(REVIEW) 7 Pesantren Terbaik di Samarinda (2022)

Tak banyak pesantren yang ada di ibukota Kalimatan Timur ini. Apakah Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Samarinda? Meski tak banyak, kami akan bantu mengulasnya untuk Anda.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Samarinda terdapat sekitar 36 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 8.427. Jumlah tersebut terbagi menjadi 6.303 santri mukim, dan 2.124 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Darul Ihsan Samarinda

Ponpes Darul Ehsan Samarinda

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Darul Ihsan. Pesantren ini berdiri tepatnya pada tangal 9 September tahun 1979. Pendirinya adalah KH. Asli Husaini. Lokasi pesantren terletak di pemukiman padat karena masih wilayah di tengah-tengah kota. KH. Asli Husaini sendiri merupakan pendatang dari daerah Alabiu (dekat Amuntai Banjarmasin). 

Pendididikan yang terselenggara di Pondok Pesantren Darul Ihsan adalah Madrasah Ibtidaiyyah, Madrasah Tsanawiyyah, Madrasah Aliyah. Selain itu terdapat Lembaga Pendidikan Takhasusus bahasa Arab dan Dakwah Islamiyyah.

Program Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyyah dan Madrasah Aliyah menggunakan Kurikulum dari Departemen Agama yang dipadukan dengan Program Pendidikan Pesantren. Artinya, bagi para siswa Madrasah memperoleh tambahan Mata Pelajaran yang bersumber dari Kitab Kuning.

Sedangkan program Pendidikan Takhasus khusus bagi para santri yang ingin mendalami Materi agama dan Dakwah menggunakan kurikulum khas pesantren salaf, yang pada umumnya materi pelajaran bersumber dari Kitab Kuning yang menggunakan Bahasa Arab.

Disamping tujuannya adalah untuk mendalami agama, Program Takhasus juga akan fokus mempelajari kemampuan berbahasa. Karena santri yang belajar pada Program Takhasus dipersiapkan sebagai calon-calon da’I yang akan terjun ke masyarakat setelah menyelesaikan belajarnya.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Siti Aisyah No.28, Jawa, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75128

Website resmi: –

Pondok Pesantren Nabil Husein

Kredit Foto: Refky Agil

Selanjutnya adalah Ponpes Nabil Husein. Pesantren yang satu ini berdiri sejak tahun 2002. Saat itu, siswa hanya ada 150 orang dari jenjang SMP dan SMA. Akan tetapi sekarang, pesantren ini menjelma menjadi tempat pendidikan bagi ribuan santri.

Pesantren ini secara sistem memang menganut modern. Yaitu penyatuan antara pendidikan umum dan pendidikan keislaman dalam model kelas. Jenjang pendidikannya ada MTs, SMP, SMK, SMA. Cukup lengkap, untuk putra dan putri. Dengan model seperti ini salah satu yang menjadi penekanan adalah unsur bahasa arab dan inggris.

Kemudian pesantren ini juga memiliki berbagai fasilitas penunjang. Antara lain masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Terdapat juga berbagai ekstrakulikuler seperti seni baca Al Qur’an, kajian kitab kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, bahasa asing arab dan inggris, pramuka, PMR, Silat, tata boga, tata busana, seni qasidah, latihan pidato, elektro, berjanji.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Jl. Rapak Indah, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243

Website resmi: –

Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Amin

Ponpes Nurul Amin Salafiyyah
Kredir Foto: Septian Aristya

Berikutnya adalah Ponpes Salafiyah Nurul Amin. Sesuai namanya, pesantren ini memiliki corak salafiyah yang kuat. Yaitu model pembelajaran dengan kajian kitab kuning. Terdapat beberapa jenjang pendidikan dalam aktivitas pengkajian kitab. Antara lain ada jenjang ula, wustho, dan ulya. Masing-masing mempelajari kitab-kitab kuning yang sudah ditentukan. Seperti jurumiyah, sullamut taufiq dan lain sebagainya. Setiap jenjang dibagi dalam tiga tahun. 

Di sisi lain metode pembelajaran kitabnya menggunakan cara wetonan dan sorogan. Mirip dengan pesantren-pesantren di Jawa Timur seperti Ponpes Sidogiri Pasuruan. Pendidikan formal juga tersedia di pesantren ini, untuk lulusan SD. 

Kemudian terdapat juga aktifitas bahsul masail sebagai wujud peningkatan kemampuan pendalaman agama Islam. Pesantren model demikian penguasaan keislamannya sangat kuat.

Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk seluruh program: sekitar Rp. 5.000.000
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 620.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Kurnia Makmur, RT.23, Harapan Baru, Kec. Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243

Website resmi: https://ppsnurulaminsamarinda.blogspot.com/

Pondok Pesantren Salafiyah Al Husna

Selanjutnya adalah Ponpes Salafiyah Al Husna. Sesuai namanya, pesantren ini memiliki corak salafiyah yang kuat. Yaitu model pembelajaran dengan kajian kitab kuning. Terdapat beberapa jenjang pendidikan dalam aktivitas pengkajian kitab. Antara lain ada jenjang ula, wustho, dan ulya. Masing-masing mempelajari kitab-kitab kuning yang sudah ditentukan. Seperti jurumiyah, sullamut taufiq dan lain sebagainya. Setiap jenjang dibagi dalam tiga tahun. 

Metode pembelajarannya adalah halaqoh, sorogan, bandongan, kemudian ada bahsul masail. Semua dilakukan sebagai sarana pendalaman kitab kuning. Bahasa arab menjadi ilmu alat yang wajib dikuasi, jurumiyah dan alfiyah menjadi menu utama.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. KH. Harun Nafsi, Rapak Dalam, Kec. Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75242

Website resmi: –

Pondok Pesantren Madinatul Qur’an Samarinda

Berikutnya adalah Ponpes Madinatul Qur’an. Sesuai namanya, pesantren yang satu ini memiliki speseialisasi terhadap Al Qur’an. Sehingga mayoritas kegiatannya adalah berinteraksi dengan Al Quran.

Untuk kegiatan tahfidz Quran terlaksana di waktu sore dan malam hari. Sedangkan untuk pendidikan formalnya saat pagi hingga siang hari. Yang menarik adalah pilihan progam tahfidznya. Kelas A selama 3 tahun 30 juz. Kelas B 3 tahun 15-20 juz. Adapun kelas C selama 3 tahun maksimal 10 juz. Tergantung pilihan dan kemampuan. 

Sedangkan untuk kelas khusus tahfidz Quran dalam 1.5 tahun memiliki hafalan 30 juz. Bahkan untuk hari Jumat ada khusus Quran day. Tidak ada kegiatan lain. Selain itu Bahasa arab juga dipelajari dengan baik di pesantren ini.

Kemudian pesantren ini juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang. Antara lain masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Saat ini Pesantren Madinatul Qur’an menyelenggarakan pendidikan pesantren tingkat SMP dan SMA yang bernama Al Izzah. Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk seluruh program: sekitar Rp. 4.270.000 – 4.620.000
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 800.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Simpang Pasir, Kec. Palaran, Samarinda

Website resmi: https://alizzahibssamarinda.blogspot.com/2019/11/v-behaviorurldefaultvmlo.html

Pondok Pesantren Istiqomah Muhammadiyah

Ponpes Istiqomah Muhammadiyah IMBS
Kredit Foto: Akhmad Qosim

Selanjutnya adalah Ponpes Istiqomah Muhammadiyah. Pesantren ini berdiri pada tahun 1987 yang diawali pondok yang didalamnya anak-anak panti, kemudian disusul lembaga pendidikan formal tingkat SMP agar kelak anak pondok bersaing bukan hanya Tafaqohu fiddin saja akan tetapi mampu bersaing secara global.

Dalam mengembangkan pendidikan didalam pesantren, pesantren ini menerapkan sistem terpadu antara salaf dan modern, hal ini dilakukan agar Pondok Pesantren Istiqomah Muhammadiyah tetap relevan dengan kondisi zaman yang terus berkembang

Kemudian seiring berjalannya waktu, pesantren ini membuka pendidikan jenjang SMA Istiqomah Muhammadiyah untuk mewujudkan lahirnya kader pemimpin, ulama, intelektual, dan cendekiawan yang mampu membawa perubahan, kemajuan dan masa depan bangsa indonesia.

Pesantren ini juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang. Antara lain masjid, asrama santri, kantor, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Komplek Pondok Pesantren Istiqamah Muhammadiyah, Jl. KH. Wahid Hasyim 2 Jl. Ahim No.1, RT.07, Sempaja Timur, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75119

Website resmi: https://www.imbskaltim.sch.id/

Pondok Pesantren Sabilarrasyad Samarinda

Ponpes Sabilarrasyad
Kredit: Kredit Luthfi

Yang terakhir adalah Ponpes Sabilarrasyad. Pesantren ini dirintis oleh K.H. Asmuni Marhanang dan dilanjutkan oleh putra beliau H. Zamah Syari,S.HI.

Adapun yang melatar belakangi berdirinya pesantren ini adalahmengingat perlunya kaderisasi generasi Islam semenjak dini untuk generasi akan datang yang merupakan pewaris tongkat estafet dari generasi sebelumnya, baik dalam bidang keulamaan, umara, maupun ilmu pengetahuan yang lainnya.

Selain itu, pesantren Sabilarrasyad sebagai wadah dalam mencetak generasi akan datang yang berkepribadian Islami, Ma’hadi’ tarbawi, Indonisi, dan selalu berilmu amaliyah serta beramal ilmiyah dalam mendakwahkan syiar-syiar Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

Saat ini Pesantren Sabilarrasyad menyelenggarakan pendidikan pesantren tingkat SMA. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Lok Bahu, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75133

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Samarinda yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar