(REVIEW) Rekomendasi 6 Pesantren Terbaik di Pekanbaru (2022))

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Pekanbaru? Tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini, di Pekanbaru terdapat sekitar 26 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 7.698. Jumlah tersebut terbagi menjadi 6.931 santri mukim, dan 767 santri non mukim alias ngalong.

1. Pondok Pesantren Tahfidz Ummul Qura Pekanbaru

Ponpes Tahfiz Umul Quro Riau
Sumber: Ponpes Ummul Quro (google.com)

Sesuai namanya, pondok pesantren yang terletak di Kecamatan Tampan ini memiliki spesialisasi dalam bidang Tahfidz. Usia dari ponpes ini sangatlah muda. Pembelajaran di ponpes ini baru dilakukan sejak Bulan Zulqoddah 1437 H.

Target pembelajaran di Ponpes Ummul Qura adalah hafal Qur’an 30 Juz dalam waktu 6 tahun. Selain itu, para santri pun dituntut untuk bisa membaca kitab kuning secara lancar. Hebatnya lagi, siswa pun memiliki target bisa berbicara Bahasa Arab dan Inggris secara aktif maupun pasif.

Adapun biaya Pesantren Tahfidz Ummul Qura Pekanbaru, terakhir yang kami dapat infonya adalah:

  • Biaya masuk sekitar Rp. 7.500.000
  • Biaya bulanan sekitar: Rp. 990.000

Alamat Ponpes Tahfidz Ummul Qura:  Jl. Semangka – Jl. Melati Rt.001 Rw. 030, Kel. Simpang Baru, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru 28294

Situs Web Resmi: Ponpes Ummul Quro

2. Pondok Pesantren Imam Ibnu Katsir Pekanbaru

Kredit Foto: Mar Dhyant (google.com)

Ponpes terbaik di Pekanbaru berikutnya adalah Ponpes Imam Ibnu Katsir. Ponpes yang terletak di Kecamatan Rumbai ini memiliki kenyamanan dan fasilitas yang cukup mumpuni. Setiap santri akan mendapatkan ranjang yang bertingkat. Pembelajarannya pun tidak dilakukan di kelas, melainkan di saung-saung yang tersedia di lingkungan pondok.

Meskipun baru berdiri pada tahun 2013, ponpes ini sudah memiliki segudang prestasi. Beberapa santrinya pernah menjuarai kejuraan pidato dan tilawatul qur’an di tingkat kota dan Provinsi.

Adapun mengenai pendidikan formal yang tersedia di Ponpes ini adalah jenjang MTS dan MA. Kemudian, ada satu program lagi yang istimewa, yaitu Program I’dad Lughawy. Menariknya Ponpes ini juga memiiliki beberapa program esktrakulikuler, antara lain: berkebun, berkuda, robotik, dsb

Nah biaya pendidikan di Pondok Pesantren Ibnu Katsir Pekanbaru memang relatif besar. Info yang terakhir kami dapatkan adalah:

  • Biaya masuk jenjang MTS: sekitar Rp. 12.000.000
  • Biaya masuk jenjang MA: sekitar Rp. 15.00.000
  • Biaya masuk I’dad Lughawy: sekitar Rp. 15.000.000
  • Adapun biaya bulanan seluruh programnya: sekitar Rp. 1.000.000

Alamat Ponpes Imam Ibnu Katsir: Jl. Lintas Pekanbaru – Minas km. 18 (Jl. Belidang)
Kel. Muara Fajar Timur, Kec. Rumbai, Pekanbaru, Riau.

Situs Web Resmi: Ponpes Ibnu Katsir Riau

3. Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru

Kredit Foto: Tuman (google.com)

Berikutnya adalah Ponpes Dar El Hikmah. Ponpes yang berdiri pada tahun 1987 ini merupakan salah satu ponpes tertua yang ada di Riau. Kini, jumlah santrinya sudah mencapai angka 1.500 santri, yang menjadikan ponpes ini salah satu yang terbesar di Pekanbaru.

Model pendidikan di pesantren ini cenderung bercorak modern. Terdapat jenjang tsanawiyah, Aliyah, dan SMK bagi yang berminat mondok di ponpes ini. Tak hanya itu, ada juga program khusus tahfidz 30 juz bagi santri yang berminat menghafalkan Qur’an

Fasilitas pendidikan yang terdapat di pondok ini pun terbilang sangat lengkap. Kemudian untuk menunjang kenyamanan dalam belajar, terdapat Ac di setiap ruangan kelasnya.

Nah, adapun biaya pendidikan yang harus tersedia untuk menjadi santri di Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru, dari info terakhir yang kami dapatkan adalah:

  • Biaya masuk program reguler (MTS/MA/SMK): sekitar Rp. 8.900.000
  • Biaya masuk program tahfidz: sekitar Rp. 9.100.000
  • Biaya bulanan program reguler: sekitar Rp. 1.200.000
  • Biaya bulanan program tahfidz: sekitar Rp. 1.400.000

Adapun alamat lengkap ponpes ini adalah: Jl. Manyar Sakti No.KM 12, Simpang Baru, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Situs Web Resmi:

4. Pondok Pesantren Umar bin Khattab

Kredit Foto: Tiga Ukhti (google.com)

Ponpes berikutnya yang masuk ke daftar ponpes terbaik di Pekanbaru adalah Ponpes Umar bin Khattab. Ponpes yang dinisbatkan terhadap nama khalifah kedua ini memiliki visi berupa “Menjadi pusat pengkajian dan penerapan agama Islam berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah yang shahih sesuai dengan pemahaman ulama Ahlu Sunnah wal Jamaah.”

Disini, terdapat beberapa jenjang program. Pertama, program salafiyah ula (setingkat sd). Di program ini santri akan mendapatkan target untuk menghafal Qur’an 12 juz. Tak ketinggalan santri juga akan memperoleh pembelajaran ilmu umum untuk persiapan UN.

Kedua, program salafiyah wustha dan ulya, jika digabung adalah enam tahun, setara dengan tingkat MTS-MA. Targetnya adalah hafal 12 juz, plus penguasaan terhadap Bahasa arab. Tak hanya itu, santri pun akan mempelajari pelajaran umum guna menghadapi UN. Ketiga, program khusus untuk tahfid Qur’an 30 juz.

Adapun alamat lengkap ponpes ini adalah: Jl. Delima, Delima, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Situs Web Resmi: Ponpes Umar bin Khattab Riau

5. Pondok Pesantren Teknologi Riau

Kredit Foto: Al Husaini (google.com)

Nah, kalau pesantren yang satu ini rasanya memiliki keunikan tersendiri dibandingkan pesantren pada umumnya. Bila umumnya spesialisasi keilmuan di pesantren biasa adalah ilmu bahasa arab, Qur’an, tafsir, dsb. Kalau disini santri akan diberikan ilmu teknologi. Maksudnya adalah pesantren akan menyiapkan santri yang paham dan terdepan dalam teknologi.

Bentuk pembelajarannya adalah setiap jenjang memiliki identitas khusus dalam teknologi. Di jenjang tsanawiyah tersedia bidang ilmu teknologi terapan pertanian. Adapun di jenjang Aliyah akan belajar mengenai teknologi terapan agricultural dan computer. Selain itu, pondok ini juga menyediakan program SMK yang mempelajari teknik kendaraan atau multimedia.

Hebatnya, seluruh program di pondok ini telah terakreditasi A, sehingga kualitasnya bukan kaleng-kaleng. Tak ketinggalan, sebagai pesantren tentu saja nanti dalam kegiatannya terdapat kajian kitab kuning.

Bagi yang berminat mengikuti pendidikan di Pondok Pesantren Teknologi Riau, berdasarkan info terakhir yang kami dapatkan, maka harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk semua program: sekitar Rp. 9.800.000
  • Biaya bulanan: sekitar Rp. 900.000

Adapun alamat lengkap pondok ini adalah: Jl. Lintas Sumatera, RW.22, Kulim, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau 28285

Situs Web Resmi: Ponpes Teknologi Riau

6. Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Al Kahfi

Kredit Foto: Rido Irwansyah (google.com)

Sesuai namanya, di pesantren ini santri akan fokus untuk menghafalkan Al-Qur’an. Namun pesantren ini bukan untuk jenjang dewasa, melainkan khusus untuk anak-anak jenjang sekolah dasar.

Program tahfidz disini akan dilaksanakan selama 6 tahun masa pembelajaran sesuai jenjang SD. Adapun target lulusan dari pesantren ini adalah hafal 10 Juz.

Jika ingin menjadi santri di Pesantren Tahfidz Al Kahfi, syaratnya anak harus sudah bisa baca iqra 4, sehingga tidak bisa sembarang anak masuk ke pesantren ini. 

Meskipun pendidikannya berfokus kepada menghafal Qur’an, santri tetap akan mempelajari pelajaran umum. Karenanya nanti ketika lulus dari pesantren santri akan mendapatkan ijazah SD dan bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Nah bagi yang berminat mengikuti pendidikan di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al Kahfi, berdasarkan info terakhir yang kami dapatkan, maka harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk: sekitar Rp 5.100.000
  • Biaya bulanan: sekitar Rp. 650.000

Adapun alamat lengkap pondok ini adalah: Jl Cipta Karya KM. 2 Kelurahan Sialang, Munggu, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Situs Web Resmi: Ponpes Tahfidz Al Kahfi

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Riau yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar +500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Pesantren di Palembang

Rekomendasi Pesantren di Padang

Rekomendasi Pesantren di Lampung

Rekomendasi Pesantren di Metro

Rekomendasi Pesantren di Pringsewu

Rekomendasi Pesantren di Bengkulu

Rekomendasi Pesantren di Jambi

Rekomendasi Pesantren di Batam

Rekomendasi Pesantren di Solok

Rekomendasi Pesantren di Payakumbuh

Rekomendasi Pesantren di Kepulauan Riau

Tinggalkan komentar