(REVIEW) 7 Pesantren Gratis di Bandung

Anda sedang mencari informasi seputar pesantren gratis di Bandung? Jika iya maka Anda sangat beruntung. Di artikel ini kami telah menghimpun berbagai pesantren gratis di Bandung. Semoga bermanfaat ya!

Pondok Pesantren Nurul Huda Cidadap

Pesantren gratis di Bandung pertama yang akan kami bahas adalah Pondok Pesantren Nurul Huda. Sesuai namanya, pesantren gratis ini terletak di kecamatan Cidadap. Yang mana kecamatan Cidadap ini berbatasan langsung dengan dataran tinggi Lembang dan berada di ketinggian 750 mdpl, sehingga cuaca dan suhunya cukup sejuk. Karena itulah pesantren ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menimba ilmu dengan tenang.

Secara coraknya, Ponpes Nurul Huda merupakan pesantren bercorak NU yang berdiri atas prakarsa KH. Memed (beserta istrinya Hj. Siti Qoeraesyin pada tanggal 03 September 1973. Sejak awal berdirinya, Nurul Huda mempunyai 2 tujuan besar untuk mewujudkan 2 pandangan, yaitu Pandangan ke Dalam dan Pandangan ke Luar.

Pandangan ke dalam dimaksudkan untuk penyebaran dan penerapan nilai-nilai keislaman dan mencetak ulama-ulama dan kader-kader Pemimpin yang Muttaqin. Dengan kata lain pandangan ke dalam ini terfokus dalam tataran penyebaran serta pengalaman ajaran islam bagi para santrinya. Sedangkan pandangan ke luar di maksudkan untuk lebih mengharumkan daerah setempat melalui penerapan nilai-nilai agama islam yang sungguh-sungguh, kegiatan peribadahan dan pengajian . pelaksanaan ritual keagamaan dan penyebaran syiar-syiar Islam.

Mengenai pendidikannya, para santri di Nurul Huda akan mempelajari berbagai pelajaran keislaman melalui media kitab kuning. Pelajaran tersebut antara lain ilmu nahwu, sharaf, tauhid, fiqih, aqidah, balaghah, dan yang lainnya. Selain itu Nurul Huda juga menyelenggarakan pendidikan formal untuk jenjang MI dan MTs.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Rancabentang No.116, RT. 03 / RW. 06, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142

Website resmi: –

Pondok Pesantren Tahfidz Al Muhajirin

Berikutnya adalah Ponpes Tahfidz Al Muhajirin. Sesuai namanya, pesantren yang terletak di kecamatan Mandalajati ini berfokus kepada pendidikan tahfidz (hafalan) Qur’an. Nah untuk metode hafalannya, pesantren yang berdiri dan bernaung dibawah Masjid Al Muhajirin ini menggunakan metode menghafal dengan pemahaman makna per kata, sehingga hafalan lebih kuat dan juga bisa meresap ke hati karena faham maknanya.

Selain menghafalkan Qur’an dan maknanya, setiap hari para santri juga akan mempelajari berbagai macam ilmu lainnya. Khususnya ilmu nahwu dan sharaf. Kedua ilmu ini sangatlah diharuskan dan penting bagi para santri karena berkaitan erat dengan metode menghafal Qur’an dengan maknanya. Tanpa kedua ilmu tersebut, tentu para santri nantinya akan kesulitan dalam penggunaan metode yang digunakan di pesantren ini.

Kemudian selain nahwu sharaf, santri juga akan mempelajari ilmu-ilmu lainnya seperti:

  • Aqidah
  • Akhlaq 
  • Fiqh
  • Ulumul Quran dan hadits
  • Life skill (sehingga diharapkan para santri mampu mandiri setelah lulus dari pesantren tahfidz ini)

Syarat untuk masuk ke pesantren tahfidz ini ialah yatim ataupun dhuafa. Selain itu menghafal Qur’an bukan dengan paksaan orang tua. Tidak merokok, bisa membaca Al Qur’an sesuai tajwid, dan berusia antara 15 sampai 20 tahun.

Alamat lengkap: Masjid Muhajirin Komp Bumi Pasundan no 114 A, Jl. Arcamanik, Pasir Impun, Kec. Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat 40195

Website resmi: https://www.muhajirin-bupas.com/

Pondok Pesantren Mihrab Qur’an Ujung Berung

Selanjutnya adalah Ponpes Mihrab Qur’an. Pesantren yang terletak di wilayah dekat pusat kota Bandung berada dalam perumahan. Akan tetapi saat ini Yayasan yang menaungi pesantren ini sedang berencana untuk membangun gedung asrama dan juga masjid yang lokasinya tidak jauh dari lokasi pesantren saat ini.

Secara umum pesantren ini merupakan pesantren tahfizh gratis yang mempunyai visi ingin menciptakan pesantren yang ramah difabel, ramah lansia serta menciptakan peradaban living quran. Maksud dari living quran ini adalah selain santri dapat menghafal Al-quran, mereka juga dapat mengamalkan setiap hal yang terdapat dalam isinya serta agar Al-quran itu hidup dalam jiwa para santri.

Adapun alasan ingin menciptakan pesantren yang ramah difabel ini adalah karena sang pendiri dari pesantren ini adalah seorang penyandang disabilitas. Beliau adalah Ust Muhammad Isa. Beliau seorang difabel yang hafiz Quran 30 Juz. Dengan segala kekurangannya beliau saat ini mempunyai santri kurang lebih 80 orang tanpa dipungut biaya alias gratis. 

Alamat lengkap: Jl. Cilengkrang 1 No.3/5, Pasanggrahan, Kec. Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat 40617, Indonesia

Website resmi: https://www.instagram.com/mihrabquran/?hl=id

Pondok Pesantren Darul Hamid

Berikutnya adalah Ponpes Darul Hamid. Secara daerah administrasi pesantren ini memang tidak terletak di Kota Bandung, melainkan di Kota Cimahi. Akan tetapi karena letaknya yang dekat dengan Kota Bandung, maka kami masukkan ke dalam daftar pesantren gratis di Bandung.

Secara umum Ponpes Darul Hamid adalah lembaga pendidikan Islam swasta (non-pemerintah). Pesantren ini didirikan pada tanggal 30 September 2019 oleh KH. Fahmi Fauzi dan di resmikan oleh walikota Cimahi Ir H Ajay M Priatna MM. Darul Hamid hadir dengan sistem kurikulum yang terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran bahasa Arab dan Inggris secara intensif, serta terfokus kepada tahfidz Al-Qur’an.

Dalam menjalankan setiap aktivitas pendidikannya, Ponpes Darul Hamid senantiasa berupaya dan berusaha untuk mewujudkan visi besarnya yaitu: “Mencetak manusia yang hafidz hafidzoh Qur’an dan muttafaqah fiddin untuk menjadi kader pemimpin umat/bangsa.” Nah untuk mewujudkan visi tersebut maka disusunlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Tidak memberatkan para wali dalam biaya operasional karena ketidakmampuan.
  • Mendidik kader-kader umat berakhlak mulia seperti Al Qur’an
  • Membentuk santri yang ber-tafaqqah fiddin ; para ulama, zuama dan aghniya, cendekiawan muslim yang bertakwa, berakhlak mulia, berpengatahuan luas, jasmani yang sehat, terampil dan ulet.

Alamat lengkap: Jl. Boeing II No.2, Melong, Kec. Cimahi Sel., Kota Cimahi, Jawa Barat 40215, Indonesia

Website resmi: https://pesantrengratisdarulhamid.or.id/

Pondok Pesantren Yatim Al Kasyaf

Selanjutnya adalah Pesantren Yatim Al Kasyaf. Pesantren gratis khusus untuk anak yatim dan dhuafa ini berdiri pada tahun 2013. Dalam menjalankan pendidikannya, Pesantren Al Kasyaf memiliki sebuah visi yang mulia dan visioner, yaitu: “Menjadikan anak yatim dan dhuafa sebagai Mufassir Al-Quran, yaitu yang mempunyai kemampuan menafsirkan al-Quran dalam berbagai bidang sesuai dengan kompetensinya.”

Dalam mendidik para santri yatim, Al Kasyaf menggunakan kurikulum terpadu yang menggabungkan Ajaran Islam (Dien), dan pengetahuan umum dan pendidikan berasrama. Nantinya para santri akan dilatih untuk mampu memiliki kompetensi tahfidz, sains, bahasa, dan ilmu islam.

Kemudian santri pun akan dilatih untuk bisa memiliki life skill dalam mengarungi kehidupan. Para santri akan belajar berceramah dan menulis buku. Kemudian para pengurus pun akan mengajari santri untuk bisa bercocok tanam, khususnya dengan metode hidropnik. Tak ketinggalan para santri juga akan diajari mulai dari cara menanam hingga merawat tanaman hidroponik tersebut.

Alamat lengkap pesantren: Kp. Sukamaju RT. 04/10 Desa, Cimekar, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat 40623

Website resmi: http://www.pesantrenyatimalkasyaf.org/

Pondok Pesantren Yatim Al Hilal

Berikutnya adalah Ponpes Yatim Al Hilal. Al Hilal merupakan salah satu pondok pesantren yang dikhususkan untuk santri yatim dan penghafal al-quran yang didirikan pada tahun 2002. Di awal perkembangannya, Pesantren al Hilal berdiri sebagai lembaga penyantun anak yatim. Oleh sebab itu, hingga saat ini seluruh santri pesantren al Hilal tidak dipungut biaya.

Pada tahun 2009 mulai dilakukan pembangunan Pesantren al Hilal Rancapanggung dengan bermodalkan hasil keuntungan dari usaha pendiri yaitu, penerbitan Al-Quran Jabal. Dari situlah pesantren ini mulai berkembang, dan hingga saat ini telah memiliki enam cabang yaitu di Rancapanggung, Cipadung, Sarijadi, Cirebon, Pasir Biru, dan Cisaranten.

Selain aktivitas pembelajaran rutin harian bagi para santri, Al Hilal juga memiliki beberapa program lain bagi para santrinya. Antara lain:

  • Beasiswa Anak Yatim (Pesantren Gontor, Al Azhar Mesir)
  • Jambore Santri
  • Wisuda Tahfidz
  • Rihlah
  • Kebun Santri
  • Tadabbur Alam, dll.

Tak hanya itu, Al Hilal juga melaksnakan berbagai kegiatan lain yang bersifat umum. Seperti:

  • Pengajian setiap hari
  • Pengajian ibu-ibu pada hari minggu
  • Pengajian kitab kuning setiap hari minggu
  • Pelatihan setiap sebulan sekali
  • Program penyaluran zakat, infaq dan sedekah di pedesaan
  • Program penyaluran Wakaf Al Quran
  • Program penyaluran hewan kurban
  • Dan masih banyak lagi

Alamat Cibiru: JL. Kebun Kelapa, No. 24 RT. 04 RW. 14, Terusan Manglayang, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40615

Website resmi: https://pesantrenalhilal.com/

Pondok Pesantren Yatim Assalaam

Pesantren gratis di Bandung terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Yatim Assalam. Secara kelembagaan, pondok ini berada di bawah naungan Yayasan Assalam. Yayasan ini bisa dikatakan merupakan salah satu yayasan pendidikan islam tertua di Bandung. Hal ini karena Assalaam telah berdiri secara resmi sejak tahun 1952. Adapun pondok yatim ini baru berdiri pada 1 Rajab 1429 H.

Dalam menjalankan aktivitas pendidikannya, Pondok Yatim Assalaam senantiasa berupaya dan berusaha untuk mewujudkan visinya yaitu: “Menjadi lembaga professional dalam mengangkat harkat martabat yatim piatu dan pembinaan kader utama, harapan masa depan Islam.” Nah untuk mewujudkan visi tersebut maka disusunlah beberapa misi pendidikan, antara lain:

  • Membina kader penerus perjuangan para alim utama, pakar ilmu, cendekiawan, mubaligh, asaatidz Mukhlisiina Lahuddiina.
  • Membangun generasi pemimpin berakhlakul karimah yang berprestasi.
  • Membentuk insan bertaqwa dan berguna bagi agama, bangsa dan Negara

Saat ini Pondok Yatim Assalaam tersebar di tiga lokasi yang kesemuanya masih berada di Kota Bandung, yaitu:

  • Pondok Yatim Assalaam 1: Jln natawijaya No.9 RT.03/03 Kel.Pungkur Kec.Regol Kota Bandung
  • Pondok Yatim Assalaam 2: Jln. Buahbatu Dalam V 119/105 Cijagra
  • Pondok Yatim Assalaam 3 :di Pondok Pesantren Tahfizh Al-Quran Assalaam Jatihandap – Mandalajati – Kota Bandung

Website resmi: https://assalaam.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pesantren Gratis di Bandung yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

(REVIEW) 7 Pondok Pesantren Terbaik di Bandung Barat (2021)

(REVIEW) 5 Pondok Pesantren Tahfidz di Bandung (2021)

Tinggalkan komentar