(REVIEW) Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Purbalingga (2022)

Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Purbalingga? Tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Purbalingga terdapat sekitar 81 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 7.892. Jumlah tersebut terbagi menjadi 4.825 santri mukim, dan 3.067 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Al Manshurah Purbalingga

Ponpes Al Manshuroh Purbalingga
Kredit Foto: Tegar Saputra

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Manshurah. Pesantren ini berdiri pada akhir tahun 2005, tepatnya pada tanggal 12 Desember 2005. Latar belakang pendirian Al Manshurah adalah keinginan untuk membekali diri dengan ilmu islam untuk mengangkat kebodohan yang ada pada diri sendiri dan juga orang lain serta prihatin dengan makin jauhnya manusia dari ilmu islam, dan dari para ulama mereka.

Al Manshurah memiliki jenjang yang cukup baik, terutama untuk santri yang mukim. Pertama adalah kelas persiapan masuk selama satu tahun untuk putra dan putri, ini untuk lulusan SD. Kedua baru masuk setingkat SMP selama tiga tahun, namanya jenjang Mutawassithah, atau menengah.

Ketiga, Takhassus Lughoh, yaitu persiapan bahasa selama sekitar dua tahun dan juga Al Quran. Jenjang ini untuk lulusan SMP. Baru kemudian ada jenjang lanjutan yang disebut Tarbiyah Muallimin selama tiga tahun untuk putra dan putri.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Desa Brobot RT 04 RW 02 Bojongsari Purbalingga 53362 Jawa Tengah

Website resmi: https://almanshuroh.net/

Pondok Pesantren Ar Rohman Purbalingga

Ponpes Ar Rohman Purbalingga
Kredit Foto: Estriyy

Selanjutnya adalah Ponpes Ar Rohman. Pesantren ini merupakan pesantren yang berbasis masyarakat dan menyelenggarakan pendidikan secara diniyah. Didirikan pada tahun 1991 M oleh K.H. Muhammad Yazid Abdurrohman yang merupakan pimpinan pertama dan selanjutnya pimpinan pondok pesantren diteruskan oleh putranya yaitu KH. Achmad Ridlo.

Secara umum pendidikan di pesantren ini berbasis salafiyah dan tidak menyelenggarakan pendidikan formal. Dalam prakteknya, madrasah diniyah di pesantren ini terdapat empat kelas yaitu berupa kelas persiapan, kelas satu, kelas dua dan kelas tiga.

Kitab-kitab yang akan santri kaji antara lain Jurumiyah, Sulammu taufiq, Taishirul kholaq, Jawahirul kalamiah, Tijan durori, Alala, Tuhfathul athfal, dan masih banyak kitab lainnya.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: JL. Sukun, Kalikabong, Kec. Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53321

Website resmi: http://yayasan-arrohman-pbg.blogspot.com/

Pondok Pesantren Minhajut Thalabah

Ponpes Minhajut Tholabah Purbalingga
Kredit Foto: Emsa Salim

Berikutnya adalah Ponpes Minhajut Thalabah. Pesantren ini didirikan pada tanggal 1 April 1990 oleh seorang pribumi Lawigede yang bernama Muhammad Anwar Idris. Semula sistem pendidikannya hanya bersifat tradisional.

Namun seiring berjannya waktu pesantren ini berkembang dengan sistem madrasah yakni dengan memasukan ilmu umum kedalam sistem pendidikan di Pesantren dengan berdirinya MTS dan MA Minhajut Thalabah. Bahkan MTS dan MA nya kini telah mendapatkan Akreditasi A.

Secara umum pesantren ini memiliki kurikulum kolaborasi antara kurikulum negara dengan kurikulum pesantren. Namun kurikulum pesantren lebih mendominasi pelajaran harian para santri. Karenanya standard lulusan pesantren ini adalah memahami kitab kuning dan bisa memahami bahasa inggris. 

Adapun tujuan utama pendidikan di pesantren ini adalah untuk mencerdaskan anak bangsa dengan penguasaan disiplin ilmu. Sehingga dengan demikian produk-produk pesantren dapat terjun di masyarakat dengan tidak canggung karena dibekali kecakapan hidup (life skill) serta dapat menyebarkan berbagai disiplin ilmu yang ia dapat ketika di pesantren.

Bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk tingkat MTS: sekitar Rp. 2.740.000
  • Biaya masuk tingkat MA: sekitar Rp. 2.870.000
  • Biaya bulanan semua tingkat: sekitar Rp. 490.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Al-Ikhlas Kembangan 02/10 Kec. Bukateja Kab. Purbalingga 53382

Website resmi: https://psb.ypi-minthol.org/

Pondok Pesantren Tunas Ilmu

Ponpes Tunas Ilmu Purbalingga
Kredit Foto: Google

Selanjutnya adalah Ponpes Tunas Ilmu. Pesantren ini dipimpin oleh salah satu Dai’ yang sangat terkenal di Purbalingga dan bagi kalangan salafy tentu saja sangat mengenal ustadz ini yaitu ustadz Abdullah Zaen Lc MA bin Zaini Muhajja.

Tunas Ilmu ini terbilang pesantren baru namun tidak seperti pondok pesantren pada umumnya yang menyelenggarakan pendidikan formal tingkat SD-SMA atau pendidikan KMI Gontor. Pesantren ini hanya khusus bagi yang sudah lulus SMA/MA/Paket C bahkan terkadang ada juga yang sudah berkeluarga ikut bergabung menjadi santri di pesantren ini.

Nantinya para santri akan dididik untuk menjadi Dai’ di tengah-tengah masyarakat. Karenanya kurikulum yang menjadi pegangan murni hanya mengkaji ilmu-ilmu keislaman.

Insya Allah lulusan pesantren ini memiliki kompetensi lancar berbahasa Arab aktif dan pasif, menguasai berbagai disiplin ilmu agama, mahir berceramah dalam bahasa Arab dan Indonesia, terampil menulis artikel ilmiah, mampu mendakwahkan Islam dengan hikmah, dan memiliki keterampilan berwirausaha.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Ds. Kedungwuluh RT/RW: 8/2 Kec. Kalimanah Kab. Purbalingga 53371 Jawa Tengah.

Website resmi: https://tunasilmu.com/profil-ti/

Pondok Pesantren Darul Abror

Ponpes Darul Abror

Berikutnya adalah Ponpes Darul Abror. Pesantren ini berdiri pada tahun 1989, namun peresmiannya terjadi pada tahun 1991. Pendirinya adalah KH Abror Mushaddiq. Beliau awalnya hanya mendirikan sebuah madrasah diniyah. Pada masa awal tersebut pesantren ini mendapatkan sambutan masyarakat dengan dukungan santri mencapai 150 anak/santri, yang kesemuanya berdomisili di lingkungan sekitar masjid.

Seiring berjalannya waktu, maka pesantren ini kini semakin berkembang. Hingga sekarang pesantren ini menyelenggarakan pendidikan formal dan informal.

Pendidikan formal yang tersedia antara lain TK, MI, dan MTS. Adapun pendidikan informalnya adalah madrasah diniyah, pengajian sorogan, pengajian bandungan, pengajian selasaan (setiap Selasa), pengajian alumni (setiap Jum`at Kliwon), dan pembacaan Mauled Nabi (setiap Malam Jum`at).

Selain membekali santri dengan ilmu para pengurus juga senantiasa membekali santrinya ketrampilan yang berguna ketika kelak terjun di masyarakat di antaranya; pertukangan, pertanian, perikanan, perkoprasian, menjahit, komputer, rebana.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: RT. 1 RW. 7, Bukateja, Dusun I, Kedungjati, Kec. Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53382

Website resmi: –

Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al Fatah

Ponpes Tahfidz Quran Al Fatah Purbalingga
Kredit Foto: PPTQ Al Fatah

Selanjutnya adalah Ponpes Al Fatah. Sesuai namanya, pesantren ini memiliki konsentrasi ekstra untuk mendidik para santrinya dalam menghafal Qur’an.

Pesantren ini kini menyelenggarakan pendidikan formal tingkat SMP. Selama tiga tahun masa pendidikan, santri akan dididik untuk hafal 15 juz hafalan Al Quran. Karenanya kegiatan hariannya juga banyak terkait tahfidz Quran. Bahkan hebatnya lagi beberapa santri telah menuai prestasi di perlombaan tingkat kabupaten juga terkait tahfidz Quran. 

Selain menghafal Al Qur’an para santri juga akan belajar berbagai pelajaran seperti Tahsin, Aqidah, Tafsir, Hadits, Fiqih, Akhlak, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Umum.

