(REVIEW) 9 Pesantren Terbaik di Pasuruan (2022)

Ada ratusan pesantren yang berada di Pasuruan. Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Pasuruan? Kami akan mengulasnya untuk Anda.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Pasuruan terdapat sekitar 219 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 44.566. Jumlah tersebut terbagi menjadi 30.181 santri mukim, dan 14.385 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Sidogiri

Ponpes Sidogiri Pasuruan
Kredit Foto: Ahmad Fairuzi

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Sidogiri. Pesantren ini merupakan lembaga Islam tertua di Indonesia, lembaga salaf yang lebih mengedepankan pembekalan Teologi (akidah), Syari’ah dan Akhlakul Karimah berlandasakan Ahlussunnah wal Jama’ah baik secara Minhaju Al-Fikr dan Minhaju al-Ijtima’.

Sidogiri telah eksis mencetak kader-kader ulama sejak abad ke 17. Tak kurang nama-nama ulama’ besar seperti Syaikhona Cholil Bangkalan, Sang Guru para Kyai Tanah Jawa, adalah salah satu dari sekian banyak ulama handal jebolan Sidogiri.

Kini Sidogiri masyhur sebagai pesantren salaf yang maju dalam pengajaran kitab kuning dengan membuat metode al-Miftah, metode yang dalam beberapa bulan santri junior pun insya Allah bisa membaca kitab kuning dengan cepat.

Pesantren ini juga terkenal dengan manajemen pesantrennya yang baik, serta ekonomi syariah yang berkembang pesat dengan koperasinya. Sidogiri juga memiliki ratusan madrasah ranting (filial) dan setiap tahun mengirim 500-700 guru tugas dan da’i ke berbagai tempat yang membutuhkan di seluruh Indonesia.

Selama berdirinya, Pesantren Sidogiri hanya menggunakan sistem pengajian langsung kepada kiai atau pengasuh. Baru pada masa kepengasuhan K.H. Abdul Djalil, sejak 15 April 1938/14 Safar 1357, Pesantren Sidogiri resmi menerapkan sistem pendidikan Ma’hadiyyah dan Madrasiyyah.

Sistem madrasiyah terwujud dengan mendirikan Madrasah Miftahul Ulum (MMU), sedangkan sistem ma’hadiyah berupa kegiatan pendidikan dan pengajian santri siang maupun malam hari.

Materi yang akan santri pelajari di Madrasah Miftahul Ulum adalah pelajaran ilmu agama dengan menggunakan kitab-kitab karangan ulama salaf sebagai materi utama. Di kelas-kelas tertentu, ilmu sosial dan eksak tetap tersedia sebagai pendukung ilmu-ilmu agama.

Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk seluruh program: sekitar 2.230.000
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 640.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Sidogiri, Kec. Kraton, Pasuruan, Jawa Timur 67101

Website resmi: https://sidogiri.net/

Informasi lebih detail dapat Anda lihat di link ini

Pondok Pesantren Salafiyah Pasuruan

Ponpes Salafiyah Pasuruan
Kredit Foto: Ibnu Mualli

Selanjutnya adalah Ponpes Salafiyah Pasuruan. Pesantren ini berawal dari sebuah langgar atau Musholla yang didirikan oleh Kyai Hamdani bin Kyai Haris bin Kyai Hasan Sanusi, kurang lebih tahun 1800 M. Di langgar tersebut terdapat beberapa kamar sederhana untuk menginap santri. Tapi dari langgar yang sederhana tersebut, tumbuh sebuah pesantren yang kini umurnya lebih dari dua abad.

Perkembangan langgar ini semakin tahun semakin pesat dengan terus berdatangannya para santri dari berbagai daerah di sekitar Pasuruan hingga secara tidak langsung berdirilah sebuah kompleks pondok pesantren yang berporos pada tiga unsurnya, yaitu rumah atau dalem kyai, langgar atau masjid serta bilik-bilik santri.

Pada masa Kyai Hamid, Pondok Pesantren Salafiyah mengalami pertumbuhan yang signifikan, yaitu dengan mulainya memberlakukan sistem madrasah di dalam pondok yang sebelumnya hanya terpisah di luar pondok pada tahun 1971. Kurikulum madrasah dirancang sendiri dengan berlandaskan pada asas pengajaran salafi, bukan madrasah formal.

