(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren di Tegal (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari pondok pesantren terbaik di Tegal? Mungkin, artikel ini akan sangat tepat untuk Anda.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Tegal terdapat sekitar 67 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 15.694. Jumlah tersebut terbagi menjadi 13.733 santri mukim, dan 1.961 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Attauhidiyyah Syaikh Sa’id bin Armia’

Ponpes Attauhidiyyah Tegal
Kredit Foto: Wong Ndeso

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Attauhidiyah. Pesantren ini berdiri pada tahun 1880. Pendirinya adalah KH Armia. Beliau mendirikan pesantren sepulang dari pengembaraannya menuntut ilmu kepada banyak ulama.

Secara umum sejak berdiri hingga saat ini, Attauhidiyah masih konsisten memegang konsep pendidikan salaf dalam pembelajarannya. Adapun pelajaran pokok yang akan santri pelajari adalah pelajaran Ilmu Tauhid.

Kemudian program pendidikan di pesantren ini dinamakan Madrasah Talimul Mubtadiin (MTM). MTM terdiri dari lima jenjang pendidikan yaitu: Isti’dad, Muhadoroh, Ibtida, Sanawi, dan Aliyah. Isti’dad adalah jenjang terendah. Kelas ini berlangsung selama 1 tahun dan khusus bagi para santri yang belum bisa membaca huruf arab.

Kemudian Muhadhroh, pada jenjang ini santri mulai belajar kitab kelas dasar seperti jurumiyah dan safinah. Berikutnya Ibtida, di jenjang ini santri akan mulai mengkaji kitab kelas menengah seperti imriti, I’lal, dsb. Selanjutnya Aliyah, pada jenjang ini santri akan mulai menelaah dan menghafal kitab yang berat seperti matan alfiyah dan lainnya.

Terakhir adalah jenjang Aliyah. Pada jenjang ini santri akan mengkaji kitab-kitab yang cukup berat. Selain itu juga santri harus menyorogkan kitab kepada ustadznya, kitab yang dibaca adalah kitab tafsir jalalain, jawahirul bukhari, dan waroqat. Masing-masing program berlangsung selama 3 tahun. Artinya butuh 13 tahun bagi santri untuk menyelesaikan pendidikan di pesantren ini.

Selain itu juga pesantren menyelenggarakan pendidikan paket bagi yang ingin mendapatkan ijazah formal.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Karangsari, Kaligayam, Kec. Talang, Tegal, Jawa Tengah 52193

Website resmi: https://pp-attauhidiyyah-syaikh-said-bin-armia.business.site/?hl=id

Pondok Pesantren NU Sunan Kalijaga

Ponpes Sunan Kalijaga NU Tegal

Berikutnya adalah Ponpes NU Sunan Kalijaga. Pesantren ini didirikan pada 19 Sya’ban 1424 H/ 15 Oktober 2003 M dengan pendirinya yaitu KH. Muhammad Muslim. Sesuai namanya, pesantren ini memiliki corak nahdliyin yang sangat kuat.

Pesantren ini secara umum memiliki tujuan mendidik santri menjadi manusia bertaqwa dan memberi bekal kemampuan dasar untuk hidup di masyarakat berlandaskan pada ajaran Islam Ahlu Sunnah Wal Jama’ah.

Adapun materi yang akan santri pelajari di pesantren ini mencakup tiga hal yang sesuai dengan ajaran agama Islam yaitu akidah, syari’ah dan akhlak. Adapun metode dalam pembelajarannya menggunakan nasihat, pembiasaan, dan hukuman. Sedangkan metode secara tidak langsung yaitu keteladanan.

Kemudian terdapat juga kajian kitab kuning. Kajian ini dilaksanakan pada siang pukul 14, sore, dan pada malam hari. Untuk sore hari santri akan terbagi menurut tingkatan atau pembagian kelas yaitu satu dan dua. Adapun pada siang dan malam hari merupakan kajian gabungan bagi seluruh santri.

Saat ini Ponpes NU Sunan Kalijaga menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal jenjang Madrasah Tsanawiyah. Meskipun hanya menyediakan jenjang MTS, pesantren ini juga mempersilahkan santri usia SMA untuk belajar pendidikan formal di SMA terdekat.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Singkil Kaliwadas No.4, Kaliwadas, Kec. Adiwerna, Tegal, Jawa Tengah 52194

Website resmi: –

Pondok Pesantren Modern Daaru Ulul Albab

Ponpes Modern Daruu Ulul Albab
Kredit Foto: Ponpes Modern Daruu Ulul Albab

Selanjutnya adalah Ponpes Daaru Ulul Albab. Sesuai namanya, pesantren yang berdiri pada tahun 1996 ini adalah pesantren yang bercorak modern. 

Secara umum, pesantren ini adalah alumni pesantren Gontor, karenanya dalam system pembelajaran berusaha menerapkan pendidikan sebaik mungkin seperti yang ada di Gontor. Dalam pelaksanannya, pendidikan umum dan pesantren diracik menjadi satu dalam satu waktu pendidikan. Pada waktu pagi pendidikan umum, serta pada waktu sore pendidikan agama.

Di sela-sela waktu ini ada pendidikan kajian kitab kuning. Juga ibadah seperti shalat tasbih dan lain sebagainya. Juga di pesantren ini ada penekanan pada pendidikan al Quran. Di malam hari selepas isya ada waktu khusus untuk ta’limul Quran. Selain itu terdapat sebuah program unik di pesantren ini, yaitu setiap siang ada kegiatan gerakan literasi sekolah.

Saat ini Ponpes Modern Daaru Ulul Albab menyelenggarakan Program Tarbiyatul Mualimin Al-Islamiyah (TMI) yang sangat mirip dengan Program KMI Gontor.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya No.1, Kedungkesambi, Kedungkelor, Kec. Warureja, Tegal, Jawa Tengah 52183

Website resmi: –

Pondok Pesantren Modern Darul Mujahadah Tegal

Ponpes Darul Mujahadah Tegal
Kredit Foto: Ponpes Darul Mujahadah

Berikutnya adalah Ponpes Darul Mujahadah. Sesuai namanya, pesantren ini adalah pesantren yang bercorak modern yang merupakan pesantren alumni Gontor. Sebagai pesantren alumni Darussalam Gontor, Darul Mujahadah menerapkan sistem pendidikan terpadu antara Kurikulum Pondok Modern/KMI Gontor dan Kurikulum Kementrian Agama RI.

Kemudian pesantren ini menanamkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam pembelajarannya. Artinya pesantren tidak hanya mengasah kecerdasan otak dan ketrampilan tangan, tetapi juga kekuatan mental dan kecerdasan spiritual.

Dari landasan ini, Darul Mujahadah berusaha keras untuk konsisten menerapkan disiplin berasrama bagi para penghuninya yaitu asrama yang penuh dengan program pendidikan, bukan sekadar sebagai tempat tidur santri.

Selain itu pesantren ini juga menerapkan pembelajaran Muhadatsah, yaitu pembelajaran penguasaan bahasa arab dan bahasa inggris yang mana bahasa tersebut digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari.

Saat ini Ponpes Darul Mujahadah menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk: sekitar Rp. 5.200.000
  • Biaya bulanan: sekitar Rp. 450.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Pesantren No.1, Bojong, Prupuk Utara, Kec. Margasari, Tegal, Jawa Tengah 52463

Website resmi: http://darulmujahadah.com/

Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah Tegal

Ponpes Mahadut Tholabah Tegal
Kredit Foto: Santri 21

Selanjutnya adalah Ponpes Ma’hadut Thalabah. Pesantren ini didirikan secara resmi pada tahun 1916 M/ 1336 H oleh KH. Mufti bin Salim bin Abdur Rahman seorang ulama asal desa Balapulang Kabupaten Tegal. Secara umum pesantren ini sejak berdirinya sampai sekarang masih berpegang teguh kepada pendidikan salaf, meskipun saat ini sudah menyelenggarakan pendidikan formal.

Model pesantrenya adalah komplek. Yang terdiri dari beberapa pondok-pondok di sekitar pesantren utama. Juga ada asrama bersama kyai layaknya di pesantren Benda, Brebes. Oleh sebab itu pendidikan yang ada di dalamnya pun terbagi pagi dan sore. Pagi pendidikan formal, sore mengikuti madrasah diniyah.

Porsi untuk madrasah diniyah besar, dari pukul 14:15 hingga 16:30. Bahkan jika ada yang hanya ingin mondok saja, maka pagi hari pun belajar kitab kuning. Kitab-kitab seperti Mabadi’ul Fiqhiyah, Aqidatul Awam menjadi hal-hal pokok khas pesantren klasik.

Saat ini Ponpes Darul Mujahadah menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah No 12 Rt 01 Rw 05, Babakan, Jatimulya, Kec. Lebaksiu, Tegal, Jawa Tengah 52461

Website resmi: –

Pondok Pesantren Ahmad Dahlan Tegal

Ponpes Ahmad Dahlan Tegal
Kredit Foto: PPAD TV

Berikutnya adalah Ponpes Ahmad Dahlan. Dari namanya tentu jelas pesantren ini adalah pesantren yang bercorak Muhammadiyah. Dalam menjalakan pendidikannya, pesantren ini memadukan kurikulum dari Kementrian Agama RI dengan jenjang MTs dan MA dengan dirasah Islamiyah khas Pesantren Muhammadiyah, yang memiliki moto “Generasi Tangguh Pantang Mengeluh”.

Dalam upaya mendidik santrinya agar menjadi santri yang hebat, pesantren ini mengadakan kajian-kajian keislaman untuk putra maupun putri, jika di kampus putra ada kajian Akhlak lil Banin maka di kampus putri juga diadakan kajian Akhlak lil Banat ditambah kajian Fiqhun Nisaa. 

Tidak hanya itu kajian yang bersifat umum-pun (putra-putri) diadakan di pesantren ini yaitu kajian Tafsir Jalalain, Kajian Ta’limul Muta’allim serta kegiatan lainya yang menunjang dalam hal ke-Ulamaan. Ini semua bertujuan untuk menjadi bekal para santri kelak di masyarakat.

Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk MTS dan MA: sekitar Rp. 7.520.000 – 7.620.000
  • Biaya bulanan MTS dan MA: sekitar Rp. 575.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Harjowinangun, Kec. Balapulang, Tegal, Jawa Tengah 52464

Website resmi: –

Pondok Pesantren Al Qur’an Zainuddin

Ponpes Al Quran Zainuddin Tegal
Kredit Foto: Aby Production

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Qur’an Zainuddin. Pesantren ini didirikan pada tanggal 1 Muharram 1435 H / 5 November 2013 oleh seorang wakif bernama Drs H Bahroji MM. Dalam mendirikan pondok pesantrennya Beliau bekerjasama dengan Ulama, Umara, praktisi pendidikan, dan tokoh masyarakat.

Pesantren ini memiliki program unggulan yaitu Tahfidhul Qur’an. Untuk menunjang program tahfidhul qur’an, pesantren ini memiliki 2 program, sebagai berikut: Pertama Program Tahfidh. Pada program tahfidh, santri akan dibina secara berkesinambungan dan mendapatkan bimbingan intensif yang menghantarkan mereka menjadi penghafal Al Qur’an handal.

Kedua Program Ulumul Qur’an. Program ini meliputi kajian-kajian Diniyah yang bertautan dengan Al Qur’an. Seperti kajian Tafsir dan Kutubussalaf, baik melalui pengajian Bandongan ataupun Sorogan. Dengan demikian disiplin keilmuan mereka dapat melengkapi kebutuhan masyarakat kelak setelah mereka kembali ke tengah-tengah masyarakat.

Saat ini Ponpes Al Qur’an Zainuddin menyelenggarakan pesantren sekaligus pendidikan formal tingkat SMP dan SMK. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Pantura Jl. Raya Tegal – Pemalang No.KM.9, Pengasinan, Maribaya, Kec. Kramat, Tegal, Jawa Tengah 52181

Website resmi: https://alquranzaenuddin.ponpes.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik Tegal yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar