(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren di Pati (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Pati adalah sebuah daerah yang terkenal dengan kacangnya. Bahkan dua produsen kacang terbesar di Indonesia berada di Pati, yaitu Kacang Garuda dan Kacang Dua Kelinci. Namun tahukah anda ternyata Pati juga memiliki banyak pesantren yang bagus dan recommended.

Berikut ulasan pesantren terbaik di Pati paling recommended!

Pondok Pesantren Raudhaltul Ulum Guyangan

Ponpes Roudhotul Ulum Guyangan Pati
Kredit Foto: Labib Luthfi

Pesantren terbaik di Pati pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Raudhatul Ulum Guyangan. Pesantren yang memiliki bangunan sangat megah ini didirikan oleh Almaghfurlah KH Suyuthi Abdul Qodir pada awal 1950-an. Sejak awal berdirinya, pesantren ini terus-menerus mengalami perkembangan dinamis.

Dalam menjalankan setiap aktivitasnya, Raudhatul Ulum memiliki sebuah visi yaitu: “Selangkah lebih maju dalam prestasi dengan ilmu amaly dan amal ilmy. Kemudian nantinya setiap santri akan dididik memiliki karakter intelektual dan mempunyai ahlakul karimah dalam jiwanya.

Adapun proses pembelajarannya, Pesantren Guyangan mengacu pada materi-materi pelajaran berbasis kitab kuning. Selain itu, juga dilengkapi dengan kurikulum Kemenag dan Kemendikbud. Karenanya, seluruh mata pelajaran untuk setiap jenjang bisa mencapai angka 30-an. Untuk sekolah lain tidak lebih 20 mata pelajaran.

Tak ketinggalan fasilitas yang dimiliki pesantren ini sangatlah lengkap. Bahkan terdapat sebuah Rumah Sakit yang tersedia untuk masyarakat umum.

Saat ini Ponpes Raudhatul Ulum Guyangan membuka pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang:

  • Madrasah Ibtidiyah
  • Madrasah Tsanawiyah
  • Madrasah Aliyah
  • Madrasah Diniyah Tsanawiyah
  • Madrasah Diniyah Persiapan Aliyah

Selain pendidikan formal, Raudhatul Ulum juga memiliki badan-badan otonom seperti:

  • Lembaga Keuangan Mikro
  • Koperasi
  • KBIH
  • English Convertation Club Putri
  • Engslih Speaking Program Putra
  • Lembaga Pengembangan Bahasa Arab
  • Dll

Mengenai biaya pendidikannya bisa klik link ini

Alamat lengkap: Pesantren Raudlatul Ulum, Ds. Guyangan Kec. Trangkil Kab. Pati, Jawa Tengah

Website resmi: https://www.ypruguyangan.com/

Pondok Pesantren Maslakul Huda

Ponpes Maslakul Huda Pati
Kredit Foto: Faizin El Handik

Selanjutnya adalah Ponpes Maslakul Huda. Pesantren yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu yang tertua di Pati, tepatnya didirikan oleh KH Mahfudh bin Abdus Salam pada 1910. Secara umum pesantren ini memiliki orientasi pada pengembangan Tafaqquh fid din dan berusaha mempersiapkan manusia yang saleh melalui pendekatan kognitif, afektif dan psikomotorik.

Secara umum pendidikan di Maslakul Huda meliputi:

  • Pendidikan intelektual

Meliputi pengajaran dasar-dasar Islam (Aqidah/Tauhid, Ilmu alat/Adab), ilmu-ilmu syari’at (Fiqh, Ushul fiqh, Qaidah fiqiyah, Tafsir Al Qur’an) dan nilai-nilai keulamaan yang dikemas menjadi kurikulum tersendiri.

Dikemas dalam bentuk pengajian /aktualisasi kitab kuning dengan dialog, diskusi, ceramah ilmiah, bedah kitab atau bedah buku, training tabligh, tahfidh al kutub (Alfiyah, Nadzam al- Maqsud, Amstilah al tashrifiyah, Lathaif al isyarah, Fara’id) dan sebagainya.

  • Pendidikan sosial kemasyarakatan

Memberikan bantuan-bantuan social untuk masyarakat sekitar (berwujud sembako, pakaian, khitanan massal).

  • Pendidikan ketrampilan.

Meliputi ketrampilan maintenance computer, manajemen, administrasi dan keuangan, serta ketrampilan berbahasa arab dan inggris

  • Pendidikan Olahraga dan Kesehatan.

Olahraga meliputi latihan bola voli dan sepak bola sedang pada bidang kesehatan adalah perlengkapan P3K dan kursus UKP (usaha kesehatan Pesantren).

Saat ini Ponpes Maslakul Huda hanya menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan tanpa menyelenggarakan pendidikan formal kecuali jenjang SD, PAUD, dan Ma’had Aly.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Kampung Polgarut Utara, Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah 59154

Website resmi: http://maslakulhuda.net/

Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an An Nur

Kredit Foto: Inda Maula

Selanjutnya adalah Ponpes Tahfidz Qur’an An Nur. Pesantren ini merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang berbasis kepesantrenan yang didirikan oleh KH. Muhammad Wafiruddin Wafy dan Ibu nya Hj.Isti’anah pada tahun 1996 M. Sesuai namanya pesantren ini berfokus kepada pendidikan Tahfidz Qur’an.

Dalam pelaksanaanya, An Nur mempunyai tujuan untuk mendidik seorang santri agar memiliki karakter intelektual dan berakhlak Qur’ani. Seiring berjalannya waktu, dengan keikhlasan dan idealisme pendiriannya lembaga ini terus berkembang.

Yang mana setiap usaha yang dilaksanakan mampu mencetak manusia yang cinta Al Qur’an dengan cara membaca menghafal, memahami, mempelajari, dan mengamalkannya di lingkungan pondok Pesantren maupun di masyarakat.

Karena berkhusus kepada Qur’an, maka hampir 70% kegiatan harian yang dilaksanakan berhubungan dengan Al Qur’an. Mulai dari ngaderes, menghafal, simaan, dll. Kemudian selain itu para santri akan mempelajari berbagai kitab kuning sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Tak ketinggalan setiap pekannya para santri akan mengikuti kegiatan barzanji, diba’an, sholawatan, khitobahan, musyawarah, dan berbagai kegiatan penunjang lainnya.

Saat ini Ponpes Tahfidz An Nur menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus berbagai program pendidikan, antara lain:

  • Takhasus Tahfidz
  • Madrasah Ibtidaiyah
  • Madrasah Tsanawiyah
  • Madrasah Aliyah

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 1.535.000Biaya masuk Takhasus Tahfidz
Sekitar Rp. 1.660.000Biaya masuk MI
Sekitar Rp. 2.385.000Biaya masuk MTS
Sekitar Rp. 2.185.000Biaya masuk MA
Sekitar Rp. 275.000Biaya bulanan Takhasus Tahfidz
Sekitar Rp. 500.000Biaya bulanan MI
Sekitar Rp. 275.000Biaya bulanan MTS dan MA Putri
Sekitar Rp. 335.000Biaya bulanan MTS dan MA Putra

Alamat lengkap: RT 05 RW 02, Dukuh Winong, Desa Luwang Kecamatan Tayu, Kab Pati Jawa tengah 59155

Website resmi: https://www.tahfidzannur.ponpes.id/

Pondok Pesantren Mathaliul Huda Al Kautsar

Berikutnya adalah Ponpes Mathaliul Huda Al Kautsar. Pesantren yang memiliki spesialisasi dalam bidang tahfidz ini didirikan oleh  K.H. Ahmad Zacky Fuad Abdillah pada tahun 1997. Dalam menjalankan segala aktivitasnya, Mathaliul Huda memiliki sebuah visi yaitu: Menyiapkan insan yang sholeh-akrom dan mencetak santri yang mumpuni di bidang IPTEK dan IMTAQ.

Sebagai pesantren yang berspesialiasi dalam bidang tahfidz, maka pendidikan Qur’an menjadi unggulan di pesantren ini. Mengenai unit pendidikannya antara lain:

  • Program (Pendidikan Diniyah Formal) Ula Tahfidz Al Qur’an (setingkat MI)
  • Program (Pendidikan Diniyah Formal) Wustha Tahfidz Al Qur’an (setingkat MTs )
  • Program PDF (Pendidikan Diniyah Formal) tingkat Ulya Tahfidz Al Qur’an( setingkat  SMA )
  • Program Ma’had Aly fi Uluumil Qur’an.
  • Mondok dan Sekolah di Perguruan Islam Mathaliul Falah (PIM)
  • Mondok dan SMK berbasis pesantren (SMK Cordova)

Mengenai Kurikulum di Pendidikan Diniyah Formal, Mathaliul Huda menggunakan kurikulum pelajaran yang berkaitan dengan Al Qur’an. Kemudian para santri pun akan mendapatkan target hafalan. Untuk PDF Ulya targetnya 10 Juz, PDF Wustha 20 Juz, dan PDF Ula 30 Juz.

Mengenai biaya pendidikannya bisa klik link ini

Alamat lengkap: Jl. Polgarut Selatan, Kajen – Margoyoso – Pati – Jawa Tengah 59154

Website resmi: https://pmhalkautsar.ponpes.id/

Pondok Pesantren Shofa Azzahro

Selanjutnya adalah Ponpes Shofa Azzahro. Pesantren ini didirikan oleh KH. Imam Shofwan dan Hj. Fatimah Azzahro pada sekitar tahun 1990-an. Pendirian pesantren ini, pada hakikatnya dilandasi oleh tanggung jawab sosial sebagai anggota masyarakat untuk membina dan mendidik generasi muda dalam mempelajari, memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam yang lurus.

Kemudian seiring berkembangnya era digital, Shofa Azzahro’ juga membekali para santri supaya memiliki bermacam-macam keahlian, yaitu memadukan pendidikan agama, skill dan penguatan kepribadian. Tujuannya, menjadikan output santri PPSA menjadi calon-calon Ulama’, Da’i/Da’iyah, pemimpin, pendidik atauentrepreuner yang disiplin, berwawasan luas, kreatif, profesional dan berakhlaqul karimah.

Mengenai pendidikannya, pesantren ini menerapkan Kurikulum Terpadu antara Kurikulum Kemenag, Kurikulum Diknas, dan Kurikulum Pesantren. Adapun unit pendikannya antara lain:

  • MI (Akreditasi A)
  • MTS (Akreditasi A)
  • SMK (Akreditasi B)

Salah satu keunggulan dari pesantren ini adalah letak geografisnya. Pesantren ini berada di lereng Gunung Muria Colo Kudus (Sunan Muria), atau tepatnya berada di Kecamatan Gembong (10 menit perjalanan dari Gembong sampai ke Muria ) sehingga keadaan alamnya masih asri, tenang, dan air mudah didapatkan.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Kompleks Yayasan Al-Ma’arif RT 04 RW 02 Desa Gembong, Kec. Gembong, Kab. Pati Jawa Tengah

Website resmi: –

Perguruan Islam Mathaliul Falah

Ponpes Mathaliul Falah Pati
Kredit Foto: Nung D

Berikutnya adalah Perguruan Islam Mathaliul Falah. Perguruan yang biasa disebut mathole ini didirikan oleh KH. Abdussalam pada tahun 1912, dengan tujuan untuk mendidik dan mempersiapkan kader-kader bangsa sebagai insan yang memahami agama secara mendalam (tafaqquh fi al-din) baik secara teori maupun praktek, sehingga bisa berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara (sholih) dalam semangat ketuhanan yang luhur dan terpuji (akrom).

Mengenai kurikulumnya, Mathaliul Falah menerapkan kurikulum yang khas dan unik berbasis kemandirian pesantren. Prosentase perbandingan antara materi agama dan umum adalah 70% dibanding 30%.

Kemudian sebagai salah satu Satuan Pendidikan Mu’adalah di Indonesia, Mathali’ul Falah mempunyai status “Kesetaraan” pendidikan pondok pesantren dengan lembaga pendidikan formal.

Bahkan kemudian Satuan Pendidikan Muadalah dalam UU Pesantren diakui sebagai lembaga pendidikan formal di bawah naungan pendidikan pondok pesantren. Sehingga lulusan Mathali’ul Falah dapat melanjutkan pendidikan ke Jenjang Perguruan Tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Kini Perguruan Islam Mathaliul Falah menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan dan Muadalah jenjang:

  • Madrasah Ibtidaiyah
  • Diniyah Ula (Persiapan MTS)
  • Madrasah Tsanawiyah
  • Diniyah Wustha (Persiapan MA)
  • Madrasah Aliyah

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Website resmi: https://pim.sch.id/

Pondok Pesantren Al Istianah

Pesantren terbaik di Pati terakhir adalah Ponpes Al Istianah. Pesantren ini didirikan pada tanggal 23 Agustus tahun 1993 oleh BRIPTU KH. Nur Rohmat, dibawah naungan dan pengelolaan Yayasan Al Isti’anah Plangitan Pati yang juga dipimpin oleh KH Nur Rohmat. 

Al Istianah merupakan lembaga pendidikan agama yang berciri khas pesantren salaf ala ahlissunnah wal jama’ah penerus tali tasbih walisongo di bumi Nusantara dan penerus tali perjuangan para pahlawan bangsa Negara Kesatuan Republik indonesia dengan semboyan “ NKRI Harga Mati ”.

Sejak berdirinnya Al Isti’anah sampai sekarang, pesantren tidak hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama klasik (kitab-kitab kuning) saja, tetapi juga  mendirikan unit pelatihan-pelatihan kerja (life skill) sebagai bekal dan mempersiapkan pengembangan potensi santri yang sesuai dengan karakteristik, emosional, dan spiritual dalam prospek memposisikan peranya kelak ketika terjun kemasyarakat.

Saat ini pelatihan-pelatihan yang ada, diantaranya, unit mebelair/pertukangan kayu, pertukangan batu/bangunan pertanian/perkebunan, bengkel las dan menjahit. Kegiatan tersebut bertujuan mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan santri untuk bertahan dan meningkatkan kualitas hidup dalam semua lingkungan dengan memanfaatkan sumber-sumber alam yang tersedia.

Saat ini Ponpes Al Istianah membuka pendidikan kepesantrenan sekaligu pendidikan formal jenjang SMP dan SMA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Gg. Nangka, Plangitan, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59113

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Pati yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

(REVIEW) 7 Pondok Pesantren Terbaik di Grobogan (2021)

Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Kudus (2021)

Tinggalkan komentar