(REVIEW) 9 Pesantren Terbaik di Subang (2022)

Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Subang? Tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Subang terdapat sekitar 31 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 3.749. Jumlah tersebut terbagi menjadi 3.338 santri mukim, dan 361 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Darussalam Subang

Ponpes Darussalam Subang
Kredit Foto: Abdullah Irfan

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Darussalam. Pesantren ini didirikan pada tanggal 1 April 1985. Didirikan oleh 3 (tiga) orang senasab yakni: Pertama, Embah Ma’sum yang lebih dikenal dengan sebutan Ajengan Cikupa. Kedua, Bapak Kyai H. Mu’alim Uli Hidayat (KH. MU. Hidayat). Ketiga, KH. Ahmad Djuanda. Ketiganya adalah Kakek, Ayah dan Anak.

Darussalam Subang ini merupakan salah satu pesantren alumni Gontor yang mempersatukan secara utuh sistem dan metodologi kepesantrenan dengan pendidikan modern.

Program pendidikan dan pengajaran bertujuan mencetak santri yang berilmu tinggi dan berakhlak mulia yang diaktualisasikan melalui lingkungan yang berdisiplin dan penyelenggaraan Kulliyatul ‘Ulum al-Islamiyah yang terdiri dari dua tingkat, yaitu Tingkat Tsanawiyah selama 3 (tiga) tahun, tingkat Aliyah selama 3 (tiga) tahun.

Adapun materi pelajaran yang menjadi prioritas adalah Bahasa Arab, Bahasa Inggris (sebagai bahasa resmi), Ekonomi Akuntansi, Matematika dan Kitab Kuning (keagamaan). 

Saat ini Ponpes Darussalam menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal tingkat MTS dan MA. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk seluruh jenjang putra: sekitar Rp. 9.695.000
  • Biaya masuk seluruh jenjang putri: sekitar Rp. 9.000.000
  • Biaya bulanan: sekitar Rp. 900.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Irian No.20, Kasomalang Wetan, Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41283

Website resmi:  https://darussalamkasomalang.sch.id/

Pondok Pesantren Nurul Anwar Mubtadiin

Ponpes Nurul Anwar Mubtadiin
Kredit Foto: Nurul Anwar Mubtadiin

Selanjutnya adalah Ponpes Nurul Anwar Mubtadiin. Pesantren ini berdiri pada tahun 2008. Awalnya santri yang ikut pesantren ini dari warga setempat. Seiring berjalannya waktu santri dari berbagai daerah pun mulai berdatangan. 

Di pesantren ini para santri ditempa ketaqwaan dan aqidah sesuai ajaran Al-quran dan As-Sunah, mampu membaca Al-quran dengan tartil dan fasih, mengedepankan budaya lama yang positif dan mengambil moderinasasi yang lebih bermanfaat, berupaya memahami dan mengamalkan kitab-kitab salafu as-Sholih dan unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Yang menjadi fokus dari pesantren ini ada dua, yaitu Al Quran dan kajian kitab. Untuk Al Qur’an berkiblat kepada Pesantren Kempek Cirebon. Adapun untuk kajian kitab berkiblat kepada Pesantren Lirboyo Kediri.

Saat ini Ponpes Nurul Anwar Mubtadiian menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal tingkat SD, SMP, dan SMK. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Blok bundeur, Dangdeur, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211

Website resmi: http://ponpesnurulanwarmubtadi-ien.mysch.id/

Pondok Pesantren As Syifa Boarding School

Kredit Foto: Doel Maksum

Berikutnya adalah Ponpes As Syifa. Pesantren ini merupakan lembaga pendidikan yang berkiblat pada model Islamic Boarding School. Yaitu pendidikan yang merujuk kepada kurikulum nasional. Biasanya kemenag atau diknas. Sedangkan Islamic Boarding School yang satu ini lebih kepada diknas.

Secara umum pesantren ini merupakan sekolah berasrama yang mengembangkan model pendidikan terintegrasi, tentunya dengan mengedepankan pondasi aqidah, ibadah, dan akhlak. Mempraktikan proses pendidikan yang visioner, interaktif, inovatif, dan inspiratif, dan juga mengembangkan proses pendidikan berbasis IT yang tentu saja mengusung pondasi nilai-nilai keislaman dan wawasan mondial.

Selain itu As-Syifa juga mengembangkan setiap potensi murid dengan program ekstrakurikuler, pembiasaan bahasa Arab dan Inggris, serta bimbingan progressif tahsin dan tahfizh al-Qur’an.

Dalam pembelajarannya As Syifa menekankan kepada pendidikan umum, ini khas boarding school. Sedangkan dalam aspek keislaman lebih ditekankan pada unsur pendampingan karakter di asrama.Proses pendidikannya berbasis IT. Kurikulum nasional yang sedemikian lupa dibuat lebih efektif. Sehingga mampu meningkatkan pencapaian dalam pembelajaran. 

Saat ini Ponpes As Syifa Boarding School menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal tingkat SMP dan SMA. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk jenjang SMP: sekitar Rp. 70.000.000
  • Biaya jenjang SMA: sekitar Rp. 71.000.000
  • Biaya bulanan: sekitar Rp.2.500.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Subang-Bandung KM. 12, Tambakmekar, Jalancagak, Tambakan, Kec. Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41281

Website resmi: https://pmb.assyifa-boardingschool.sch.id/

Pondok Pesantren Modern Riyadlul Jannah

Ponpes Riyadlul Jannah Subang
Kredit Foto: Zaenal Arifin

Selanjutnya adalah Ponpes Modern Riyadlul Jannah. Pesantren ini didirikan pada tahun 1996, yang mana merupakan perwujudan dari cita-cita DR. KH. Moch. Ujang Saefullah M.M.Pd. Beliau adalah pendiri dan sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren Modern Riyadhul Jannah yang berasaskan perjuangan dan dakwah dengan mottonya “Sekali Berdiri Tetap Tegak”.

Program pembelajaran yang dilaksanakan di tempat ini adalah kombinasi dari kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Agama, dan Ma’had Modern Riyadhul Jannah. Uniknya dalam proses pembelajaran menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab.

Kurikulum di sekolah ini berorientasi pada pemahaman Al Quran, kitab kuning, bahasa Arab, dan bahasa Inggris, sehingga siswa dan santri diwajibkan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris ketika berada di asrama.

Secara umum pesantren ini memiliki tiga program basic yang merupakan program pembelajaran tiga pengetahuan dasar yang menjadi unggulan sekolah tersebut. Program ini mencakup basic English, basic Arabic, dan basic Sains yang difasilitasi oleh SDM yang profesional di bidangnya.

Selain tiga program basic itu, setiap siswa pun dibekali dengan pembelajaran kitab kuning untuk memperkuat ilmu agama.

Saat ini Ponpes Modern Riyadlul Jannah menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal tingkat SMP, SMA, SMK, dan STAI. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.  

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Prapatan Bandung, Jalancagak, Curugrendeng, Kec. Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat 40115

Website resmi: https://www.riyadhul-jannah.org/

Pondok Pesantren Rahmatika Al Atsari

Ponpes Rahmatika Al Atsari Subang
Kredit Foto: Ghaisani

Berikutnya adalah Ponpes Rahmatika Al Atsari. Pesantren ini didirikan pada tahun 2004. Visi pesantren ini adalah “Menjadi lembaga pendidikan yang berkah, unggul dan berkualitas, bermanhaj Salaful Ummah Ahlus Sunnah wal Jama’ah”.

Pada awal mula berdiri, Pondok Pesantren Rahmatika Al-Atsari hanya menyelenggarakan pendidikan TPA (Taman Pendidikan Al-qur’an) dan pendidikan SMP untuk warga sekitar, kemudian di tahun 2006 berlanjut menyelenggarakan pendidikan SMA, dan selanjutnya di tahun 2009 menyelenggarakan pendidikan SD, yang mana pada tahun tersebut pula Pesantren Rahmatika Al-atsari mulai hanya menerima santri mukim (mondok) hingga sekarang.

Menariknya seluruh jenjang pendidikan di pesantren ini telah terakreditasi secara nasional, sehingga para alumni/lulusan akan mendapatkan ijazah negara dari Dinas Pendidikan Nasional dan ijazah pesantren.

Selain itu keunggulan pesantren ini terletak pada lokasinya. Lokasi pesantren ini terletak di kaki Gunung Tangkuban Parahu dan dikelilingi oleh persawahan, perkebunan, perbukitan, dan pemukiman warga yg asri. sehingga diharapkan dapat membantu kondusifitas para santri dalam menuntut ilmu.

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk jenjang SMP dan SMA: sekitar Rp. 12.700.000
  • Biaya bulanan: sekitar Rp.1.100.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jalan Raya Dayeuhkolot, Sagalaherang, Dayeuhkolot, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41282

Website resmi: https://pesantrenrahmatika.or.id/

Pondok Pesantren As Salam Subang

Selanjutnya adalah Ponpes As Salam. Pesantren ini berdiri pada tahun 1989 M, sehingga menjadi salah satu pesantren yang tertua di Subang. Pendirinya adalah Al Mukarrom KH. Khoer Affandi, KH. Dadang Daman Huri, KH. Uci Sanusi, dan H. Sulaeman (H. Elin).

Corak pendidikan pesantren ini adalah salafiyah. Karakter salaf bisa terlihat dari kurikulumnya. Di kelas dua ibtida’iyah, santri mempelajari seperti Jurumiyyah dan Safinatunnaja. Sedangkan kelas satu Tsanawiyah yang dipelajari adalah alfiyah Ibnu Malik, Kifayatul ‘Awwam, Kifayatul Atqiya dan lain sebagainya. Tak heran pendidikan kitab kuning di pesantren ini sangat mendalam.

Namun demikian bukan berarti pesantrennya kuno, pendidikan umum juga ada, seperti Matematika, Bahasa Inggris, juga diajarkan. Bahkan ada Ma’had ‘Aly, yaitu seperti perguruan tinggi.

Hebatnya lagi pesantren ini sudah menggunakan manajemen modern. Terutama bekal keterampilan dan pelatihan yang intensif. Sehingga setiap santri memiliki jiwa kemandirian. 

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.  

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Salam Salamjaya, Pabuaran, Salamjaya, Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41262

Website resmi: –

Pondok Pesantren At Tawazun

Kredit Foto: At Tawazun Channel

Berikutnya adalah Ponpes At Tawazun. Pendiri pesantren ini adalah KH Musyfiq Amrullah. Beliau mendirikan pesantren ini pada tahun 2001.

Pendirian pesantren ini berangkat dari niat untuk meningkatkan kualitas generasi melalui sistem pendidikan dengan mengaksentuasikan pendidikan pada ilmu pengetahuan dan akhlaq yang melahirkan generasi yang tangguh dan istiqomah menghadapi perubahan zaman, mampu bersaing dalam dunia yang sudah mengglobal ini.

Sesuai dengan namanya at-tawazun yang artinya adalah “keseimbangan”, pesantren ini menerapkan tiga sistem pendidikan dengan memadukan sistem pendidikan Modern (bahasa arab-inggirs dan tahfidz), salafiyah (kitab kuning) dan kurikulum pemerintah. Sistem ini disebut dengan “TRISULA PENDIDIKAN”.

Kurikulum yang menjadi ruh sekaligus kekuatan pondok senantiasa direvisi dan diperbaharui, sesuai dengan tuntutan dan perkembangan pendidikan dengan tanpa menafikan nilai-nilai agama serta tradisi kepesantrenan.

Saat ini Ponpes At Tawazun menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal tingkat MTS, SMA, dan MA. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.  

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Kalijati Tim., Kec. Kalijati, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41271

Website resmi:

Pondok Pesantren Al Ihya

Kredit Foto: M Irfanuddin

Selanjutnya adalah Ponpes Al Ihya. Pesantren ini memiliki visi “Menjadi lembaga pendidikan Islam yang mencetak kader pemimpin umat yang shalih, hafidz, alim dan mahir (terampil) berjiwa pesantren dan menjadi sumber ilmu dan akhlak, untuk mengawal peradaban Islam sehingga mampu berkontribusi dalam masyarakat Indonesia dan dunia”.

Pesantren ini menetapkan Kulliyyatul Mu`allimin Al-Islamiyyah (KMI) Tahfidz + Kurikulum Cambridge sebagai sistem Pendidikan Pondok.

Sistem pendidikan tersebut menjadikan al-Quran sebagai pondasi utama dalam pendidikan awal bagi anak didik sebagai kader pemimpin umat sebelum memperdalam ilmu agama dengan sistem Muallimin dan ilmu umum dengan kurikulum Cambridge dengan masa pendidikan 6 tahun.

Dengan adanya sistem dan program pendidikan KMI, diharapkan dapat menghasilkan guru-guru Islam, yang Shaleh, Alim, Hafidz, dan Mahir. Guru-guru tersebut akan berjuang di lembaga-lembaga pendidikan yang sudah ada maupun yang akan diselenggarakan di lembaga Pendidikan Al-Ihya.

Saat ini Ponpes menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal setingkat SMP dan SMA. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk semua jenjang: sekitar Rp. 7.500.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan semua jenjang: sekitar Rp. 750.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Kampung Karangcegak, Cidahu, Kec. Pagaden Bar., Kabupaten Subang, Jawa Barat 41251

Website resmi: https://www.ppalihya.com/

Pondok Pesantren Darul Falah Subang

Ponpes Darul Falah Subang
Kredit Foto: Ridwan Hartiwan

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Darul Falah. Dalam pendidikannya pesantren ini menerapkan system pendidikan terpadu antara kepesantrenan Salafiyah berbasis ke-NU-an dan sistem pendidikan modern di dalam dan di luar kelas yang mengandung pendidikan karakter dan leadership.

Dalam pelajarannya pesantren ini mengadopsi kurikulum pendidikan nasional untuk mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, IPA, matematika, IPS, teknologi informasi, dan pendidikan olahraga. Sementara, untuk pelajaran baca tulis Al Quran, tahfidzul Al Quran, hadis, kitab kuning, bahasa Arab, nabawiyah, dan sejarah kebudayaan Islam, mengadopsi kurikulum pesantren.

Untuk menunjang proses kegiatan belajar dan mengajar, pesantren ini juga telah didukung dengan fasilitas yang memadai. Di sekolah ini, sudah terdapat ruang kelas belajar yang representatif, laboratorium komputer, laboratorium IPA, perpustakaan, kantin sekolah, asrama santri, layanan laundry, sarana olahraga, hingga masjid.

Selain itu para pengurus menekankan pada akhlaqul karimah. Sehingga pesantren menekankan pada aktivitas santri menuju jiwa berkarakter sekaligus pengawasan yang intensif dari guru di pesantren. Bahkan ada terapi khusus untuk anak-anak yang perilakunya kurang baik. Seperti mandi sebelum subuh, dzikir, dan lain sebagainya.

Saat ini Ponpes Darul Falah menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan setara tingkat SMP dan SMA. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.  

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Cimanggu, Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41283

Website resmi: https://pondokpesantrendarulfalah.wordpress.com/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Subang yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Rekomendasi 7 Pesantren di Majalengka

Rekomendasi 7 Pesantren di Sumedang

Tinggalkan komentar