Sistem demikian terus bertahan hingga saat ini. Pada masa beliau pula, berdirilah pesantren putri dengan sistem dan kurikulum pengajaran yang sama persis dengan pesantren putra.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. KH Abdul Hamid gang Vlll-14, Kebonsari, Panggung Rejo, Kebonsari, Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67116

Website resmi: –

Pondok Pesantren Baitul Hikmah

Kredit Foto: Muhammad Nailur

Berikutnya adalah Ponpes Baitul Hikmah. Berdiri sejak tahun 1779, pesantren ini telah memberikan bukti nyata bagi ikhtiar dakwah Islamiyah di Indonesia serta pendidikan agama menurut metode para penyevar agama Islam generasi pertama yang melahirkan ulama dan pribadi-pribadi muslim dari generasi ke generasi.

Para Pendiri dan Guru Pesantren sejak dini menanamkan kepada para santri pengertian tentang tholabul ilmi (menuntut ilmu) menurut pandangan islam, baik yang menyangkut niat awal, fungsi dan tujuannya, ataupun yang berkaitan dengan tatacara dan metode.

Metode ini masyhur di kalangan pesantren dengan Suluk santri (perjalanan belajar seorang penuntut ilmu agama). Suluk santri ditandai dengan situs pesantren yang membentuk garis linear yang dimulai dari bilik-bilik santri (sebagai dimulainya kesadaran), langgar atau masjid (sebagai tempat pembinaan dan pengmblengan mental spriritual sekaligus intelektual) dan rumah atau dalem kiai (sebagai titik pencapaian kearifan dan kebahagiaan). 

Kemudian pesantren ini juga memiliki berbagai fasilitas penunjang. Antara lain masjid, asrama santri, kantor, UKS, aula, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, dll.

Saat ini Pesantren Baitul Hikmah menyelenggarakan pendidikan pesantren tingkat SMP, SMK, dan SMA. Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk seluruh program: sekitar 21.405.000 – 22.200.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan program SMP: sekitar Rp. 1.600.000
  • Biaya bulanan program SMK dan SMA: sekitar Rp. 1.700.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Patiunus No.25, Krampyangan, Kec. Bugulkidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67127

Website resmi: https://baytalhikmah.net/

Pondok Pesantren Sunniyah Salafiyah

Ponpes Sunniyah Salafiyyah
Kredit: Printis Pasuruan

Selanjutnya adalah Ponpes Sunniyah Salafiyah. Pesantren ini dirintis pertama kali oleh Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf. Suasana di pesantren ini tampak begitu sejuk, dengan lokasi yang berada di kelilingi hamparan persawahan, juga pepohonan rindang yang sangat meneduhkan.

Beliau membuka pengajaran agama dengan murid seadanya dan di tempat yang seadanya pula. Di kediaman beliaulah Habib Taufiq mulai mengembangkan khazanah ilmu yang beliau miliki, yaitu di daerah Kauman kota Pasuruan.

Pesantren Sunniyah Salafiyah –sebagaimana namanya- pun berbasis salaf dengan mengajarkan berbagai disiplin ilmu agama. Pondok ini juga mengadopsi konsep Accelerated Learning (percepatan pembelajaran) dan KBK (kuikulum berbasis kompetensi).

Seluruh santri wajib masuk kelas Ibtida’ (kelas pembekalan). Di sini para santri akan mendapatkan materi-materi tauhid, fiqih juga lughah Arab. Kelas ini berlangsung maksimal lima tahun yang di pusatkan pada Pondok cabang, namun bisa juga selesai kurang dari lima tahun, tergantung kemampuan santri.

Setelah itu setiap santri wajib memilih satu dari dua kelas takhasus spesialisasi, yang berada di pondok pusat Pasuruan.

Saat ini Pesantren Sunniyah Salafiyah menyelenggarakan pendidikan pesantren tingkat SMP, SMK, dan SMA. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Sungi Suko, Sungi Wetan, Kec. Pohjentrek, Pasuruan, Jawa Timur 67171

Website resmi: https://psb.sunsal.net/index.html

Pondok Pesantren Dalwa Bangil

Kredit Foto: Ponpes Dalwa

Berikutnya adalah Ponpes Dalwa. Pesantren ini didirikan oleh Ust. Hasan Baharun pada tahun 1981. Di awali dari hanya sebuah rumah kontrakan hingga kemudian berkembang pesat sampai sekarang. Usia tiga puluh tahun lebih menandakan pengalaman yang cukup matang bagi lembaga pendidikan.

Dalwa merupakan singkatan dari Darullughoh Wadda’wah, yang artinya adalah tempat persemaian bahasa dan da’wah. Dan memang di pesantren ini bahasa Arab menjadi salah satu inti, serta setiap santri akan memiliki keilmuan cukup untuk bekal berdakwah di masyarakat.

Yang istimewa dari Dalwa adalah fokus pendidikanya. Dengan model pesantren yang menjaga sunnah dan berpakaian jubah, pesantren ini juga memantapkan pada aspek pendidikan aqidah bagi para santrinya.

Salah satu yang menjadi kelebihan dari pesantren Dalwa Bangil ini adalah jenjang pendidikan yang sangat lengkap. Dari jenjang pendidikan tingkat anak, hingga pendidikan S2 dan S3. Karena itulah nama Dalwa menjadi salah satu pesantren terbaik di Pasuruan yang patut menjadi rujukan.

Selain itu pesantren ini memiliki program diniyyah. Pendidikan diniyyah di pesantren ini memiliki empat tingkatan. I’dadiyah atau yang artinya adalah masa persiapan. Kemudian Ibdtidaiyah kalau biasanya disebut dengan tingkatan Ula. Kemudian ada Madrasah Tsanawiyah yang artinya adalah tingkatan wustho, kemudian ada madrasah Aliyah atau tingkatan ulya.

Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk jenjang MI-MA: sekitar Rp. 8.275.000 – 8.405.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan jenjang MI-MA: sekitar Rp. 530.000 – 540.000  

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Jl. Raya Raci No.51, RT.04/RW.03, Panumbuan, Raci, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur 67153

Website resmi: https://www.pp-dalwa.org/id/index.php

Pondok Pesantren Terpadu Al Yasini

Selanjutnya adalah Ponpes Terpadu Al Yasini. Pesantren ini berdiri pada tahun 1940. Nama Pesantren Al-Yasini adalah penisbatan terhdap perintis dan pendiri pesantren yaitu KH. Yasin bin Abdul Ghoni. Pada mulanya kegiatan pesantren berbentuk pengajian kalongan bertempat di musholla diikuti santri yang mukin maupun masyarakat santri yang tinggal di sekitar pesantren.

Pada tahun 1951 KH. Yasin bin Abdul Ghoni wafat sehingga kepemimpinan pesantren dikendalikan oleh Ibu Nyai Chusna. Dengan penuh keteladanan dan kesabaran yang tinggi, pesantren terus menunjukkan eksistensinya sehingga para santri dengan istiqomah dapat belajar dan mengembangkan diri melalui pemahaman agama dan kecakapan serta keterampilan hidup.

Pondok pesantren Al Yasini Wonorejo memiliki kelebihan dalam pendidikan bahasa dan Al Quran. Pesantren ini dalam pendidikan agamanya memiliki warna khas pesantren NU. Namun yang istimewa, pesantren ini dilengkapi beberapa sekolah formal unggulan, yaitu SMP Unggulan dan SMA Excellent.

Hingga saat ini Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini memiliki beberapa lembaga pendidikan yang melengkapi kebutuhan masyarakat dalam pendidikan yaitu diantaranya TK/RA, SD IC, MTs, SMP Unggulan, SMP Negeri 2 Kraton, SMA Excellent, SMK Kesehatan, MAN Kraton, SMK Negeri, AKBID Sakinah, STAI Al-Yasini, Madrasah Diniyah, Madrasah Salafiyah, Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA), dan Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ).

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Dusun Areng-areng, Desa Sambisirah, Kec. Wonorejo, Arengareng Barat, Ngabar, Kec. Kraton, Pasuruan, Jawa Timur 67173

Website resmi: http://alyasini.net/

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Besuk Pasuruan

Berikutnya adalah Ponpes Raudlatul Ulum. Didirikan pada tahun 1881 M. Pesantren ini mengajarkan beberapa Ilmu Agama secara mendalam dengan sistem pendidikan Salaf (bandungan, sorogan, musyawaroh, muroja’ah, bahtsul masa’il, khithobah, qiro’ah, tahfidzul qur’an dan sekolah).

Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara klasikal dengan menggunakan kurikulum salafi. Bersifat klasikal artinya para santri di klasifikasikan berdasarkan kemampuan mereka masing-masing sekaligus juga menjawab masalah kesenjangan kemampuan diantara para santri.

Pendidikan ini menekankan pentingnya pemahaman akan kebutuhan santri dan cara pemecahan masalah yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan potensi yang ada di masyarakat yang sesuai dengan akidah ahkussunnah wal jamaah.

Tingkat pendidikan di Pondok Besuk ini mulai berjenjang dari tingkat Ibtidaiyah (6 tahun), tingkat Tsanawiyah (3 tahun) dan tingkat Aliyah (3 tahun). Sementara untuk pendidikan formal yakni pendidikan formal berijazah Nasional (Wajardikdas).

Sejalan dengan tujuan awal, kegiatan ini diatur dengan tidak merubah system pendidikan dan kegiatan pondok pesantren yang selama ini sudah berjalan.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jalan Raya Pasuruan – Malang KM. 9, Besuk, Tanggulangin, Kec. Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur 67172

Website resmi: –

Pondok Pesantren Darut Taqwa Ngalah

Ponpes Darut Taqwa Ngalah
Kredit Foto: Luqman Hakim

Selanjutnya adalah Ponpes Darut Taqwa Ngalah. Pesantren ini didirikan oleh KH. Moh. Sholeh Bahruddin Kalam pada bulan 30 Agustus 1985 Masehi atau bertepatan dengan Jum’at Pahing bulan 14 Dzulhijjah tahun 1405 Hijriyah.

Sama halnya dengan Pondok Pesantren yang lain tentunya Pondok Ngalah juga mempunyai histori yang panjang. Diawali pada tahun 1984 setelah manjing suluk (mendalami ilmu thoriqoh) pada KH. Munawir Kertosono, pengasuh sekaligus pendiri pondok yaitu KH. Moh. Sholeh Bahruddin mendapat amanah dari beliau (KH. Munawir) dan ayahnya (KH. Bahruddin Kalam) untuk mendirikan pondok pesantren.

Hingga saat ini Pondok Pesantren Darut Taqwa memiliki beberapa lembaga pendidikan yang melengkapi kebutuhan masyarakat dalam pendidikan yaitu diantaranya TK/RA, MI, MTs, SMP Bhineka Tunggal Ika, MA, SMASMK, dan Universitas Yudharta Pasuruan

Selain itu dalam rangka tujuan pendidikan rohani, terdapat pendidikan khususiyah, dalam hal ini adalah Thoriqoh. Thoriqoh di Pondok Pesantren Ngalah adalah Thoriqoh Naqsabandiyah Wal Qodiriyah Wal Mujadadiyah.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Sengonagung Purwosari Pasuruan Jawa Timur

Website resmi: http://ppdb.daruttaqwa.or.id/

Pondok Pesantren Tahfidz Darul Hijrah Pasuruan

Pesantren Tahfidz di Pasuruan
Kredit Foto: Madanizura

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Tahfidz Darul Hijrah. Pesantren ini merupakan cabang dari Ponpes Darul Hijrah yang berada di Surabaya. Lokasi pesantren ini berhawa sejuk karena berada di lingkungan pegunungan, serta dekat dengan Gunung Arjuna dan Gunung Penanggungan.

Pendidikan formalnya tersedia jenjang SMP dan SMA dengan program islam terpadu. Yaitu merujuk pada diknas, namun memiliki muatan lokal keislaman yang kental. Untuk mengikuti pendidikan di pesantren ini terdapat dua program, yakni takhasus dan reguler.

Program takhasus merupakan pendidikan berbeasiswa yang dibiayai donatur. Para santri harus mengikuti pendidikan selama enam tahun, yakni mulai SMP sampai lulus SMA. Jika telah selesai mengikuti pendidikan, para lulusan diwajibkan menjalani masa pengabdian.

Untuk program reguler, santri menjalani pendidikan dengan biaya mandiri. Santri bisa mengikuti pendidikan SMP atau SMA (tidak harus menjalani pendidikan selama enam tahun). Jika telah lulus tidak diwajibkan menjalani masa pengabdian.

Beberapa keunggulan Pesantren Tahfidz di Pasuruan ini adalah, Pertama adalah aspek kombinasi antara pendidikan formal dan pendidikan tahfidz Quran. Apalagi menggunakan kurikum diknas di mana muatan sains tetap besar.

Kedua, Ponpes Darul Hijrah Pasuruan tidak hanya memberikan pelajaran bahasa arab, tapi juga berusaha digunakan dalam keseharian. Juga ada pendidikan diniyah seperti Tauhid, Tafsir, Hadist, Siroh, dan lain sebagainya.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Genting, Ketanireng, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157

Website resmi: https://pesantrendarulhijrah.com/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Pasuruan yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar