantabur. Secara umum, pesantren ini merupakan pesantren salaf yang tidak menyelenggarakan pendidikan formal. Visi pesantren ini adalah “Membangun Generasi yang Beriman, Berilmu, terampil, Berbakti sosial, tekun Belajar Serta Cinta Menghafal Al-Qur’an.”

Program pokok pesantren ini adalah Tahfizh Al-Qur’an. Program ini diberikan setelah santri dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Agar semangat menghafal, pengurus juga menyelenggarakam acara-acara yang terkait dengan Al-Qur’an seperti tasmi’ hifdzul qur’an, musabaqoh Al-Qur’an, tilawah Al-Qur’an, khataman Al-Qur’an secara rutin.

Selain itu santri juga akan mendapatkan program penunjang. Program penunjang yang diberikan kepada santri yaitu berupa kajian ilmu Qur’an, Fiqih, Akidah, Akhlak, Tilawah, dll.

Kemudian santri juga akan mendapatkan bimbingan mental. Caranya adalah santri akan dilatih membaca kitab berzanji, latihan memimpin prosesi acara, dan memimpin pembacaan yasin. Selain itu santri diajarkan ilmu kedisiplinan dan kerja bakti baik antar sesama santri maupun bersama masyarakat.

Program ini bertujuan supaya santri siap tampil dan dapat hidup selaras di tengah masyarakat. Selain itu juga tentu agar santri dapat hidup mandiri dan sesuai dengan ajaran islam.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Silaberanti, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30117

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Palembang yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Tinggalkan komentar