Kemudian output lulusan pesantren ini akan menjadi santri yang memiliki Aqidah Islamiyah yang kuat, mampu melaksanakan syariat Islam sesuai dengan kepemimpinan Rasulullah, mencintai sesama muslim, membaca Al-Qur’an dengan fasih, mampu menjadi imam shalat, mampu berbahasa Arab, terampil membaca kitab kuning, dan lulus UN dengan nilai memuaskan.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Lamuk, RT.05/RW.03, Rawakalong, Lamuk, Kejobong, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53392

Website resmi: https://www.alfatahpurbalingga.com/

Pondok Pesantren Darussalam Purbalingga

Ponpes Darussalam Purbalingga

Berikutnya adalah Ponpes Darussalam. Pesantren ini berdiri pada sekitar tahun 1983. Pendirinya adalah KH Abdul Ghofur Arifin. Beliau mendirikan pesantren ini karena pesan dan perintah sang guru besarnya, Al-Maghfurlah KH Mukhtar Syafaat Abdul Ghofur, pengasuh Pondok Pesantren Darussalam, Blok Agung, Banyuwangi.

Secara pendidikan, pesantren ini masih berpegang teguh kepada kurikulum pesantren tradisional. Pengurus membagi jenjang pendidikan menjadi ibtidaiyyah, Tsanawiyyah, Aliyyah.

Jenjang pendidikan Ibtidaiyyah ini ditempuh selama 4 tahun. Dimaksudkan untuk membuat pondasi agar terjadi kesinambungan belajar bagi santri yang meneruskan pendidikannya ke jenjang berikutnya, sekaligus mencetak kader muslim awam yang terampil atau aktif bagi mereka yang tidak mampu melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Lepas pendidikan ibdtidaiyah, santri bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan Tsanawiyah. Jenjang Tsanawiyah ini ditempuh selama tiga tahun. Kemudian berikutnya Jenjang Aliyah juga selama tiga tahun masa pembelajaran.

Terdapat juga kajian ilmu tasawwuf dengan menggunakan kitab ihya’ ulumuddin. Pengajian ini dimaksudkan agar berimbang antara ilmu dlohir dan batin. Karenanya di pesantren ini, santri juga akan mendapatkan pelatihan untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan qiyamullail dan mujahadah.

Tak ketinggalan di pesantren ini terdapat dibuka program Tahfidz Al Qur’an atau istilah lainnya menghafal Al Qur’an. Jenjang pendidikannya terbagi menjadi 3 bagian yakni program Tahfidz, Taqwiyah dan Tashih.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Cipawon, Dusun 3, Cipawon, Kec. Bukateja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53382

Website resmi: –

Pondok Pesantren Nurul Huda Purbalingga

Selanjutnya adalah Ponpes Nurul Huda. Pesantren ini berdiri pada tahun 1996. Pesantren ini didirikan oleh masyarakat setempat karena kecemasan sekaligus kepedulian mereka terhadap nasib generasi mereka mendatang, sehingga tak heran jika rasa memilikinya sangatlah kuat. Bahkan masyarakat banyak berkorban demi berdirinya pesantren ini.

Secara umum pesantren ini adalah pesantren modern berbasis kurikulum kepondokan dan eksak, santri selalu diarahkan pada keseimbangan dalam berfikir, bersikap dan bertindak, sehingga mempunyai paradigma yang benar akan kepentingan ukhrowi dan kebutuhan duniawi. Kemudian juga santri akan senantiasa dibimbing kepada aqidah dan Ibadah yang benar serta akhlak yang mulia.

Progam pendidikan yang tersedia di pesantren ini adalah pendidikan mutawassithah, i’dad mu’alimin, serta i’dad lughawi. Mutawassithah adalah progam pendidikan agama untuk siswa tingkat SLTP. I’dad mu’alimin adalah progam di atas progam mutawassithah. Sedangkan, progam i’dad lughowi adalah progam yang mengarah pada skill komunikasi Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Karangreja, Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53361

Website resmi: –

Pondok Pesantren Nurul Barokah

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Nurul Barokah. Pesantren ini berdiri sekitar tahun 2003 dan didirikan oleh KH Syafi’i Abror setelah pulang dari Pondok Pesantren Al Hikmah I, Benda Sirampog, Bumiayu (Brebes) dan Pondok Pesantren Ihya Ulumiddin, Kesugihan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. 

Nurul Barokah menyelenggarakan pendidikan formal dan nonformal dalam rangka mempersiapkan santri-santri yang handal serta bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Pendidikan formalnya berupa pendidikan jenjang Taman Kanak-kanak, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Adapun pendidikan informalnya berupa Madrasah Diniyah, Tahfidz Alqur’an, Majelis Taklim, Mujahadah, dan Pesantren Kilat

Kemudian pesantren ini juga membekali keterampilan bagi para santri khususnya di bidang pertukangan, perikanan, menjahit, koperasi, bahasa Arab dan Inggris serta pijat thrapi (pijat elektropuntur) dengan harapan ketika santri pulang dari pesantren tidak menganggur.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Beji, Kec. Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53362

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Purbalingga yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar