(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren di Sidoarjo (2022)

Anda sedang mencari pesantren terbaik di Sidoarjo sebagai tempat melanjutkan pendidikan untuk buah hati Anda? Jika iya maka Anda sangat beruntung. Di artikel ini kami sudah mengumpulkan dan mengulas beberapa pesantren terbaik di Sidoarjo yang mungkin dapat membantu Anda dalam menentukan keputusan yang tepat dalam memilih pesantren untuk buah hati Anda.

Semoga bermanfaat ya!

Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat (PPBS)

Kredit Foto: Achmad Ardiansyah

Pesantren terbaik di Sidoarjo pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Progresif Bumi Shalawat. Lembaga pendidikan yang satu ini berdiri sejak tahun 2010 dan mempunyai maksud serta tujuan di bidang sosial, kemanusian, dan keagamaan. 

PPBS dalam program pendidikannya telah menyediakan lingkungan yang aman dengan variasi metode pengajaran, kurikulum yang relevan dan berbobot. Santri didorong dan dilatih untuk berpikir kritis, kreatif, dan etis. Serta mengupayakan seluruh santri mencapai puncak potensinya masing-masing.

Aktivitas belajar-mengajar didesain sedemikian rupa untuk mengantarkan santri yang unggul dalam prestasi akademik. Melalui bimbingan dari guru dan pemandu yang mumpuni, para santri belajar bagaimana mengelola waktu mereka, mengembangkan kepercayaan diri, dan menjadi pelajar yang mandiri.

Kemudian dalam program pendidikannya, PPBS juga mendukung pertumbuhan sosial dan emosional para santri. Nilai pelayanan kepada masyarakat yang lebih luas ditekankan melalui keterlibatan santri secara langsung di masyarakat.

Penguasaan bahasa Arab, bahasa Inggris, dan kemahiran teknologi informasi adalah jaminan proses pendidikan Pesantren Progresif Bumi Shalawat (PPBS). Semua peserta didik mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan dengan bahasa Arab dan bahasa Inggris, serta berketerampilan tinggi dalam teknologi informasi mutakhir.

Saat ini Ponpes Progresif Bumi Shalawat menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP dan SMA. Yang mana nanti ada juga program khusus bernama IIS yang merupakan program khusus bagi santri yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya. Namun jika dilihat data pada tahun 2018, biaya masuknya adalah 22,2 juta.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Kyai Dasuki No.1, Lebo, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61223

Website resmi: http://m.sekolahprogresif.sch.id/#

Pondok Pesantren Modern Al Amanah Junwangi

Kredit Foto: Pesantren Modern Al Amanah Junwangi

Berikutnya adalah Ponpes Al Amanah Junwangi. Pesantren yang bercorak modern ini didirikan pada Agustus tahun 1992 oleh KH. Nurcholis Misbah. Dalam menjalankan pendidikannya, Al Amanah berpedoman pada visinya yaitu: “Mencetak kader pemimpin bangsa yang beriman, berilmu, beramal, dan bertaqwa.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Menciptakan lembaga pendidikan yang progresif, dengan guru yang memiliki kualitas mu’alim, murobbi, muaddib, mursyid dengan manajemen modern dan berbasis pesantren.
  • Mendidik santri untuk menjadi insan kamil, sehat jasmani, cerdas akal, mapan dalam emosi dan spiritualnya.
  • Mendidik santri beriman sempurna, berilmu luas dan dalam, ikhlas beramal, berahlak mulia dan peduli terhadap lingkungannya.
  • Menanamkan karakter disiplin, menghargai kualitas, jujur, kreatif, dan berani
  • Mendidik santri mencintai ilmu, memuliakan guru, menghormati dan mencintai sesama.

Mengenai kurikulumnya, Al Amanah menggunakan kurikulum terpadu, yaitu antara kurikulum Depag yang dipadukan dengan kurikulum pesantren. Kemudian nantinya santri akan diarahkan untuk memilih 2 program utama pesantren. Program tersebut yaitu:

  • Sanggar Tahfidz Entrepeneur

Merupakan program yang menitikberatkan santri agar menjadi penghafal Qur’an yang memiliki skill kewirausahaan yang dapat digunakan setelah lulus dari pesantren

  • Sanggar Kutubut Turots

Merupakan program yang berfokus kepada pendalaman kitab-kitab kuning, sehingga harapannya santri akan menjadi individu yang menguasai dan memahami teks-teks turots.

Saat ini Ponpes Modern Al Amanah menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP dan MA, selain itu terdapat juga SD Fullday.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jln Raya Junwangi No. 43 RT 09 RW 03, Dsn. Kwangen, Ds. Junwangi, Kec. Krian, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61262

Website resmi: http://www.al-amanahjunwangi.com/

Pondok Pesantren Tahfizh Al Quran Darul Fikri

Kredit Foto: Saiful Anam

Selanjutnya adalah Ponpes Tahfidz Darul Fikri. Pesantren ini adalah lembaga pendidikan modern yang memadukan kekuatan prestasi akademik, karakter (akhlak dan life skill), dan hafalan Alquran. Dalam menjalankan pendidikannya, Darul Fikri berpegang pada visinya yaitu: “Menjadi lembaga yang menyiapkan calon ulama dan pemimpin yang berkarakter, berprestasi, dan hafal Alquran.” Dari visi tersebut lahirlah beberapa misi pendidikan seperti:

  • Mengembangkan boarding school berbasis Alquran yang mengutamakan mutu dengan biaya terjangkau.
  • Menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan terbaik di dalam dan luar negeri.
  • Menyiapkan lulusan penghafal Alquran yang mampu melanjutkan pendidikan di sekolah terbaik di dalam dan luar negeri.

Adapun yang menjadi keunggulan pesantren ini dari yang lainnya adalah:

  • Pendidikan berbasis paradigma syumuliyatul Islam (kesempurnaan islam).
  • Harmoni antara pembentukan karakter, akademik, pendidikan jasmani, dan hafalan Alquran.
  • Menggunakan kurikulum pendidikan nasional dan khas presantren secara terpadu.
  • Metode pembelajaran inovatif berbasis IT.
  • Program hafalan dan pembelajaran Alquran di bawah arahan langsung para pakar Alquran level nasional dan internasional.
  • SDM guru berkualitas, alumnus kampus terbaik di dalam dan luar negeri.
  • Tergabung dalam wadah Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia, Majelis Pesantren Ma’had Dakwah Indonesia (MAPADI), sekolah model Kualita Pendidikan Indonesia (KPI).

Dengan berbagai keunggulannya tersebut, banyak santrinya yang telah berhasil menjadi juara di berbagai bidang dan tingkatan. Antara lain:

  • Juara 3 Lomba Tahfizh Alquran Kategori SMP Tingkat Nasional, 2016 & 2017.
  • Juara 2 Story Telling Bahasa Arab Tingkat Nasional, 2018
  • Juara 1 lomba Adzan Tingkat Nasional level SMP eLKISI AWARD 2019

Saat ini PPTQ Darul Fikri menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP dan MA.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jln. Putra Bangsa No. 1 RT.01/RW.01, Anggaswangi, Sidoarjo, Jawa Timur 61258

Website resmi: https://dafi.sch.id/

Pondok Pesantren Al Khoziny

Kredit Foto: Lembaga Pesantren Al Khoziny

Berikutnya adalah Ponpes Al Khoziny. Pesantren yang terletak di dekat jalan sidoarjo – surabaya ini didirikan dan dirintis oleh KHR. Khozin Khoiruddin pada masa sebelum kemerdekaan Indonesia, yaitu pada tahun 1927.

Sejak berdirinya hingga kini hampir mencapai usia 1 abad, Al Khoziny masih berpedoman pada pola pendidikan tradisional. Para santri nantinya akan lebih ditekankan untuk menguasai kitab kuning dari berbagai macam ilmu.

Kitab-kitab yang dipelajari antara lain:

  • Tafsir: Tafsir Jalalain, Ibnu Katsir, Tafsir Munir, Rawa’iul Bayan, dll
  • Fiqih: Muhadzab, Syahrut Tahrir, Fathul Mu’in, Fathul Wahhab, Fathul Qorib, al-Fiqhu ‘ala Mazdahibil Arba’ah, dll
  • Tauhid: Aqidatul Awam, Kifayatul Awam, al-Husunul Hamidiyah, Jawahirut Thalamidziyah, dll
  • Ilmu Alat: Ajurumiyah, Imrity, Alfiyah ibnu Aqil, Jawahirul Maknun, Qawaidul Lughatul Arabiyah, dll
  • Tasawuf: Ihya’ Ulumuddin, Sullam Taufiq, Bidayatul Hidayah, Syarhul Hikam, dll
  • Ushul Fiqih: Mabadi’ Awwaliyah, Waraqot, Asybah Wan Nadho’ir, Alluma’, dll

Meskipun masih menerapkan pola pesantren tradisional, Ponpes Al Khoziny juga mengelola berbagai jenjang pendidikan formal. Kini Al Khoziny telah mengelola pendidikan MI, MTs, MA, dan Institut Agama Islam (IAI) yang mengadakan jenjang D II, Sarjana, dan Magister.

Mengenai informasi biaya pendidikannya bisa di cek di link ini

Alamat lengkap pesantren: Jl. Khr. Abbas I No.18, Buduran, Kec. Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61252

Website resmi: http://psb.alkhoziny.net/

Pondok Pesantren Sabilurrosyad

Kredit Foto: Dewi Atika

Selanjutnya adalah Ponpes Sabilurrosyad. Pesantren yang terletak di pusat kota Sidoarjo ini merupakan lembaga pendidikan islam yang didirikan sejak tahun 1992 M / 1412 H oleh pasangan KH. Amiruddin Mu’in & Ibu Nyai Nurul Maghfiroh.

Secara kelembagaan, pesantren ini berdiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan Sabilur Rosyad Al-Utsmani yang telah memiliki beberapa unit pendidikan formal dan non formal meliputi TPQ, Madrasah Diniyah, TK, SD, SMP dan SMK. Nah nantinya para siswa yang berada di unit pendidikan formal SMP dan SMK, mereka bisa memilih untuk mengikuti program pesantren atau hanya mengikuti kegiatan sekolah saja.

Untuk program kepesantrenannya sendiri Sabilur Rosyad memiliki program unggulan Madrasah Diniyah 7 Tahun. Yang mana program tersebut diharapkan mampu mencetak generasi yang berakhlaq mulia, berjiwa islami dan berwawasan global, yang telah terbukti mampu menjadi kader pemimpin umat yang selalu menjaga dan meneguhkan keberlangsungan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah di nusantara.

Selain kegiatan di dalam kelas, para santri juga akan melaksanakan kegiatan rutinan seperti Yasinan, Tahlilan, Maulid Diba’, Sholawat Nariyah, Istighotsah & Manakib, Khitobah, Tasywir, Ro’an, Dalail, dll.

Mengenai informasi biaya pendidikannya bisa di cek di link ini

Alamat lengkap pesantren: Jl. Hang Tuah No.22, Sidoklumpuk, Sidokumpul, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61212

Website resmi: https://dafi.sch.id/

Pondok Pesantren Al Hamdaniyah

Kredit Foto: Google Maps

Berikutnya adalah Ponpes Al Hamdaniyah. Pesantren yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu pesantren tertua yang ada di Indonesia, hal ini karena Al Hamdaniyah didirikan pada tahun 1787 oleh KH Hamdani, ulama besar asal Pasuruan.

Selama berdirinya, Al Hamdaniyah telah melahirkan banyak ulama besar Indonesia. Diantara mereka adalah pendiri Nahdlatul Ulama seperti KH M Hasyim Asy’ari, KH Asy’Ad Samsul Arifin, KH Ridwan Abdullah pencipta lambang Nahdlatul Ulama, KH Alwi Abdul Aziz, KH Wahid Hasyim, KH. Cholil, KH. Nasir (Bangkalan) KH.Wahab Hasbullah, dan masih banyak yang lainnya.

Bahkan dulunya pesantren ini juga sering dijadikan tempat pertemuan tokoh-tokoh Nasional pada Zaman Revolusi, diantaranya adalah Ir. Soekarno, Bung Hatta, KH. Wahab Hasbullah, KH. Wahid Hasyim, KH. Idham Cholid, Hamka, Bung Tomo, dan tokoh-tokoh besar lain.

Meskipun sudah sangat tua, pesantren ini masih memiliki bentuk bangunan yang masih asli dan unik. Terutama keunikan bangunan para santrinya. Berdinding anyaman bambu dan diberi jendela pada setiap kamarnya serta bangunan yang disangga dengan kaki-kaki beton, membuat asrama santri ini nampak seperti rumah Joglo.

Saat ini Ponpes Al Hamdaniyah selain mengadakan pendidikan kepesantrenan juga mengelola pendidikan formal jenjang MI, MTS dan MA.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. KH Hamdani No.9, Siwalanpanji, Kec. Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61252

Website resmi: https://dafi.sch.id/

Insan Cendekia Mandiri Boarding School

Kredit Foto: Insan Cendekia Mandiri Boarding School

Pesantren terbaik di Sidoarjo terakhir yang akan kami bahas adalah Insan Cendekia Mandiri Boarding School. Dari namanya, sejatinya lembaga pendidikan ini bukanlah pesantren, melainkan sebuah Boarding School. Namun karena Boarding School adalah sekolah berasrama dan terdapat juga program khusus keislaman, maka kami masukkan ke ulasan mengenai pesantren di Sidoarjo.

Insan Cendekia Mandiri adalah lembaga pendidikan unggulan yang menitikberatkan pada pembinaan ke-Islaman, kepemimpinan dan prestasi akademik siswa. Dalam menjalankan pendidikannya, ICM berpegang teguh pada visinyaa yaitu: “Menjadi sekolah calon pemimpin dunia yang berkarakter dan visioner. Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Menyelenggarakan sekolah efektif yang berorientasi pada pengembangan
  • Membentuk karakter dan pribadi visioner sebagai calon pemimpin dunia

Dalam pendidikannya, ICM memadukan gabungan kurikulum diknas, kurikulum khas ICM dan Kurikulum Internasional, sehingga akan lahir lulusan terdidik, mandiri dan berwawasan internasional.

Adapun yang menjadi keunggulan ICM adalah:

  • Basis Kreatif & Teknologi

Siswa dibekali pengetahuan dan teknologi sebagai dasar pengembangan teknologi dan pengetahuan masa depan.

  • Kepemimpinan

Menyiapkan generasi muslim unggul yang siap memimpin umat dan bangsa.

  • Kewirausahaan

Siswa ICM dibekali dengan ilmu kewirausahaan sebagai bekal untuk mandiri di masyarakat.

  • Akhlaq Mulia

Siswa memiliki akhlaq mulia sebagai cermin wujud dari peran dakwah Islam.

Saat ini ICM-BS menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP dan SMA. Selain itu terdapat juga Sekolah Tinggi An-Najah

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Sarirogo No.1, Sari Rogo, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61234

Website resmi: https://sekolahicm.sch.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Sidoarjo yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

(REVIEW) 9 Pesantren di Surabaya Paling Bagus (2021)

(REVIEW) 9 Pesantren di Gresik Paling Bagus (2021)

Tinggalkan komentar