(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren Terbaik di Purworejo (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari referensi pesantren terbaik di Purworejo? Jika Iya, tepat sekali jika Anda mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Purworejo terdapat sekitar 87 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 14.075. Jumlah tersebut terbagi menjadi 11.165 santri mukim, dan 2.910 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren An Nawawi Berjan

Pesantren An Nawawi Berjan Puwrorejo
Kredit Foto: Arief Mufidul

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes An Nawawi. Pesantren ini didirikan oleh KH. Zarkasyi pada tahun 1870 M dengan nama “Miftahul Huda”. Namun seiring berkembangnya zaman, nama pesantren berubah menjadi An Nawawi. Secara umum pesantren ini berafiliasi ke Nahdlatul Ulama (NU).

Di pesantren ini ada dua status santri, status ini untuk membedakan seorang santri dalam mempelajari ilmu. Status tersebut yaitu; Pertama, santri yang secara khusus mempelajari pengetahuan agama atau memperdalam kitab kuning. Kedua, santri yang belajar di sekolah-sekolah formal di lingkungan pondok pesantren.

Bagi santri yang tidak ikut sekolah formal, maka kegiatannya setiap hari mengkaji kitab. Terdapat tiga jenjang pendidikan, yaitu diniyah awwaliyah selama setahun, diniyyah wustha dan ulya masing-masing 3 tahun. Adapun bagi santri yang mengikuti sekolah formal, maka kegiatannya adalah dengan pendidikan formal di pagi hari, serta pendidikan pesantren diniyyah di sore dan malam hari.

Kemudian, aktifitas para santri tidak hanya terbatas pada kegiatan keagamaan saja, akan tetapi para santri juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh masyarakat, seperti : kerja bakti, bakti sosial, khitanan massal dan lain sebagainya.

Dari ulasan di atas, tak heran Ponpes An Nawawi menjadi salah satu pesantren terbaik di Purworejo.

Saat ini Ponpes An Nawawi menyelenggarakan pesantren dan memiliki unit pendidikan formal tingkat Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Sekolah Tinggi Agama Islam An Nawawi. Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

  • Biaya masuk MTS dan MA: sekitar Rp. 6.000.000
  • Biaya masuk program diniyah: sekitar Rp. 2.500.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. KH. Zarkasyi Berjan, Dusun IV, Lugosobo, Gebang, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54191

Website resmi: https://www.annawawiberjan.or.id/

Pondok Pesantren Al Iman Bulus

Kredit Foto: Istikmal Muhammad

Selanjutnya adalah Ponpes Al Iman. Pesantren ini merupakan pesantren tertua di kabupaten Purworejo. Tepatnya pesantren ini berdiri sekitar tahun 1828. Adapun pendirinya adalah Kiai Ahmad Salim. Awalnya pesantren ini hanya menjalankan kajian kitab secara tradisional, namun seiring berkembangnya zaman, pesantren bertransformasi menjadi lebih modern.

Adapun Program Pendidikan yang terlaksana di pesantren ini adalah Program Terpadu, memadukan mata pelajaran Kurikulum Nasional dengan Kurikulum Madrasah Diniyah. Ini memberikan kesempatan kepada santri untuk mempelajari agama Islam secara lebih mendalam langsung dari sumber utamanya, yakni Kitab Kuning.

Mata pelajaran Kitab Kuning, Seperti Fiqih, Ushul Fiqih, Hadits, Nahwu dan Shorof diajarkan secara integrative pada jam belajar madrasah yang berlangsung mulai pukul 07.00 sampai dengan 15.00. Kemudian terdapat juga ekstrakulikuler yang berlangsung pada sore hari, dan kajian kitab pada malam harinya.

Saat ini Ponpes Al Iman menyelenggarakan pesantren dan memiliki unit pendidikan formal tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Ma’had Aly.

Dari ulasan di atas, tak heran Ponpes Al Iman Bulus menjadi salah satu pesantren terbaik di Purworejo.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Ds. Bulus, Kec. Gebang, Kab. Purworejo, Jawa Tengah 54191

Website resmi: https://www.al-imanbulus.com/

Pondok Pesantren Nuril Anwar

Berikutnya adalah Ponpes Nuril Anwar. Pesantren yang berdiri pada 1997 ini memiliki visi yaitu ” Bernuansa islami, unggul dalam berprestasi, dan menjunjung tinggi tradisi.” Setiap santri akan dididik menjadi lulusan yang santun dalam bersikap, diminati masyarakat, dan meraih kemuliaan hidup dalam kebahagiaan di masa depan.

Di pesantren ini para santri akan menjalani rutinitas kesehariannya mulai dari jam 3. Mereka akan dibangunkan pada jam 3 untuk menjalankan solat tahajud dan mujahadah. Kemudian berlanjut ke solat subuh berjamaah. Tidak lupa Al Qur”an di pagi hari agar keseharian menjadi lebih syahdu.

Pada siang hari, santri mendapatkan waktu untuk tidur siang yang mana menjadi program wajib. Sekolah formal pun dimulai setelah melakukan solat zuhur yaitu jam 13.00 – 16.15. Setelah sekolah formal di siang hari selesai, santri akan menjalani hari dengan jaamah sholat asar, mujahadah, makan dan juga tartilan Al Quran. 

Kemudian terdapat sesi diniyyah yang dimulai jam 20.00 hingga 22.00. Kelas malam tersebut diakhiri dengan istirahat malam.

Saat ini Ponpes Nuril Anwar menyelenggarakan pesantren dan memiliki unit pendidikan formal tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. Selain itu terdapat juga program informal yaitu Madrasah Diniyah yang fokus terhadap pendalaman kitab kuning.

Dari ulasan di atas, tak heran Ponpes Nuril Anwar menjadi salah satu pesantren terbaik di Purworejo.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl Magelang Km.07 Desa Maron Kec.Loano Kab.Purworejo Jawa Tengah

Website resmi: http://yayasannurilanwar.com/

Pondok Pesantren Al Anwar

Ponpes Al Anwar Purworejo
Kredit Foto: Nur Kholis

Selanjutnya adalah Ponpes Al Anwar. Pesantren ini berdiri ± pada tahun 1825 M, tepatnya pada masa perjuangan Pangeran Diponegoro, karenanya pesantren ini menjadi salah satu pesantren tertua yang ada di tanah Purworejo.

Secara umum, sistem pembelajaran di Al-Anwar masih murni salaf klasik, sehingga semua santri fokus pada pembelajaran kitab kuning serta ilmu-ilmu agama lainnya dan belum terdapat kurikulum pendidikan formal (umum). Kitab yang akan santri kaji antara lain Akhlaqullibanin, Adabu Sulukil Murid, Amtsilatuta Shirifuyyah, Jawahirul Kalamiyyah, ‘Asnawi, Tafsir Jalalain, Ihya Ulumuddin,  Shahih Bukhari, dll.

Namun demikian, ada beberapa materi ekstrakurukuler yang megajarkan santri untuk memiliki kecakapan di bidang pertanian, olahraga, beladiri dan lain sebagainya. Selain itu para asatidznya senantiasa menerapkan pendidikan karakter peduli sosial secara integral dalam keseluruhan proses pendidikan dan pembelajaran yang ada dalam pesantren.

Dari ulasan di atas, tak heran Ponpes Al Anwarmenjadi salah satu pesantren terbaik di Purworejo.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Wonosobo – Purworejo, Maron, Kec. Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54191

Website resmi: –

Pondok Pesantren Nuurul Waahid

Nurul Wahid Purworejo
Kredit Foto: Nurul Wahid

Berikutnya adalah Ponpes Nuurul Wahid. Secara umum pesantren ini fokus pada pembelajaran ilmu sains, keagamaan dan tahfidzul qur’an. Meskipun memang tahfidz lebih diunggulkan dibanding yang lainnya.

Program tahfidz di pesantren ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu tahfidz reguler dan tahfidz Takhassus. Untuk tahfidz reguler santri wajib hafal 6 Juz dan menjadi syarat kelulusan ketika berlajar pendidikan formal di Nuril Waahid.

Adapun untuk tahfidz takhossus, santri masuk program ini melalui seleksi kemampuan dalam menghafal al Qur’an, jadi tidak semua bisa masuk program ini. Nah santri Program Takhossus, harus hafal 30 juz selama belajar di nuurul Waahid.

Adapun kurikulum dan jadwal kegiatan yang berlaku adalah Kurikulum Kemenag dan Pondok pesantren setiap hari (07.00-14.20), dan Kurikulum Tahfidz setiap hari ( ba’da shubuh serta isya ) serta untuk takhossus ditambah ba’da asar.

Dari ulasan di atas, tak heran Ponpes Nuurul Wahid menjadi salah satu pesantren terbaik di Purworejo.

Saat ini Ponpes Nuurul Wahid menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal tingkat Madrasah Aliyah. Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

  • Biaya masuk: sekitar Rp. 10.000.000-11.000.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya masuk program diniyah: sekitar Rp. 700.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Besole – Krandegan KM.04, Bayan, Purworejo, Jateng

Website resmi: https://manuurulwaahid.sch.id/

Pondok Pesantren As Sunan

Ponpes As Sunan Purworejo
Kredit Foto: Khiriyatul Mazidah

Selanjutnya adalah Ponpes As Sunan. Pesantren ini menyelenggarakan pondok pesantren dengan sistem integral dalam aspek intelektual, mental dan spiritual sehingga dapat melahirkan santri yang siap melayani dan menghadapi tantangan ummat.

Secara umum pesantren ini merupakan pesantren yang dikhususkan untuk anak-anak, sebab usia minimal untuk bisa mendaftar di As Sunan adalah 7 tahun. Tujuan pembelajaran di pesantren ini adalah untuk mendidik santri memiliki sikap Sopan Santun, berbudi pekerti dan Berakhlaq Mulia, serta memahami ilmu Alat, menguasai kitab kuning dan Bahasa Arab.

Untuk mencapai target yang dituju, maka kegiatan yang akan santri lakukan di pesantren ini antara lain Hadrah, Ta’lim, Tilawah, Tahfidl, Tartil, Qiro’ah, Syarhil, Nadlomahan, Tashrifan, Sorogan kitab, Muroja’ah, Muhadloroh, Maulidan, Manaqiban, Dzikir Jama’I, Rothiban, Qiyamullail, I’tikaf Romadlon, Ziarah dan Rihlah Tahunan.

Saat ini Ponpes As Sunan hanya menyelenggarakan pendidikan pesantren tanpa sekolah bagi santri usia anak-anak. Namun nantinya para santri akan diarahkan mengikuti pendidikan formal yang ada di lingkungan sekitar pondok.

Dari ulasan di atas, tak heran Ponpes As Sunan menjadi salah satu pesantren terbaik di Purworejo.

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

  • Biaya masuk: sekitar Rp. 325.000
  • Biaya masuk program diniyah: sekitar Rp. 250.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Desa Joso, Kec. Ngombol, Kab. Purworejo, Jawa Tengah 54172

Website resmi: https://assunanjoso.com/

Pondok Pesantren Darul Hikmah

Ponpes Darul Hikmah Kutoarjo
Kredit Foto: Ane

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Darul Hikmah. Secara umum pesantren yang berdiri pada tahun 2000 ini adalah pesantren yang bercorak modern.

Kurikulum yang digunakan di pesantren ini adalah kurikulum pendidikan nasional yang di perkaya dan dipadukan dengan kurikulum kepesantrenan yang disesuaikan dengan visi dan misi pesantren. Diharapkan dengan perpaduan tersebut dapat membentuk pendidikan karakter, pengembangan kemampuan akdemik dan pengetahuan kehidupan para santri.

Adapun pendidikan unggulan yang menjadi ciri khas pesantren ini meliputi penguasaan materi dan pengamalan agama islam, penguasaan dalam matematika, kimia, fisika, biologi, penguasaan dalam bahasa asing (arab inggris), dasar dasar penelitian, kemampuan bertanggung jawab, dan kemampuan menyerap informasi.

Bukti dari keberhasilan pesantren ini adalah banyaknya prestasi akademik yang telah diraih para santrinya. Antara lain juara 2 pidato bahasa inggris tingkat SMA se-Jawa tengah, juara 1 pidato bahasa inggris antar pondok pesantren se jawa tengah, juara 1 sepak bola tingkat smp se kutoarjo, dan masih banyak yang lainnya.

Saat ini Ponpes Darul Hikmah menyelenggarakan pendidikan pesantren dan pendidikan formal jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas.

Dari ulasan di atas, tak heran Ponpes Darul Hikmah menjadi salah satu pesantren terbaik di Purworejo.

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

  • Biaya masuk SMP: sekitar Rp. 7.000.000
  • Biaya masuk SMA: sekitar Rp. 6.300.000
  • Biaya bulanan: sekitar Rp. 1.400.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Giri Rejo Timur, Kutoarjo, Kec. Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 5425

Website resmi: https://darulhikmahkutoarjo.ponpes.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Purworejo yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar